Selingan

16 August 2014
Atasi Depresi Saat Kehilangan Pasangan Depresi. Inilah yang sangat mungkin menghinggapi seseorang saat kehilangan suami atau istri tercinta. Dunia menjadi gelap. Kesedihan memuncak, syok, ketakutan, rasa bersalah, kemarahan, bahkan mati rasa. Semua itu berebut menggerogoti hari-hari kehilangan.

Bagaimana mengatasinya? Menurut Dr Hayley Hirschmann, psikolog klinis dari Morris Psychological Group, Amerika Serikat, duka atas kehilangan pasangan disebut kesedihan traumatis. “Kesedihan mungkin tidak pernah pergi sepenuhnya. Tapi kesedihan dapat dikelola dengan tepat sehingga pasangan yang ditinggalkan dapat segera mencapai keseimbangan emosional,” kata Hirschmann.

Sebaliknya, tanpa penanganan yang tepat, kesedihan itu bisa berubah menjadi kesedihan akut dan depresi. Biasanya masa berkabung secara alami berlangsung hingga enam bulan. Jika lebih dari itu dan kesedihan semakin bertambah, bisa disebut sudah memasuki kesedihan akut. Dalam kondisi ini, rasa bersalah makin menguasai, terus-menerus dikungkung oleh rasa tidak percaya pada fakta kematiannya, kemudian berlanjut menjadi putus asa dalam menjalani hidup.

Demi terhindar dari kesedihan akut dan depresi, Hirschmann memberi saran. Yang utama, kata dia, adalah menonjolkan sisi positif dari masa lalu. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mampu menggali kenangan menyenangkan lebih bahagia dan sehat daripada mereka yang terjebak pada kesedihan dan berfokus pada ketidakberdayaan mereka.

Yang kedua adalah berbagilah tentang perasaan Anda kepada orang yang dekat dengan Anda. Ini akan membuat beban pikiran dan kesedihan hati menjadi berkurang.

Selain itu, menjaga kondisi kesehatan. Makan dengan baik, berolahraga secara teratur, dan pastikan cukup tidur. Waspada, jangan sampai jatuh ke dalam kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol.

Yang terakhir, dia menyarankan untuk tidak terburu-buru membuat perubahan besar. "Tunggu beberapa saat sebelum pindah atau berganti pekerjaan. Menunggu pikiran dan hati tenang akan lebih baik karena dapat menentukan pilihan dengan tepat," katanya.

TEMPO.CO,
14 August 2014
Mitos Kesehatan / Kebiasaan yang Dianggap Baik tapi Sebenarnya Berbahaya

Menjaga agar badan tetap sehat secara teori sepertinya sangat mudah diikuti yaitu dengan konsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur dan tidur yang cukup maka kita akan tetap sehat dan bugar.

Mudah? Tidak juga, karena kebiasaan yang Anda lakukan dalam berbagai hal yang tujuan awalnya baik ternyata bukannya memiliki manfaat kesehatan tapi malah membuat kesehatan menjadi terganggu.

Berikut daftar kebiasaan yang dianggap baik namun ternyata membahayakan kesehatan Anda:

Konsumsi suplemen dan vitamin berlebih

Vitamin & suplemen memang sangat penting bagi tubuh, tapi bukan berarti Anda mengkonsumsinya terlalu banyak dan sering. Tubuh kita hanya bisa menggunakan vitamin yang dibutuhkan saja dan kelebihannya akan dikeluarkan lewat keringat atau air seni.

Selain itu ada juga efek samping dari konsumsi vitamin dalam dosis besar diantaranya masalah pencernaan (vit C), racun bagi janin bayi (vit A), kerusakan saraf (Vit B6), dll. Jadi sebisa mungkin fungsi suplemen dan vitamin hanya melengkapi makanan yang kita makan.

Menggunakan pembersih tangan berlebihan

Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan pembersih tangan setiap kali Anda memiliki kontak dengan dunia luar maka sebaiknya segera dikurangi. Studi terbaru menunjukkan bahwa pembersih yang mengandung triclosan ternyata dapat membuat bakteri dan virus menjadi resisten (kebal) terhadap obat antibiotik.

