Sempat Rendam 21 Desa di Jombang, Banjir Kini Mulai Surut

| More
22 January 2022
19_BANJIR_JOMBANG.png
Radio ANDIKA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jombang sejak Kamis, 20 Januari 2022 membuat sebagian wilayah Jombang terendam banjir. Sebelumnya, banjir sempat merendam 21 desa dan saat ini sudah mulai surut. Hingga Sabtu, 22 Januari 2022 pukul 13.00 WIB, banjir masih merendam 4 desa namun tidak sampai ke pemukiman warga.

Koordinator Operasional Lapangan Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Jombang, PEPI saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, saat ini kawasan yang terendam banjir ada di 4 desa yaitu Desa Jombok, Desa Tugu, Desa Pesantren dan Desa Trawasan. Kebanyakan area yang terendam adalah persawahan sehingga tidak masuk ke area pemukiman warga.

Menurut PEPI, seluruh wilayah Jombang memiliki potensi mengalami banjir. Karena Jombang merupakan wilayah yang paling banyak dilalui aliran sungai. Sebagai antisipasi banjir susulan, PEPI mengatakan BPBD Jombang sudah berkoordinasi dengan BPBD di daerah lain karena beberapa sungai memiliki hulu di luar wilayah Jombang, seperti Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang. Sehingga ketika ada potensi banjir di sungai, informasi itu dapat dengan cepat tersampaikan.

PEPI juga menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan titik-titik pengungsian dan desa tangguh sebagai antisipasi jika terjadi banjir besar susulan. PEPI berharap debit sungai segera turun dan air bisa kembali tertampung di sungai. (sap/stm)