Selingan

20 May 2014
Tips Pola Makan Yang Sehat
Kesehatan berpangkal pada kebiasaan makan. Tak percaya? Praktikkan tips berikut, niscaya anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Minumlah air putih 6-8 gelas setiap hari. Teguklah satu atau dua gelas air sebelum makan. Ini akan membantu anda membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Kita sebagai warga negara Indonesia terbiasa makan tiga kali sehari, dengan nasi sebagai “menu wajib,Pola makan tiga kali sehari dengan nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat.Mengapa? Karena suplai karbohidratnya jadi berlebihan. Jika ditilik efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.Pantas banya penderita diabetes di Indonesia :)

Pola makan yang lebih sehat : Lima kali sehari.

• Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.
• 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar
• Makan siang, silahkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Tapi selalu ingat : Berhenti sebelum kenyang!
• Sore hari, ba’da ashar, makan – makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah – buahan bisa jadi pilihan.
• malam, makan lengkap. Usahakan makan malam 3 jam dari waktu tidur anda, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.
Yep, itu pola yang direkomendasikan kawan saya. kalau diperhatikan, sebenarnya ada polanya : Makan setiap 3 jam sekali, karena perut memang merasa lapar setiap 3 jam sekali, namun kadarnya terkait dengan waktu.

Catatan tambahan :
Jika anda hendak memakan buah, makanlah buah sebelum anda memakan makanan lengkap. Orang Indonesia terbiasa memakan buah – buahan setelah makan nasi, dan ternyata pola ini kurang baik. Makan buah dulou baru makan berat. Ketika saya menanyakan hal ini ke ahli kimia makanan, ternyata memang ada alasan ilmiahnya : Buah sebaiknya di makan lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan.
19 May 2014
TIPS MENABUNG CERDAS 1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi.
2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi.
Karena jika Anda terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening Anda tidak banyak.
3. TENTUKAN TANGGAL
Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.
4. BAYARLAH UTANG ANDA
Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.
5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.
6. MOTIVASI DIRI ANDA UNTUK MENCAPAI HASIL YANG BESAR
Tentukan apa yang Anda inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.
Sekian Artikel seputar Tips Menabung Dan Menyimpan Uang Agar Cepat Terkumpul, yang dapat kami sampaikan untuk anda semua, semoga artikel ini bermanfaat dan uang anda terkumpul banyak. baca juga Hal Yang Perlu Di Hindari Dalam Pembentukan Pribadi Anak. Terima kasih sudah berkunjung ke mediaremaja
07 May 2014
Cara Menurunkan Berat Badan Alami
Banyak cara yang dilakukan oleh anda yang memiliki berat badan berlebih agar bisa menurunkan berat badan. Salah satunya dengan melakukan program diet. Tapi anda tidak perlu menyiksa anda dengan program diet yang super ketat, anda bisa melakukan tips diet seperti di bawah ini.

Tips Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Kunyah makanan dengan lebih lama. Ini akan membuat anda merasa cepat kenyang sehingga Anda akan mengurangi pengkonsumsian.
  2. Kurangi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sedikit demi sedikit. Makanlah makanan yang sedikit lemak. Kurangi makanan yang mengandung gula tinggi seperti alkohol, dan makanan ringan.
  3. Jika anda merasa lapar, makan nasi sedikit saja dan banyakkan makan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menghilangkan rasa lapar tersebut.
  4. Jangan makan terlalu malam. Jika anda tergolong dalam golongan ini, sebaiknya tidur 3 jam setelah makan.
  5. Jika anda terbangun dari tidur pada waktu malam dan terasa lapar, minum air putih saja atau makan buah apel dan pisang.
  6. Jangan membiarkan atau sengaja tidak makan saat waktu makan anda dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Anda hanya akan memperlambat metabolisme tubuh Anda dengan cara ini. Langkah terbaik adalah makan 5-7 hidangan sederhana dengan porsi sedikit setiap hari.
  7. Ikuti nafsu makan anda karena ia akan membuatkan anda makan lebih dari yang seharusnya. Inilah sebabnya anda perlu makan 5-7 kali hidangan sehari demi untuk mengikuti nafsu makan anda.
23 April 2014
4 Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan
Posisi tidur kita ternyata berpengaruh terhadap kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan tertentu. Lalu seperti apa posisi tidur yang baik bagi kesehatan? Setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi fisiknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini:

1. Tidur Terlentang
Tidur dengan posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara tetap baik. Sayangnya posisi terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

2. Tidur Menyamping
Tidur dengan posisis menyamping sebenarnya baik untuk kesehatan secara menyeluruh karena mengurangi dengkur dan merenggangkan tulang belang belakang. Tapi kekurangan posisi ini adalah, "bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur," ujar Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi di Saint Louis University. Jika Anda sedang hamil, tidur menyamping ke sebelah kiri bisa menjadi pilihan karena dapat melancarkan aliran darah.

