DKPP Kota Kediri, Data Ternak Untuk Dapat Vaksin

| More
23 June 2022
FT_232.jpg
Radio ANDIKA-Untuk mencegah semakin merebaknya wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pemerintah akan segera melakukan vaksinasi pada hewan ternak, khususnya sapi. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, saat ini mulai melakukan pendataan sapi diwilayah Kota Kediri.

Vaksinasi menjadi salah satu langkah yang diterapkan pemerintah untuk menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. Untuk tahap pertama, vaksinasi akan diberikan kepada hewan ternak paling rentan yakni sapi perah. Sehingga, pendataan difokuskan pada sapi perah karena penghasil susu.

Kepala DKPP Kota Kediri M RIDWAN mengatakan, pendataan hewan ternak terus diintensifkan, agar nanti saat pelaksanaan vaksinasi berjalan, data hewan ternak yang akan divaksin sudah siap dan proses vaksinasi bisa dilakukan dengan tepat dan lancar. Berdasarkan data populasi sapi dari tahun-tahun sebelumnya saat ini terdapat populasi antara 3 hingga 4 ribu ekor sapi di Kota Kediri.Berdasar data populasi sebelumnya, jumlah sapi kurang lebih sekitar tiga hingga empat ribu ekor. Namun yang akan di vaksin pada tahap pertama, adalah sapi perah dengan jumlah kurang lebih sekitar 100 ekor di Kota Kediri. (atc/arh)