Lintas Jawa Timur

13 August 2018
 Pembangunan JLS Dilanjutkan, Pantai Klathak Tulungagung dan Prigi Trenggalek Segera Terhubung

Jalur Lintas Selatan (JLS) antara Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek akan terhubung tahun ini.

Saat ini JLS Kabupaten Tulungagung masih berhenti di sekitar Pantai Klathak, Kecamatan Besuki.

Sementara di Trenggalek, JLS terhenti di sekitar Pantai Pasir Prigi.

Jika sudah terhubung, maka akses dua lokasi wisata favorit ini akan semakin mudah.

Diungkapkan anggota komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan, Eva Kusuma Sundari, pembiayaan JLS berasal dari Islamic Development Bank.

“Saya sudah mendapat penjelasan rencana eksekusi dari Kementerian PUPR.”

“Proyek baru bisa dilaksanakan pada November 2018,” terang Eva.

Sebenarnya pemerintah ingin lekas mengerjakan JLS secepatnya.

Namun keinginan pemerintah terkendala dengan siklus keuangan Islamic Bank.

Eva menilai, pengerjaan JLS masih akan dicicil.

Ia mencontohkan, untuk Blitar akan mendapatkan alokasi 12 kilometer.

Padahal panjang kekurangan JLS Blitar mencapai 66 kilometer.

“Panjangnya 12 kilometer ke arah Malang. Jadi tahun ini belum bisa tembus (Malang),” ugkap Eva.

Menurutnya kondisi JLS Tulungagung-Trenggalek lebih baik.

Ujung JLS di kedua wilayah ini hanya terpisah 4 kilometer lebih.

Jika JLS Tulungagung-Trenggalek sudah terhubung, diperkirakan akan membangkitkan pariwisata di kedua wilayah.

Terutama wisata pantai dan panorama pegunungan yang menjadi andalan.

Salah satu dampak positif JLS adalah Pantai Gemah Tulungagung.

Pantai ini dulunya terisolir dan hanya bisa diakses dengan perahu nelayan, atau sepeda motor trail.

Namun kini pantai ini mudah diakses, dan berubah menjadi salah satu destinasi favorit di Tulungagung.(David Yohanes-Surya.co.id/jko)




 

 
13 August 2018
 Walah Kok Ada Warga yang Buang Kasur di Saluran Air Kota Batu

Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu menemukan kasur kapuk saat membenahi tutup drainase di sisi timur Stadion Brantas, Senin (13/8/2018).

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan kasur itu ditemukan di sela saluran drainase.

Alfi sangat menyayangkan banyaknya sampah di drainase.
 

“Kami terus menyusuri drainase agar tidak terjadi banjir karena banyaknya sampah yang menyumbat,” kata Alfi kepada SURYAMALANG.COM.

Pemeriksaan dan pembersihan drainase ini dilakukan bersama Tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Menurutnya, drainase yang rawan banyak tumpukan sampah ada di depan Lippo Plasa Batu, dan Stadion Brantas.
 

“Sekarag masih proses perbaikan sehingga masih ditutup untuk pengendara roda empat dan lebih.”

“Motor masih bisa lewat di pinggir jalan,” terangnya.(Sany Eka Putri-Suryamalang.com/jko)



 

 




 

 
13 August 2018
Wisatawan Hutan Pinus di Blitar Tewas Terseret Kuda
Nahas menimpa pengunjung Hutan Pinus Gogoniti Kesamben Blitar. Kuda yang ditungganginya lepas kendali. Korban terpelanting jatuh ke kanan, dengan kondisi kaki tersangkut tali pijakan di punggung kuda. Korban tewas karena badan dan kepalanya terseret di jalan bebatuan.

Korban bernama Dia Rahmawati (19) pengunjung asal Kalisangrah RT 25/RW6 Desa Sumberboto, Donimulyo Kabupaten Malang. Saat kejadian Minggu (12/8) sore, korban berkunjung ke Hutan Pinus Gogoniti bersama empat temannya.

