Antisipasi Longsor, Dinas PUPR Kota Kediri Bangun Dinding Penahan Jalan

| More
22 September 2022
proyek_pengerjaan_jalan.jpg
Radio ANDIKA - Sebagai antisipasi jalan ambles karena muatan berat, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kediri membangun dinding penahan di beberapa ruas jalan yang bersampingan dengan sungai atau saluran air. Salah satu pembangunan dinding penahan jalan yang dalam proses pengerjaan berada di Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Di wilayah tersebut, jalan di timur makam Burengan bersampingan dengan sungai. Jika tidak dibangun dinding penahan, dikhawatirkan jalan akan ambles ke arah sungai atau saluran air, karena setiap hari dilintasi kendaraan berat.

Kabid Binamarga Dinas PUPR Kota Kediri I MADE DWI PERMANA mengatakan, pembangunan dinding penahan jalan di wilayah Burengan, karena antara jalan dengan bibir sungai sangat dekat. Selain itu, juga sering terjadi kendaraan yang terperosok.

Sementara itu, pembangunan dinding penahan jalan di wilayah Burengan dengan panjang 200 meter di sisi utara jalan berfungsi mengamankan konstruksi jalan agar jalan tidak mudah longsor. Selain membangun dinding penahan jalan, Dinas PUPR Kota Kediri juga melakukan pelebaran jalan seluas 50 cm.

Target penyelesaian pengerjaan proyek penahan jalan ini diperkirakan selesai pada 20 Oktober 2022, yang dimulai pengerjaannya pada 25 Agustus lalu. Pengerjaan tersebut membutuhkan rentang waktu yang lama karena mengerjakan dua konstruksi, yaitu membangun dinding penahan jalan dan pelebaran jalan dengan cara dilakukan pengecoran. (atc/nur)