3. Tidur Meringkuk
Menurut Glaser, posisi tidur menyamping dengan lutut sejajar dengan pinggang dan dagu menempel pada dada, bisa membuat sendi-sendi terasa nyeri, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit rematik. Posisi seperti ini juga membatasi pernapasan diafragma, menimbulkan kerutan dan payudara mengendur. Jika Anda suka tidur dengan posisi ini, sebaiknya jangan meringkuk terlalu ekstrem.

4. Tidur Tengkurap
Posisi ini disebut juga dengan sebutan posisi 'perut'. Menurut Glaser, posisi ini memberikan tekanan pada sendi dan otot yang dapat mengekibatkan nyeri hingga kesemutan. Tetapi posisi tengkurap baik untuk mereka yang mendengkur karena saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.

Posisi tidur yang tidak direkomendasikan

Tidur sambil duduk: Hati-hati nanti jatuh. Sebelum tidur, sebaiknya pilih tempat duduk yang empuk. Biar nanti kalau jatuh tidak terlalu sakit.

Tidur sambil berdiri: Sakti. Nama Anda pantas tercatat dalam MURI atau acara rekornya Dedy Corbuzier. Tapi posisi tidur seperti ini tidak baik untuk kesehatan.

Tidur sambil nungging: Berbahaya! Terutama jika kentut Anda bau. Selain itu posisi ini juga rawan mengundang orang lain yang melihat Anda untuk bertindak jahat. Menyodomi, tusbol, atau bahkan tergugah untuk menendang pantat Anda.

Tidur sambil berjalan: Sangat tidak direkomendasikan karena kita tidak tahu kemana akan berjalan. Anda bisa berakhir dengan nyemplung di got atau sumur tua.



 
14 April 2014
Tips Belajar Menghadapi UAN 1. Fokus dan serius di kelas
Bagi anda para pelajar dan mahasiswa yang masih aktif, tentu saja masuk sekolah dan masuk kuliah wajib hukumnya. Pelajaran dan keterangan dari bapak ibu guru dan dosen di kelas sudah barang tentu menjadi menu utama dalam kegiatan belajar mengajar. Manfaatkan semaksimal mungkin momen ini untuk sedapat mungkin menyerap sebanyak mungkin ilmu yang disampaikan oleh bapak ibu guru atau dosen. Jangan hanya ngobrol dan mengantuk ketika di kelas. Berusahalah untuk terus fokus dan serius ketika sedang belajar didalam kelas. Terapkan dalam diri, bahwa keberhasilan dalam menyerap ilmu adalah hak setiap orang, dan anda harus menjaga kondisi fokus dan serius ini secara kontinyu.
 
2. Perpustakaan
Jangan malas untuk berkunjung ke perpustakaan. baik itu perpustakaan di sekolah, di kampus ataupun perpustakaan apa saja dan dimana saja. Manfaatkan adanya perpustakaan ini untuk meraup sebanyak mungkin ilmu yang dapat anda serap. Membaca di perpustakaan akan dapat menambah ilmu anda. Jika pelajaran dan keterangan yang didapatkan di kelas dirasa belum maksimal dan belum dapat memecahkan masalah, terkadang dengan membaca dan mencari tambahan buku di perpustakaan bisa menjadi sebuah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang mungkin belum terpecahkan sebelumnya. Bagaimana? intinya, manfaatkan perpustkaan.
 
3. Tetapkan jadwal belajar
Sangat disarankan untuk membuat jadwal belajar sendiri di rumah. Hal ini sangat penting, karena dengan anda membuat jadwal belajar yang sangat terencana, anda akan dapat membiasakan diri anda untuk belajar secara teratur dan tertarget. Usahakan untuk konsekuen mentaati jadwal belajar yang sudah anda buat. Akan sangat tidak berguna apabila anda sudah membuat jadwal belajar yang sangat tersususun dengan rapi tetapi anda sama sekali tidak mematuhi jadwal yang sudah anda buat tersebut. Intinya, patuhi jadwal belajar anda sendiri. 
 