"Korban datang ke Gogoniti sekitar pukul 14.45 wib. Korban lalu naik kuda warna putih yang disewakan di area wisata itu. Awalnya didampingi paketik atau pawang kuda bernama Karudin," jelas Kasatreskrim Polres Blitar AKP Rifaldhy Hangga Putra dikonfirmasi, Senin (13/8/2018).

Namun karena korban bilang sudah terbiasa naik kuda dan memelihara kuda, lanjut kasat reskrim, korban lalu minta pawang melepaskan tali kekang kuda yang sebelumnya dipegangnya. Korban pun menunggang kuda putih sendirian mengelilingi hutan pinus seluas 2,5 hektare. Bahkan hingga dua putaran.

Selanjutnya korban menunggangi kuda lain berwarna coklat. Pawangnya bernama Moh Mukson (34). Awalnya Mukson memegangi tali kekang di samping kuda yang berjalan pelan. Sementara korban memegang tali kendali.

Saat menuju tempat parkir, korban minta pawang melepas tali kekang yang dipegangnya. Kembali korban bilang sudah biasa naik kuda. Namun tiba-tiba kuda berlari kencang. Korban tidak bisa mengendalikan.

"Pawang Mukson lalu berteriak pekak kendali, pekak kendali!. Tapi rupanya korban panik. Terpelanting jatuh ke kanan dari punggung kuda. Sementara posisi kaki masih tersangkut tali pelana punggung kuda sebelah kanan. Kepala dan badan korban terseret di bebatuan yang mengakibatkan tewas seketika," beber Rifaldhy.

Melihat hal itu, pawang Mukson berlari mengejar kuda. Dia berhasil menghadang dan meraih tali kekangnya. Namun, kekuatan Mukson tak sebanding dengan kuda piaraannya. Muksonpun terseret di jalan berbatuan sejauh 50 meter. Dia juga mengalami luka serius di tangan dan kakinya.

"Kedua korban dibawa ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Namun korban perempuan meninggal, keluarganya menolak divisum. Mereka sudah membuat surat pernyataan. Pagi ini jenazah dibawa ke rumah duka di Malang," pungkasnya.(Erliana Riady - detikNews/jko)
13 August 2018
Karya Seni Patung Dari Karung Goni
Berawal dari limbah yang menumpuk disekitar rumahnya, Fajrus Syamsi, warga Kota Malang, berhasil menciptakan karya seni patung dengan berbagai macam etnik Indonesia maupun luar negeri.

Patung-patung tersebut dibuat dari kombinasi antara karung goni, sandal bekas dan kawat yang diambil disekitar rumahnya.
Dengan tangan dinginnya, ketiga komponen tersebut kemudian disulap menjadi sebuah karya seni patung, dengan berbagai jenis dan ukuran.

Menurut Fajrus Syamsi, awal ide untuk membuat patung dari karung goni ini muncul saat anaknya akan membuang karung goni yang tidak terpakai. Ia kemudian mempunyai ide untuk mencoba membuat patung, setelah dilakukan percobaan beberapa kali ternyata patung dari limbah karung goni cukup bagus dan banyak yang meminati.

Ia menuturkan, untuk membuat patung dari karung goni, dalam sehari ia bisa menghasilkan 2-3 patung. "Sementara utuk bahan baku karung goni, saya tidak kesulitan karena disekitar rumahnya banyak limbah dari warga yang bisa dimanfaatkan," kata Fajrus Syamsi.

Untuk diketahui, satu patung yang dihasilkan Fajrus mematok harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung jenis dan ukuran. Sementara untuk pemasaran patung, ia memanfaatkan media sosial.(Ali Makhrus-Pojokpitu.com/jko)
08 August 2018
Musim Kemarau, Debit Air Sungai di Trenggalek Turun 90 Persen
Sejumlah aliran sungai di Trenggalek mengalami penurunan debit air pada musim kemarau tahun ini. Bahkan anjloknya debit air mencapai lebih dari 90 persen.

Di Dam Widoro, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, saat ini kondisi debit air rata-rata hanya mencapai 170 liter/detik. Padahal pada kondisi musim penghujan debit air rata-rata 4 sampai 5 kubik/detik.