Kecuali Anda berada di tempat yang penuh kuman seperti rumah sakit, maka sabun dan air bisa Anda gunakan ataupun menggunakan pembersih berbentuk gel (Sebaiknya memilih produk pembersih tangan yang mengandung setidaknya 55 % alkohol yang dapat membunuh 98 % bakteri).

Menyikat gigi sehabis makan

Kebiasaan menyikat gigi setiap habis makan kedengarannya suatu kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi, kebersihan dan menghilangkan karang gigi / plak. Namun begitu, sisa makanan ternyata menimbulkan asam di gigi yang melemahkan enamel, sehingga bila kita langsung menyikat gigi ada kemungkinan enamel akan menjadi rusak.

 

Jadi ketimbang langsung menggosok gigi setelah makan sebaiknya cukup berkumur dengan air bersih dan menundanya sampai pagi atau malam hari.

Menunda makan

Kebiasaan tidak makan / menunda makan baik saat pagi, siang atau malam dengan kemudian balas dendam makan banyak dalam kurun waktu bersamaan kedengarannya tepat karena konsumsi kalori harian tubuh secara logika tetap sama.

Tapi hal tersebut salah karena tubuh kita tidak akan bisa mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak (tergantung metabolisme tubuh), dan ketika hal itu terjadi maka enerji yang berlebih tersebut dapat menjadi timbunan lemak dan membuat berat badan bertambah.

Selalu minum air dalam kemasan

Dengan hanya memimum air botol kemasan dan selalu menghindari air PAM mungkin Anda berpikir hal tersebut sangat sehat, namun mitos kesehatan itu tidak selalu benar karena air minum kemasan tidaklah mengandung fluoride yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Jadi sebaiknya selain minum air botol dalam kemasan selingi juga dengan ataupun air yang sudah disaring dengan water purifier agar air bebas dari kotoran dan tetap mengandung fluoride.

Hanya melakukan latihan cardio untuk menghilangkan lemak

Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan melakukan latihan cardio, tapi jika Anda hanya terus menerus melakukan cardio maka badan akan terbiasa dan tubuh mulai membakar lebih sedikit lemak.

Jadi yang harus dilakukan supaya menjadi kurus dengan cepat adalah dengan melakukan juga latihan angkat beban minimal sekali dalam seminggu. Hal ini penting karena dengan meningkatnya massa otot akan mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang pada akhirnya membakar lemak lebih banyak.

09 August 2014
Segudang Manfaat Pepaya

TEMPO.CO, Jakarta - Pepaya adalah tanaman yang mudah tumbuh di berbagai tempat dan berbuah sepanjang musim. Pepaya mempunyai kandungan kalori yang rendah dan mempunyai nilai gizi tinggi. Karenanya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, pepaya adalah 'sahabat' sejati.


Pepaya juga sangat bagus bagi kesehatan kulit wajah, karena membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan dapat menghilangkan jerawat. Fermentasi daging pepaya baik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, memberikan kesegaran kulit, dan menjadikan kulit lebih bercahaya.


Pepaya adalah buah yang kaya akan serat dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Dalam pepaya mengandung enzim yang membantu mencegah serangan jantung. Antioksidan dalam pepaya membantu dalam mengendalikan penuaan dini.


Pepaya membantu mencegah sembelit dan membantu sistem pencernaan secara alami. Jus pepaya membantu dalam menyembuhkan infeksi usus besar dengan membersihkan nanah dan lendir dari usus, minum secara teratur akan membantu mempercepat kesembuhan. Tak hanya daging buahnya yang bermanfaat. Situs web Health Digest menulis, biji pepaya memiliki sifat obat, yaitu mampu mengobati cacingan.


Untuk wanita hamil, mengkonsumsi sepotong pepaya secara teratur membantu menyembuhkan mual dan morning sickness. Pepaya mengandung enzim anti inflamasi yang dapat menghilangkan rasa sakit bagi yang menderita arthritis, osteoporosis, dan edema, juga memiliki sifat anti kanker yang dapat membantu mencegah kanker.


Pepaya kaya akan vitamin A dan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh oleh karena itu sangat baik mengatasi demam, pilek, dan flu. Shampo yang mengandung pepaya sangat baik untuk mengontrol ketombe. Pepaya mentah membantu dalam mengendalikan ketidakteraturan menstruasi pada wanita. Pepaya membantu meringankan kram dan membantu melancarkan menstruasi.


