Lintas Jawa Timur

24 March 2013
Dinyatakan Tertutup, Wisatawan Masih Nekad Mendaki Gunung Ijen ANDIKAFM KEDIRI - Meski aktifitas vulkanik gunung Ijen dinyatakan meningkat signifikan. Ratusan wisatawan masih bebas mendaki hingga ke puncak kawah Ijen. Padahal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyatakan akses wisata ditutup sementara.
 
Pantauan detiksurabaya.com, Sabtu (23/3/2013), wisatawan masih terlihat bebas tanpa ada hambatan. Mendekati sore hari, jumlah wisatawan yang berkunjung semakin banyak. Mereka datang secara rombongan maupun perseorangan dari arah Banyuwangi maupun Bondowoso.
 
Ada yang datang menggunakan motor, mobil pribadi, dan mobil travel. Bahkan seratusan siswa SMA asal Bondowoso datang khusus ke Ijen untuk study tour. Terlihat juga Bupati Situbondo Dadang Wigiarto beserta istri dan rombongan.
 
"Iya betul, beliau Bupati Situbondo. Usai arisan ibu PKK terus mampir ke sini," jelas seorang pria yang ikut dalam rombongan Bupati Situbondo di Pos Paltuding Ijen.
 
Dari semua wisatawan yang datang, hampir semuanya memilih untuk mendaki ke kawah Ijen. Dan itu dilakukan tanpa ada larangan atau sikap tegas seperti yang dikatakan BPBD Banyuwangi sebelumnya. Tidak sedikit pula wisatawan yang malam ini bermalam di Pos Paltuding.
 
"Saya tadi sampai puncak, tapi cuma di bibir kawah saja," ungkap Alwi (20), wisatawan lokal Banyuwangi.
 
Petugas dari BKSDA yang berjaga di Pos Paltuding hanya memberikan pemberitahuan dan imbauan kepada setiap wisatawan yang datang. Wisatawan diminta untuk menanggung resiko sendiri bila ingin ke puncak Ijen.
 
"Kita sudah berikan imbauan agar tidak naik ke puncak. Kalau tetap berangkat, ya tanggung sendiri resikonya," ungkap seorang petugas BKSDA yang namanya tidak dipublikasikan ini.
 
Selain wisatawan, penambang belerang masih nampak beraktifitas seperti biasa. Menambang belerang di kawah Ijen dan memikulnya untuk ditimbang di Pos Paltuding.
 
Diberitakan sebelumnya, jalur pendakian gunung Ijen ditutup sementara menyusul peningkatan aktifitas yang semakin sering dengan tingkatan getaran tremmor amplitudo yang makin tinggi.
 
BPBD Banyuwangi menyatakan, jalur pendakian ditutup untuk semua aktifitas maupun kegiatan. Termasuk akan menghalau wisatawan yang datang dari arah Bondowoso maupun Banyuwangi. Namun rupanya hal itu berbeda dengan kenyataan dilapangan.
 

"Hari ini (kemarin) total tidak ada yang boleh naik. Meski batas aman adalah radius 1,5 km, tapi sekarang sampai (Pos) Paltuding sudah dilarang," ungkap Kepala BPBD Banyuwangi, Wiyono, Jumat (22/3/2013). (Detik Surabaya)



24 March 2013
Pilbup Madiun Diundur

ANDIKAFM KEDIRI - KPU Kabupaten Madiun akhirnya memutuskan menunda Pemilihan Bupati (Pilbup) Madiun menyusul gagalnya salah satu kandidat karena kurang persyaratan.
 
23 March 2013
Aktivitas Vulkanik Meningkat, Pendakian ke Gunung Ijen Ditutup Sementara
ANDIKAFM KEDIRI- Wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawah Gunung Ijen sementara ini harus menunda niatnya. Jalur pendakian ditutup karena aktivitas vulkanik Gunung Ijen dikabarkan kembali mengalami peningkatan.
 
23 March 2013
Harga Cabe di Bojonegoro Tembus Rp 45 Ribu Perkilogram
ANDIKAFM KEDIRI - Harga Kebutuhan pokok seperti cabe rawit merangkak naik. Sejumlah pedagang di pasar tradisional Kota Bojonegoro menjual cabe rawit dengan harga Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu perkilogramnya.
 
23 March 2013
Ditinggal ke Sawah, Rumah Ludes Terbakar
ANDIKA FM KEDIRI- Diduga akibat korsleting arus listrik, satu bangunan rumah milik Sukoyo (55) Warga Desa Mojosari RT 04/RW 01, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, ludes terbakar Jumat (22/03/2013) sore.
 
21 March 2013

ANDIKAFM KEDIRI -Sejumlah warga Desa Tamansatrian, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang meminta tanah yang kini dikuasai Perhutani untuk diberikan ke warga.
 
21 March 2013
Disperindag Bojonegoro Terus Awasi Harga Bawang

 

ANDIKAFM KEDIRI - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bojonegoro terus mengawasi kondisi harga bawang putih dan bawang merah di pasaran agar tidak mengalami kenaikan harga lagi.
 

21 March 2013
Jelang Panen, Lahan Padi di Jombang Diserang Wereng
ANDIKAFM KEDIRI – Lahan padi yang ada di Kecamatan Perak, Jombang diserang hama wereng. Padahal sedianya sekitar 10 hari lagi tanaman tersebut siap untuk dipanen. Akibat serangan hama itu, petani dipastikan merugi.
 
21 March 2013
Harga Cabe Rawit Kejar-kejaran dengan Bawang Putih
ANDIKAFM KEDIRI - Harga bawang putih di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto mengalami penurunan dari sebelum Rp 70 ribu per kilogram turun Rp 40 ribu atau menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Namun, harga cabe rawit justrus naik 100 persen.
 
21 March 2013
Tawaran TNI AU untuk Petani Ponggok, Blitar
ANDIKAFM KEDIRI - TNI Angkatan Udara menganggap konflik dengan petani Ponggok, Kabupatan Blitar bukan sengketa yang serius. Sebab, sebagian tanah yang menjadi sengketa sudah mempunyai status yang jelas.
 
Page 841 of 843     ‹ First  < 839 840 841 842 843 >