4. Cukupkan istirahat
Manusia mempunyai batas. Begitu pun dengan kondisi tubuh anda. Setelah berjibaku dengan semua materi pelajaran di kelas dan berbagai aktifitas lainnya yang sangat melelahkan, tubuh anda juga membutuhkan istrirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina anda. Jangan melupakan hak tubuh anda untuk beristirahat. Jika badan anda fresh, maka proses penyerapan ilmu ketika belajar pun akan berjalan lebih lancar dan mudah.
 
5. Buat kelompok belajar
Jangan pernah menyepelekan belajar secara kelompok. Hal ini sangat penting untuk dapat menunjang proses penyerapan dan pemahaman terhadap permasalahan materi pelajaran yang mungkin saja belum bisa terpecahkan. Saling sharing pengetahuan antar peserta belajar kelompok adalah salah satu kunci penting yang memegang perananan keefektifan dalam sebuah kelompok belajar. Buatlah kelompok belajar yang solid, dan jangan terlalu banyak anggota. Karena, jika terlalu banyak anggota, justru akan berimbas terhadap kurangnya fokus dalam belajar dan bisa saja justru banyak terjadi obrolan antar anggota yang tidak penting.
 
6. Bertanya kepada teman atau rekan yang lebih tahu dan lebih pandai
Jangan malu bertanya kepada teman anda yang memang lebih pandai. Ada istilah malu bertanya sesat di jalan. Jadi, berusahalah berkonsultasi kepada teman anda tersebut. Singkirkan gengsi yang mungkin ada. Demi keberhasilan, cara-cara yang mungkin belum pernah terfikirkan sebelumnya memang terkadang justru bisa menjadi kunci keberhasilan.
 
7. Aktiflah ketika di kelas
Usahakan untuk aktif ketika berada di kelas. Bertanyalah kepada bapak atau ibu pengajar di kelas. Tanyakan hal-hal yang mungkin masih belum anda mengerti. Jika perlu, anda buat dahulu list persoalan yang belum anda mengerti dari rumah. Sehingga ketika berada di kelas, anda dapat dengan mudah menyampaikannya kepada bapak atau ibu guru dan dosen pengajar di kelas. Dengan begitu, kemungkinan untuk persoalan yang sulit anda mengerti akan dapat terjawab oleh para pengajar anda. Jangan tunggu bapak atau ibu guru dan para pengajar menanyai anda atau menyuruh anda bertanya dan mengungkapkan pendapat di kelas. Mulailah dengan inisiatif sendiri untuk berani bertanya. Jangan malau atau takut untuk melakukannya, karena jika anda berhasil maka anda sendirilah yang akan menikmati keberhasilan anda, bukan orang lain.
 
8. Internet
Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. termasuk dalam hal untuk mendukung proses belajar. Manfaatkan internet untuk sebanyak mungkin meraup ilmu. Bahkan di internet hampir semua hal dapat ditemukan. Mungkin saja hal-hal baru dapat anda temukan. Solusi untuk pelajaran yang mungkin dirasa sulit dan mungkin saja belum ditemukan solusinya, dapat dengan mudah ditemukan dari internet. Manfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk mendukung proses belajar anda. Jika anda belum memiliki koneksi internet, manfaatkan warnet. Jika anda sudah memiliki koneksi internet, semisal modem usb, anda bisa lebih mudah menggunakan dan memanfaatkan fasilitas tersebut dari rumah.
 
9. Merangkum
Cobalah untuk merangkum materi pelajaran. Hal ini sangat penting dan sangat bermanfaat untuk memudahkan proses pemahaman dalam belajar. Ambillah hal-hal inti atau pokok yang menjadi kunci utama dalam sebuah pelajaran dan buatlah ringkasannya. Terkadang dalam sebuah buku, materi yang terlihat begitu banyak dan panjang dapat membuat rasa malas muncul. Untuk itulah, dengan cara mengambil pokok-pokok nya saja akan dapat memudahkan anda dan dapat menghilangkan rasa malas untuk membaca. Berlatihlah untuk merangkum, dari materi yang panjang dan luas menjadi sebuah list yang ringkas dan dapat lebih mudah untuk dipahami.
 
