Selingan

07 March 2014
Tips Mengurangi Bau Badan
Bau badan adalah kombinasi antara keringat dan bakteri yang biasanya terjadi di ketiak. Keringat sebenarnya tidak berbau, namun bakteri yang hidup dalam keringat dari tubuh kita adalah yang menyebabkan bau. Keluarnya keringat berguna untuk menurunkan suhu badan misalnya ketika habis olahraga atau ketika berada pada kondisi yang panas. Keringat keluar dari seluruh tubuh melalui pori – pori namun sebenarnya tidak berbau.
Pria biasanya memiliki bau badan dibanding wanita. Satu alasan mengapa pria memiliki bau yang lebih, karena mereka memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi, karena mempengaruhi produksi keringat apokrin atau karena bekerja. Namun ini biasanya terjadi karena kebersihan yang tidak terjaga.
Berikut ini adalah makanan yang harus Anda batasi untuk mencegah bau badan dan bau mulut:
  1. Rempah-rempah
    Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.
 
  1. Daging Merah
Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Chemical menyimpulkan, wanita menilai pria yang tidak mengkonsumsi daging lebih menyenangkan, lebih menarik, dan sedikit mengalami bau badan daripada pria yang makan daging.
 
  1. Alkohol & Kafein
Meskipun mengonsumsi alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) telah menjadi kebiasaan, dengan membatasi minuman tersebut, badan anda akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.
 
  1. Makanan Olahan & Junk Food
Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam/gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.
 
  1. Karbohidrat Rendah
Pemotongan pada karbohidrat menyebabkan asupan makanan kaya protein berlebih. Ini dapat membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Namun, proses ini melepaskan keton ke dalam aliran darah Anda yang membuat Anda mencium bau keringat yang buruk.
 
  1. Produk Susu
Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perut Anda, menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan pemicu bau busuk.
 
  1. Kolin
    Makanan yang kaya kolin bisa membuat keringat Anda seperti bau ikan. Beberapa orang, yang tidak bisa mencerna makanan ini mudah, “berbau amis.” Contoh makanan tersebut adalah telur, hati, ikan, dan kacang-kacangan.
 
  1. Gorengan
    Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.
 
 
  1. Tembakau
    Asap rokok yang bercampur dengan unsur-unsur lain dan keluar melalui kelenjar keringat akan menimbulkan bau tak sedap yang khas. Bahkan setelah berhenti merokok, bau ini akan tetap tinggal di badan Anda dalam waktu berminggu-minggu.
 
  1. Trimetilamina
    Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau badan amis. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino, seperti seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, kacang-kacangan, produk kedelai, brokoli.
 
Cara mengatasi / menghilangkan bau badan sangat banyak. Semua bisa anda lakukan sendiri di rumah dan mungkin itu harus anda lakukan dengan rutin dan harus dengan perhatian khusus dari anda. Berikut tips yang bisa anda coba, antara lain :

1. Mandi setiap hari menggunakan sabun, jaga kebersihan tubuh.
 
2. Cuci ketiak dan usap pakai handuk, keringat berlebih sebaiknya segera anda usap.
 
3. Jaga kebersihan pakaian, pada kondisi tertentu terkadang bahan kain mudah menyerap bau. Sehingga simpanlah pakaian di tempat yang wangi dan ada sirkulasi udara.
 
4. Hindari makanan yang mengandung banyak bahan kimia. Karena bau badan sangat erat hubungannya dengan metabolisme tubuh.
 
5. Jika anda merokok, maka cegah dan mulailah untuk berhenti.
 
6. Membawa sapu tangan untuk sebagai lap keringat, ini bisa anda gunakan untuk membersihkan kotoran pada badan anda.
 
7. Jaga kesehatan, biasanya orang yang menderita diabetes, keringatnya bau.
 
8. Asam borat. Salah satu produk terbaik untuk pengobatan bau badan. Asam borat akan memperlambat penyebaran bakteri. Tapi ingat jangan gunakan terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan iritasi kulit.
 
