Berita- Info ANDIKA

07 May 2021
Tabrak Truk Parkir, Warga Kayen Kidul Kediri Meninggal
Radio ANDIKA - Pengendara sepeda motor meninggal dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan umum Desa Sambirobyong Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri hari ini jam 05.00 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan sepeda motor nopol AG 5066 EAL yang dikendarai SRI UTAMI, warga Dusun Tangkilan Lor Desa Padangan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri dan truk gandeng nopol  L 8132 VE  yang diparkir di badan jalan.
 
Kanit Laka Satlantas Polres Kediri IPDA ARIS WIGIARTO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, kecelakaan bermula ketika pengemudi truk MUSTAKIM, warga  Dusun Gondangsiri Desa Jabalsiri Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung mengantuk  saat mengemudi. MUSTAKIM kemudian memutuskan untuk memarkir truk tersebut di bahu jalan tanpa memasang penanda.
 
Diduga karena kondisi gelap dan kurang konsentrasi, sepeda motor SRI yang melaju dari arah Pagu ke Simpang Lima Gumul langsung menabrak  truk tersebut. Akibat dari kecelakaan itu, SRI mengalami luka parah di kepala bagian belakang. Korban meninggal dunia saat perjalanan ke rumah sakit.

Truk mengalami kerusakan pada lampu, sein kanan belakang truk pecah.  Sementara sepeda motor mengalami kerusakan pada slebor dan lampu depan motor pecah. Kedua kendaraan yang terlibat laka saat ini sudah diamankan di Polsek Ngasem.(arg/ssi)
06 May 2021
Antisipasi Pemudik, Polres Mojokerto  Bangun 4 Titik Penyekatan
Radio ANDIKA-Untuk mengantisipasi larangan mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021, Polres Mojokerto mendirikan empat titik lokasi penyekatan yang berbatasan dengan kabupaten/kota di sekitarnya. Penyekatan pemudik di 4 titik itu yakni di Trowulan, Pacet, Trawas dan Ngoro. Sebanyak 800 personel gabungan polisi, TNI, Pemkab Mojokerto dan para relawan diterjunkan di titik-titik penyekatan. Pos tersebut akan dijaga 24 jam secara bergantian.
 
Kapolres Mojokerto AKBP DONY ALEXANDER saat ON AIR di Radio ANDIKA, mengatakan, selain di 4 titik tersebut, ada tambahan jalur yang dilakukan penutupan selama masa larangan mudik, yakni Jalan Rolak Songo yang berpotensi dijadikan jalur tikus oleh para pemudik dari arah Sidoarjo dan sekitarnya. Jalan ini terletak di antara Desa Lengkong, Mojoanyar, Mojokerto dengan wilayah Tarik, Sidoarjo. Meski sempit, jalur ini ramai dilalui masyarakat yang ingin ke Sidoarjo dan sebaliknya.

Kapolres Mojokerto juga mengatakan, dalam razia di hari pertama pos  Trowulan, petugas mendapati ada 40 kendaraan, baik mobil dan motor yang melintas antara wilayah Kabupaten Mojokerto dan Jombang. Para pengendara terpaksa harus diputarbalik karena melakukan perjalanan mudik dan sebagian lainnya hanya sekedar jalan-jalan. Selain itu para sopir kendaraan tersebut, tidak bisa menunjukkan surat tugas maupun surat bebas Covid-19.

Selama penutupan, DONY menegaskan pihaknya akan melakukan diskresi untuk kondisi darurat. Misalnya, ambulans atau masyarakat yang mengantarkan orang sakit masih diizinkan melintas di jalur penyekatan. Selain itu aktivitas perdagangan atau pengiriman barang (logistik), bahan bakar minyak (BBM) maupun jasa ekspedisi juga masih diperbolehkan.(dip/adr)
06 May 2021
Korban Luka Berat Kecelakaan di Simpang Tiga Mengkreng Meninggal
Radio ANDIKA-ACHMAD ANTONI, warga Kelurahan Klampisngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya yang terlibat insiden lalu lintas di simpang tiga Mengkreng Kediri Kamis siang, akhirnya meninggal dunia saat menjalani perawatan di rumah sakit. Korban awalnya mengalami luka berat pasca terserempet truk Fuso. Dikonfirmasi Radio ANDIKA, IPDA ARIS WIGIARTO, SH, Kanit Laka Satlantas Polres Kediri membenarkan kabar itu.

