Diterjang Puting Beliung, Puluhan Bangunan di Kesamben Blitar Porak Poranda

| More
14 September 2021
puting_beliung2.jpg
Radio ANDIKA - Diterjang angin puting beliung, merusakkan belasan bangunan dua desa di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Dua desa tersebut adalah Desa Kesamben dan Desa Jugo. Insiden terjadi Selasa, 14 September 2021 pukul 14.00 WIB. 
 
M. ZAINUL ARIEF Kasi Logistik BPBD Kabupaten Blitar saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, angin puting beliung terjadi bersamaan dengan turunnya hujan lebat. Puting beliung terjadi begitu cepat, mengakibatkan dampak kerusakan begitu besar. Angin tersebut merobohkan puluhan bangunan diantaranya, tower SIAK yang berada di kantor Kecamatan Kesamben, tembok SDN Jugo 5 roboh, kandang ayam petelur ukuran 10 x 20 meter roboh, serta genteng rumah warga Desa Jugo dan Desa Kesamben rusak parah. Petugas BPBD Kabupaten Blitar melakukan pengecekan di dua desa tersebut, serta membantu untuk pemasangan terpal bagi atap rumah warga yang mengalami kerusakan.
 
ZAINUL menambahkan, sudah mendapatkan informasi dari BMKG bahwa untuk antisipasi perubahan cuaca yang cepat serta angin kencang. Selain wilayah Kecamatan Kesamben, ada dua titik kecamatan yang perlu di antisipasi yang diperkirakan terkena dampak angin puting beliung, yaitu Kecamatan Ponggok dan Udanawu.(kin/dip)