9. Ganti pakaian secara teratur, misalnya jangan kenakan baju, kemeja lebih dari 2 atau 3 hari.
 
10. Hindari makanan yang menyebabkan bau, misalnya bawang putih dan bawang merah.
Bau badan memang sangat mengganggu kita, terutama ketika kita sedang berkumpul dengan rekan kerja, teman sekolah, atau ketika kita di tempat umum misalnya ketika naik bus, angkutan umum lainnya. Bukan hanya mengganggu diri pribadi anda, namun juga orang di sekitar atau yang dekat dengan anda. Selamat Mencoba..
 
03 March 2014
Tips Merawat Laptop Merawat Laptop tidaklah serumit yang anda bayangkan. Meskipun mungkin anda tidak memiliki backgroun mengenai teknologi, yakinlah anda pun bisa merawat laptop anda dengan sebaik mungkin. Sebenarnya hanyalah hal-hal simpel saja yang perlu anda lakukan dalam merawat laptop kesayangan anda. Bayangkan saja, anda sudah membelinya dengan harga mahal, jika sampai rusak siapa yang akan rugi? tentu anda sendiri bukan?
 
Inilah beberapa cara merawat laptop yang benar :
1. Buang saja software yang tidak berguna
Dalam sebuah sistem operasi, penginstalan program atau software memang diperlukan untuk menjalankan suatu aktifitas tertentu. Banyak sekali berbagai macam jenis software yang ada pada saat ini. Sebaiknya anda jangan tergoda untuk menginstal begitu banyak program yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Jadi, lebih baik anda buang / uninstall saja program yang tidak pernah digunakan atau sangat jarang anda gunakan.
 
2. Jangan sampai laptop anda terkena tumpahan benda cair
Sebuah alat elektronik, apapun itu biasanya akan mengalami kerusakan ketika terkena benda cair. Benda cair sangat beragam. Misalnya saja laptop anda terkena tumpahan air mineral. Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop anda akan mengalami kerusakan. Jadi, hindari menaruh benda cair disekitar laptop anda yang berpotensi bisa tumpah dan mengenai laptop anda.
 
3. Kipas pendingin tambahan atau sering disebut cooling pad
Mungkin anda pernah mendengar istilah cooling pad bukan? bagi para pengguna laptop, mungkin sudah seharusnya anda harus tahu dan lebih baik anda harus punya yang namanya cooling pad. Cooling pad adalah sebuah alat atau kipas pendingin yang digunakan untuk mendinginkan suhu laptop anda. Biasanya laptop diletakkan diatas cooling pad ini ketika dipakai. Meskipun didalam laptop sudah ada sistem pendinginannya secara default, namun adanya cooling pad ini jangan anda sepelekan. Jika sampai komponen-komponen dalam laptop anda kepanasan akibat suhu yang terlampau panas, maka bisa jadi laptop anda akan mengalami kerusakan. Apalagi jika suhu diruangan sedang panas, maka cooling pad ini sangat berguna untuk mengatur sirkulasi udara dalam laptop dan mendinginkan komponen dala laptop anda. Dengan begitu, laptop anda akan terhindar dari kepanasan dan kerusakan.
 
4. Menaruh beban diatas laptop
Mungkin masih ada yang sering melakukan hal ini. Meletekkan sebuah benda diatas laptop. Apalagi jika benda tersebut berat, hati-hatilah, karena jika sampai hal ini terjadi pada laptop anda, maka akan berpotensi merusak laptop anda.
 
Biasanya ketika laptop sedang tidak dipakai dan dalam kondisi tertutup, orang secara tidak sengaja atau tidak sengaja seringkali meletakkan benda diatas laptop miliknya. Meletakkan tumpukan buku misalnya. Padahal, hal ini akan dapat merusak LCD laptop anda. LCD laptop anda akan bisa mati total karena hal ini. Jadi, usahakanlah jangan menaruh benda diatas laptop anda jika anda ingin laptop anda benar-benar awet.
 
5. Kasur
Ada apa dengan kasur? mungkin anda seringkali melihat orang yang dengan asyiknya bermain dengan laptopnya sambil santai diatas kasur mereka. Padahal, hal ini akan sangat membahayakan laptop anda. Bukan hanya kasur, tetapi semua benda yang lembut bisa berpotensi membahayakan laptop anda.
 
