Lapas Tulungagung Berhasil Gagalkan Penyelundupan Puluhan Paket Sabu dan Pil Dobel L

| More
22 January 2022
6112.jpg
Radio ANDIKA - Petugas Lapas Kelas 2B Tulungagung berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan paket sabu dan pil dobel L di Lapas Kelas 2B Tulungagung. Insiden tersebut pada Kamis, 20 Januari 2022 jam 11.35 WIB. 
 
Kepala Lapas Kelas 2B Tulungagung TUNGGUL BUWONO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan awalnya ada pengunjung berinisial DDP, warga Desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung datang ke lapas dengan tujuan menitipkan barang bawaan di Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP). Barang tersebut ditujukan kepada BS, warga binaan Lapas Kelas 2B Tulungagung. 
 
Diketahui, total ada sebanyak 715 warga binaan dari kapasitas 215 orang. Sebanyak 440 terkait kasus narapidana narkoba, sementara sisanya 275 merupakan narapidana umum lapas Kelas 2B Tulungagung. BS adalah salah satu warga binaan di Lapas kelas 2B dengan masalah narkoba. BS, masih menjalani masa tahanan 11 bulan dari masa penahanan 5 tahun 6 bulan.  
 
Sesuai prosedur, petugas memeriksa barang bawaan DDP yang isinya botol sabun cair dan sejumlah makanan ringan. Salah satu petugas kemudian membuka botol sabun tersebut dengan memasukkan kawat ke dalam botol. Saat itu, petugas mulai curiga karena kawat seperti menyentuh benda yang mengganjal dalam botol. Setelah itu, petugas membuka botol tersebut dan didapati paket 31 sabu dengan berat 35, 27 gram dan pil dobel L 40 butir yang dibungkus di 4 plastik klip. 
 
Petugas lapas kemudian mengamankan DDP untuk dilakukan pemeriksaan. Sementara BS, saat diperiksa  petugas mengaku memang memesan barang tapi tidak mengetahui sabu dan pil dobel L tersebut. Atas peristiwa ini, petugas berkoordinasi dengan Satresnarkoba Polres Tulungagung untuk penanganan lebih lanjut. (ahm/stm/ikj)