Selingan

03 June 2014
Tips Cara Merawat Sepeda
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Sebuah kendaraan yang akhir-akhir ini menjadi eksis karena isu pemanasan global yang semakin parah. Penggunaan sepeda semakin merebak dan menjadi tren diberbagai tempat. Namun tidak termasuk kota saya :(. Disana masih banyak sekali para pengguna sepeda motor, pengendara sepeda hanyalah kaum minoritas. Semoga aja nantinya banyak yang sadar untuk menaiki  sepesa ya. Termasuk admin(lagi nabung dari blog buat beli sepeda :)

Nah, bagi pengendara ataupun bagi siapapun yang memiliki sepeda, saya rasa tips kali ini penting dan sebaiknya dibaca oleh mereka, karena seperti kendaraan lainnya, sepeda juga membutuhkan perawatan agar tetap kuat sehingga tahan lama. Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja berikut tips merawat sepeda.
  1. Pertama, jika agan hendak mencuci sepeda agan, Janganlah mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi. Sebenernya nggapapa sih untuk beberapa bagian, tapi hindari BB dan Hubs, juga kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.hindari BB dan Hubs, juga kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.
     
  2. Jangan melumasi menggunakan WD-40 atau sejenis penetran lainnya. Kenapa? Karena penetran tersebut  meluruhkan dan mengencerkan gemuk/grease di sepeda, walhasil benda-benda bergerak tersebut bisa aus karena greasenya hilang.
     
  3. Lumasi secara berkala kabel-kabel rem dan shifter serta rantai. Rantai yang kering selain berisik, juga bisa mengikis gear.
     
  4. Periksa tekanan ban. Nah ini sering dilupakan, ban luar biasanya ada keterangan mengenai tekanan minimum dan maksimum. Tekanan terlalu rendah membuat berat digowes dan ban cenderung lebih mudah kempes tertusuk benda ataupun kempes karena ban dalem terlipat.
     
  5. Periksa kelurusan rim/velg. Rim/velg yang peyang sehingga goyang bisa menghambat putaran roda, terutama yang tidak menggunakan discbrake karena velg/rim tadi menggerus kampas rem.
     
  6. Cek kekencangan baut as roda (quick release bagi yang menggunakan) . Fatal nih bila roda lepas tiba2 ketika jalan!! Coba goyang kiri-kanan roda, kencangkan bila longgar. Oiya roda oblak juga bisa akibat baut pengencang bearing (cup & cone/pelor) longgar.
     
  7. Cek apakah kinerja peranti pemindah gigi (shifter, RD, FD) bagus. Bahaya sih ngga, tapi kalo gigi loncat2 sangat mengganggu tuh.. setel aja, bisa dibawa ke bengkel2 terdekat atau setel sendiri juga bisa.
     
  8. Semua part bergerak di sepeda hampir ada masa pakainya. Jangan ragu untuk mengganti part2 tersebut bila sudah aus atau rusak. Safety first ya.
     
  9. Atur jarak main rem. Terlalu ‘dalam’ bisa2 ngga ngerem kalo ada motor motong jalan, terlalu ‘dangkal’ kampas rem riskan bergesek dengan velg atau rotor (discbrake) dan mudah ngunci bila panic braking. Kalo tuas rem anda memiliki fitur ‘reach adjuster’, atur tuas rem tersebut berada pada buku jari kedua jari pengereman anda. Hal ini mengoptimalkan kekuatan jari ketika mengerem.
     
  10. Karet handle grip sepeda wajib mencengkeram stang anda dengan kuat, jangan sampai ketika gowes karet grip tersebut mudah lepas. Kalo lagi ngerem mendadak karetnya copot bisa2 bibir dower tuh nyium aspal.
     
  11. Posisikan barang bawaan anda (ransel, tas, kresek, dll) dengan baik sehingga ngga mengganggu gerakan tubuh saat menggowes, kalo bisa letakkan di sepeda dan bukan di tubuh. Hal ini sangat berpengaruh terhadap reaksi pesepeda menghadapi medan. Selain juga bikin pegel kalo bawa barang di badan..
     
