Dampak Gempa, Puluhan Rumah dan Tempat Ibadah di 12 Kecamatan Tulungagung Mengalami Kerusakan

| More
10 April 2021
gempa.jpg
Radio ANDIKA - Sejumlah bangunan di Kabupaten Tulungagung mengalami kerusakan akibat gempa bumi 6,7 SR yang berpusat di selatan Kabupaten Malang. Kerusakan bangunan dengan kategori rusak ringan dan sedang, terjadi di 30 desa pada 12 kecamatan di Kabupaten Tulungagung.
 
SOEROTO Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tulungagung saat ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan, akibat gempa yang berpusat di Malang Sabtu siang mengakibatkan kerusakan pada 46 rumah, 2 masjid, 2 mushola dan 2 rumah yang terbuat dari bambu ambruk. 
 
Bangunan yang rusak tersebut terjadi di Kecamatan Kalidawir 10 desa, kemudian di kecamatan Pakel dan Gondang sebanyak 3 desa. Kecamatan Bandung, Ngunut,  Campurdarat,  Besuki dan Kecamatan  Kauman masing-masing 2 desa. Sedangkan di Kecamatan Pucanglaban, Pagerwojo, Sendang dan Kecamatan  Sumbergempol masing-masing 1 desa. Kerusakan yang terjadi beragam seperti banyak genting yang jatuh, atap rumah ambrol dan tembok retak. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Hanya ada satu korban bernama BAHRUDIN, warga Desa Domasan Kalidawir yang mengalami luka ringan karena tertimpa genting. Setelah mendapatkan perawatan dari Puskesmas, korban sudah bisa pulang kerumahnya. 
 
SOEROTO juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, jangan terlalu panik yang berlebihan, termasuk warga yang berada di pesisir pantai. Karena gempa yang terjadi tersebut, tidak berdampak tsunami.  Saat terjadi gempa, sempat membuat masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Tapi setelah usai gempa, masyarakat kembali kerumahnya dan melakukan gotong royong membersihkan rumahnya. Rencananya, besuk BPBD bersama TNI/Polri, TAGANA relawan dan masyarakat akan melakukan gotong-royong  perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan.(dip/stm)