10. Les
Jika anda memiliki dana berlebih, anda dapat mengikuti program-program les diluar jam sekolah yang saat ini sudah banyak ditawarkan. Selektiflah dalam memilih program les. Cari referensi dulu sebanyak mungkin sebelum anda memutuskan untuk bergabung dengan salah satu program les. Hal ini sangat penting agar nantinya anda tidak kecewa dan menyesal jika ternyata program les yang anda ikuti kurang berkualitas dan belum sesuai harapan anda. Pilihlah program les yang benar-benar bonafide.
 
11. Cobalah trik bagaimana cara mudah untuk menghafal
Nah, yang satu ini juga sangat penting. Jika anda bisa menerapkan trik ini, kemungkinan besar anda akan dengan mudah dan lebih cepat dalam menghafalakn materi pelajaran. Semoga dengan trik tersebut, anda lebih cepat menghafalkan semua materi yang wajib anda hafalkan, terutama bagi anda yang memang tergolong orang yang sulit menghafal.
 
12. Perbanyaklah latihan soal
Latihan soal juga sangat berperan penting dalam proses belajar. Terutama untuk mata pelajaran eksak. Seperti matematika, fisika dan lain-lainnya. Pahami materi dan rumus-rumus inti, setelah itu jangan lupa untuk berlatih mengerjakan soal-soal. Dengan begitu, anda akan lebih mudah memahami dan akan lebih mudah mengingat kembali cara mengerjakan yang baik dan benar, karena anda sudah terbiasa mengerjakannya sewaktu latihan mengerjakan soal.
 
13. Hindari sistem belajar kebut semalam
Biasakan diri anda untuk belajar secara bertahap, sedikit demi sedikit. Hal ini sangat penting, mengingat saat ini banyak sekali para siswa dan mahasiswa yang baru belajar ketika malam menjelang ujian. Belajar dadakan seperti ini sudah dapat dipastikan kurang efektif, bahkan bisa dikatakan tidak efektif sama sekali. Untuk itulah, terapkan pada diri sendiri untuk belajar secara bertahap. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.
 
14. Belajar sambil mendengarkan musik
Hmm, sepertinya cara ini terkadang cukup efektif  bagi sebagian orang. Biasanya dengan mendengarkan musik yang lembut dan menenagkan, fokus belajar menjadi lebih besar. Namun ingat, tidak semua orang cocok dengan cara ini. Cobalah dahulu, jika anda merasa cocok dan enjoy, teruskanlah. Tetapi jika anda merasa justru menjadi kacau dan sulit konsentrasi dalam menyerap materi pelajara, hentikanlah cara ini.
 
15. Manfaatkan waktu luang anda untuk belajar sambil santai
Ketika anda sedang bersantai, cobalah untuk membaca sambil santai. Santai saja, daripada anda bengong paling tidak anda sudah membaca materi pelajaran walaupun dengan santai dan tidak ngoyo. Percayalah, bahwa orang yang belum pernah melihat dan membaca sama sekali akan kalah dengan orang yang paling tidak pernah melihat dan membaca walaupun hanya sepintas saja.
 
16. Catatan kecil
Hampir mirip dengan rangkuman dan bahkan bisa dikatakan sama. Jangan sepelekan trik ini. Buatlah ringkasan pada sebuah kertas kecil yang mudah dibawa dan dilipat. Jadi, akan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana karena hanya sebuah kertas kecil yang tidak merepotkan anda. Sambil bermain bisa anda buka-buka. Misalnya mencatat rangkuman dan ringkasan rumus. Percayalah, cara ini juga sangat efektif.
 
17. Berdoa kepada Tuhan YME
Terakhir, jangan sampai anda lupakan kekuatan doa. Karena, bagaimanapun juga Tuhan YME lah yang menentukan segalanya. Manusia hanya dapat berencana, Tuhan YME lah yang menentukan. Untuk itulah anda perlu menyadari betapa pentingnya berdoa. Beribadah dengan rajin dan berdoa dengan tulus ikhlas kepada Tuhan YME. Percayalah, Tuhan YME akan memudahkan semua usaha anda, selama anda benar-benar melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dan terus berdoa memohon kepada-Nya. Tuhan YME tidak akan mengecewakan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Man Jadda wa Jada.
 
11 April 2014
Tips Membeli Baju Cerdas 1. Perhatikan bentuk tubuh anda.
Setiap orang mempunyai bentuk tubuh yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan antara baju yang anda beli dengan bentuk tubuh anda. Mana yang paling pas dengan bentuk tubuh anda, itulah yang aling penting.
 