  12. Atur posisi tinggi sadel dan tinggi handle post (bagi seli) di posisi yang ‘benar’ bukan di posisi yang ‘nyaman’. Lagi2 ini berpengaruh terhadap reaksi pesepeda.
     
  13. Gunakan pakaian yang nyaman ketika bersepeda. Jangan pake scarf atau syal panjang, takutnya nyangkut di jari2 bisa gawat tuh.. Kalau menggunakan celana panjang, pakailah ‘pants clip’ agar celana ngga nyangkut dan kotor kena gigi depan/chainring.
     
  14. Rawatlah sambungan rangka di seli. Bila mungkin bongkar dan berilah gemuk/grease yang baik. Ngga perlu pake grease yang tahan panas sampe sekian ratus derajat, engsel seli ngga akan sepanas itu kok walaupun dijemur matahari sekalipun. Pakai aja grease yang mengandung silikon, atau teflon, atau white lithium grease. Bila ngga mau repot bisa juga semprot menggunakan pelumas cair macam silikon spray. Sebenernya minyak singer bagus juga sih, tapi mudah hitam.
     
  15. Hindari melumasi kabel rem dan shifter dengan oli bekas. Oli bekas mengandung banyak butiran/kotoran yang kecil yang malah bisa menghambat gesekan kabel (seret). Paling mudah murah dan bagus sebenernya gesekkan kabel2 tersebut ke lilin. Dijamin loncer deh, kabel murah+lilin ga kalah loncernya ama kabel bagus semacam XTR sekalipun.
     
  16. Atur ketinggian shifter dan tuas rem, sesuaikan dengan posisi duduk anda. Tuas rem yang terlalu mendongak atau merunduk memperlambat reaksi jari anda meraih tuas rem, mengurangi kekuatan jari mengerem dan juga bikin pegel pergelangan tangan.
     
  17. Periksa secara berkala kekencangan semua baut di sepeda, terutama seli yang sering dilipet-buka.
     
  18. Setelah mencuci sepeda angin-anginkan dan jemur sepedanya agar air yang tersisa mudah menguap, lakukan hal ini terutama di sepeda yang bahannya besi (kromoli, hi-ten, dll) agar menghindari karat. Oiya cek juga lubang pembuangan air yang lazimnya berada di bawah BB, jangan sampe lubang itu tersumbat kotoran.
     
  19. Dalam beberapa kasus, sepeda yang disimpan lama lebih cepat rusak daripada sepeda yang sering dipake. (Brom2 dipake yah om..!!)
     
  20. Kalo mau simpan sepeda lama, usahakan melayang. Loh, melayang gimana?? Maksudnya roda jangan kena lantai secara langsung, frame jangan kena tembok, karet-karet (ban, grip) bungkus supaya ngga digigitin tikus.
 
23 May 2014
Tips Cuci Seragam Sekolah Anak Anda
Mayoritas seragam sekolah anak Anda pasti kemeja putih kan Ladies? Nah, seragam ini biasanya cepat sekali pudar atau kusam karena intensitas pemakaiannya yang sering. Berikut ini ada beberapa tips oke buat bikin seragam anak Anda tetap putih cemerlang lho Ladies. Simak di sini ya...
  1. Coba gunakan deterjen cair. Deterjen cair ini dua kali lebih efektif untuk menghilangkan noda di seragam anak Anda. Deterjen ini juga lebih mudah hilang busanya dibanding deterjen bubuk. Deterjen bubuk ini biasanya akan meninggalkan noda pada seragam kalau tidak dibilas dengan benar-benar bersih. Bukannya membersihkan ini akan membuat baju lebih cepat kusam.
  2. Baju putih lebih baik dicuci sendiri dan dijemur daripada menggunakan mesin cuci dan pengering. Salah metode pencucian juga bisa bikin baju cepet kusam dan rusak lho Ladies. Jangan lupa pisahkan pakaian putih ini dengan pakaian berwarna. Mencampur seragam putih dengan baju warna lain akan membuat baju cepat kusam dan kuning.
  3. Gunakan pemutih atau produk penghilang noda pada bagian dengan noda membandel seperti kerah dan juga lengan. Anda juga bisa pakai pasta gigi untuk menghilangkan noda membandel di kerah atau lengan seragam anak Anda. Selain itu air lemon ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada baju seragam buah hati.

