Viral Jenazah Diantar Perangkat Desa, Kades Kedak: Bukan Karena Kurang Bertetangga

| More
22 September 2022
keranda_jenazah_diantar_perangkat_desa.jpg
Radio ANDIKA - Beberapa hari belakangan sosial media dihebohkan dengan video yang menampilkan perangkat desa menggotong keranda jenazah ke makam tanpa didampingi keluarga. Video tersebut viral di berbagai platform media dan diteruskan berkali-kali. Ternyata video tersebut diambil di Desa Kedak Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

Kepala Desa Kedak SUNARTI membenarkan video tersebut memang terjadi di Desa Kedak Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Ia mengatakan, identitas jenazah tersebut adalah SUPARTONO yang meninggal pada usia 70 tahun. Namun ia membantah narasi jenazah semasa hidupnya tidak bertetangga dengan baik.

SUNARTI menjelaskan, perangkat desa bertindak mengurus hingga memakamkan jenazah karena kondisi keluarga yang tinggal bersama SUPARTONO hampir seluruhnya mengidap keterbelakangan mental. Selain itu tetangganya banyak perempuan berstatus janda sehingga tidak memungkinkan untuk turut mengantar jenazah menuju pemakaman.

Sementara itu, terkait pengunggah video tersebut, Kapolsek Semen AKP SISWANDI mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk meminta keterangan lebih lanjut mengingat narasi yang disampaikan dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. (nhd/nur)