Selingan

11 July 2013
12 TIPS SEHAT BERPUASA RAMADHAN
Puasa Ramadhan secara umum berdampak positif bagi kesehatan. Dua belas tips berikut perlu Anda pertimbangkan agar puasa Anda tetap menyehatkan.

1. Minum yang cukup. Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

2. Makan yang sehat. Anda sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

3. Jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

4. Jangan makan terlalu banyak. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih.

5. Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

6. Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

7. Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.

8. Minimalkan penggunaan tenaga fisik. Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

9. Penderita diabetes. Penderita diabetes harus secara teratur memonitor gula darah mereka, cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

10. Orang yang lemah fisik. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

11. Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

12. Segera membatalkan puasa bila mendapatkan masalah kesehatan. Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya.

13 May 2013
Makanan Yang Menjadi Penyebab Ketombe Tahukah Anda Mitra Andika bahwa makanan juga bisa menyebabkan munculnya ketombe? Tak hanya gaya hidup yang memicu munculnya ketombe, namun juga makanan yang kita konsumsi. Lebih parah lagi, bukan hanya menimbulkan ketombe, bahkan bisa membuat masalah baru yaitu kerontokan rambut.

Coba deh cek daftar makanan ini. Siapa tahu ada dalam daftar makanan favorit Anda.

1. Makanan Produk Susu

Bila Anda ingin menghindarkan ketombe muncul di kulit kepala Anda., coba sementara hindari produk-produk makanan dari susu seperti es krim, keju dan susu murni. Makanan seperti ini mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala dan memicu munculnya ketombe.

2. Gorengan

Makanan yang digoreng disinyalir menjadi penyebab munculnya ketombe. Makanan ini tak hanya menimbulkan kolesterol, namun bila berlebihan juga bisa merangsang minyak berlebihan di kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala tak stabil dari lembab ke kering dan sebaliknya.

3. Makanan Mengandung Gula Tinggi

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi mampu memperparah kondisi kulit kepala Anda yang berketombe. Hindari konsumsi gula berlebihan dalam seminggu. Ganti cemilan manis Anda dengan buah-buahan segar yang manis pohon.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas memiliki potensi yang sama dengan makanan yang digoreng. Makanan seperti ini mampu memicu munculnya ketombe karena merangsang produksi minyak berlebih ke kulit kepala. Akibatnya rambut sering lepek dan gatal, bahkan hingga rambut patah.

5. Makanan Terlalu Panas

Ada baiknya Anda sedikit bersabar sebelum mengonsumsi makanan. Bila terlalu panas ternyata juga bisa merangsang kondisi tubuh kita dari bagian kepala hingga pencernaan. Suhu tubuh meningkat dan tubuh melakukan penyesuaian yang mempengaruhi kondisi kulit dan rambut.

Selain menjaga kebersihan rambut dan produk perawatan yang kita pilih, penting juga untuk menjaga agar makanan kita tak mempengaruhi kondisi rambut. Anda boleh mengonsumsi makanan di atas dengan kontrol yang seimbang. Namun bila ingin rambut cantik dan sehat, perbanyak konsumsi makanan alami seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan.

03 May 2013
 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata
Description: http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_21889.gif?9727872667 Tips Menjaga Kesehatan Mata
 
