Air Terjun Irenggolo Kediri

| More
21 July 2014
air_terjun_irenggolo_e.jpg
Radio ANDIKA – Kediri – Jatim – Air terjun Irenggolo adalah obyek wisata di Kabupaten Kediri yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, air terjun ini dikenal memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat menawan, tak heran bila di daerah ini banyak didirikan vila-vila peristirahatan. Hijau daun dan warna-warni bunga menghiasi sepanjang jalan di lokasi kawasan wisata ini sampai dengan lokasi air terjun. Gemericik air yang jatuh di trap-trap bebatuan air terjun ini menambah suasana yang alami dan menenangkan jiwa.
Kawasan ini menjadi obyek wisata yang sampai saat ini terus mendapatkan penanganan dan pengembangan untuk menuju kawasan wisata yang representatif. Pada tahun 2004 pengembangannya mulai menyentuh kawasan air terjun Dolo yang akan dijadikan menjadi satu paket tujuan wisata.
Bila para wisatawan berkunjung ke kawsan wisata air terjun Irenggolo tepat pada waktunya, bisa menyaksikan penyelenggaraan  kesenian adat tradisi upacara ritual. Masyarakat Besuki selalu mengadakan kegiatan Nyadran setiap ada hajatan maupun setiap bulan Suro pananggalan jawa. Dengan harapan mendapat perlindungan serta ucapan terima kasih atas limpahan rizki pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa. Disamping untuk ngaweruhi penghuni/penguasa Pegunungan Wilis serta untuk mengenang Iro Manggolo sebagai pendahulu/cikal bakal desa tersebut.
Disamping itu juga tetap dilestarikan upacara adat daerah masyarakat yaitu “Sesaji Tirto Husodo”. Upacara Adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat di Pegunungan Wilis sisi timur tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo dan berlokasi di air terjun Irenggolo. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Bulan Sura pada kalender penanggalan Jawa ini dilaksanakan untuk mengenang tokoh cikal bakal desa setempat yaitu Resi Wasis Curigonoto dan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dibalik keindahan alamnya, air terjun dan kawasan wisata ini juga air terjun Irenggolo memiliki legenda yang sangat menarik untuk diketahui. Yang berkaitan dengan sejarah nama Irenggolo.
Alkisah pada suatu masa, di sebelah barat wilayah Pegunungan Wilis, terdapat sebuah kerajaan yang sangat berambisi menaklukkan Kerajaan Kediri. Raja ini mengirimkan seorang Panglima Perangnya yang sakti mandraguna yang bernama Iro Manggolo.
Sebelum berangkat  ke medan  laga  panglima Iro Manggolo dipesan oleh sang raja agar tidak pulang apabila tidak menuai kemenangan. Kerajaan Kediri  juga memiliki Panglima Perang  yang pilih tanding. Sampai pada akhirnya kedua panglima ini bertemu satu lawan dalam adu kesaktian. Kedua panglima perang ini beradu dengan berbagai ilmu kesaktian dengan berbagai senjata pusaka, pada akhirnya kemenangan di pihak panglima Perang Kediri.
Panglima Iro Manggolo tidak dibunuh dan diberi kesempatan untuk kembali kekerajaanya. Namun Karena merasa tidak dapat menunaikan tugasnya, panglima Iro Manggolo mengasingkan diri (bertapa), di sisi timur lereng Pegunungan Wilis sampai akhir hayatnya. Sisa pasukannya yang setia menjaganya menjadi cikal bakal masyarakat setempat. Untuk menghormati dan mengenang panglima ini masyarakat setempat secara turun menurun menamakan lokasi ini “IRENGGOLO” sesuai nama Panglima Perang yang dikalahkan oleh panglima perang Kerajaan Kediri.