Lintas Jawa Timur

05 October 2019
Pemkab Koordinasi Dengan Provinsi Terkait Kepulangan Warga Blitar
BLITAR - Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur masih koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim terkait dengan informasi kepulangan warga perantau asal Blitar, korban kerusuhan di Wamena, Provinsi Papua yang hendak pulang kampung.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar ROMELAN mengatakan dari laporan yang masuk, terdapat warga Blitar yang merantau ke Papua. Namun, pascainsiden kerusuhan di Wamena hingga saat ini belum ada laporan kapan warga Blitar tersebut akan dipulangkan. Pihaknya juga menegaskan pemerintah kabupaten siap untuk menjemput warga asal Blitar yang merantau ke Papua tersebut. Saat ini, pemkab tinggal menunggu pemberitahuan lebih lanjut dan baru melakukan tindakan.

Kerusuhan terjadi pada Senin 23 September 2019 akibat hoaks dan membuat ribuan orang mengungsi. Sejumlah pemerintah provinsi mengupayakan pemulangan warganya dari daerah itu, seperti NTB, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Sebelumnya, terdapat 120 pengungsi asal Wamena, Provinsi Papua, sudah tiba di Bandara Abdul Rachman Saleh, Kabupaten Malang pada Rabu 2 Mei 2019, sekitar pukul 14.50 WIB, naik pesawat Hercules C-130 dengan nomor lambung A-1305. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang saat itu menyambut kedatangan pengungsi mengatakan jumlah warga yang dipulangkan dari Wamena ke wilayah Jawa Timur tersebut sebanyak 120 orang, terdiri atas 115 orang dewasa dan lima anak-anak. (antara-art)
03 October 2019
Polda Jatim Tangkap 17 Tersangka Selama Operasi Sikat Semeru 2019
SURABAYA - Polda Jawa Timur menangkap sebanyak 17 orang tersangka kasus kejahatan jalanan selama 12 hari pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2019, yaitu mulai 16 September hingga 27 September 2019.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP LEONARD SINAMBELA menjelaskan para tersangka, berasal dari berbagai daerah seperti Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Mojokerto, Jember, dan Bali. Selain menangkap 17 tersangka kejahatan jalanan, pihaknya juga menyita 11 unit kendaraan bermotor roda empat dan tiga unit kendaraan roda dua sebagai barang bukti.

Kasus paling mendominasi, adalah kasus pencurian dengan pemberatan sebanyak delapan kasus dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) enam kasus. Dia menambahkan, beberapa tersangka telah masuk daftar pencarian orang (DPO), sedangkan beberapa tersangka lainnya memiliki modus baru untuk kasus curanmor. Modus curanmor terbaru yang diungkap Polda Jatim adalah dengan menggunakan Global Positioning System (GPS) dengan cara mobil yang disewa dipasang GPS kemudian dipantau pelaku. (antara-art)
01 October 2019
Kapolres-Dandim Lumajang Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Semeru
LUMAJANG - Kapolres Lumajang AKBP MUHAMMAD ARSAL SAHBAN dan Komandan Kodim 0821/Lumajang LETKOL INF ACHMAD FAUZI turun langsung bersama Tim Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan dalam memadamkan kebakaran hutan di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa.

Ratusan petugas gabungan TNI, Polri, BPBD, TNBTS, masyarakat, dan relawan pecinta alam berkumpul di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang untuk diberangkatkan menuju sejumlah titik lokasi kebakaran hutan di gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu.

Kapolres Lumajang mengatakan sebagian lokasi kebakaran hutan di Gunung Semeru di medan yang curam, di lereng dengan kemiringan 70 derajat celsius dan vegetasi yang terbakar berupa semak belukar, sedangkan pohon-pohon besar tidak sampai mati. Ia mengatakan seluruh personel telah dikerahkan dan peralatan untuk memadamkan api juga sudah disiapkan semuanya untuk memadamkan kebakaran hutan di Gunung Semeru.

ARSAL mengimbau kepada para pendaki yang hendak naik Gunung Semeru bersabar dahulu karena jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut, masih ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan, karena pihak TNBTS tidak mau beiesiko dengan membuka jalur pendakian yang masih terbakar itu. (antara-art)
30 September 2019
104 Kecelakaan Terjadi Di Tol Ngawi-Kertosono
Radio ANDIKA - PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) mencatat terjadi sebanyak 104 kecelakaan lalu lintas di jalur tol Ngawi-Kertosono selama bulan Januari hingga Agustus 2019.

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) IWAN MOEDYARNO, mengatakan insiden kecelakaan tersebut tergolong tinggi. Adapun faktor penyebabnya paling banyak adalah karena human eror yang mencapai 70 persen dari total kasus. Selain karena pengemudi, faktor kondisi kendaraan juga ikut memicu terjadinya kecelakaan. Rekaman data laka JNK menunjukkan, banyak kecelakaan dipicu karena pecah ban atau sebab teknis lain. Misalnya, mesin radiator yang terlalu panas.