"Kalau di awal musim kering turun menjadi 1 sampai 2 kubik/detik, sehingga apabila dibanding kondisi sebelumnya penurunan debit air ini mencapai lebih dari 90 persen," kata Penjaga Pintu Air DAM Widoro Zaenal Arifin kepada detikcom, Rabu (8/8/2018).
Anjloknya debit air Sungai Tawing tersebut mulai terjadi sejak Maret lalu dan saat ini kondisinya terus mengalami penurunan. Pihaknya memprediksi penurunan debit air masih akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan, mengingat saat ini intensitas hujan masih cukup rendah.

Zaenal menambahkan pasokan air di DAM Widoro hanya berasal dari Sungai Tawing yang mengalir dari wilayah Kecamatan Munjungan dan Kampak. Apabila pasokan menyusut maka distribusi air untuk lahan pertanian dipastikan akan mengalami penurunan.

Turunnya debit air tersebut memiliki pengaruh besar terhadap keberlangsungan ribuan hektare lahan pertanian di sebagian wilayah Trenggalek maupun Tulungagung. Sehingga beberapa lahan persawahan yang jauh dari saluran irigasi utama dipastikan tidak akan menerima pasokan air.

"DAM Widoro ini melayani lebih 2.800 hektare persawahan yang ada di Trenggalek dan Tulungagung. Kami tidak bisa berbuat banyak, karena memang semua tergantung cuaca dan pasokan dari Kampak dan Munjungan. Sedangkan di daerah hulu juga banyak digunakan untuk mengairi sawah," jelasnya.

Tidak hanya di DAM Widoro, penurunan debit air juga terjadi di beberapa pintu air lain. DI DAM Cangkring Kecamatan Karangan saat ini justru sama sekali tidak ada aliran air. Pasokan air dari wilayah Mlinjon, Kecamatan Suruh kering total.

Sementara itu, sebagian petani di Trenggalek memilih untuk mengganti jenis tanamannya dari padi ke palawija, seperti kedelai dan jagung. Sedangkan untuk mengairi sawah, mereka memanfaatkan sumur bor.

"Kalau yang di dekat irigasi masih dapat air, kalau yang jauh ya pakai disesel pompa air," ujar salah seorang petani Imam Ma'ruf.(Adhar Muttaqin - detikNews/jko)
08 August 2018
Pelayanan SIM Wajib Mengenakan Baju Ala Perjuangan
Dalam rangka menyemarakan HUT kemerdekaan ke 73, unit Lantas Mapolres Blitar Kota , melakukan pelayanan SIM bernuansa perjuangan. Seluruh petugas pelayanan selama sebulan penuh diwajibkan memakai kostum ala pejuang kemerdekaan.
Bukan hanya dibagian pelayanan administrasi, namun di ruangan ujian teori, petugas yang berjaga juga mengenakan seragam ala tentara pada jaman perang kemerdekaan. Begitu juga pada bagian pelajayan ujian prakter SIM. Sambil mengenakan pakaian jadul dan bersenjatakan bambu runcing, tujuan petuga memberi pengarahan sekaligus mempraktekan, tehnik dan tata cara mengemudi yang benar.
 
Menurut Kasatlantas Polres Blitar, Kota AKP Yanto Mulyanto, selain dalam rangkangan  memperingati HUT kemerdekaan RI ke 73, pihaknya mewajibkan untuk mengenakan kostum pejuang. "Demi menumbuhkan rasa nasionalisme, sekaligus mengajak masyarakat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan," kata AKP Yanto Mulyanto.
 
Rencananya, Polres Blitar Kota akan melaksanakan pelayanan SIM dengan berpakain jadul selama sebulan penuh, hingga pada ahkir bulan Agustus mendatang.(Moch.Asrofi-Pojokpitu.com/jko)
 
08 August 2018
Gempa 5,2 SR Guncang Malang, Pegawai Kejaksaan Berlarian
Gempa berkekuatan 5,2 SR mengguncang Kabupaten Malang, Rabu (8/8/2018) siang ini. Laman BMKG menyebutkan, gempa 5,2 terjadi pukul 13:09:23 WIB pada Lok:8.80 LS,112.46 BT (68 km Barat Daya Kab.Malang - Jatim) dengan kedalaman 13 Km. Gempa siang ini tidak berpotensi tsunami.