Seragam putih memang butuh usaha atau perawatan lebih dibanding baju berwarna lainnya. Tapi kalau seragam anak Anda bersih dan putih pasti akan menambah percaya dirinya saat di sekolah.

Selamat mencoba...

20 May 2014
Tips Pola Makan Yang Sehat
Kesehatan berpangkal pada kebiasaan makan. Tak percaya? Praktikkan tips berikut, niscaya anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Minumlah air putih 6-8 gelas setiap hari. Teguklah satu atau dua gelas air sebelum makan. Ini akan membantu anda membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Kita sebagai warga negara Indonesia terbiasa makan tiga kali sehari, dengan nasi sebagai “menu wajib,Pola makan tiga kali sehari dengan nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat.Mengapa? Karena suplai karbohidratnya jadi berlebihan. Jika ditilik efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.Pantas banya penderita diabetes di Indonesia :)

Pola makan yang lebih sehat : Lima kali sehari.

• Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.
• 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar
• Makan siang, silahkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Tapi selalu ingat : Berhenti sebelum kenyang!
• Sore hari, ba’da ashar, makan – makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah – buahan bisa jadi pilihan.
• malam, makan lengkap. Usahakan makan malam 3 jam dari waktu tidur anda, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.
Yep, itu pola yang direkomendasikan kawan saya. kalau diperhatikan, sebenarnya ada polanya : Makan setiap 3 jam sekali, karena perut memang merasa lapar setiap 3 jam sekali, namun kadarnya terkait dengan waktu.

Catatan tambahan :
Jika anda hendak memakan buah, makanlah buah sebelum anda memakan makanan lengkap. Orang Indonesia terbiasa memakan buah – buahan setelah makan nasi, dan ternyata pola ini kurang baik. Makan buah dulou baru makan berat. Ketika saya menanyakan hal ini ke ahli kimia makanan, ternyata memang ada alasan ilmiahnya : Buah sebaiknya di makan lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan.
19 May 2014
TIPS MENABUNG CERDAS 1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi.
2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi.
Karena jika Anda terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening Anda tidak banyak.
3. TENTUKAN TANGGAL
Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.
4. BAYARLAH UTANG ANDA
Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.
5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.
6. MOTIVASI DIRI ANDA UNTUK MENCAPAI HASIL YANG BESAR
Tentukan apa yang Anda inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.
Sekian Artikel seputar Tips Menabung Dan Menyimpan Uang Agar Cepat Terkumpul, yang dapat kami sampaikan untuk anda semua, semoga artikel ini bermanfaat dan uang anda terkumpul banyak. baca juga Hal Yang Perlu Di Hindari Dalam Pembentukan Pribadi Anak. Terima kasih sudah berkunjung ke mediaremaja
07 May 2014
Cara Menurunkan Berat Badan Alami
Banyak cara yang dilakukan oleh anda yang memiliki berat badan berlebih agar bisa menurunkan berat badan. Salah satunya dengan melakukan program diet. Tapi anda tidak perlu menyiksa anda dengan program diet yang super ketat, anda bisa melakukan tips diet seperti di bawah ini.

Tips Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Kunyah makanan dengan lebih lama. Ini akan membuat anda merasa cepat kenyang sehingga Anda akan mengurangi pengkonsumsian.
  2. Kurangi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sedikit demi sedikit. Makanlah makanan yang sedikit lemak. Kurangi makanan yang mengandung gula tinggi seperti alkohol, dan makanan ringan.
  3. Jika anda merasa lapar, makan nasi sedikit saja dan banyakkan makan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menghilangkan rasa lapar tersebut.
  4. Jangan makan terlalu malam. Jika anda tergolong dalam golongan ini, sebaiknya tidur 3 jam setelah makan.
  5. Jika anda terbangun dari tidur pada waktu malam dan terasa lapar, minum air putih saja atau makan buah apel dan pisang.
  6. Jangan membiarkan atau sengaja tidak makan saat waktu makan anda dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Anda hanya akan memperlambat metabolisme tubuh Anda dengan cara ini. Langkah terbaik adalah makan 5-7 hidangan sederhana dengan porsi sedikit setiap hari.
  7. Ikuti nafsu makan anda karena ia akan membuatkan anda makan lebih dari yang seharusnya. Inilah sebabnya anda perlu makan 5-7 kali hidangan sehari demi untuk mengikuti nafsu makan anda.
23 April 2014
4 Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan
Posisi tidur kita ternyata berpengaruh terhadap kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan tertentu. Lalu seperti apa posisi tidur yang baik bagi kesehatan? Setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi fisiknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini:

