Antisipasi Pemudik, Polres Mojokerto Bangun 4 Titik Penyekatan

| More
06 May 2021
penyekatan_mojokerto.jpg
Radio ANDIKA-Untuk mengantisipasi larangan mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021, Polres Mojokerto mendirikan empat titik lokasi penyekatan yang berbatasan dengan kabupaten/kota di sekitarnya. Penyekatan pemudik di 4 titik itu yakni di Trowulan, Pacet, Trawas dan Ngoro. Sebanyak 800 personel gabungan polisi, TNI, Pemkab Mojokerto dan para relawan diterjunkan di titik-titik penyekatan. Pos tersebut akan dijaga 24 jam secara bergantian.
 
Kapolres Mojokerto AKBP DONY ALEXANDER saat ON AIR di Radio ANDIKA, mengatakan, selain di 4 titik tersebut, ada tambahan jalur yang dilakukan penutupan selama masa larangan mudik, yakni Jalan Rolak Songo yang berpotensi dijadikan jalur tikus oleh para pemudik dari arah Sidoarjo dan sekitarnya. Jalan ini terletak di antara Desa Lengkong, Mojoanyar, Mojokerto dengan wilayah Tarik, Sidoarjo. Meski sempit, jalur ini ramai dilalui masyarakat yang ingin ke Sidoarjo dan sebaliknya.

Kapolres Mojokerto juga mengatakan, dalam razia di hari pertama pos  Trowulan, petugas mendapati ada 40 kendaraan, baik mobil dan motor yang melintas antara wilayah Kabupaten Mojokerto dan Jombang. Para pengendara terpaksa harus diputarbalik karena melakukan perjalanan mudik dan sebagian lainnya hanya sekedar jalan-jalan. Selain itu para sopir kendaraan tersebut, tidak bisa menunjukkan surat tugas maupun surat bebas Covid-19.

Selama penutupan, DONY menegaskan pihaknya akan melakukan diskresi untuk kondisi darurat. Misalnya, ambulans atau masyarakat yang mengantarkan orang sakit masih diizinkan melintas di jalur penyekatan. Selain itu aktivitas perdagangan atau pengiriman barang (logistik), bahan bakar minyak (BBM) maupun jasa ekspedisi juga masih diperbolehkan.(dip/adr)