Pantauan beritajatim.com saat gempa terjadi, sedang berada di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang.

Guncangan gempa terasa cukup kuat sekitar 5 hingga 10 detik. Akibatnya, semua staf dan pegawai Kejaksaan yang berada di dalam ruangan dua lantai, berlarian keluar.

Mereka segera menuju halaman luar sambil menunggu guncangan reda. Getaran sangat kuat, juga membuat Kepala Kejaksaan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang, Nasriel, ikut berlari ke luar ruangan dari lantai dua.

“Keras tadi. Kenceng banget tadi diatas. Sampai goyang-goyang loh ruangan saya. Mungkin skalanya 5 tadi ya. Kenceng banget getarannya,” terang Nasriel, Rabu (8/8/2018) siang pasca gempa terjadi.

Sejumlah staf Kejaksaan yang lari dari dalam ruangan sampai ngos-ngosan. “Aduhh kaget saya mas. Rasanya kuat banget getaranya,” kata salah satu staf Kejaksaan.(Brama Yoga Kiswara-Beritajatim.com/jko)
08 August 2018
KPU Lamongan Sebut Bacaleg Partai Ini Dinyatakan Tak Memenuhi Syarat
15 Partai politik di Lamongan mendaftarkan bacaleg dalam pileg 2019. Dari 15 partai, bacaleg Partai Berkarya salah satu parpol terbanyak yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali mengatakan dari 45 bacaleg Partai Berkarya yang diajukan, 24 di antaranya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat dan hanya ada 21 bacaleg dinyatakan memenuhi syarat.

"Yang terbanyak tidak memenuhi syarat adalah Partai Berkarya. Dari 45 bacalegnya hanya 21 yang dinyatakan memenuhi syarat dan 24 bacaleg lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat," kata Imam kepada wartawan di kantornya, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (8/8/2018).

Secara keseluruhan, terang Imam, ada 38 bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dari 591 bacaleg yang diajukan 15 parpol. Selain Partai Berkarya, ada beberapa partai yang bacalegnya tidak memenuhi syarat.

Yakni, Partai Garuda sebanyak 3 bacaleg dari 6 orang yang diajukan, PKS dari 38 bacaleg yang diajukan 3 di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat, Perindo dari 50 bacaleg 5 di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat, Hanura 1 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat dan PBB 2 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Total keseluruhan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat ada sebanyak 38 bacaleg," terang Imam.

Imam menuturkan, bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat kebanyakan tidak memenuhi salah satu persyaratan yang diharuskan atau berkas dinyatakan tidak mencukupi. Beberapa persyaratan tersebut di antaranya legalisir ijazah terakhir.

Selain itu, ada juga yang dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak sesuai dengan Peraturan KPU No 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan Kota, dimana mantan koruptor, mantan bandar narkoba, dan mantan pelaku kejahatan seksual anak, tidak diperbolehkan mendaftarkan diri menjadi anggota legislatif, baik tingkat kota/kabupaten, provinsi atau pusat dalam tahapan Pemilu 2019.

"Kebanyakan para bacaleg ini karena ijasah terakhir yang tidak dilegalisir dan ada juga 2 bacaleg yang kami nyatakan tidak memenuhi syarat karena PKPU," ujarnya.

