BMKG Imbau Masyarakat Untuk Bersiap Memasuki Musim Penghujan

| More
27 October 2021
citra_bmkg.jpg
Radio ANDIKA - Rabu siang 27 Oktober 2021 di wilayah Kediri Raya sempat diguyur hujan. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, apakah saat ini wilayah Jawa Timur sudah memasuki musim penghujan atau belum.
 
Prakirawan Cuaca BMKG Juanda Sidoarjo, SANAS PRAYUDA saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, bahwa wilayah Jawa Timur bagian selatan memang telah memasuki musim penghujan pada akhir Oktober 2021. Sedangkan wilayah Jawa Timur bagian utara diperkirakan awal November 2021 akan masuk musim penghujan. 
 
Menurut SANAS, penentuan peralihan musim berdasarkan sejumlah indikator. Dalam satu bulan terbagi tiga dasarian, dan satu dasarian terbagi 10 hari. Jika dalam dasarian pertama di satu wilayah memiliki curah hujan sebanyak 50 milimeter dan diikuti pada dasarian berikutnya, maka membuktikan bahwa musim hujan sudah mulai datang.
 
BMKG memperkirakan puncak musim hujan pada bulan Januari atau Februari 2022. SANAS mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, dengan mulai membersihkan saluran air, pemotongan pohon yang lapuk, serta memperbaiki rumah-rumah yang rawan kerusakan, untuk persiapan menghadapi hujan lebat.(kin/hil)