Sidang Putusan Kasus BPNT Kota Kediri, Dua Terdakwa Nyatakan Pikir-pikir

| More
22 September 2022
sidang_tipikor.jpg
Radio ANDIKA - Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kota Kediri pada hari Kamis tanggal 22 September 2022 bertempat di Pengadilan Tipikor Surabaya telah mengikuti sidang pembacaan putusan (Vonis) terhadap terdakwa IR. TRIYONO KUTUT PURWANTO, Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Kediri dan SRI RORO DEWI SAWITRI, dalam perkara tindak pidana korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kota Kediri tahun 2020/2021 dengan amar putusan terhadap terdakwa TRIYONO KUTUT PURWANTO.

Beberapa putusan dalam sidang tersebut di antaranya adalah, pertama, menyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun dan denda sebesar Rp. 250.000.000,- dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan kurungan selama 4 bulan.

Kedua, menetapkan masa penahanan yang sudah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dengan pidana yang dijatuhkan. Ketiga, menetapkan terdakwa tetap ditahan. Atas putusan tersebut baik terdakwa maupun penuntut umum menyatakan pikir-pikir. Keempat, terhadap terdakwa Sri Roro Dewi Sawitri, Menyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Kelima, menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp. 200.000.000,- dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan kurungan selama 2 bulan.
Keenam, menetapkan masa penahanan yang sudah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dengan pidana yang dijatuhkan, danKetujuh, menetapkan terdakwa tetap ditahan.

Atas putusan tersebut baik terdakwa maupun penuntut umum menyatakan pikir-pikir. (atc/nur)