Sebelumnya ACHMAD ANTONI terlibat insiden lalu lintas dengan truk Fuso nopol AA 1990 FF yang dikemudikan SUGENG RIYADI, warga Desa Sawangan, Kecamatan Laksono, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sedangkan ACHMAD ANTONI mengendarai sepeda motor nopol AG 5318 UW. Keduanya berjalan searah dari Jombang menuju Kertosono dengan posisi truk Fuso berada di depan dan sepeda motor di belakang. Sampai di simpang tiga Mengkreng, sepeda motor hendak mendahului truk dari sisi kiri. Karena tidak cukup ruang, motor terserempet truk hingga oleng dan terjatuh.(stm/adr)
06 May 2021
Pemilik Janin Yang Dikuburkan di Area Makam Dusun Tuwiri Mojokerto Terungkap
Radio ANDIKA -  Pemilik janin yang dikuburkan di area makam Dusun Tuwiri Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto terungkap. Janin tersebut bukan bayi hasil aborsi, tetapi bayi dari pasangan suami istri yang keguguran. Hal ini disampaikan AKP TIKSNARTO ANDARU Kasat Reskrim Polres Mojokerto.

Saat On Air di Radio ANDIKA, AKP ANDARU mengatakan awalnya warga Dusun Tuwiri dihebohkan dengan penemuan janin di area makam sekitar jam 21.00 WIB pada Sabtu, 1 Mei 2021. Kecurigaan warga muncul karena mereka berasumsi janin itu merupakan bayi aborsi. Setelah dilaporkan ke kepolisian, asal usul janin bayi ini diselidiki. Petugas mengumpulkan fakta dan meminta keterangan dari saksi. Hasil penyelidikan, petugas menemukan pemilik janin tersebut yang merupakan pasangan suami istri, warga setempat.

AKP ANDARU menambahkan, berdasarkan keterangan dari ayah janin yang berprofesi sebagai sopir dengan inisial DT, janin bayi tersebut benar merupakan anak keduanya tetapi istrinya mengalami keguguran. Diketahui bahwa ibu bayi yang kandungannya masih berusia sekitar 2 bulan mengalami pendarahan ketika bekerja. Sempat dirawat di RSUD Prof Dr. Soekandar Mojosari selama 3 hari, kondisi bayi tidak bisa diselamatkan. Petunjuk dokter, bayi harus dikuret. Karena, kalau tidak dikuret, maka beresiko kanker pada si ibu. Setelah itu, janin bayi dimakamkan tapi tanpa memberitahukan ke perangkat setempat sehingga timbul miss komunikasi.(stm/dip)
06 May 2021
Pick Up Terguling di Tol Surabaya-Mojokerto, Tiga Orang Luka-Luka
Radio ANDIKA - Tiga orang mengalami luka-luka setelah mobil Daihatsu pick up nopol L 8445 LT terguling di tol Surabaya-Mojokerto KM 726.200, Kamis sekitar jam 15.15 WIB. Diduga insiden terjadi karena pick up mengalami selip.
 
AKP IMAM Kanit PJR Tol Jatim 3 kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan awalnya pick up yang dikendarai SUKIRIN, warga Kwadungan Ngawi melaju dari arah Surabaya menuju ke Kertosono dengan kecepatan sedang di lajur lambat. Setibanya di lokasi, tiba-tiba kendaraan mengalami selip sehingga SUKIRIN tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya. Pick up oleng ke kiri dan menabrak guardril atau pembatas bahu jalan tol. Kendaraan terguling dan akhirnya berhenti di bahu jalan. 
 
Akibat insiden ini, SUKIRIN serta dua penumpang, yaitu MURYANTO warga Desa Sambirejo Madiun dan SUPRIYANTO warga Pilang Kenceng Madiun, mengalami luka-luka langsung dibawa ke RS Citra Medika Mojokerto untuk mendapat perawatan medis. Setelah evakuasi selesai dilakukan, arus lalu lintas kembali normal. (hil/stm)
06 May 2021
Mendahului Dari Kiri, Pemotor Luka Berat Terserempet Truk di Mengkreng
Radio ANDIKA – Pengendara sepeda motor terserempet truk saat mendahului dari sebelah kiri di simpang tiga Mengkreng, Desa Mekikis, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, sekitar jam 13.45 WIB Kamis siang. Akibat insiden tersebut, satu korban mengalami luka berat.
 