Melihat begitu banyak manfaat pepaya setidaknya disarankan mengkonsumsi buah ini paling tidak sekali dalam seminggu. Jika bosan, pepaya bisa dijadikan salad buah atau olahan makanan lain. Anda sudah mengonsumsinya hari ini?
08 August 2014
Mengobati Sakit Flu dan Pilek dengan Cepat

Penyakit Flu (Influenza) dan pilek (common cold) dapat menginfeksi orang secara cepat dan tiba-tiba. Hal ini kerap terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menurun, kurang tidur, jam makan yg tidak teratur, konsumsi makanan yang kurang bergizi, dan konsumsi air putih yang tidak memadai.
 

Karena penyakit flu tidak ada obatnya maka cara mengobati Flu dan pilek  dengan cepat dan mudah adalah dgn meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat melawan virus dan meringankan gejala pilek dan flu yang membuat Anda tidak nyaman.

 

Tips ampuh untuk mengobati sakit flu dan pilek:


Lemon dan madu

Mengalami sakit tenggorokan, suara serak dan hilang saat flu? Ambil segelas air panas dan masukkan irisan lemon dan dua sendok makan madu kemudian minum selagi panas. Sebelum tidur, hisaplah permen mengandung lozenge (di Indonesia contohnya permen Streptills atau Woods) untuk meredakan sakit tenggorokan.
 

Istirahat yang cukup

Banyak orang terlalu sibuk bekerja atau melakukan kegiatan lain sehingga lupa waktu untuk beristirahat dan begadang setiap malamnya meskipun keesokan paginya harus tetap bekerja. Tapi ketika tubuh terserang penyakit flu dan mengalami gejala berupa sakit tenggorokan, demam dan pilek – maka salah satu cara ampuh mengobati flu adalah mengambil istirahat panjang (tidur) supaya tidak tambah parah dan cepat sembuhnya.

Bila memungkinkan mintalah izin agar tidak masuk kerja atau sekolah, namun bila tidak bisa maka hindari aktifitas yang melelahkan dan buat tubuh se-rileks mungkin agar mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh flu.
 

Minum banyak air putih

Cara mudah mengobati flu & pilek namun sering dianggap remeh ini sebenarnya memiliki khasiat yang benar-benar efektif. Dengan meminum air putih yang banyak maka tubuh memiliki amunisi untuk melawan beberapa gejala flu berat seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, meriang (panas dingin) ataupun hidung tersumbat.

Namun jika tenggorokan terasa sakit saat meminum banyak air, coba akali dengan menambahkan campuran air jeruk nipis (bisa juga diganti dengan juga lemon yang fungsinya melegakan hidung tersumbat dan meredakan perut kembung).
 

Berkumur dengan Air Garam

Apakah Anda merasa terganggu dengan dahak di tenggorokan? Cara menyembuhkannya dapat dgn berkumur air garam supaya tidak terlalu sakit. Air garam sangat efektif mengatasi dahak karena mampu menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan.

Fungsi lainnya adalah mengencerkan lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan. Jadi kumur-kumur menggunakan air + satu sendok garam dalam gelas berukuran sedang selama beberapa detik.
 

Obati flu dengan Makan sup ayam

Cara tradisional supaya flu cepat sembuh yang menganjurkan seseorang memakan sop ayam ternyata tidak hanya sekedar mitos. Khasiat dari memakan sup ayam adalah  membuat perasaan menjadi nyaman dan mencegah penyebaran neutrofil ke dalam saluran pernapasan. (Neutrofil adalah sel darah putih yang dapat menyebabkan peradangan demam).

Manfaat sup ayam yang lainnya adalah menghambat produksi lendir, menghangatkan sekitar rongga hidung yg mampu mengurangi gejala dari sakit flu & pilek, melegakan hidung saat bernafas dan menghangatkan suhu tubuh.

Tips mencegah flu & pilek datang kembali adalah selalu istirahat yang cukup, makan teratur,  cukup tidur, dan minum air putih dengan cukup. Selain itu, untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen seperti zat besi dan vitamin C. (id.tips-trik.net)

23 July 2014
Tips Memilih Kue Lebaran

Inilah beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih kue Lebaran yang layak dikonsumsi.

