Diduga Beredar Oksigen Palsu di Sumbergempol, Polres Tulungagung Lakukan Penyelidikan

| More
21 July 2021
oxygen.jpg
Radio ANDIKA - Viral di media sosial, seorang warga Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Tulungagung , yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan hias,  diduga mendapat oksigen palsu. Hal ini terjadi di tengah melonjaknya kasus Covid-19 saat ini.
 
Sekretaris Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, YOYOK MUBAROK saat On Air di radio ANDIKA membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa terjadi Senin 19 Juli 2021 ketika kelompok budidaya ikan di Sumbergempol akan melakukan pengiriman ikan koi ke luar kota. YOYOK menyadari, di masa pandemi oksigen semakin langka dan hanya diperuntukkan bagi kebutuhan medis. Akhirnya ada seorang teman yang menawarkan tabung oksigen ukuran kecil untuk proses pengemasan sebelum ikan dikirim. 
 
YOYOK menambahkan, setelah dilakukan pengemasan ikan dengan menambahkan oksigen ke dalam plastik, keesokan harinya ikan- ikan tersebut mati. Karena curiga ada yang tidak beres dengan oksigen yang dibeli, para pembudidaya ikan melakukan uji coba dengan mengisi plastik menggunakan oksigen dan disulut dengan api. Hasilnya plastik berisi oksigen yang diduga palsu tersebut tidak terbakar. Padahal seharusnya oksigen jika tersulut api langsung terbakar. 
 
Dugaan tabung berisi oksigen palsu, yang diisi dengan udara biasa dari mesin kompresor tambal ban tersebut, langsung dilaporkan ke Polres Tulungagung, Selasa 20 Juli 2021. Kanit Pidsus Satreskrim Polres Tulungagung, IPTU DIDIK RIYANTO, S.H., M.H.,  yang dikonfirmasi  Gatekeeper Radio ANDIKA menjelaskan, saat ini kasus dugaan oksigen palsu masih dalam tahap penyelidikan.(sha/hil)