Dinkes Kota Kediri Pastikan Tak Ada Alat Test Antigen Bekas

| More
04 May 2021
dinkes.jpg
Radio ANDIKA - Dinas Kesehatan Kota Kediri pastikan tak akan ada alat test antigen bekas yang dipakai kembali di wilayah Kota Kediri. Rapid test antigen merupakan salah satu metode untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) dan beberapa waktu lalu, ramai pemberitaan layanan rapid antigen menggunakan alat bekas pakai di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.
 
Penggunaan alat test antigen bekas dipastikan tidak akan terjadi di Kota Kediri. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr FAUZAN ADIMA, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan, melakukan pengawasan secara ketat pada penggunaan alat rapid test antigen yang ada di Kota Kediri. Jangan sampai, ada alat rapid test antigen bekas yang dipakai kembali.
 
dr Fauzan menambahkan, pihaknya telah melakukan pengawasan dengan cara mencocokkan dan menghitung penggunaan alat rapid test antigen yang sudah dipakai. Alat rapid test antigen yang sudah dipakai harus ada sampah medisnya. Jika ada yang melanggar SOP tersebut dan kedapatan ada yang menggunakan rapid test antigen bekas untuk melakukan test covid pada sesesorang, maka Dinas Kesehatan akan langsung melakukan pemecatan pada oknum tersebut.
 
Seperti informasi yang beredar, ada oknum petugas di Bandara Kualanamu Sumatera Utara yang melakukan pemeriksaan rapid test antigen menggunakan alat bekas. Alat rapid untuk pengambilan sampel yang di masukkan ke dalam hidung, dicuci dan dibersihkan kembali setelah digunakan. Kemudian alat bekas tersebut dimasukkan kedalam bungkus kemasan dan dipakai lagi untuk pemeriksaan orang berikutnya.(atc/arg)