1. Warna

  • Warna adalah salah satu faktor yang dapat menentukan apakah kue itu masih bagus atau tidak untuk dikonsumsi.
  • Kue Lebaran yang berwarna kuning keemasan atau kecoklatan dan tidak pucat adalah kue yang baik untuk dikonsumsi.
  • Jika warna kue memudar atau pucat seperti hampir warna putih maka kue tersebut tidak layak dikonsumsi karena sudah lama atau kedaluwarsa.

2. Rasa

  • Kue Lebaran yang baik memiliki rasa garing atau renyah, enak dan tidak pahit. Jika kue tersebut lembek dan kurang garing maka kue tersebut tidak layak dikonsumsi, kata Yuliciana.
  • Hasanuddin menambahkan kue Lebaran yang layak dikonsumsi adalah kue yang masih berbau wangi. Jika kue tersebut tercium agak bau maka kue tersebut tidak layak dikonsumsi.

3. Kemasan

  • Kue Lebaran yang layak dikonsumsi masih memiliki kemasan yang bagus, tidak kusam dan bersih.
  • Sebaliknya, kue Lebaran dengan kemasan yang kotor dan rusak tidak layak dikonsumsi karena dinilai kue di dalam kemasan tersebut rusak.
16 July 2014
Tips Tetap Semangat Aktifitas Saat Berpuasa 1. Minum susu saat sahur

Susu berguna untuk menstabilkan indeks glikemik, yaitu angka yang menjadi acuan seberapa cepat gula darah dan karbohidrat diserap dalam tubuh. Tubuh menyerap susu secara perlahan sehingga dapat mengontrol darah agar tidak banyak mengeluarkan kadar insulin.

 

2. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air

Mengonsumsi buah-buahan seperti semangka, melon, apel, dan jeruk saat berbuka puasa akan mengembalikan cairan yang dibutuhkan tubuh. Rudi Widiyanto, M.Psi, Psikolog, People Development Manager ECC UGM, menambahkan, orang yang bekerja di ruangan yang menggunakan AC membutuhkan cairan yang lebih banyak. "Ruangan yang menggunakan AC membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan tubuh sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi," jelas Rudi.  

 

3. Menyegerakan untuk menyelesaikan tugas kantor

Semakin siang, sering kali Anda diuji dengan rasa kantuk yang melanda, padahal tugas harus diselesaikan tepat waktu. Untuk mengatasi hal ini, Tama menyarankan untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari sebelum istirahat siang karena kondisi akan semakin tidak kondusif di siang hari. “Usahakan selesaikan pekerjaan sesegera mungkin di pagi hari agar beban kerja pada siang hari lebih ringan,” ujar Tama. 

 

4. Membawa bekal untuk mengantisipasi kemacetan
Bagi Anda yang bekerja di kota besar tentunya harus berbesar hati dalam menghadapi kemacetan di bulan puasa. Apalagi bila harus merelakan rutinitas berbuka puasa bersama keluarga karena terjebak macet. “Silakan siapkan bekal untuk mengantisipasi terkena macet dan harus berbuka saat di perjalanan,” kata Tama. 

Rudi menambahkan, bekal yang bisa dipersiapkan untuk berjaga-jaga bila harus berbuka di jalan adalah air minum. “Jika Anda terbiasa minum yang manis, tak ada salahnya membawa minum dari kantor, Anda bisa menyiapkannya di pantry atau membeli di kantin,” tuturnya menjelaskan. Jangan lupa juga untuk membawa kurma sebagai pengganjal perut. Kurma dapat meningkatkan kadar gula yang dibutuhkan tubuh dan lebih cocok sebagai makanan pengisi perut sebelum Anda menyantap makanan berat.

5. Mengatur pola istirahat 
Waktu sahur di negara Indonesia biasanya dimulai pukul tiga dini hari. Untuk itu, Rudi menyarankan agar kita menyudahi segala aktivitas pukul sepuluh malam. “Karena jam tiga pagi sudah harus bangun, usahakan untuk menyudahi aktivitas pukul sepuluh malam. Jangan sampai Anda tidur di atas pukul sebelas, padahal jam tujuh sudah harus berangkat ke kantor,” kata Rudi menerangkan. 