1. Tidur Terlentang
Tidur dengan posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara tetap baik. Sayangnya posisi terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

2. Tidur Menyamping
Tidur dengan posisis menyamping sebenarnya baik untuk kesehatan secara menyeluruh karena mengurangi dengkur dan merenggangkan tulang belang belakang. Tapi kekurangan posisi ini adalah, "bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur," ujar Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi di Saint Louis University. Jika Anda sedang hamil, tidur menyamping ke sebelah kiri bisa menjadi pilihan karena dapat melancarkan aliran darah.

3. Tidur Meringkuk
Menurut Glaser, posisi tidur menyamping dengan lutut sejajar dengan pinggang dan dagu menempel pada dada, bisa membuat sendi-sendi terasa nyeri, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit rematik. Posisi seperti ini juga membatasi pernapasan diafragma, menimbulkan kerutan dan payudara mengendur. Jika Anda suka tidur dengan posisi ini, sebaiknya jangan meringkuk terlalu ekstrem.

4. Tidur Tengkurap
Posisi ini disebut juga dengan sebutan posisi 'perut'. Menurut Glaser, posisi ini memberikan tekanan pada sendi dan otot yang dapat mengekibatkan nyeri hingga kesemutan. Tetapi posisi tengkurap baik untuk mereka yang mendengkur karena saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.

Posisi tidur yang tidak direkomendasikan

Tidur sambil duduk: Hati-hati nanti jatuh. Sebelum tidur, sebaiknya pilih tempat duduk yang empuk. Biar nanti kalau jatuh tidak terlalu sakit.

Tidur sambil berdiri: Sakti. Nama Anda pantas tercatat dalam MURI atau acara rekornya Dedy Corbuzier. Tapi posisi tidur seperti ini tidak baik untuk kesehatan.

Tidur sambil nungging: Berbahaya! Terutama jika kentut Anda bau. Selain itu posisi ini juga rawan mengundang orang lain yang melihat Anda untuk bertindak jahat. Menyodomi, tusbol, atau bahkan tergugah untuk menendang pantat Anda.

Tidur sambil berjalan: Sangat tidak direkomendasikan karena kita tidak tahu kemana akan berjalan. Anda bisa berakhir dengan nyemplung di got atau sumur tua.



 
14 April 2014
Tips Belajar Menghadapi UAN 1. Fokus dan serius di kelas
Bagi anda para pelajar dan mahasiswa yang masih aktif, tentu saja masuk sekolah dan masuk kuliah wajib hukumnya. Pelajaran dan keterangan dari bapak ibu guru dan dosen di kelas sudah barang tentu menjadi menu utama dalam kegiatan belajar mengajar. Manfaatkan semaksimal mungkin momen ini untuk sedapat mungkin menyerap sebanyak mungkin ilmu yang disampaikan oleh bapak ibu guru atau dosen. Jangan hanya ngobrol dan mengantuk ketika di kelas. Berusahalah untuk terus fokus dan serius ketika sedang belajar didalam kelas. Terapkan dalam diri, bahwa keberhasilan dalam menyerap ilmu adalah hak setiap orang, dan anda harus menjaga kondisi fokus dan serius ini secara kontinyu.
 
2. Perpustakaan
Jangan malas untuk berkunjung ke perpustakaan. baik itu perpustakaan di sekolah, di kampus ataupun perpustakaan apa saja dan dimana saja. Manfaatkan adanya perpustakaan ini untuk meraup sebanyak mungkin ilmu yang dapat anda serap. Membaca di perpustakaan akan dapat menambah ilmu anda. Jika pelajaran dan keterangan yang didapatkan di kelas dirasa belum maksimal dan belum dapat memecahkan masalah, terkadang dengan membaca dan mencari tambahan buku di perpustakaan bisa menjadi sebuah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang mungkin belum terpecahkan sebelumnya. Bagaimana? intinya, manfaatkan perpustkaan.
 