Alasannya cukup logis, ketika laptop dalam keadaan menyala dan diletakkan diatas kasur yang empuk, maka hawa panas yang terus dikeluarkan dari laptop pada saat dipakai akan terserap oleh kasur yang ada dibawahnya. Karena apa? karena kasur memang bersifat menyerap bukan membuang hawa panas dari laptop anda. Padahal, laptop anda sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus ketika sedang menyala untuk membuang hawa panas. Jadi intinya, jangan sampai anda membiasakan diri menggunakan laptop diatas kasur ataupun bahan-bahan lain yang sejenisnya jika anda ingin laptop anda awet.
 
6. Menaruh handphone didekat laptop?
Idealnya, menaruh semua barang yang mengandung getaran elektromagnetik semacam handphone didekat laptop sangat tidak disarankan. Selain handphone ini diantaranya, mesin, pengeras suar, loudspeaker dan berbagai macam alat yang menimbulkan getaran yang lainnya. Jangan sampai ditaruh didekat laptop jika anda ingin laptop anda awet.
 
7. Anda meletakkan laptop di permukaan yang miring pada saat memakai laptop?
Salah satu kemungkinan yang bisa saja terjadi pada laptop anda, yaitu menaruh laptop pada saat menyala diatas permukaan yang "tidak datar" alias miring. Jika sampai hal ini terjadi, maka laptop anda akan berpotensi mengalami kerusakan.
 
Pada saat laptop anda menyala, maka piringan hardisk akan terus berputar. Jadi, pada saat anda membuka berbagai data atau aplikasi, piringan hardisk ini akan berputar. Nah, ketika anda menaruh laptop anda pada permukaan yang tidak datar, maka akan terjadi kemungkinan head menggores piringan hardisk laptop anda. Apa akibatnya jika sampai hal ini terjadi? akibatnya adalah akan terjadi bad sector pada hardisk laptop anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan hardisk anda akan mengalami kerusakan total. Anda mau hardisk anda rusak? jika anda tidak menginginkannya, maka letakkan laptop anda pada permukaan yang datar pada saat laptop anda sedang menyala.
 
8. Memindahkan laptop pada saat sedang menyala?
Apakah anda pernah memindah-mindahkan laptop anda ketika kondisi laptop anda sedang menyala? jika anda ingin laptop anda terhindar dari kerusakan, maka sangat disarankan untuk "TIDAK" melakukan hal ini. Hampir sama dengan meletakkan laptop pada permukaan yang tidak datar diatas, piringan hardisk laptop anda bisa tergores oleh head nya ketika anda memindah laptop anda pada saat sedang menyala. Jika ingin mengangkat atau memindahkan laptop, sebaiknya anda matikan dahulu laptop anda, agar senantiasa aman dari kerusakan.
 
9. Membersihkan debu yang menempel pada laptop
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebuah ungkapan yang menggambarkan betapa pentingnya kebersihan dalam hidup kita. Begitu juga dengan laptop anda, jika anda ingin laptop anda awet, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah senantiasa memperhatikan kebersihan laptop. 
 
Salah satu bagian yang patut anda perhatikan adalah pada bagian saluran pembuangan udara pada laptop anda. Karena apa, jika sampai debu tebal menyumbat saluran pembuangan udara ini, maka sirkulasi udara pembuangan panas pada laptop anda akan tertutup. Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop anda bisa mengalami panas yang berlebihan. Jika anda ingin terhindar dari hal ini, maka anda harus rajin dan rutin dalam membersihkan debu yang menempel pada laptop anda. Bersihkan laptop anda secara menyeluruh pada semua bagian. Selain awet, laptop yang bersih juga akan sedap dipandang dan menggambarkan kepribadian anda yang bersih.
 
10. Jangan melepas baterai laptop anda
Perkembangan laptop sudah sedemikian pesatnya. Jadi, ketika anda memakai laptop sambil dicharge pun tidak akan ada masalah. Karena laptop keluaran sekarang sudah canggih. Mungkin ada yang beranggapan bahwa ketika laptop dicharge sambil dipakai, maka bisa mengakibatkan baterai mengalami pengembungan / mengembung. Jika laptop anda adalah laptop jadul yang diproduksi pada tahun 2005 kebawah, hal ini mungkin saja benar adanya. Tetapi laptop yang diproduksi diatas tahun 2005 sudah berbeda dan tidak masalah jika dicharge sambil dipakai.
 
