Wali Kota Kediri : Lomba Desain Perkaya Motif Tenun Ikat Di Kota Kediri

| More
22 September 2022
ABDULLAH_ABU_BAKAR_22_SEPTEMBER.jpg
Radio ANDIKA - Lomba Desain Motif Tenun Ikat Kota Kediri 2022 akhirnya menemukan pemenangnya. Setelah melalui rangkaian proses penjurian, dari ratusan karya yang masuk, dipilih 11 nominasi karya terbaik, dan ketiga juara telah diputuskan. Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR menyerahkan secara langsung hadiah berupa piala dan uang tunai kepada ketiga pemenang Lomba Desain Motif Tenun Ikat di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri.

Adanya lomba desain motif tenun ikat ini, menurut ABDULLAH ABU BAKAR dapat memperkaya motif tenun yang ada di Kota Kediri. Motif yang beragam tersebut juga bisa meningkatkan penjualan dan orang yang akan membeli tenun ini juga semakin banyak pilihan. Lantaran menciptakan sebuah motif tenun ikat itu tidaklah mudah.

Walikota Kediri juga berpesan kepada perajin tenun ikat, untuk memikirkan katalog produknya. Sehingga perajin tenun ikat bisa menyisihkan satu kain tiap motifnya untuk digunakan sebagai sampel. Sehingga, ketika orang akan membeli bisa melihat secara langsung contoh motif yang sudah diaplikasikan ke kain tenun. 

Tenun Ikat Bandar Kidul wastra nusantara yang dimiliki Kota Kediri ini bisa dikembangkan dengan sebaik-baiknya. Bagi perajin diharapkan selalu menjaga kualitas kain tenun ikat ini. Selain itu, disarankan agar kain tenun ikat ini bisa langsung digunakan tanpa harus dicuci terlebih dahulu sehingga lebih memudahkan. (atc/nur)