Sembilan Kecamatan di Kabupaten Blitar Rawan Longsor

| More
13 October 2021
564995a9-06bd-463a-b346-af409e391ad0.jpg
Radio ANDIKA - Sembilan kecamatan di Kabupaten Blitar masuk kategori tingkat kerawanan tinggi bencana tanah longsor. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan BPBD, kecamatan rawan longsor tersebut meliputi Kecamatan Garum, Gandusari, Doko, Wlingi, Kesamben, Nglegok, Selorejo, Wates, dan Panggungrejo.
 
Staf Humas Pusdal Ops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar LUKMAN RUBAI saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, sembilan kecamatan tersebut merupakan daerah perbukitan yang berada di lereng Gunung Kawi dan lereng Gunung Kelud. LUKMAN menyebut kontur tanah di wilayah bagian utara berbeda beda dengan selatan.
 
Di wilayah bagian utara yang memiliki kontur tanah gembur rawan terjadi longsor ketika curah hujan tinggi dan durasi hujan cukup lama. Untuk itu, BPBD melakukan langkah mitigasi dengan cara sosialisasi pada masyarakat dan menambah jumlah Desa Tangguh Bencana (Destana). Menurut LUKMAN, Destana telah diberikan pelatihan oleh BPBD untuk memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya, sehingga mampu mengurangi kerentanan dan risiko bencana. (arg/adr)