Apresiasi Mas Menteri Untuk Guru yang Tak Padam Semangat di Tengah Pandemi

| More
25 November 2021
hri_guru.jpg
Radio ANDIKA - Apresiasi untuk guru yang tak padam semangat mengajar di tengah situasi pandemi, disampaikan oleh NADIEM MAKARIM, dalam pidatonya memperingati Hari Guru Nasional yang disiarkan secara virtual di kanal Youtube Kementerian Pendidikan RI, Kamis pagi tadi. Mewakili Pemerintah, Ia menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi guru.
 
Mas Menteri, demikian Nadiem biasa disapa,  mengawali pidatonya dengan gambaran pandemi yang menjadikan segala aspek kehidupan menjadi lebih rumit, tak terkecuali proses belajar mengajar. Ketika Pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran secara daring, guru secara mandiri harus melakukan penyesuaian, di antaranya mempelajari teknologi yang sebelumnya bahkan tak pernah dibayangkannya.
 
Selain itu adanya kesediaan guru mendatangi rumah muridnya, menempuh perjalanan yang terkadang sangat jauh,  demi tetap memenuhi hak mendapatkan pelajaran, khususnya bagi yang tidak mampu memenuhi kebutuhan fasilitas pendukung belajar secara daring. Ada juga guru yang didapatinya mampu berinovasi lebih jauh menyelenggarakan pembelajaran yang tidak membosankan. Di luar faktor teknis, NADIEM juga menyampaikan terimakasih atas kemampuan guru mengatasi aspek non teknis, menjaga semangat belajar anak didik tetap tumbuh di tengah proses pembelajaran secara daring yang terkadang membosankan.
 
Apa yang ditunjukkan para guru itu, menurut NADIEM sejalan dengan slogan Merdeka Belajar yang sekarang menjadi program kerjanya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kemampuan guru berinovasi dan tetap  berpihak pada kepentingan peserta didik dinilai sebagai perwujudan Merdeka Belajar. Mas Menteri menutup pidatonya dengan pernyataan Merdeka Belajar adalah milik guru, dedikasi atas pengorbanan dan ketangguhan yang ditunjukkan untuk keberlangsungan proses belajar mengajar di tengah pandemi tetap berjalan baik. [shk/kin]