3. Tetapkan jadwal belajar
Sangat disarankan untuk membuat jadwal belajar sendiri di rumah. Hal ini sangat penting, karena dengan anda membuat jadwal belajar yang sangat terencana, anda akan dapat membiasakan diri anda untuk belajar secara teratur dan tertarget. Usahakan untuk konsekuen mentaati jadwal belajar yang sudah anda buat. Akan sangat tidak berguna apabila anda sudah membuat jadwal belajar yang sangat tersususun dengan rapi tetapi anda sama sekali tidak mematuhi jadwal yang sudah anda buat tersebut. Intinya, patuhi jadwal belajar anda sendiri. 
 
4. Cukupkan istirahat
Manusia mempunyai batas. Begitu pun dengan kondisi tubuh anda. Setelah berjibaku dengan semua materi pelajaran di kelas dan berbagai aktifitas lainnya yang sangat melelahkan, tubuh anda juga membutuhkan istrirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina anda. Jangan melupakan hak tubuh anda untuk beristirahat. Jika badan anda fresh, maka proses penyerapan ilmu ketika belajar pun akan berjalan lebih lancar dan mudah.
 
5. Buat kelompok belajar
Jangan pernah menyepelekan belajar secara kelompok. Hal ini sangat penting untuk dapat menunjang proses penyerapan dan pemahaman terhadap permasalahan materi pelajaran yang mungkin saja belum bisa terpecahkan. Saling sharing pengetahuan antar peserta belajar kelompok adalah salah satu kunci penting yang memegang perananan keefektifan dalam sebuah kelompok belajar. Buatlah kelompok belajar yang solid, dan jangan terlalu banyak anggota. Karena, jika terlalu banyak anggota, justru akan berimbas terhadap kurangnya fokus dalam belajar dan bisa saja justru banyak terjadi obrolan antar anggota yang tidak penting.
 
6. Bertanya kepada teman atau rekan yang lebih tahu dan lebih pandai
Jangan malu bertanya kepada teman anda yang memang lebih pandai. Ada istilah malu bertanya sesat di jalan. Jadi, berusahalah berkonsultasi kepada teman anda tersebut. Singkirkan gengsi yang mungkin ada. Demi keberhasilan, cara-cara yang mungkin belum pernah terfikirkan sebelumnya memang terkadang justru bisa menjadi kunci keberhasilan.
 
7. Aktiflah ketika di kelas
Usahakan untuk aktif ketika berada di kelas. Bertanyalah kepada bapak atau ibu pengajar di kelas. Tanyakan hal-hal yang mungkin masih belum anda mengerti. Jika perlu, anda buat dahulu list persoalan yang belum anda mengerti dari rumah. Sehingga ketika berada di kelas, anda dapat dengan mudah menyampaikannya kepada bapak atau ibu guru dan dosen pengajar di kelas. Dengan begitu, kemungkinan untuk persoalan yang sulit anda mengerti akan dapat terjawab oleh para pengajar anda. Jangan tunggu bapak atau ibu guru dan para pengajar menanyai anda atau menyuruh anda bertanya dan mengungkapkan pendapat di kelas. Mulailah dengan inisiatif sendiri untuk berani bertanya. Jangan malau atau takut untuk melakukannya, karena jika anda berhasil maka anda sendirilah yang akan menikmati keberhasilan anda, bukan orang lain.
 
8. Internet
Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. termasuk dalam hal untuk mendukung proses belajar. Manfaatkan internet untuk sebanyak mungkin meraup ilmu. Bahkan di internet hampir semua hal dapat ditemukan. Mungkin saja hal-hal baru dapat anda temukan. Solusi untuk pelajaran yang mungkin dirasa sulit dan mungkin saja belum ditemukan solusinya, dapat dengan mudah ditemukan dari internet. Manfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk mendukung proses belajar anda. Jika anda belum memiliki koneksi internet, manfaatkan warnet. Jika anda sudah memiliki koneksi internet, semisal modem usb, anda bisa lebih mudah menggunakan dan memanfaatkan fasilitas tersebut dari rumah.
 