2. Cobalah
Anda bisa mencoba dahulu ketika anda sedang memilih-milih baju. Perhatikan dengan seksama, apakah memang sudah pas dan benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh anda seperti tips nomor 1 diatas.
 
3. Tidak harus mahal
Anda tidak harus membeli baju dengan harga yang mahal kok. Sudah terbukti banyak baju yang harganya biasa-biasa saja tetapi sangat nyaman dan terlihat sangat elegan ketika dipakai. Jika anda memang mempunyai dana yang berlebih, ya silahkan saja membeli yang berharga mahal.
 
4. Mencari referensi
Anda bisa mencari referensi dulu di internet atau media lainnya. Banyak yang menyediakan info mengenai baju. Tujuannya adalah agar anda sudah mempunyai gambaran mengenai baju incaran anda ketika anda meninggalkan rumah untuk membeli baju.
 
5. Jangan tergesa-gesa
Lebih baik sabar dan santai saja ketika anda sedang memilih baju.
 
6. Pendapat orang lain
Anda bisa mengajak seseorang dan menanyakan kira-kira baju apa yang paling cocok kepada orang lain ketika anda membeli baju, misalnya saja anda mengajak  orang tua, teman, pacar bahkan designer baju sekalipun. Orang lain bisa dengan mudah menilai apakah baju tersebut cocok dan pas untuk anda.
 
7. Teliti sebelum membeli
Anda harus teliti ketika anda membeli baju. Apakah sudah benar-benar tidak ditemukan cacat pada baju yang akan anda beli.
 
8. Online
Jika anda memang tergolong orang yang super sibuk, anda bisa memanfaatkan internet untuk membeli baju. Untuk saat ini, toko baju online sangat mudah ditemukan. Tentu saja anda harus lebih ekstra hati-hati dan benar-benar memperhatikan kualitas dan kredibilitas toko baju online tersebut agar anda tidak tertipu dan menyesal kemudian.
07 April 2014
Tips Berlibur Hemat

1. Bawa perlengakapan secukupnya.

Hidarilah bawaan barang yang banyak karena bisa merepotkan anda nanti, kadang-kadang kita mempunyai kebiasaan buruk membawa barang-barang yang tidak perlu seperti membawa pakaian terlalu banyak di saat berlibur disarankan membawa pakaian sesuai kebutuhan saja.

2. Lupakan membeli suvenir.

sudah jadi kebiasaan kita jika berlibur kita akan membeli apa saja termasuk membeli suvenir, abaikan saja niat anda untuk membeli suvenir. Coba nikamati saja masa liburan anda tanpa harus mengeluarkan banyak pengeluaran.

3. Memilih Transportasi.

Maksud memilih transportasi bukanlah saat anda ingin pergi ke tempat tujuan wisata atau liburan, melainkan transportasi saat berada di tempat liburan tersebut. Disarankan menggunakan kendaraan umum saja dan hindarilah transportasi pribadi seperti taksi karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan umum.

4. Jangan berlibur saat Musim liburan.

Biasanya musim liburan tarif akan lebih tinggi dari hari biasanya. Disarankan anda menghindari liburan pada saat liburan sekolah, libur keagamaan dan atau libur Nasional.

5. Penginapan

Usahakan memilih penginapan yang tidak terlalu mahal, ingat anda berlibur bukan untuk tidur tapi cobalah fokus untuk menikmati liburan :D . Jika anda memilki keluarga atau teman di tempat tujuan anda berlibur, usahakan anda bisa memamfaatkan bantuan mereka dengan minta ijin terlebih dahulu. Misalnya anda menginap di rumahnya untuk memangkas pengeluaran yang lebih banyak lagi. Selain itu, dengan adanya keluarga atau teman, maka akan mendapatkan banyak rekomendasi tempat wisata. Jika tidak ada, pilihlah hotel yang lebih kecil atau vila jika jumlah orang yang ikut lebih dari lima.

6. Manfaatkan Paket Wisata

Bila Anda berencana berlibur bersama keluarga atau teman-teman, cobalah untuk mencari paket liburan karena bisa memangkas biaya perjalanan, penginapan dan biaya hidup saat berlibur. Selain itu Anda tidak perlu repot mencari penginapan atau tempat wisata karena biasanya sudah termasuk berjalan-jalan hingga mencoba wahana atau permainan yang tersedia di sana.