Tahukah Anda bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada sekitar 180 juta orang di dunia yang memiliki gangguan penglihatan, dan sekitar 40-45 juta di antaranya buta? Setidaknya 7 juta orang di dunia menjadi buta setiap tahun. Tragisnya, sebanyak 80% kasus kebutaan dan kehilangan penglihatan yang serius sebenarnya bisa dihindari.Oleh karena itu, jangan anggap enteng kesehatan mata Anda. Lindungilah mata dan penglihatan Anda dengan tujuh tips berikut:
1. Berhenti merokok
Anda pasti sudah tahu bahwa merokok merugikan kesehatan. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa ada kaitan langsung antara merokok dan masalah mata. Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik. Jika Anda sudah mencoba untuk berhenti merokok sebelumnya dan gagal, cobalah lagi. Studi menunjukkan bahwa semakin banyak Anda mencoba untuk berhenti merokok, semakin besar peluang keberhasilan Anda.
2. Kendalikan tekanan darah dan gula darah
Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak diobati dapat memengaruhi penglihatan dan bahkan menyebabkan retinopati hipertensif, yaitu kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata. Kerusakan retina menyebabkan penglihatan terganggu.
Diabetes adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bila Anda memiliki diabetes, sangat dianjurkan bagi Anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara berkala dan meminum obat atau mengambil suntikan insulin sesuai instruksi dokter.
3. Dapatkan nutrisi terbaik untuk mata
Lindungi mata Anda dengan makanan di piring Anda. Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas. Buah dan sayuran berwarna-warni cenderung kaya akan antioksidan.
Selain antioksidan, vitamin A secara khusus sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Vitamin A mendukung produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan digunakan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyakit yang disebut rabun senja (jawa: kotok ayam) di mana seseorang tidak bisa melihat di cahaya remang-remang. Wortel adalah sumber utama pro-vitamin A.
4. Lindungi mata dari sinar matahari
Paparan sinar matahari terus-menerus dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) dari matahari menembus retina sehingga menyebabkan kerusakan mata. Untuk mencegah sinar UV yang berbahaya, pakailah kaca mata hitam yang dirancang khusus untuk melindungi mata jika Anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Kacamata tersebut umumnya memberikan perlindungan UV hingga 99% atau 100%.
5. Gunakan pelindung mata
Jika Anda bekerja dengan bahan berbahaya, pakailah kacamata pelindung yang dapat melindungi mata Anda dari cedera, kerusakan, dan kebutaan. Kenakan kacamata atau helm berkaca ketika Anda mengendarai sepeda motor. Olahraga tertentu seperti tenis, hoki dan berenang juga dapat berisiko mencederai atau merusak mata. Pakailah pelindung mata seperti helm dan kacamata olahraga untuk melindungi Anda.
6. Lakukan kebiasaan yang baik untuk mata
Meskipun masalah mata umumnya berhubungan dengan kerusakan atau penuaan, masalah mata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk. Berfokus pada jarak yang tetap dalam waktu lama, seperti menatap layar komputer atau membaca selama berjam-jam, adalah salah satunya. Otot-otot mata Anda akan terkunci pada posisi yang tetap sehingga kehilangan fleksibilitas, benda-benda yang sangat dekat atau sangat jauh menjadi terlihat kabur. Ambillah jeda istirahat dan alihkan pandangan Anda pada benda-benda yang jauh untuk membantu mencegah masalah ini. Latihan mata secara teratur juga dapat membantu memulihkan dan mencegah masalah penglihatan di masa depan. Contoh latihan mata ini adalah berselang-seling berfokus pada objek yang jauh dan dekat, serta berfokus pada objek yang sama dengan sudut berbeda-beda.
7. Kunjungi dokter mata Anda.
Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Kunjungan ke dokter mata untuk pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali, lebih sering jika Anda memakai kacamata atau lensa kontak. Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan.
01 April 2013
5 Manfaat Sehat Minum Susu Kedelai Sudah banyak orang menikmati kelezatan susu kedelai, tidak kalah enak dengan susu sapi sekaligus memberi efek yang mengagumkan untuk kesehatan. Inilah manfaat susu kedelai :

Menurunkan Kolesterol

Berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak jenuh, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan non kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggak dan tak jenuh ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai yang rutin secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Menurunkan Berat Badan

Secangkir susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula, sedangkan susu kedelai hanya 7 gram. Inilah mengapa jumlah kalori satu cangkir susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai mampu menghambat penyerapan lemak di usus. Selain itu, minum susu kedelai akan memberikan efek kenyang lebih lama.

Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai kaya akan phytoestrogen, hormon tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwa pria yang sering mengonsumsi kedelai secara rutin lebih kecil mengalami kanker prostat.

Menopause Lebih Nyaman

Selama mengalami menopause, produksi hormon esterogen wanita menurun drastis. Penurunan yang sangat banyak ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada wanita, antara lain penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Wanita di masa ini juga lebih rentan mengalami depresi, mudah marah, serta gangguan psikologis lainnya. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya phytoestrogen yang dapat menggantikan hormon esterogen, maka wanita akan lebih sehat dan nyaman menjalani masa menopause.