Setelah tahapan ini, kata Imam, pihaknya akan segera menetapkan bacaleg ini menjadi Daftar Caleg Sementara (DCS) dan diumumkan ke publik. "Tidak ada tahapan perbaikan lagi, setelah ini akan kami umumkan," tuturnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya mengaku hingga kini proses pelaksanaan tahapan verifikasi bacaleg yang dilakukan KPU sudah sesuai dengan aturan. "KPU juga sudah melaksanakan rekomendasi Bawaslu Lamongan tentang 2 bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak sesuai dengan PKPU," ungkap Toni.(Eko Sudjarwo - detikNews/jko)
08 August 2018
Bawa Lari Motor, TNI Gadungan Ditembak Polisi
Berawal perkenalan melalui media sosial Facebook, seorang pria yang mengaku sebagai anggota TNI ditangkap Satreskrim Polres Tulungagung. Dalam aksinya tersangka mengajak korban bertemu di sebuah hotel, dan nyaris memerkosanya. Sebelum kabur , pelaku masih sempat membawa kendaraan korban.
Pelaku itu Ruliyanto Hasan warga Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Kini kedua kakinya ditembak polisi saat ditangkap di persembunyanya. Ruli membawa kabur sepeda motor Scoopy milik Wahyu Purnawati warga Trenggalek. Kemudian dijualnya dengan harga Rp 2,5 juta kepada salah seorang penadah.
 
Aksi penipuan yang dilakukan oleh tersangka usai berkenalan dengan korban melalui media sosial facebook. Tersangka yang mengaku sebagai anggota TNI ini kemudian mengajak korban bertemu di sebuah hotel. Korban yang terperdaya dengan ucapan tersangka menuruti saja kemauannya. 
 
Sesampainya di hotel, tersangka langsung merayu dan ingin mencumbu korban. Bahkan hingga menamparnya beberapa kali. Tidak hanya itu saja, korban akhirnya ditinggalkan di dalam kamar, sementara sepeda motor korban dibawa kabur.
 
Wakapolres Tulungagung Kompol Andik Gunawan mengatakan, tersangka berupaya memperkosa, tapi korban melawan dan berteriak. Sehingga tersangka panik dan meninggalkan korban dan dikunci di dalam kamar. Sedangkan sepeda motornya dibawa lari. Usai melakukan aksinya tersangka sempat melarikan diri ke wilayah Jawa Barat.
 
"Akibat perbuatannya, pelaku terancam dijerat dengan pasal berlapis yakni 365 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," kata Kompol Andik.(Agus Bondan, Muhammad Imron Danu-Pojokpitu.com/jko)
08 August 2018
 KPU Kota Blitar Coret 15 Nama dari Daftar Bacaleg. Ini Penyebabnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mencoret 15 nama dari daftar bakal calon legislatif (bacaleg). Para bacaleg itu dinyatakan tidak lolos verifikasi berkas perbaikkan bacaleg.

"Verifikasi berkas perbaikkan sudah selesai, kemarin (Selasa) sore sudah kami plenokan. Ada 15 nama yang tidak memenuhi syarat bacaleg," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar, Mashudi, Rabu (8/8/2018).

Jumlah pendaftar bacaleg di Kota Blitar sebanyak 295 orang. Hasil verifikasi ada 15 nama pendaftar yang tidak memenuhi persyaratan sebagai bacaleg. Berarti jumlah pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai bacaleg sebanyak 280 pendaftar.

"Sebanyak 15 pendaftar bacaleg yang kami coret itu kelengkapan dokumennya kurang. Mereka tidak dapat memenuhi kelengkapan dokumen pada masa perbaikkan," sambungnya.

Mashudi mengatakan hasil verifikasi berkas perbaikkan bacaleg akan disampaikan ke partai politik, Jumat (10/8/2018).

Setelah itu, KPU akan menyusun dan menetapkan nama daftar caleg sementara (DCS).

"Perkiraan pekan depan kami akan menetapkan nama daftar caleg sementara," katanya.

Sebelumnya, KPU melakukan verifikasi berkas hasil perbaikkan bacaleg dari sejumlah partai. Proses verifikasi dilakukan selama sepekan mulai 1-7 Agustus 2018.

Berkas perbaikkan itu belum menjamin bacaleg akan masuk data caleg sementara.

Satu dari 16 partai politik yang sudah mendaftarkan bacaleg di KPU Kota Blitar tidak melakukan perbaikkan berkas hingga batas terakhir.

Satu partai yang tidak melakukan perbaikkan berkas bacaleg, yakni, Partai Garuda.(Samsul Hadi-Surya.co.id/jko)



 

 
Page 3 of 808      < 1 2 3 4 5 >  Last ›