Tiga Warga Gondang Keracunan Gadung, Satu Orang Meninggal

| More
10 June 2021
Gondang_Tulungagung_Umbi_Gadung.jpg
Radio ANDIKA - Tiga warga Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung alami keracunan setelah mengkonsumsi umbi gadung yang dikukus. Satu orang akhirnya meninggal dunia sebelum mendapatkan perawatan di Puskesmas.
 
AIPTU TEGUH RAHAYU Kasi Humas Polsek Gondang Polres Tulungagung saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, tiga warga tersebut masing-masing BEJO, SUPANDI dan KARYATI menantu BEJO. Peristiwa keracunan ini terjadi pada hari Kamis, 10 Juni 2021 ketika KARYATI memasak umbi gadung dengan cara dikukus setelah dibawa dari kebun oleh suaminya SOYIN. BEJO, SUPANDI dan KARYATI kemudian menyantap umbi gadung atau biasa disebut gembolo bersama-sama. Tidak berapa lama kemudian ketiganya mengeluhkan mual dan muntah. Kondisi BEJO terlihat cukup parah hingga akhirnya diketahui meninggal dunia sebelum sempat dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan.
 
AIPTU TEGUH menjelaskan, KARYATI kemudian melaporkan meninggalnya BEJO ke perangkat desa Sidem dan diteruskan ke Polsek Gondang. Polisi dan tim medis dari Puskesmas Gondang serta tim Inafis Polres Tulungagung melakukan pemeriksaan terhadap BEJO. Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, sedangkan pihak keluarga tidak menghendaki dilakukan otopsi pada jenasah. Dugaan penyebab meninggalnya korban karena mengkonsumsi umbi gadung yang tidak diolah secara benar sehingga terpapar senyawa dioscorin dan sianida yang terdapat didalamnya.(kin/eko)