Mencegah Osteoporosis

Tidak hanya susu sapi yang bisa menurunkan risiko osteoporosis, susu kedelai juga bisa memberi manfaat yang sama. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

25 March 2013
8 Tips Meredakan Batuk

Saat batuk, tubuh sebenarnya sedang berusaha menyingkirkan gangguan dari dalam paru-paru. Namun jika batuk tak kunjung reda, sebal juga rasanya. Mengalami hal serupa? Simak tips untuk meredakan batuk sebagai berikut :

Madu
Sebuah penelitian membuktikan bahwa menikmati sesendok madu mampu meredakan batuk di malam hari. Bukan hanya itu, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak setelah minum madu. Ternyata hal itu dikarenakan madu mengandung bahan efektif seperti sirop obat batuk namun lebih menyehatkan dan bernutrisi.

Air putih
Ketika batuk, lendir di tenggorokan sebenarnya menyumbat bagian pernapasan sehingga membuat penderita tidak nyaman. Jadi sebaiknya konsumsi air putih sebanyak-banyaknya untuk mencairkan lendir dan menjaga kelembapan membran tenggorokan.

Permen obat batuk
Beberapa obat batuk yang beredar kini bisa ditemukan dalam bentuk seperti permen. Coba pilih permen obat batuk rasa menthol untuk menumpulkan indra belakang tenggorokan dan meredakan batuk yang mengganggu.

Uap
Mandi dengan air hangat juga mampu membantu Anda meredakan batuk. Selain itu, jika Anda menderita demam, alergi, dan asma, semua masalah tersebut pun mampu di atasi. Sebab air hangat yang menimbulkan uap mampu melembapkan kondisi tenggorokan yang kering akibat batuk.

Parfum
Hindari pemakaian parfum, deodoran, sabun, dan wewangian jenis apapun ketika batuk. Sebab beberapa orang bisa terserang iritasi sinus kronis jika menggunakan produk tersebut ketika batuk.

Rokok
Selain wewangian, sebaiknya Anda juga menghentikan kebiasaan merokok ketika batuk. Pasalnya hampir semua perokok pada akhirnya menderita batuk yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi solusi terbaiknya adalah berhenti merokok selamanya.

Makan sehat
Pola makan ketika batuk lebih baik dijaga agar kondisi Anda membaik. Hindari makanan manis, asin, produk susu, dan bertepung kemudian ganti dengan sayur dan buah-buahan untuk menguatkan sistem imun.

Akar licorice
Akar licorice adalah salah satu solusi untuk meredakan batuk. Anda bisa mencampurkannya ke dalam teh herbal atau merebusnya dengan air mendidih. Untuk opsi kedua, diamkan selama sehari sebelum diminum dengan campuran madu.

Itulah berbagai tips untuk meredakan batuk.

04 March 2013
Dampak Tidur Larut atau Begadang
Beberapa orang merasa membutuhkan waktu lebih dari 24 jam untuk melaksanakan pekerjaannya. sehingga melakukan aktifitas bergadang atau tidur larut malam. dampak yang paling kerasa adalah pekerjaan akan cepat selesai pada malam itu namun dampak negatif akan terasa pada kondisi tubuh.
akibat dari jumlah waktu  tidur yang berkurang tubuh memberikan signal untuk terus sigap, namun itu tidak akan berlangsung lama. rasa kantuk akan menghinggapi sehingga menurunkan produktivitas kerja yang mengakibatkan terbelakangkannya pekerjaan hari itu. tidur terlalu ralut juga akan menimbulkan rasa malas yang dahsyat, meninggalkan sisa-sisa pekerjaan dan akan masuk kedalam siklus tidur larut-kantuk-malas.
adalah lebih bijak jika pekerjaana yang dikerjakan pada larut malam dikerjakan pada pagi esok hari. suasana dan kebugaran fisik Anda akan membantu pekerjaan lebih cepat terselesaikan daripada meneruskan pekerjaan dan mengakibatkan stamina fisik menurun, serangan kantuk yang dahsyat, dan rasa malas yang luar biasa.
 
semoga tips ini bermanfaat
Page 61 of 61     ‹ First  < 59 60 61