9. Merangkum
Cobalah untuk merangkum materi pelajaran. Hal ini sangat penting dan sangat bermanfaat untuk memudahkan proses pemahaman dalam belajar. Ambillah hal-hal inti atau pokok yang menjadi kunci utama dalam sebuah pelajaran dan buatlah ringkasannya. Terkadang dalam sebuah buku, materi yang terlihat begitu banyak dan panjang dapat membuat rasa malas muncul. Untuk itulah, dengan cara mengambil pokok-pokok nya saja akan dapat memudahkan anda dan dapat menghilangkan rasa malas untuk membaca. Berlatihlah untuk merangkum, dari materi yang panjang dan luas menjadi sebuah list yang ringkas dan dapat lebih mudah untuk dipahami.
 
10. Les
Jika anda memiliki dana berlebih, anda dapat mengikuti program-program les diluar jam sekolah yang saat ini sudah banyak ditawarkan. Selektiflah dalam memilih program les. Cari referensi dulu sebanyak mungkin sebelum anda memutuskan untuk bergabung dengan salah satu program les. Hal ini sangat penting agar nantinya anda tidak kecewa dan menyesal jika ternyata program les yang anda ikuti kurang berkualitas dan belum sesuai harapan anda. Pilihlah program les yang benar-benar bonafide.
 
11. Cobalah trik bagaimana cara mudah untuk menghafal
Nah, yang satu ini juga sangat penting. Jika anda bisa menerapkan trik ini, kemungkinan besar anda akan dengan mudah dan lebih cepat dalam menghafalakn materi pelajaran. Semoga dengan trik tersebut, anda lebih cepat menghafalkan semua materi yang wajib anda hafalkan, terutama bagi anda yang memang tergolong orang yang sulit menghafal.
 
12. Perbanyaklah latihan soal
Latihan soal juga sangat berperan penting dalam proses belajar. Terutama untuk mata pelajaran eksak. Seperti matematika, fisika dan lain-lainnya. Pahami materi dan rumus-rumus inti, setelah itu jangan lupa untuk berlatih mengerjakan soal-soal. Dengan begitu, anda akan lebih mudah memahami dan akan lebih mudah mengingat kembali cara mengerjakan yang baik dan benar, karena anda sudah terbiasa mengerjakannya sewaktu latihan mengerjakan soal.
 
13. Hindari sistem belajar kebut semalam
Biasakan diri anda untuk belajar secara bertahap, sedikit demi sedikit. Hal ini sangat penting, mengingat saat ini banyak sekali para siswa dan mahasiswa yang baru belajar ketika malam menjelang ujian. Belajar dadakan seperti ini sudah dapat dipastikan kurang efektif, bahkan bisa dikatakan tidak efektif sama sekali. Untuk itulah, terapkan pada diri sendiri untuk belajar secara bertahap. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.
 
14. Belajar sambil mendengarkan musik
Hmm, sepertinya cara ini terkadang cukup efektif  bagi sebagian orang. Biasanya dengan mendengarkan musik yang lembut dan menenagkan, fokus belajar menjadi lebih besar. Namun ingat, tidak semua orang cocok dengan cara ini. Cobalah dahulu, jika anda merasa cocok dan enjoy, teruskanlah. Tetapi jika anda merasa justru menjadi kacau dan sulit konsentrasi dalam menyerap materi pelajara, hentikanlah cara ini.
 
15. Manfaatkan waktu luang anda untuk belajar sambil santai
Ketika anda sedang bersantai, cobalah untuk membaca sambil santai. Santai saja, daripada anda bengong paling tidak anda sudah membaca materi pelajaran walaupun dengan santai dan tidak ngoyo. Percayalah, bahwa orang yang belum pernah melihat dan membaca sama sekali akan kalah dengan orang yang paling tidak pernah melihat dan membaca walaupun hanya sepintas saja.
 