6. Olahraga ringan
Menjalankan ibadah puasa tak berarti boleh melupakan olahraga. “Tak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan saja olahraga ringan seperti jogging, bulu tangkis, atau yoga. Usahakan melakukan olahraga saat akhir pekan di sore hari, sebab bila kita capek setelah berolahraga, kita akan langsung mendapatkan asupan gizi ketika berbuka puasa,” tutur Rudi.
08 July 2014
Tips Berbuka Sehat
  1. Waktu berbuka puasa pastinya sudah ditentukan, dengan begitu anda bisa menyesuaikan banyaknya konsumsi makanan dan juga jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dengan berapa lama waktu anda berpuasa dalam sehari.
  2. Berbuka puasalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan lembut. Karena selama berpuasa tubuh pasti kehilangan banyak nutrisi dan energi. Makanan atau minuman yang mengandung gula akan mampu memberi asupan nutrisi dan energi dengan cepat sehingga tubuh akan kembali segar dalam waktu singkat.
  3. Berbukalah puasa dengan konsumsi cairan. Sejak hari pertama berpuasa biasakan berbukapuasa dengan mengkonsumsi jus buah atau sayuran segar. Dan hindari cairan atau minuman yang terlalu dingin karena minuman yang terlalu dingin akan membuat perut cepat kenyang sehingga mengurangi atau bahkan menghilangkan nafsu makan makanan yang bergizi dan berguna bagi tubuh kita. Akibatnya tubuh akan cepat lemas untuk berpuasa esok harinya.
  4. Lanjutkan mengkonsumsi buah-buahan serta yogurt setelah tubuh mampu beradaptasi dengan cairan. Minumlah yogurt yang menandung probiotik yang baik untuk usus dan sistem pencernaan.
  5. Biasakan memakan makanan-makanan yang tidak terlalu padat sebelum mengkonsumsi makanan berat berbahan susu atau daging.
  6. Perhatikan kondisi tubuh anda, berbukalah puasa dengan porsi yang sedikit atau tidak terlalu banyak dan tidak terlalu membuat terlalu kenyang. Berhenti makan saat mulai kenyang, jangan sampai kekenyangan atau terlalu kenyang. Anda bisa selingi dengan mengemil dalam jangka waktu 2 sampai 3 jam sekali.
  7. Saat berbuka puasa dibiasakan makan secara perlahan jangan tergesa-gesa, dengan makan dan mengunyah secara perlahan hingga lembut akan membantu sistem pencernaan anda bekerja tidak terlalu berat dalam mencerna makanan sehingga metabolisme bisa berjalan lancar tanpa membuat anda sakit.
30 June 2014
TIPS SAHUR SEHAT 1. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.

2. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.  

3. Selama puasa, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal.  Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula.

4. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, karena itu Anda akan cepat merasa lapar. Pilihlah manis alami, seperti gula aren atau madu.

5. Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan, Anda bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera. Misalnya roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, pasta dengan keju, brokoli rebus, dan ikan tuna. Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat.

6. Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

7. Sempurnakan sarapan sahur  dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.
16 June 2014
Tips Menjaga Kesehatan Mata
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mata. Kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari berbagai penyakit mata.

Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kita sewaktu-waktu. Seperti seseorang yang sering membaca buku, bermain game terlalu lama, dan sebagainya dapat terserang penyakit miopi.

Penyakit mata yang sudah tak asing lagi kita dengar seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Bicaralah pada anggota keluarga terutama orang tua Anda. Apakah orang tua Anda di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat menentukan Anda, apakah Anda beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.
Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika Anda terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.
Makan makanan seperti wortel yang mengandung A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.
Periksakan mata Anda secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.
Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.
  1. Riwayat kesehatan mata keluarga
  2. Jaga jarak pandang
  3. Hindari kebiasaan mengucek mata
  4. Istirahatkan mata
  5. Makan makanan yang mengandung vitamin A
  6. Pakai pelindung mata
  7. Periksa mata
  8. Berhenti merokok
Demikianlah tips cara menjaga kesehatan mata. Jagalah kesehatan mata Anda mulai sekarang. Baca juga artikel mengenai fungsi protein. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
12 June 2014
Tips Berhitung Cepat Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Sebelum masuk ke ajaran dibawah ini, perlu diketahui ada beberapa cara yang memiliki soal yang bersyarat. Karena caranya dibilang banyak sekali juga ngga, tapi supaya ngga bingung, setiap metode saya beri nama masing2, biar belajarnya lebih mudah.

