Walikota Kediri Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal

| More
27 October 2021
24d3d072-ec84-41cb-ab27-760abf2016f1.jpg
Radio ANDIKA - Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR mengajak masyarakat bersama-sama ikut serta memberantas rokok ilegal yang beredar di Kota Kediri. Selain melanggar peraturan mengenai barang kena cukai, pelanggaran ini juga berdampak pada pendapatan negara.Walikota Kediri mengatakan, dari dana hasil cukai ini nantinya juga akan kembali kepada masyarakat. Salah satu contohnya yaitu untuk peningkatan pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan penduduk, serta penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Walikota setelah mendapati temuan 5900 batang rokok tanpa pita cukai yang dijual di dua toko yang berbeda. Temuan ini berasal dari hasil operasi bersama Pemerintah Kota Kediri dan Bea Cukai Kediri. Operasi ini dilakukan di tiga Kecamatan dengan menyasar toko dan warung yang terletak di pinggiran Kota Kediri. Tempat-tempat tersebut disinyalir rawan peredaran barang kena cukai ilegal. Dari hasil operasi, petugas menyita barang bukti berupa sejumlah rokok polos dan selanjutkan akan dilakukan pemeriksaan oleh Bea Cukai Kediri.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Kediri ZACHRIE AHMAD mengatakan, nantinya pemilik toko juga akan diperiksa terkait dari mana dan siapa pemasok rokok ilegal tersebut. ZACHRIE juga menambahkan, penyebaran rokok illegal ini diduga lantaran penjual ingin mencari untung lebih dengan penjualan rokok yang lebih murah. Selain melakukan operasi rokok illegal, tim gabungan juga melakukan sidak ke beberapa outlet vapor di Kota Kediri. Menurut ZACHRIE, sampai saat ini tingkat kepatuhan para pelaku usaha vapor masih baik.(atc/arg)