Mungkin ada yang sering melepas baterai laptop ketika memakai listrik. Padahal hal ini justru sangat membahayakan laptop anda. Bayangkan saja, ketika laptop anda dipakai dalam kondisi lepas baterai dan memakai daya listrik / DC, dan tiba-tiba saja terjadi mati lampu, maka laptop anda pun akan mati secara tiba-tiba. Jika hal ini sampai terjadi, maka komponen-komponen dalam laptop anda akan terkena akibat buruk dari hal ini.
 
Sangat disarankan tetap memasang baterai walaupun sedang dipakai menggunakan daya listrik / DC. Hal ini penting untuk anda ketahui dan anda perhatikan, karena jika sewaktu-waktu terjadi mati lampu, maka baterai anda akan dapat berguna untuk menahan daya dan menggantikan daya listrik yang mati tersebut, sehingga laptop anda tetap aman menyala. 
 
11. Menginstall antivirus
Mungkin hal ini sedikit berseberangan dengan kondisi fisik laptop anda dan lebih cenderung kepada keamanan sistem operasi yang terinstall di laptop anda. Antivirus memang sangat penting untuk menjaga keamanan dari kemungkinan terserangnya sistem operasi pada laptop anda oleh virus. Nah, salah satu antivirus yang berbasis lokal indonesia adalah smadav. Antivirus ini sangatlah ringan namun sangat ampuh dan recommended. Sudah banyak yang menggunakannya. Untuk lebih amannya anda juga bisa memadukannya dengan antivirus internasional agar benar-benar aman dari serangan virus. Mungkin anda bisa membaca ini, smadav ringan tapi ampuh basmi virus.
01 March 2014
Tips Merawat Bunga di Rumah
  1. Cara menanam bungga di lahan terbuka dan dalam pot tidak jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah untuk penanaman dalam pot, dasar pot perlu dimasukkan pecahan batu bata atau genteng merah, atau ijuk sebagai pengikat air dan memberikan rongga udara bagi pernapasan akar.
  2. Dengan pemilihan media tanam yang baik, lalu gali lubang pada media tanam dan masukkan tanaman serta padatkan batang dengan tanah di sekelilingnya. Untuk media pot, usahakan agar tanah tidak sampai pada bibir pot, atau sisakan 2 cm.
  3. Lakukan penyiraman yang baik yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman lebih baik menggunakan semprotan sehingga tanaman dapat tersiram secara merata. Yang disiram adalah akar atau media tanam, dan jangan terkena daun dan bunga agar tidak mudah layu.
  4. Pastikan tanaman bunga mendapat cahaya matahari yang cukup, dan bagi bunga dalam pot dalam ruangan sebaiknya dikeluarkan selama 2-3 jam untuk menyerap sinar matahari dan kemudian masukkan kembali.
  5. Agar tidak mudah layu, tanaman bunga juga perlu diberi semprotan pestisida atau suntikan anti hama sehingga tidak diganggu hama atau lainnya.
  6. Lakukan pemangkasan menggunakan gunting pada daun tua dan batang kering agar tanaman dapat terus tumbuh subur.
  7. Jika anda ingin memetik bunga, maka gunakan gunting sehingga bunga tidak mudah layu.
26 February 2014
Tips Mencuci Motor Sendiri
  1. Siram dahulu motor anda dengan air melalui selang atau mesin steam bertekan tinggi. Hindari menyemprot secara langsung dan terus menerus bagian jok karena mengantisipasi bagian lapisan jok yang berlubang di sela2 jahitan akan masuk ke busa jok dan akan membuat panas dan busa cepat tipis, dan hindari juga menyemprot secara langsung dan terus menerus bagian mesin dan bagian kabel2 yang terlihat
  2. Siramlah secara merata, jangan lupakan bagian dalam spakbor semprot terlebih dahulu disitulah banyak kotoran mengerak yang nanti akan mengganggu anda mencuci roda
  3. Bersihkan bagian roda terlebih dahulu gunakan sikat kasar untuk menyikat bagian ban. dan jangan sikat bagian velg dengan sikat kasar karena akan meninggalkan bekas goresan2 halus gunakan sikat gigi untuk menjangkau velg model jari2 jari-jari,
  4. Sabunkan bagian motor dengan kaos / busa / spoon lenbut ke seluruh body menggunakan shampo motor.  jangan gunakan sabun colek / detergen.  karena mengandung soda api yang bisa merusak cat jika dipergunakan terus menerus.
  5. Kemudian bilas dengan air secara merata dan jangan sampai tertinggak bagian-bagian sela-sela motor, jangan sampai sisa sabun teringgal di sela2 bagian motor anda karena bisa menyebkan flek dan jamur..
  6. Segera keringkan dengan lap chamois yang menyerap air terakhir semir ban motor agar mengkilap dan tahan lama..selamat mencuci..
25 February 2014
Tips Merawat Rambut Agar Tetap Bersinar dan Indah Berikut tip yang perlu diperhatikan untuk menjaga kilau rambut Anda:
  1. Trim atau rapikan rambut 4-6 minggu sekali untuk membuang ujungnya yang kering dan pecah-pecah. Hal ini juga agar potongan rambut tetap terjaga.
  2. Gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai. Hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas, dan minimalkan penggunaannya. Misalnya keramaslah 2-3 hari sekali.
  3. Gunakan conditioner khusus untuk rambut dicat. Fokuskan pada bagian ujung rambut dan bilas hingga bersih.
  4. Gunakan sisir bergerigi jarang untuk meminimalkan kerusakan rambut.
  5. Gunakan hair dryer hanya saat rambut hampir kering. Semakin panas dan lama Anda menggunakan hair dryer, akan menambah risiko rusaknya kutikel rambut.
  6. Gunakan hair dryer dan sisir saat menata rambut, hindari hot roller dan curling iron.
  7. Minimalkan penggunaan produk styling, seperti mousse, gel dan hair spray, karena dapat memudarkan kilau rambut.
  8. Hindarkan rambut dari zat kaporit. Misalnya sebelum berenang basahi dulu rambut. Setelah usai berenang, bilaslah sebersih mungkin. Hindari juga sinar matahari langsung.
  9. Jangan lakukan pelurusan atau pengeritingan setelah rambut dicat, karena proses kimia yang berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan fatal pada rambut.
  10. Gunakan produk-produk perawatan untuk mencegah rambut rontok, misalnya vitamin atau serum khusus untuk menguatkan akar rambut.
24 February 2014
Cara Mengatasi dan Menghilangkan Stres Berikut ini 7 tips atau cara efektif menghilangkan stress dengan mudah :
  1. Tips yang pertama yaitu jangan menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk. Salah satu penyebab stress terkait dengan  masalah pekerjaan yang menumpuk. Jika kita tidak menunda-nunda pekerjaan yang dapat kita kerjakan lebih dahulu tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk. Sehingga stress kemungkinan besar tidak menimpa kita.
  2. Tips yang kedua yaitu memiliki keberanian untuk berkata tidak terhadap sebuah pekerjaan baru yang dibebankan kepada anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan anda yang sekarang. Ini akan mengakibatkan pikiran anda menjadi tidak fokus dan menjadi terbelah dua yang bisa menyebabkan stress muncul.
  3. Tips berikutnya untuk menghilangkan stress yaitu dengan melakukan aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga dengan berjalan kaki atau berlari-lari santai. Aktivitas tersebut mampu membuat anda merasa lebih rileks, dapat juga menurunkan tekanan darah serta menghasilkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stress tersebut.
  4. Tips berikutnya yaitu selalu berusahan belajar menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang kita alami baik itu terkait dengan segala nikmat dan segala cobaan yang diberikan oleh Tuhan YME kepada diri kita.
  5. Selalu memiliki positive thinking atau selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menimpa kita serta berusaha memetik semua pelajarannya. Sehingga ke depannya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.
  6. Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif untuk menghilangkan stress tersebut. Luangkan waktu sebentar di padatnya aktivitas anda dengan menghibur diri sendiri dengan berbagai hiburan yang anda sukai seperti bermain games, mendengarkan musik yang anda minati, menonton film yang anda sukai atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menghibur anda.
  7. Berusaha fokus terhadap sebuah pekerjaan yang ada di hadapan anda. Melakukan pekerjaan banyak dengan waktu bersamaan dapat juga menimbulkan stress. Oleh karena itulah, selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu kemudian berpaling untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Ini juga mampu menghilangkan stress pada diri anda.
17 February 2014
Selalu Gunakan Masker dan Pelindung mata Beberapa Penyait Pasca Erupsi Gunung Antara lain :
  1. ISPA.
  2. Pneumonia, bronkitis dan infeksi saluran napas bawah lainnya.
  3. Iritasi mata dalam bentuk radang, alergi.
  4. Iritasi kulit, infeksi dan alergi.
  5. Gangguan saluran cerna akan dapat terjadi kalau polutan udara akibat letusan mencemari air, tanaman dan bahan pangan lainnya.
  6. Perburukan dari penyakit kronik yang sudah lama dihadapi, baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun karena stres dan lalai makan obat karena sibuk.
15 February 2014
Cara mengurangi dampak buruk abu vulkanik gunung Kelud