I Perkalian silang 2 digit, adalah perkalian yang tidak memiliki syarat, maksudnya untuk semua angka bisa dikalikan dengan cara perkalian silang dan jauh lebihncepat dari cara konvensional.

II Perkalian bersyarat
A. Metode WOW
B. Metode JODOH
C. Metode KEMBAR
D. Metode 99

——-

I. Perkalian “SILANG” (berlaku untuk semua soal, 2 digit X 2 digit)
Contoh. 24×37
Pertama yg kita lakukan, hitung secara silang
24
37
—x
7×2= 14
4×3= 12 , lalu jumlahkan hasil ke dua angka = 26 (atas)

Lalu yg kedua, kalikan secara vertikal
2×3= 6 (depan)
4×7= 28 (belakang)

Lalu susun hasil ketiga angka diatas seperti formasi dibawah ini
Atas
Depan Belakang

26
0628
——+
888 inilah jawabannya, kenapa saya kasih angka nol didepan 6, karena ini memang aturan untuk perkalian 2 digit, jadi untuk angka 26(atas), angka 2 milik depan, dan angka 6 milik belakang. Sekarang saya coba soal yg lbh besar angkanya.

89 x 78= sama seperti atas, lakukan perkalian silang dahulu
9×7= 63
8×8= 64
lalu jumlahkan 63+64= 127 (atas)

Sekarang kalikan secara vertikal
8×7= 56 (depan)
9×8= 72 (belakang)

Untuk angka 127 diatas, 12 milik depan dan 7 milik belakang, sehingga aturannya seperti ini
127
5672
——+
6942 inilah jawabannya, gampang kan, cara ini berlaku untuk semua angka 2 digit. Dan kalau ini dilatih terus menerus, tidak menutup kemungkinan kalau ada soal seperti perkalian diatas, anda tinggal pikir di kepala lalu langsung anda bisa menjawab. Saran saya hitung silang dulu, lalu hafalkan yg “atas” setelah itu lakukan kalian vertikal lalu anda dapat “depan” dan “belakang”
Ucapkan kata depan, atas, belakang dalam pikiran anda, lalu hitung semuanya dipikiran anda, maka hasilnya dgn mudah terjawab. Kalau anda latih terus, untuk mengerjakan 5 soal parkalian diatas, jawab dengan pikiran tanpa buram dan kalkulator. Semuanya bisa dikerjakan dalam waktu bbrp menit saja. Kalau saya waktu tercepat selama ini 1 menit 35 detik untuk 5 soal, menjawab hanya berpikir seperti joe sandi di film the master :)

II. Perkalian dengan soal yang memiliki syarat.
A. Perkalian 2 digit, angka pertama dan kedua sama semua, lalu dibelakangnya kalau dijumlahkan nilainya 10, contoh

24×26, perhatikan angka 24 dan 26, depannya sama2 memiliki angka 2 dan belakangnya kalau masing2 dijumlahkan, nilainya 10 (6+4)

Kalau soalnya seperti ini berarti sudah memasuki kriteria WOW
Cara menghitungnya, tinggal angka 2 didepan ditambah 1, lalu dikalikan angka depan yg kedua. Jadi 3×2= 6

Lalu untuk belakangnya, tinggal kalikan aja dan tulis hasilnya, 6×4= 24
jadi kalau angka 6 dan 24 digabung jadi 624, ini jawabannya.