IPDA ARIS WIGIARTO, SH, Kanit Laka Satlantas Polres Kediri saat dikonfirmasi Radio ANDIKA mengatakan insiden melibatkan sepeda motor nopol AG 5318 UW yang dikendarai ACHMAD ANTONI, warga Kelurahan Klampisngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya dengan truk Fuso nopol AA 1990 FF yang dikemudikan SUGENG RIYADI, warga Desa Sawangan, Kecamatan Laksono, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
 
Awalnya kedua kendaraan berjalan searah dari Jombang menuju Kertosono dengan posisi truk fuso berada di depan. Sedangkan sepeda motor di belakang. Sampai di simpang tiga Mengkreng, sepeda motor hendak mendahului truk dari sisi kiri. Karena tidak cukup ruang, motor terserempet truk hingga oleng dan terjatuh.
 
Akibatnya,  pengendara sepeda motor ACHMAD ANTON mengalami luka berat pada kakinya. Selanjutnya korban dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.(stm/adr)
06 May 2021
Polres Tulungagung Prioritaskan Pemeriksaan Kendaraan Plat Nomor Luar Rayon
Radio ANDIKA – Kebijakan larangan mudik lebaran 2021 mulai tanggal 6-17 Mei mendatang, Polres Tulungagung melakukan pemeriksaan dengan memprioritaskan kendaraan dengan plat nomor luar rayon. Jika saat diperiksa pengendara tidak bisa menunjukkan kelengkapan syarat ketentuan yang wajib dimiliki, maka akan dipaksa putar balik.
 
Saat On Air di Radio ANDIKA, AKP MUHAMMAD BAYU AGUSTYAN, S. I. K Kasat Lantas Polres Tulungagung mengatakan, Kabupaten Tulungagung masuk rayon 4 dan secara geografis berada di tengah. Pemeriksaan kendaraan akan dilakukan selektif dan diprioritaskan untuk kendaraan dengan plat nomor luar dari wilayah rayon, artinya selain plat AG dan S. Bagi yang berada diluar rayon 4 dan hendak memasuki wilayah Tulungagung, maka harus memenuhi 3 item syarat. Yaitu memiliki surat tugas, menunjukkan hasil rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam dan menunjukkan surat telah melaksanakan vaksinasi. Jika tidak dapat memenuhi ketentuan yang wajib tersebut, maka pengendara akan diminta putar balik.
 
Untuk mendukung larangan mudik lebaran 2021, Polres Tulungagung mendirikan pos pengamanan di tujuh titik. Di antaranya pos pengamanan Ngantru yang merupakan perbatasan Kediri–Tulungagung, perbatasan Blitar–Tulungagung dan perbatasan Trenggalek–Tulungagung.
 
AKP MUHAMMAD BAYU AGUSTYAN menambahkan Polres Tulungagung menyiapkan 460 personil Polri yang akan bertugas selama masa larangan mudik. Kepolisian juga bersinergi dengan Dishub dan Satpol PP. Dalam menjalankan tugas, tim dibagi menjadi 2 shift, pagi dan malam dengan masing-masing shift bekerja selama 12 jam.(stm/adr)
06 May 2021
Bupati Kediri, Beri Santunan Pada Ribuan Anak Yatim
Radio ANDIKA - Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA dan Wakil Bupati Kediri DEWI MARIYA ULFA, sore ini memberikan santunan pada 1450 anak yatim se Kabupaten Kediri, yang bertempat di Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri.
 
Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA mengatakan, untuk santunan pada anak yatim, memang selalu diagendakan di Kabupaten Kediri. Apalagi, doa anak yatim paling dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, anak-anak itu juga menjadi bagian dari Kabupaten Kediri.
 