Berikut langkah pencegahan yang dapat dilakukan warga:
 

1. Berada sejauh mungkin dengan lokasi letusan

2. Kurangi aktivitas di luar ruang karena paparan abu vulkanik bisa menimbulkan keluhan pernapasan, terutama pada orang yang sudah menderita penyakit paru. Paparan abu vulkanik dapat memperparah kondisi kesehatannya.

3. Tutup jendela, pintu, perapian atau tungku kayu, dan minimalkan penggunaan pemanas udara atau AC. Hal ini akan mencegah masuknya abu dan gas ke dalam rumah.

4. Gunakan masker untuk mengurangi masuknya debu ke dalam saluran napas.

5. Basahi atau percikan air sebelum membersihkan lingkungan dari debu atau abu vulkanis, untuk menghindari berbagai partikulat yang terbang dan mengakibatkan iritasi.

6. Hindari mengemudi.

7. Pakailah kacamata di luar ruangan, atau saat membersihkan debu di dalam ruangan. Kacamata akan mencegah iritasi terjadi pada organ penglihatan.

8. Menjaga kulit tetap tertutup untuk menghindari iritasi akibat kontak dengan debu dan abu.

9. Carilah bantuan medis bila ada dampak kesehatan yang dirasakan.
 

Agus menyarankan agar masyarakat melakukan semua langkah tersebut. Hal ini dikarenakan gangguan pernapasan bergantung pada berbagai hal, yaitu konsentrasi partikel tersuspensi di udara, proporsi partikel yang terhirup, lama paparan, kondisi meteorologi, faktor individu, dan jarak dengan lokasi erupsi.

"Lokasi yang semakin dekat, konsentrasi partikel yang tinggi, apalagi bila debu dan abu masih panas, tentu berakibat lebih buruk pada kesehatan warga," kata Agus.

Terkait abu yang masih panas, Agus mengingatkan warga untuk lebih waspada. Abu vulkanik disertai hawa panas dapat menyebabkan panas piroklastik. Panas ini bisa mengakibatkan kematian akibat luka bakar di saluran pernapasan atau sesak napas.

Agus juga mengakibatkan warga untuk berhati-hati pada kandungan asam dalam abu vulkanik. Asam berdampak lebih berat karena sifatnya yang lebih merusak saluran pernapasan. Hal ini sama dengan abu vulkanik yang mengandung berbagai gas berbahaya seperti CO, H2S, SO2, atau yang mengandung komponen kristal seperti silika.

"Karena itu pakailah masker berukuran N95 sampai N100 untuk menghindari masuknya debu berukuran atau kurang dari 10 mikron. Bila merasakan yang tidak beres, segera ke fasilitas kesehatan. Umumnya efek akut dapat hilang dengan pengobatan seperti pemberian obat batuk, obat mengurangi sesak, pengencer dahak, atau obat radang. Antibiotik akan diberikan oleh dokter bila ada tanda infeksi
14 February 2014
Pentingnya Masker Untuk Menghindari Debu Vulkanik
Radio ANDIKA , Kediri - Jatim- Silikoisis akan mudah menyerang di daerah dengan tingkat debu silika yang tinggi, seperti yang terjadi pada saat ini. Kenali gejala awalnya pada saat mengalami kesulitan nafas, terbatuk akibat terhirupnya debu silika ini kedalam paru paru.  Debu silika yang terhirup bahkan dalam jumlah yang relatif kecil dan tidak kasat mata pun dapat berinkubasi selama 2 sampai dengan 4 tahun, dan pada akhirnya pun dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh yang lain, seperti di gagal jantung