Sekarang coba lagi, 87 x 83
Jadi tinggal 9×8= 72
dan yg belakang 7×3= 21
jadi jawabannya 7221, gampang banget kan, makanya perkalian jenis ini saya katakan WOW, karena angkanya cocok semua

B. Sekarang yang depan sama, tapi yang belakang kalau dijumlah tidak 10, contoh
18 x 17 = kalau kita lihat, angka depannya sama, tapi yang belakang kalau dijumlahkan bukan 10, nah loh…. kalau ada soal seperti ini, saya sebut JODOH, kenapa, karena depqnnya sama cuma belakangnya dijumlah tidak 10, jd kalau terima soal seperti ini, langkahnya
18×1=18, kenapa dikali 1, karena angka depan 18 dan 17 adalah 1(kedua angka yg depan dua2nya harus sama), lalu
7×1= 7, begitu juga yg ini kenapa dikalikan 1, sama seperti diatas.
setelah itu jumlahkan 18+7=25 (depan)

Lalu kedua 8×7= 56 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
25
56
———+
306

Saya kasih contoh soal JODOH lagi

79 x 76= ingat depan sama, belakang tidak 10 berarti JODOH

79×7= 553, lalu angka kedua yg belakang dikalikan angka 7 karena sama2 tujuh
6×7 = 42
—————+
595 (depan)

Lalu yang belakang 9×6= 54 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
595
54
——-+
6004 inilah jawabannya. Mudah kan
Metode WOW DAN JODOH ini, kalau misalnya dihitung dengan metode “Classic” yang saya jeflaskan pertama kali diatas, hasilnya juga akan SAMA tetapi mungkin memakan waktu lebih lama sedikit.

C. Perkalian KEMBAR
24×24, perkalian kuadrat.

24
24
—-x

Kalau menemukan perkalian seperti ini, amat cepat sekali kalau cara menghitungnya seperti ini
2×4= 8, lalu kalikan 2
8×2= 16 (atas)

Kalikan secara vertikal
2×2= 4 (perkalian antar depan angka) (depan)
4×4= 16 (perkalian antar belakang) (belakang)

Jadi

16
416
————+
576 ini jawabannya

Lagi ya, 68×68=

6×8= 48, lalu dikalikan 2
48×2= 96 (atas)

Lalu 6×6= 36 (depan)
Dan yang belakang 8×8 = 64 (belakang)
Jadi kalau digabungkan dan dijumlah

96
3664
——–+
4624

D. PERKALIAN 99
Perkalian jenis ini adalah perkalian untuk angka yang mendekati 100
Contoh 93×97
Kalau melihat perkalian seperti ini, bisa juga sih pakai metode classic, tapi sedikit lebih susah karena angkanya cenderung besar. Cara yang paling mudah, seperti gini

Angka 93 itu kurangnya berapa supaya menjadi 100, jawabannya kurang 7 kan. Jadi -7
Dan 97 juga begitu, kurang 3, jadi -3, jadi kalau saya tulis seperti ini

-7 x -3
93 x 97 betul kan, lalu cara menghitungnnya

93 – 3 = 90 (depan)
7 x 3 = 21 (belakang)
Jadi digabungkan 9021

Contoh lagi
89×95

-11 x -5
89 x 95
Jadi 89-5 = 84
dan 11×5 = 55
jadi digabungkan 8455, mudah bukan?

Nah, nanti untuk selanjutnya, saya akan jelaskan untuk perkalian yg 3 digit, contoh
345 x 345
123456 x 45
5675467 x 567
3 soal diatas dapat dihitung tanpa menggunakan buram/coret2, semuanya melalui pikiran dan langsung tulis hasilnya. Caranya pun sebenarnya juga hasil dari saya kembangkan sendiri meskipun mirip2 yang 2 digit.
Dan semua tujuan hitung2an diatas, selain untuk cara cepat, saya lebih cenderung untuk mengasah otak kita, kalau anda melakukan hitungan ini setiap hari (seperti les KUMON), saya yakin, begitu anda melihat hitung2an, anda akan senang dan tidak akan menggunakan calculator, alat ini boleh digunakan sekedar untuk check saja, maka otak anda akan dibekali ilmu yang luar biasa dan akan tajam seperti silet.

Tolong saya disupport ya untuk menuliskan yg selanjutnya, karena saya lihat dulu responnya yg ini dulu, kalau sukses saya akan lanjut.

Ilmu diatas, saya kutip dari Youtube, lalu ada sebagian yang saya kembangkan sendiri. Jadi kalau ada yang masih bingung tolong jangan ragu
Page 63 of 68     ‹ First  < 61 62 63 64 65 >  Last ›