Penendang Sesajen di Gunung Semeru Lumajang Berhasil Diamankan di Yogyakarta

| More
14 January 2022
2117.jpg
Radio ANDIKA - Pelaku penendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang yang sedang viral berhasil diamankan oleh polisi. Pelaku  berinisial HF, asal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap di Desa Banguntapan, Bantul, Yogyakarta pada Kamis malam, 13 Januari 2022 jam 22.30 WIB. Diketahui HF memang tinggal di daerah tersebut bersama dengan istri dan anaknya. 
 
Kabid Humas Polda Jatim, KOMBES POL GATOT REPLI HANDOKO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan HF ditangkap oleh tim gabungan dari Polda Jatim, Polda Yogyakarta dan Polres Lumajang. HF ditangkap di gang depan rumahnya saat hendak mengambil sepeda motor. Saat dilakukan penangkapan, HF juga bersikap kooperatif dan bersedia untuk dibawa ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.  HF juga menyesal telah melakukan tindakan intoleran tersebut. Saat ini HF sudah dibawa ke Polda Jatim untuk dilakukan interogasi lebih lanjut.  
 
Dalam keterangannya, HF mengaku melakukan aksi tersebut saat menjadi relawan di lokasi erupsi Gunung Semeru selama 2 hari. Pada saat menyusuri lereng Gunung Semeru, HF melihat sesajen dan kemudian secara spontan meminta temannya untuk merekam. Selanjutnya HF melakukan aksi penendangan sesajen lalu dishare ke grub whatsapp (WA). HF tidak menyangka akan menjadi viral atas tindakan yang dilakukannya. 
 
Atas insiden tersebut, HF akan dijerat dengan Pasal 156 dan pasal 158 KUHP tentang ujaran kebencian dan penghinaan terhadap suatu golongan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. Kasus ini masih dalam penanganan Polda Jatim. GATOT menambahkan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain yang bisa dikenakan pasal UU ITE bagi yang melakukan penyebaran video tindakan tersebut. (ahm/stm)