Pemerintah Resmi Umumkan Kematian Pertama Akibat Omicron

| More
22 January 2022
26_JURU_BICARA_BENER.png
Radio ANDIKA - Kementerian Kesehatan secara resmi umumkan kematian pertama akibat paparan Covid-19 varian omicron. Pernyataan ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementrian Kesehatan, dr. SITI NADIA TARMIZI, MEpid., Sabtu, 22 Januari 2022.
 
Saat On Air, Jurnalis Radio ANDIKA di Jakarta, SAMSUL HADI mengatakan dua pasien dikabarkan meninggal dunia di RS Sari Asih, Ciputat dan RS Pernafasan Indonesia (RSPI) Sulianto Saroso, Jakarta.

dr. SITI mengatakan pasien yang dirawat di RS Sari Asih merupakan pasien transmisi lokal. Sementara yang dirawat di RSPI memiliki riwayat perjalanan luar negeri. Kedua pasien meninggal dunia ini terpapar Covid-19 dengan status komorbid atau memiliki penyakit penyerta. Satu di antara kedua pasien telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.
 
dr. SITI juga menambahkan, pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022. Lewat surat itu perawatan terhadap pasien Covid-19 varian Omicron dibedakan menjadi dua. Pasien tanpa gejala bisa menjalani isolasi mandiri di rumah dan yang memiliki gejala sedang hingga berat, apalagi berstatus komorbid wajib melakukan perawatan di rumah sakit.
 
dr. SITI meminta masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, menghindari kerumunan massa dan menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, serta segera memenuhi kebutuhan vaksinasi. dr. SITI menekankan bahwa varian omicron ini memiliki karakteristik yang sangat mudah menular. Seperti terdata pada hari ini, terjadi penambahan konfirmasi positif sebanyak 3.205 kasus. (shk/sap/dip)