Iritasi pada pernafasan yang timbul saat abu vulkanik tersebut secara tidak sengaja terhirup pada saat kita bernafas dapat menimbulkan gangguan pernafasan yang awalnya tampak ringan, namun berbahaya jangka panjangnya, terutama pada anak anak. Penggunaan masker sangat dianjurkan dan hindari beraktivitas di luar rumah /ruangan untuk sementara waktu dengan asumsi paparan terhadap resiko abu vulkanik di minimalisir.
11 February 2014
Tips Merawat Sepatu Di Musim Hujan
10 Tips Merawat Sepatu Anda

Sepatu merupakan salah satu elemen fashion yang penting bagi pria. Selain karena fungsinya yang vital sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga menjadi elemen fashion yang penting pada kesan pertama. Namun berapa banyak pria yang menyadari akan hal tersebut? Banyak dari mereka yang menganggap sebelah mata. Fungsinya yang sebagai alas kaki bukan berarti luput dari perhatian. Justru disitulah test sesungguhnya akan kepedulian Anda tentang kebersihan. Kulitas dari sepatu yang anda kenakan dapat menunjukan seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Termasuk kualitas dari kebersihannya. Orang lain akan otomatis menghargai penampilan Anda, tidak terkecuali wanita.
Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan sepatu.
 
1.Bersihkan kotoran sebelum anda semir – Jangan pernah Anda menyemir sepatu kulit anda sebelum kotoran yang ada hilang. Karena ketika Anda gosok, Anda hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan. Untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.
 
Saddle Soap
2. Semir secara rutin – Setelah bersih, semir sepatu kulit Anda dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum Anda semir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.
Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian  Anda sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu Anda gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.
 
3. Segera keringkan jika terkena basah – Jangan biarkan terlalu lama sepatu Anda terkena air. Jika Anda kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran. Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering.Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit Anda kering secara natural.
 
4. Keringkan kaki – Kaki yang basah akan membuat kaus kaki Anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika Anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepati juga akan menjadi bau.
 
5. Miliki beberapa pasang sepatu – Jika sepatu yang sama Anda gunakan secara terus menerus, sepatu akan cepat berkerut.  Istirahatkan sepatu Anda, sehingga awet dan tetap dalam performa terbaiknya .

6. Bersihkan kotoran lumpur ketika kering – Lumpur di sepatu atau sering kita sebut “belok” sangat sering kita alami. Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan Anda bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, Anda bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.

7. Hindari mencuci dengan mesin cuci – Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya Anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.
Sepatu sneakers  canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.
 
8. Jauhkan dari sinar matahari langsung – Ketika Anda menjemur, hindari sinar matahari langsung. Karena sepatu akan mudah cepat rusak dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.
 
9. Gunakan baking soda untuk penghilang bau – Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu Anda bersihkan taburannya di pagi hari.

10. Simpan dengan baik dan rapih – Apa yang Anda lakukan setelah selesai beraktifitas dan pulang ke rumah? Bagaimana anda memperlakukan sepatu Anda? Apakah asal lepas dan bergeletakan tak beraturan? Jika iya, mulailah untuk berubah. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu Anda. Sediakan rak atau apapun itu agar sepatu Anda tertata dengan rapih. Jika memang sepatu Anda jarang digunakan, Anda bisa meletakkannya di dalam box/kotak kardus agar sepatu Anda terhindar dari debu dan kotor.
 
Silahkan Anda terapkan secara konsisten 10 tips perawatan sepatu di atas. Jika Anda salah satu pria yang sibuk, minimal sempatkanlah untuk memperhatikan sepatu Anda sebelum beraktifitas. Baik itu Ketika Anda bekerja, kencan, ataupun hangout dengan sahabat Anda. Tidak ada waktu untuk melakukan hal diatas? Silahkan saja Anda minta bantuan seperti pembantu, atau jasa semir sepatu dll. Tidak ada yang lebih baik selain merawat barang milik pribadi dengan tangan sendiri.
 
Page 63 of 66     ‹ First  < 61 62 63 64 65 >  Last ›