Acara penyerahan santunan pada anak yatim, secara simbolis diterimakan pada 30 anak yang dihadirkan di Pendopo Panjalu Jayati karena masih masa pandemi. Selain itu, penyerahan secara simbolis pada anak yatim, juga disaksikan secara virtual di 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri.(atc/dip)

06 May 2021
Modus Pencurian Rumah Ditinggal Tarawih, Dua Residivis di Tulungagung Dilumpuhkan Polisi
Radio ANDIKA-Polsek Ngantru Tulungagung berhasil meringkus dua pencuri yang kerap menyasar rumah-rumah kosong saat ditinggal pemiliknya tarawih di masjid. Polisi mengamankan KOLIQ, warga Jatisari Kelurahan Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dan PANJI, warga Desa Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Bahkan pelaku terpaksa dilumpuhkan petugas karena bermaksud melarikan diri.
 
Kapolsek Ngantru Polres Tulungagung AKP PUDJI WIDODO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, kedua pelaku menggasak sejumlah barang berharga milik WIYONO, warga Dusun Sumputan, Desa Pinggirsari, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung.
 
Kejadian tersebut bermula pada hari Kamis, 15 April korban yang baru pulang dari sholat tarawih sekitar pukul 19.30 WIB mengetahui rumah sudah dalam keadaan acak–acakan dan sejumlah barang miliknya raib. Pintu belakang rumah korban berada dalam keadaan terbuka dan rusak. Polisi yang melakukan serangkaian penyelidikan akhirnya berhasil meringkus salah satu pelaku, KOLIQ, di Terminal Jombang. Saat tertangkap, KOLIQ mengaku beraksi bersama PANJI, pedagang di Jalan Kapten Kasihin Tulungagung. PANJI ditangkap di tempatnya berjualan.
 
Kapolsek Ngantru mengatakan kedua pelaku merupakan residivis kasus pencurian dengan pemberatan di beberapa kota. Dari tangan kedua pelaku, petugas berhasil mengamankan empat unit HP, dua unit sepeda motor masing-masing Honda Vario hitam AG 3319 RBE dan Honda Beat hitam nopol AG 6518 REE, uang tunai Rp500 ribu, satu set perhiasan, tiga buah linggis kecil dan satu tang.
 
Dari hasil pengembangan kedua pelaku, diketahui bahwa KOLIQ dan PANJI juga melakukan tindak pencurian pemberatan dengan modus yang sama di rumah YOSI SANTOSA, warga Desa Mojoagung Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, Selasa 6 April 2021. Dari rumah tersebut pelaku menggasak perhiasan jenis kalung, cincin, gelang dari Toko Emas Basroni senilai sekira Rp 12 juta, 2 buah Laptop, 2 HP dan uang tunai Rp 15 juta. (arg/adr)
06 May 2021
Sidak Pasar dan Swalayan,  Dinkes Tulungagung Temukan Tiga Bahan Berbahaya
Radio ANDIKA - Jelang  Hari Raya Idul Fitri, Dinas Ketahanan Pangan Tulungagung bersama dengan Dinas Kesehatan Tulungagung melakukan sidak pangan di Pasar Rakyat Ngunut dan Toko Swalayan Modern Tulungagung, Selasa 4 Mei. Hasilnya, ditemukan tiga bahan berbahaya yaitu Borax, Formalin & pewarna Rhodamin B.
 
Kasi Farmasi dan Perbekalan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung MASDUKI saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, dalam sidak tersebut ditemukan beberapa bahan makanan yang tidak layak jual karena terbukti mengandung zat-zat berbahaya. Yaitu kerupuk pasir yang positif mengandung pewarna rhodamin B, kerupuk puli yang mengandung borax dan ikan asin yang mengandung formalin.
 
Sementara itu, sayur-sayuran yang diuji masih dalam batas aman karena menunjukkan hasil negatif residu pestisida. Para pedagang yang kedapatan menjual bahan – bahan makanan yang  mengandung zat berbahaya diberikan peringatan dan tidak diperbolehkan menjual dagangannya ke konsumen. Selanjutnya para pedagang juga akan diberikan pembinaan. MASDUKI mengimbau masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dan tidak membeli bahan makanan yang mengandung zat-zat berbahaya. (arg/stm)
Page 1 of 1208      1 2 3 >  Last ›