7. Biaya Makan

Jika Anda melakukan perjalanan darat, sebaiknya bawalah bekal dari rumah. Anda akan kaget berapa biaya yang bisa dihemat jika menghindari jajan selama perjalanan. Pastikan juga Anda membawa cooler box agar minuman tetap dingin dan segar.

01 April 2014
Tips Merawat Cat Mobil Baru
  1. Cara dan tips yang pertama kali Anda lakukan adalah menghindari mobil dari sinar UV atau sinar matahari yang terlalu berlebihan. Saat berhenti carilah tempat parkir yang teduh jika mobil akan diparkir lama. Tetapi saat ini terkadang jarang tempat parkir yang teduh, hal ini bisa Anda atasi dengan menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.
  2. Berikutnya yaitu menggunakan sabun atau shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil, karena sahmpo mobil memiliki kaadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Jangan menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil karena mengakibatkan body mobil semakin tipis dan menjadikanya kasar, banyak yang membuktikan bahwa menyuci mobil menggunakan sabun colek dan deterjen berdampak pada warna mobil yang tidak merata dan tidak terlihat bersih.
  3. Tips selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Biasanya sudah tersedia kain khusu untuk lap mobil seperti chamois atau kanibo. Jika Anda tidak mempunyai kain Chamois Otolovers bisa menggunakan kain lain yang berbahan halus dan lembut. Saat membersihkan body dengan kain lap Anda harus mongondisikan kain tersebut dalam keadaan bersih, karena jika kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.
  4. Tips membersihkan mobil dengan kain lap selanjutnya yaitu memperhatikan body. Jika body mobil dalam keadaan kering maka anda harus menyiramnya terlebih dahulu, banyak yang tidak mengetahui jika melap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Partikel debu dan kerikil yang menempel pada body mobil dapat menggores cat mobil. Memberi pelumas khusus body saat melakukan pengelapan dan tidak mengelap dengan cara mengulangi bagian yang sudah bersih, lakukan dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari sebelah kiri ke kanan.
  5. Cara merawat cat mobil berikutnya yaitu mencuci mobil secara teratur. Penyucian secara teratur bertujuan untuk mencegah kotoran yang menempel terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil Anda. Tetapi menyuci mobil tidak harus setiap hari, minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan lebih sering lagi ketika musim hujan. Saat mobil Anda terkena air hujan jangan dibiarkan, langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Ternyata air hujan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.
  6. Tips yang terakhir adalah memarkir kendaraan saat malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body mobil Anda mengalami retak-ratak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil.
21 March 2014
Tips Menghemat Batray HP
1. Atur kecerahan layar HP Android anda
Semakin cerah layar pada HP Android anda, semakin cepat habis pula baterainya. Kurangi kecerahan pada layar setidaknya hingga dibawah 30% untuk mendapatkan daya tahan baterai yang optimal.

2. Matikan WiFi, Bluetooth dan GPS apabila tidak dibutuhkan
Anda dapat menghemat baterai HP Android salah satunya dengan cara mematikan WiFi, Bluetooth serta GPS apabila anda tidak membutuhkan WiFi untuk terhubung ke internet begitu pula Bluetooth dan GPS. Apabila anda tetap mengaktifkannya padahal tidak ada ketersediaan sinyal WiFi dan tidak sedang membutuhkan fungsi Bluetooth dan GPS, maka dapat dipastikan baterai pada HP Android anda akan terbuang sia-sia.

3. Jangan menggunakan wallpaper bergerak
Wallpaper bergerak juga dapat mempengaruhi energi pada baterai HP Android anda. Mungkin ini hal sepele, tapi alangkah baiknya apabila anda menggunakan default wallpaper yang telah tersedia pada HP Android anda.

4. Hindari menekan tombol "Home" untuk mengakhiri aplikasi
Hal ini terkadang kita lakukan apabila malas untuk menutup secara ideal sebuah aplikasi dan lebih memilih menekan tombol "Home" untuk mengakhiri sebuah aplikasi dengan cepat. Tapi hal ini juga dapat mempengaruhi energi baterai HP Android anda. Karena aplikasi yang sebelumnya anda buka belum tertutup secara sempurna. Jadi alangkah baiknya apabila anda mengakhiri sebuah aplikasi dengan cara yang semestinya.
18 March 2014
Tips Awet Muda

Lakukan 14 tips dibawah ini dan mulailah memutarbalikkan waktu.

1. Lenyapkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tak berguna

Ilmuwan berpendapat bahwa semakin anda mempercayai persepsi bahwa dengan semakin bertambahnya usia anda maka ketajaman anda semakin berkurang, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada anda. Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale menyelidiki pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagaimana persepsi seseorang mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Meskipun melalui penelitiannya ia menemukan bahwa orang berusia lanjut yang memiliki pendapat negatif mengenai penuaan memiliki hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan orang berusia lanjut yang memiliki pendapat positif seiring dengan bertambahnya usia. Sebagai contoh mereka berpendapat bahwa dengan bertambahnya usia maka mereka pun bertambah bijak. Levy juga menunjukkan bahwa dalam kebudayaan yang memiliki pandangan yang lebih positif terhadap penuaan dibandingkan dengan kebudayaan di Amerika Serikat atau di negara-negara barat lainnya, orang berusia lanjut mendapat nilai yang lebih baik dalam tes memori.

Sebagai tambahan, penelitiannya menunjukkan bahwa orang berusia lanjut dengan persepsi positif terhadap penuaan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki persepsi negatif. Bahkan gangguan pendengaran juga dapat diprediksi berdasarkan persepsi orang tersebut.

2. Bersihkan gigi anda secara rutin

Penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit periodontitis dan cardiovascular. Pertimbangkan hal ini: sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit periodontal memiliki peluang 2,6 kali lebih besar untuk meninggal di usia muda dan peluang 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan pria dengan gigi sehat dan suka mengunyah permen karet. Penyebab utama periodontitis adalah kebersihan gigi yang buruk, dan dengan menyikat gigi setiap hari, menggunakan benang gigi, serta memeriksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin dapat mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit ini.

Sebagai tambahan, membersihkan gigi dengan benang gigi dan penyumbatan pembuluh darah memiliki hubungan. Penelitian menunjukkan bahwa bacteria yang ditemukan pada plak gigi merupakan bakteri yang sama dengan yang ditemukan di timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritas dan penyumbatan pembuluh darah. (Sumber: www.realage.com).

3. Pertahankan sikap positif

Sejak tahun 1986, peneliti yang berasal dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon meneliti 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khusunya apa yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara-cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan pertambahan usia. Salah satu penemuannya adalah kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Faktanya, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisik dan mentalnya.

4. Berolahraga

James M. Rippe, M.D merupakan seorang penulis ternama, cardiolog terkemuka, dan pendiri Rippe Lifestyle Institute. Ia menjelaskan bahwa jika anda melihat seluruh hal-hal berisiko tinggi yang menyebabkan kematian, satu hal yang paling mudah diprediksi adalah kesehatan anda. Sebagai tambahan, seorang berusia lanjut yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik anda, anda bisa memutar kembali jam biologis anda.

5. Me-manage stress

Penelitian menunjukkan bahwa antara 60 hingga 90% kunjungan ke psikiatris berhubungan dengan stress. Stress berhubungan dengan segala hal mulai dari flu hingga kanker. Gangguan jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes semua disebabkan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama anda harus mengurangi kemungkinan anda untuk sakit, dan itu berarti anda harus mengurangi tingkat stress anda. Artikel berikut akan menujukkan anda cara-cara untuk mengurangi tingkat stress anda:

6. Meditasi

Deepak Chopra, M.D., ahli dalam menemukan hubungan antara pikiran dan tubuh, dalam salah satu bukunya menyatakan bahwa penelitian orang-orang yang melakukan meditasi dapat memiliki usia biologis 5 hingga 12 tahun lebih muda dibandingkan denga usia kronologis mereka. Orang –orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi mereka cenderung lebih kuat dibandingkan orang rata-rata.

7. Pertahankan kesehatan kulit anda

Tips ini tidak akan membantu anda untuk hidup lebih lama, namun selama anda berusaha untuk memperpanjang usia hidup anda, tidak ada salahnya jika anda berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Amy Wechsler, ahli gigi, psikiater, dan penulis The Mind-Beauty Connection: 9 Days to Reverse Stress Aging and Reveal More Youthful, Beautiful Skin , menjelaskan bahwa retinoids dapat mengurangi keriput anda. Beberapa krim kecantikan mengandung retinoids, namun retinoids juga dapat ditemukan pada makanan, seperti wortel. Memakan wortel dapat membantu anda menjaga kesimbangan pH permukaan kulit anda, sedikit meningkatkan keasman kulit anda. Dan keasaman kulit anda akan membantu anda untuk menyingkirkan bakteri yang hinggap. Sebagai informasi tambahan, coklat dapat membantu anda memperbaiki tekstur, ketebalan, kadar air, dan aliran darah pada kulit anda.

8. Makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia menyarankan anda makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.

9. Makanlah banyak serat

Dr. Oz juga menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk awet muda adalah menjaga kesehatan pencernaan anda. Dan untuk menjaganya anda memerlukan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja dengan menjaga semua nutrisi yang anda makan dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut jika dibutuhkan. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum. Cobalah tips berikut:
• Pilih makanan yang mengandung gandum sebagai sarapan atau kudapan.
• Cobalah nasi merah atau pasta yang terbuat dari gandum.
• Makanlah oatmeal untuk sarapan anda.

10. Cukup tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

11. Asahlah terus otak anda

Sejumlah data yang berhasil diungkap selama dua puluh tahun terakhir memastikan bahwa otak terus berkembang, mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup. Sebagai informasi tambahan, penyakit otak yang sering dihubungkan dengan pertambahan usia dapat dihilangkan dengan terus menstimulasi otak. Dr. Yakov Stern, Kepala Divisi Cognitive Neuroscience di Sergievsky Center, Universitas Columbia menyatakan bahwa “Individu yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hobi, akan mengurangi kecenderungan terkena Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena Alzheimer berkurang sebesar 35 hingga 40%.”

12. Berhenti merokok

Dr. Rippe, yang telah anda sebutkan sebelumnya, juga menyatakan bahwa jika anda berusia 50 dan anda merokok, maka anda memotong 7 tahun usia anda. Sehubungan dengan penuaan, merokok membuat kulit anda menjadi keriput dan membuat anda terlihat lebih tua.

13. Minumlah anggur, secara teratur

Pernahkah anda mendengar bahwa wine merah secara teratur baik bagi kesehatan anda? Dr. Oz menjelaskan bahwa wine merah bermanfaat bagi kesehatan anda karena 2 faktor: alcohol dan resveratrol, yang mengandung kadar antioksidan tinggi yang berasal dari kulit anggur. Pembuat anggur menambahkan kembali kulit anggur supaya wine berwarna merah, namun mereka tidak menambahkan kulit anggur pada wine putih – sehingga wine putih tidak mengandung resveratrol. “Resveratrol menambahkan satu manfaat lebih,” kata Dr. Oz. “Resveratrol mengaktifkan sel dalam tubuh anda yang mencegah penuaan sel-sel anda… 80% dari manfaat meminum wine berasal dari alcohol, sementara 20% sisanya adalah resveratrol,” kata Dr. Oz. Kombinasi keduanyalah yang membuat wine merah sangat bermanfaat.” Ia menambahkan bahwa setiap orang sebaiknya meminum segelas wine merah setiap hari, meskipun beberapa pria hanya bisa meminum wine dalam takaran yang lebih besar karena pria dapat mencerna wine lebih baik dibandingkan wanita.

14. Dapatkan banyak cinta dan kasih sayang

Dr. Marian C. Diamond adalah salah satu ahli anatomi syaraf terkemuka di dunia. Ia melakukan penelitian menggunakan tikus muda untuk menentukan apakah keadaan lingkungan mempengaruhi pertumbuhan. Sebuah kandang yang diisi oleh 12 ekor tikus dipenuhi oleh berbagai alat yang bisa digunakan untuk bermain. Sebaliknya, kandang yang lain tidak diisi mainan sama sekali. Tikus-tikus yang kandangnya diisi dengan mainan dapat menyelesaikan tes lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang diletakkan pada kandang tanpa mainan. Tikus-tikus tersebut juga menunjukkan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.
Dr. Diamond ingin melakukan eksperimen yang sama menggunakan tikus yg lebih tua, dan dia memilih tikus-tikus berusia 600 hari, yang kurang lebih sama dengan 60 tahun usia manusia. Namun, beberapa ekor tikus meninggal menjelang usia 600 hari. Ia memutuskan untuk mencoba dan memperbaiki durasi usia tikus dengan menambahkan bahan tambahan dalam eksperimennya: kasih sayang. Daripada menempatkan tikus-tikus tersebut dalam kandang setelah dibersihkan, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian memelihara tikus-tikus tersebut, bahkan membawanya dalam jas lab mereka. Tikus-tikus tersebut hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak dipelihara.

Page 66 of 70     ‹ First  < 64 65 66 67 68 >  Last ›