DKPP Kota Kediri Tak Larang Penjualan Hewan Qurban di Pinggir Jalan

| More
04 July 2022
DKPP_Kota_Kediri.jpg
Radio ANDIKA - Satu minggu menjelang hari raya Idul Adha, penjualan hewan qurban di pinggir jalan sepi. Berdasatkan pantauan di lapangan, hanya beberapa penjual hewan qurban yang terlihat ada di pinggir jalan Kota Kediri. Biasanya, sepuluh hari menjelang hari raya Idul Adha, pedagang hewan qurban menjamur di Kota Kediri. Hal itu terjadi, karena para pedagang dimungkinkan takut menjual hewan qurbannya ke pasar atau di pinggir jalan. Mereka, memilih untuk menjual hewan qurbannya dari rumah saja.

MUHAMMAD RIDWAN, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri mengatakan, pihaknya tidak melarang, pedagang menjual hewan qurban di pinggir jalan. Namun, pedagang harus menyiapkan kelayakan tempat berjualan, proses pengiriman hewan qurban juga harus dilengkapi dengan Surat Keterangan kesehatan hewan (SKKH). DKPP Kota Kediri juga akan melakukan pemantauan untuk penjualan hewan qurban.

MUHAMMAD RIDWAN menambahkan, pihaknya juga selalu melakukan sosialisasi pada masyarakat, jika daging sapi ternak yang terkena PMK masih bisa dikonsumsi. Penyakit mulut dan Kuku (PMK) hanya menular untuk sesama hewan, dan tidak menular pada manusia. (atc/nur)