16. Catatan kecil
Hampir mirip dengan rangkuman dan bahkan bisa dikatakan sama. Jangan sepelekan trik ini. Buatlah ringkasan pada sebuah kertas kecil yang mudah dibawa dan dilipat. Jadi, akan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana karena hanya sebuah kertas kecil yang tidak merepotkan anda. Sambil bermain bisa anda buka-buka. Misalnya mencatat rangkuman dan ringkasan rumus. Percayalah, cara ini juga sangat efektif.
 
17. Berdoa kepada Tuhan YME
Terakhir, jangan sampai anda lupakan kekuatan doa. Karena, bagaimanapun juga Tuhan YME lah yang menentukan segalanya. Manusia hanya dapat berencana, Tuhan YME lah yang menentukan. Untuk itulah anda perlu menyadari betapa pentingnya berdoa. Beribadah dengan rajin dan berdoa dengan tulus ikhlas kepada Tuhan YME. Percayalah, Tuhan YME akan memudahkan semua usaha anda, selama anda benar-benar melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dan terus berdoa memohon kepada-Nya. Tuhan YME tidak akan mengecewakan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Man Jadda wa Jada.
 
11 April 2014
Tips Membeli Baju Cerdas 1. Perhatikan bentuk tubuh anda.
Setiap orang mempunyai bentuk tubuh yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan antara baju yang anda beli dengan bentuk tubuh anda. Mana yang paling pas dengan bentuk tubuh anda, itulah yang aling penting.
 
2. Cobalah
Anda bisa mencoba dahulu ketika anda sedang memilih-milih baju. Perhatikan dengan seksama, apakah memang sudah pas dan benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh anda seperti tips nomor 1 diatas.
 
3. Tidak harus mahal
Anda tidak harus membeli baju dengan harga yang mahal kok. Sudah terbukti banyak baju yang harganya biasa-biasa saja tetapi sangat nyaman dan terlihat sangat elegan ketika dipakai. Jika anda memang mempunyai dana yang berlebih, ya silahkan saja membeli yang berharga mahal.
 
4. Mencari referensi
Anda bisa mencari referensi dulu di internet atau media lainnya. Banyak yang menyediakan info mengenai baju. Tujuannya adalah agar anda sudah mempunyai gambaran mengenai baju incaran anda ketika anda meninggalkan rumah untuk membeli baju.
 
5. Jangan tergesa-gesa
Lebih baik sabar dan santai saja ketika anda sedang memilih baju.
 
6. Pendapat orang lain
Anda bisa mengajak seseorang dan menanyakan kira-kira baju apa yang paling cocok kepada orang lain ketika anda membeli baju, misalnya saja anda mengajak  orang tua, teman, pacar bahkan designer baju sekalipun. Orang lain bisa dengan mudah menilai apakah baju tersebut cocok dan pas untuk anda.
 
7. Teliti sebelum membeli
Anda harus teliti ketika anda membeli baju. Apakah sudah benar-benar tidak ditemukan cacat pada baju yang akan anda beli.
 
8. Online
Jika anda memang tergolong orang yang super sibuk, anda bisa memanfaatkan internet untuk membeli baju. Untuk saat ini, toko baju online sangat mudah ditemukan. Tentu saja anda harus lebih ekstra hati-hati dan benar-benar memperhatikan kualitas dan kredibilitas toko baju online tersebut agar anda tidak tertipu dan menyesal kemudian.
07 April 2014
Tips Berlibur Hemat

1. Bawa perlengakapan secukupnya.

Hidarilah bawaan barang yang banyak karena bisa merepotkan anda nanti, kadang-kadang kita mempunyai kebiasaan buruk membawa barang-barang yang tidak perlu seperti membawa pakaian terlalu banyak di saat berlibur disarankan membawa pakaian sesuai kebutuhan saja.

2. Lupakan membeli suvenir.

sudah jadi kebiasaan kita jika berlibur kita akan membeli apa saja termasuk membeli suvenir, abaikan saja niat anda untuk membeli suvenir. Coba nikamati saja masa liburan anda tanpa harus mengeluarkan banyak pengeluaran.

3. Memilih Transportasi.

Maksud memilih transportasi bukanlah saat anda ingin pergi ke tempat tujuan wisata atau liburan, melainkan transportasi saat berada di tempat liburan tersebut. Disarankan menggunakan kendaraan umum saja dan hindarilah transportasi pribadi seperti taksi karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan umum.