Meski demikian, pihaknya juga mengakui jika kualitas badan jalan juga ikut menjadi penyebab kecelakaan. Meski persentasenya tidak sebesar faktor human error. Terkait kualitas badan jalan, pihaknya segera melakukan perbaikan terutama di beberapa titik jembatan. Sedangkan tingginya kasus kecelakaan, pihaknya menilai perlu memasang singing road di beberapa titik yang dianggap rawan. Selain itu, JNK juga akan lebih memperketat laju kecepatan kendaraan agar tidak melebihi batas maksimum yakni 100 kilometer per jam. (antara-art)
30 September 2019
Wali Kota Malang Pastikan Bangunan Tak Ber-IMB Segera Dibongkar
MALANG - Wali Kota Malang SUTIAJI memastikan bangunan-bangunan di daerah ini yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan melanggar peraturan lainnya tidak akan dibiarkan dan segera dibongkar.

Wakil Wali Kota Malang SOFYAN EDI JARWOKO mengemukakan pembongkaran bangunan-bangunan tidak ber-IMB di wilayah itu tidak dilakukan serta merta dan bertahap. Selain akan melakukan pembongkaran terhadap bangunan-bangunan tidak ber-IMB dan melanggar aturan lainnya, Sutiaji juga mereduksi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkot setempat, dari 34 OPD menjadi 28 OPD.


SUTIAJI juga memaparkan berbagai program yang berpihak pada masyarakat, di antaranya layanan dasar kesehatan. Pada tahun 2020, warga Kota Malang sudah terkover program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, termasuk kurang mampu, dimana iuan premi mereka ditanggung oleh Pemkot Malang.

SUTIAJI juga berharap pada 2021, pendapatan dari sektor pajak terus meningkat karena potensinya sangat besar, bahkan bisa mencapai triliunan, terutama pajak restoran, pajak parkir dan pajak reklame. Karena itu, pendapatan pajak daerah yang dikelola Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) itu harus diawasi oleh semua pihak. (antara-art)
25 September 2019
Kebakaran Hutan Di Gunung Semeru Meluas Capai 60,4 Hektare
LUMAJANG - Kebakaran hutan di lereng Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang, semakin meluas dari 20 hektare menjadi 60,4 hektare sesuai laporan SPTN Wilayah III Resort Ranupani yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Rabu 25 September 2019.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang WAWAN HADI menyampaikan upaya pemadaman hari keempat kebakaran di jalur pendakian Gunung Semeru yang merupakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dilaksanakan di Blok Pusung Gendero, Ayek-ayek, ungup-ungup dan Batu tulis Resort PTN Ranupani.

WAWAN mengatakan ada empat titik api yang masih belum bisa dikendalikan yang tersebar di beberapa blok tersebut karena pengaruh angin yang sangat kencang, medan yang bertebing dan berbukit, sehingga menyulitkan petugas untuk melakukan pemadaman.

Ia menjelaskan pemberangkatan petugas dari Ranupani menuju lokasi kebakaran sesuai potensi yang tersebut diatas, sehingga tim tetap terbagi menjadi tiga yakni tim pertama menuju dua titik api melewati jalur ayek-ayek. Teknik pemadaman dilakukan seperti sebelumnya dengan cara mendekati titik api yang bisa dijangkau, kemudian mematikan dengan jetshoter, gepyok atau ranting pohon dan membuat sekat pada medan datar agar tidak meluas. (antara-art)
19 September 2019
Kanwil Kemenkumham: Tahun Ini Ada Penutupan Enam Akun Notaris Di Jatim
SURABAYA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur mengungkapkan, akan ada enam notaris yang ditutup akunnya pada tahun 2019 ini karena diduga terlibat kasus tindak pidana.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim SUSY SUSILAWATI mengatakan, sejak tahun 2017 sudah ada sekitar 733 notaris yang diperiksa oleh Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Wilayah Jatim. Menurutnya, banyaknya notaris di Jatim membuat pengawasan yang dilakukan belum optimal. Untuk itu pihaknya akan meningkatkan peran pengawasan dengan berbasis aplikasi dalam jaringan.
Ia mengatakan, peningkatan jumlah notaris di Jatim cukup luar biasa, yakni sejak 2017, setidaknya ada 300 notaris baru yang dilantik, sehingga saat ini di Jatim ada sebanyak 2.191 notaris.

Hal ini, menunjukkan bahwa pihaknya tidak main-main dalam melakukan pengawasan kepada notaris, dimana sudah ada pergeseran perilaku pelanggaran, dari yang awalnya hanya sebatas melanggar kode etik menjadi tindakan pidana. Termasuk dalam memanfaatkan aplikasi berbasis media elektronik yang diciptakan Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim. Dengan begitu, pengawasan akan lebih mudah, dan pihaknya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. (antara-art)
17 September 2019
Jasa Raharja Madiun Serahkan Santunan Korban Kecelakaan Bus Di Lampung
NGAWI - PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun, Jawa Timur menyerahkan santunan kepada ahli waris Sarpan (43) di Ngawi, korban kecelakaan lalu lintas antara Bus Rosalia Indah dan truk di Jalan Lintas Sumatera, Kampung Way Tuba, Lampung, Senin 16 September 2019, yang mengakibatkan delapan orang meninggal dunia.

Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun HENDRA YUDISTIRA menyampaikan santunan tersebut telah sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 dan 16/PMK.10/2017 tentang Besar Santunan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut dan Udara.

Korban kecelakaan alat angkutan umum baik darat, laut, maupun udara berhak atas santunan meninggal dunia senilai Rp50 juta. Pihaknya juga sangat prihatin dengan kecelakaan yang melibatkan bus Rosalia Indah bernomor polisi AD-1666-CE dengan truk bernomor polisi BE-9291-YJ pada Senin 16 September 2019, hingga mengakibatkan delapan orang meninggal dan puluhan lainnya terluka.

Kecelakaan antara bus Rosalia Indah dengan truk tangki itu terjadi sekitar pukul 14.45 WIB di Jalan Lintas Sumatera, Kampung Way Tuba, KM 229, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan. Kecelakaan berawal ketika bus melaju dari arah Blambangan Umpu menuju Way Tuba di jalur jalan tikungan menanjak dengan kecepatan tinggi mengalami hilang kendali dan oleng ke kanan. Saat bersamaan dari arah berlawanan terdapat truk tangki melaju dari Way Tuba menuju Blambangan Umpu, Lampung, sehingga tabrakan tidak dapat dielakkan.

Dalam musibah itu, delapan orang meninggal dunia, delapan orang mengalami luka berat, dan 22 lainnya mengalami luka ringan, sehingga totalnya 38 orang. Keseluruhan korban kecelakaan tersebut dijamin oleh PT Jasa Raharja (Persero). Delapan orang meninggal dunia itu, antara lain pengemudi truk tangki Marjoko, warga Kota Metro, Provinsi Lampung. Korban lainnya penumpang bus Mujani (55), warga Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Blitar; Slamet Riadi (50), warga Desa Sebet, Kecamatan Plemahan, Kediri.

Korban meninggal lain atas nama SARPAN (43), warga Desa Kedung Putri, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi; WASIDI (62), warga Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar; SUPARTI (45), warga Nganjuk, dan KODRI (49), warga Nganjuk. Terdapat satu warga Jawa Tengah, yakni SUSANTO (35), warga Desa Gosono, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. Kasus kecelakaan itu masih ditangani oleh kepolisian setempat lebih lanjut. (antara-art)
16 September 2019
BMKG Juanda Pantau Sejumlah Titik Api Di Jawa Timur
SIDOARJO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memantau sejumlah titik api yang ada di Jawa Timur sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran pada saat musim kemarau seperti saat ini.

Kasi Data dan Informasi BMKG JUANDA TEGUH TRI SUSANTO menjelaskan, saat ini Jawa Timur masih dalam posisi musim kemarau dan terlihat terdapat titik api di wilayah Sidoarjo. Ia menjelaskan, terkait kejadian kebakaran hutan dan lahan jika itu sudah terjadi perlu dilakukan antisipasi secara dini.

Ia menjelaskan, BMKG terus melakukan pembaruan informasi untuk disebarluaskan kepada pemangku kepentingan dan juga masyarakat luas. Untuk wilayah perairan, lanjut dia, perlu diwaspadai adanya peningkatan tinggi gelombang tinggi laut. (antara-art)
14 September 2019
Jumlah Desa Terdampak Kekeringan Di Ngawi Bertambah
MADIUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur mencatat jumlah desa di wilayah setempat yang mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun 2019 bertambah dari semula 45 menjadi 47 desa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi, TEGUH PURYADI mengatakan dua desa tambahan itu adalah Desa Mantingan dan Pengkol di Kecamatan Mantingan. Menurut dia, bertambahnya jumlah desa terdampak kekeringan tersebut tidak lepas dari kondisi beberapa pekan terakhir yang merupakan puncak kemarau. Guna mengatasi kekeringan tersebut, BPBD Ngawi terus melayani distribusi bantuan air bersih ke desa-desa yang terdampak.

Dalam sehari, jajarannya bisa melakukan pendistribusian air bersih sebanyak lima hingga tujuh truk tangki ke desa-desa terdampak tersebut. Pihaknya menyebut terdapat sejumlah kendala dalam proses pendistribusian bantuan air bersih. Di antaranya, antre pengisian air ke dalam truk tangki. Satu truk rata-rata antre hingga empat jam, sebelum akhirnya air didistribusikan.

Selain itu, beberapa desa belum memiliki tandon besar tempat penampungan air bersih. Hal itu tentu menyulitkan petugas saat mendistribusikan air bantuan. Sumarni, salah satu warga di Desa Kerek yang mendapat bantuan air bersih, mengaku sangat senang dengan bantuan tersebut. Ia mengatakan sejak dua bulan terakhir sumur-sumur di dusun tempat tinggalnya mulai mengering. Selain itu, setiap hari dia juga harus bolak-balik mencari air bersih ke desa tetangga saat bantuan air bersih belum dapat dikirim karena jadwalnya bergantian. (antara-art)
Page 3 of 191      < 1 2 3 4 5 >  Last ›