Berlakukan ETLE di Tulungagung, Pelanggar Mulai Dikenai Sanksi

| More
21 July 2021
lalu_lintas.jpg
Radio ANDIKA - Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Polres Tulungagung, mulai memberlakukan sanksi pelanggaran yang menerapkan perangkat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Sebelumnya lokasi perangkat CCTV ETLE telah terpasang di simpang empat Tamanan Tulungagung. Pemberlakuan sanksi bagi pelanggar mulai efektif, Rabu, 21 Juli 2021.
 
Baur Tilang Satlantas Polres Tulungagung, BRIPKA SATRIYA HADI WIBOWO, S.H., On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, sosialisasi sudah dilakukan sejak Maret 2021, sehingga hari ini mulai pemberlakuan sanksi bagi pelanggar rambu lalu lintas karena dirasa masyarakat sudah paham dengan sistem ETLE tersebut. Pelanggaran yang sering dilakukan pengendara adalah pelanggaran marka jalan, menerobos tanda rambu lampu lalu lintas, tidak menggunakan helm, tidak memakai sabuk keselamatan dan menggunakan HP saat berkendara.
 
Menurut BRIPKA SATRIYA, total pelanggaran yang terjadi hari ini ada lima pelanggar. Pengendara yang kedapatan melanggar rambu lalu lintas tersebut, akan mendapatkan surat tilang yang dikirim langsung melalui pos ke alamat sesuai nomor kendaraan yang melanggar. Jika tidak dilakukan pembayaran selama lima hari dengan batas maksimal pembayaran 14 hari, maka STNK kendaraan akan diblokir. Sehingga pengendara tidak bisa membayar pajak kendaraan. Blokir akan dibuka jika tilang sudah dibayar. 
 
BRIPKA SATRIYA berharap,  dengan diterapkan sanksi tilang ETLE ini, bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dan pengguna jalan di Tulungagung.(sha/dip)