4. Jangan berlibur saat Musim liburan.

Biasanya musim liburan tarif akan lebih tinggi dari hari biasanya. Disarankan anda menghindari liburan pada saat liburan sekolah, libur keagamaan dan atau libur Nasional.

5. Penginapan

Usahakan memilih penginapan yang tidak terlalu mahal, ingat anda berlibur bukan untuk tidur tapi cobalah fokus untuk menikmati liburan :D . Jika anda memilki keluarga atau teman di tempat tujuan anda berlibur, usahakan anda bisa memamfaatkan bantuan mereka dengan minta ijin terlebih dahulu. Misalnya anda menginap di rumahnya untuk memangkas pengeluaran yang lebih banyak lagi. Selain itu, dengan adanya keluarga atau teman, maka akan mendapatkan banyak rekomendasi tempat wisata. Jika tidak ada, pilihlah hotel yang lebih kecil atau vila jika jumlah orang yang ikut lebih dari lima.

6. Manfaatkan Paket Wisata

Bila Anda berencana berlibur bersama keluarga atau teman-teman, cobalah untuk mencari paket liburan karena bisa memangkas biaya perjalanan, penginapan dan biaya hidup saat berlibur. Selain itu Anda tidak perlu repot mencari penginapan atau tempat wisata karena biasanya sudah termasuk berjalan-jalan hingga mencoba wahana atau permainan yang tersedia di sana.

7. Biaya Makan

Jika Anda melakukan perjalanan darat, sebaiknya bawalah bekal dari rumah. Anda akan kaget berapa biaya yang bisa dihemat jika menghindari jajan selama perjalanan. Pastikan juga Anda membawa cooler box agar minuman tetap dingin dan segar.

01 April 2014
Tips Merawat Cat Mobil Baru
  1. Cara dan tips yang pertama kali Anda lakukan adalah menghindari mobil dari sinar UV atau sinar matahari yang terlalu berlebihan. Saat berhenti carilah tempat parkir yang teduh jika mobil akan diparkir lama. Tetapi saat ini terkadang jarang tempat parkir yang teduh, hal ini bisa Anda atasi dengan menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.
  2. Berikutnya yaitu menggunakan sabun atau shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil, karena sahmpo mobil memiliki kaadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Jangan menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil karena mengakibatkan body mobil semakin tipis dan menjadikanya kasar, banyak yang membuktikan bahwa menyuci mobil menggunakan sabun colek dan deterjen berdampak pada warna mobil yang tidak merata dan tidak terlihat bersih.
  3. Tips selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Biasanya sudah tersedia kain khusu untuk lap mobil seperti chamois atau kanibo. Jika Anda tidak mempunyai kain Chamois Otolovers bisa menggunakan kain lain yang berbahan halus dan lembut. Saat membersihkan body dengan kain lap Anda harus mongondisikan kain tersebut dalam keadaan bersih, karena jika kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.
  4. Tips membersihkan mobil dengan kain lap selanjutnya yaitu memperhatikan body. Jika body mobil dalam keadaan kering maka anda harus menyiramnya terlebih dahulu, banyak yang tidak mengetahui jika melap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Partikel debu dan kerikil yang menempel pada body mobil dapat menggores cat mobil. Memberi pelumas khusus body saat melakukan pengelapan dan tidak mengelap dengan cara mengulangi bagian yang sudah bersih, lakukan dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari sebelah kiri ke kanan.
  5. Cara merawat cat mobil berikutnya yaitu mencuci mobil secara teratur. Penyucian secara teratur bertujuan untuk mencegah kotoran yang menempel terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil Anda. Tetapi menyuci mobil tidak harus setiap hari, minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan lebih sering lagi ketika musim hujan. Saat mobil Anda terkena air hujan jangan dibiarkan, langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Ternyata air hujan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.
  6. Tips yang terakhir adalah memarkir kendaraan saat malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body mobil Anda mengalami retak-ratak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil.
Page 62 of 66     ‹ First  < 60 61 62 63 64 >  Last ›