Selingan

16 July 2014
Tips Tetap Semangat Aktifitas Saat Berpuasa 1. Minum susu saat sahur

Susu berguna untuk menstabilkan indeks glikemik, yaitu angka yang menjadi acuan seberapa cepat gula darah dan karbohidrat diserap dalam tubuh. Tubuh menyerap susu secara perlahan sehingga dapat mengontrol darah agar tidak banyak mengeluarkan kadar insulin.

 

2. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air

Mengonsumsi buah-buahan seperti semangka, melon, apel, dan jeruk saat berbuka puasa akan mengembalikan cairan yang dibutuhkan tubuh. Rudi Widiyanto, M.Psi, Psikolog, People Development Manager ECC UGM, menambahkan, orang yang bekerja di ruangan yang menggunakan AC membutuhkan cairan yang lebih banyak. "Ruangan yang menggunakan AC membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan tubuh sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi," jelas Rudi.  

 

3. Menyegerakan untuk menyelesaikan tugas kantor

Semakin siang, sering kali Anda diuji dengan rasa kantuk yang melanda, padahal tugas harus diselesaikan tepat waktu. Untuk mengatasi hal ini, Tama menyarankan untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari sebelum istirahat siang karena kondisi akan semakin tidak kondusif di siang hari. “Usahakan selesaikan pekerjaan sesegera mungkin di pagi hari agar beban kerja pada siang hari lebih ringan,” ujar Tama. 

 

4. Membawa bekal untuk mengantisipasi kemacetan
Bagi Anda yang bekerja di kota besar tentunya harus berbesar hati dalam menghadapi kemacetan di bulan puasa. Apalagi bila harus merelakan rutinitas berbuka puasa bersama keluarga karena terjebak macet. “Silakan siapkan bekal untuk mengantisipasi terkena macet dan harus berbuka saat di perjalanan,” kata Tama. 

Rudi menambahkan, bekal yang bisa dipersiapkan untuk berjaga-jaga bila harus berbuka di jalan adalah air minum. “Jika Anda terbiasa minum yang manis, tak ada salahnya membawa minum dari kantor, Anda bisa menyiapkannya di pantry atau membeli di kantin,” tuturnya menjelaskan. Jangan lupa juga untuk membawa kurma sebagai pengganjal perut. Kurma dapat meningkatkan kadar gula yang dibutuhkan tubuh dan lebih cocok sebagai makanan pengisi perut sebelum Anda menyantap makanan berat.

5. Mengatur pola istirahat 
Waktu sahur di negara Indonesia biasanya dimulai pukul tiga dini hari. Untuk itu, Rudi menyarankan agar kita menyudahi segala aktivitas pukul sepuluh malam. “Karena jam tiga pagi sudah harus bangun, usahakan untuk menyudahi aktivitas pukul sepuluh malam. Jangan sampai Anda tidur di atas pukul sebelas, padahal jam tujuh sudah harus berangkat ke kantor,” kata Rudi menerangkan. 

6. Olahraga ringan
Menjalankan ibadah puasa tak berarti boleh melupakan olahraga. “Tak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan saja olahraga ringan seperti jogging, bulu tangkis, atau yoga. Usahakan melakukan olahraga saat akhir pekan di sore hari, sebab bila kita capek setelah berolahraga, kita akan langsung mendapatkan asupan gizi ketika berbuka puasa,” tutur Rudi.
08 July 2014
Tips Berbuka Sehat
  1. Waktu berbuka puasa pastinya sudah ditentukan, dengan begitu anda bisa menyesuaikan banyaknya konsumsi makanan dan juga jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dengan berapa lama waktu anda berpuasa dalam sehari.
  2. Berbuka puasalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan lembut. Karena selama berpuasa tubuh pasti kehilangan banyak nutrisi dan energi. Makanan atau minuman yang mengandung gula akan mampu memberi asupan nutrisi dan energi dengan cepat sehingga tubuh akan kembali segar dalam waktu singkat.
  3. Berbukalah puasa dengan konsumsi cairan. Sejak hari pertama berpuasa biasakan berbukapuasa dengan mengkonsumsi jus buah atau sayuran segar. Dan hindari cairan atau minuman yang terlalu dingin karena minuman yang terlalu dingin akan membuat perut cepat kenyang sehingga mengurangi atau bahkan menghilangkan nafsu makan makanan yang bergizi dan berguna bagi tubuh kita. Akibatnya tubuh akan cepat lemas untuk berpuasa esok harinya.
  4. Lanjutkan mengkonsumsi buah-buahan serta yogurt setelah tubuh mampu beradaptasi dengan cairan. Minumlah yogurt yang menandung probiotik yang baik untuk usus dan sistem pencernaan.
  5. Biasakan memakan makanan-makanan yang tidak terlalu padat sebelum mengkonsumsi makanan berat berbahan susu atau daging.
  6. Perhatikan kondisi tubuh anda, berbukalah puasa dengan porsi yang sedikit atau tidak terlalu banyak dan tidak terlalu membuat terlalu kenyang. Berhenti makan saat mulai kenyang, jangan sampai kekenyangan atau terlalu kenyang. Anda bisa selingi dengan mengemil dalam jangka waktu 2 sampai 3 jam sekali.
  7. Saat berbuka puasa dibiasakan makan secara perlahan jangan tergesa-gesa, dengan makan dan mengunyah secara perlahan hingga lembut akan membantu sistem pencernaan anda bekerja tidak terlalu berat dalam mencerna makanan sehingga metabolisme bisa berjalan lancar tanpa membuat anda sakit.
30 June 2014
TIPS SAHUR SEHAT 1. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.

2. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.  

3. Selama puasa, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal.  Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula.

4. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, karena itu Anda akan cepat merasa lapar. Pilihlah manis alami, seperti gula aren atau madu.

5. Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan, Anda bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera. Misalnya roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, pasta dengan keju, brokoli rebus, dan ikan tuna. Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat.

6. Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

7. Sempurnakan sarapan sahur  dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.
16 June 2014
Tips Menjaga Kesehatan Mata
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata adalah organ yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mata. Kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari berbagai penyakit mata.

Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kita sewaktu-waktu. Seperti seseorang yang sering membaca buku, bermain game terlalu lama, dan sebagainya dapat terserang penyakit miopi.

Penyakit mata yang sudah tak asing lagi kita dengar seperti miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata tersebut. Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Bicaralah pada anggota keluarga terutama orang tua Anda. Apakah orang tua Anda di diagnosis mengalami penyakit mata keturunan. Hal ini karena dapat menentukan Anda, apakah Anda beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.
Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika Anda terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.
Makan makanan seperti wortel yang mengandung A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.
Periksakan mata Anda secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.
Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.
  1. Riwayat kesehatan mata keluarga
  2. Jaga jarak pandang
  3. Hindari kebiasaan mengucek mata
  4. Istirahatkan mata
  5. Makan makanan yang mengandung vitamin A
  6. Pakai pelindung mata
  7. Periksa mata
  8. Berhenti merokok
Demikianlah tips cara menjaga kesehatan mata. Jagalah kesehatan mata Anda mulai sekarang. Baca juga artikel mengenai fungsi protein. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
12 June 2014
Tips Berhitung Cepat Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Sebelum masuk ke ajaran dibawah ini, perlu diketahui ada beberapa cara yang memiliki soal yang bersyarat. Karena caranya dibilang banyak sekali juga ngga, tapi supaya ngga bingung, setiap metode saya beri nama masing2, biar belajarnya lebih mudah.

I Perkalian silang 2 digit, adalah perkalian yang tidak memiliki syarat, maksudnya untuk semua angka bisa dikalikan dengan cara perkalian silang dan jauh lebihncepat dari cara konvensional.

II Perkalian bersyarat
A. Metode WOW
B. Metode JODOH
C. Metode KEMBAR
D. Metode 99

——-

I. Perkalian “SILANG” (berlaku untuk semua soal, 2 digit X 2 digit)
Contoh. 24×37
Pertama yg kita lakukan, hitung secara silang
24
37
—x
7×2= 14
4×3= 12 , lalu jumlahkan hasil ke dua angka = 26 (atas)

Lalu yg kedua, kalikan secara vertikal
2×3= 6 (depan)
4×7= 28 (belakang)

Lalu susun hasil ketiga angka diatas seperti formasi dibawah ini
Atas
Depan Belakang

26
0628
——+
888 inilah jawabannya, kenapa saya kasih angka nol didepan 6, karena ini memang aturan untuk perkalian 2 digit, jadi untuk angka 26(atas), angka 2 milik depan, dan angka 6 milik belakang. Sekarang saya coba soal yg lbh besar angkanya.

89 x 78= sama seperti atas, lakukan perkalian silang dahulu
9×7= 63
8×8= 64
lalu jumlahkan 63+64= 127 (atas)

Sekarang kalikan secara vertikal
8×7= 56 (depan)
9×8= 72 (belakang)

Untuk angka 127 diatas, 12 milik depan dan 7 milik belakang, sehingga aturannya seperti ini
127
5672
——+
6942 inilah jawabannya, gampang kan, cara ini berlaku untuk semua angka 2 digit. Dan kalau ini dilatih terus menerus, tidak menutup kemungkinan kalau ada soal seperti perkalian diatas, anda tinggal pikir di kepala lalu langsung anda bisa menjawab. Saran saya hitung silang dulu, lalu hafalkan yg “atas” setelah itu lakukan kalian vertikal lalu anda dapat “depan” dan “belakang”
Ucapkan kata depan, atas, belakang dalam pikiran anda, lalu hitung semuanya dipikiran anda, maka hasilnya dgn mudah terjawab. Kalau anda latih terus, untuk mengerjakan 5 soal parkalian diatas, jawab dengan pikiran tanpa buram dan kalkulator. Semuanya bisa dikerjakan dalam waktu bbrp menit saja. Kalau saya waktu tercepat selama ini 1 menit 35 detik untuk 5 soal, menjawab hanya berpikir seperti joe sandi di film the master :)

II. Perkalian dengan soal yang memiliki syarat.
A. Perkalian 2 digit, angka pertama dan kedua sama semua, lalu dibelakangnya kalau dijumlahkan nilainya 10, contoh

24×26, perhatikan angka 24 dan 26, depannya sama2 memiliki angka 2 dan belakangnya kalau masing2 dijumlahkan, nilainya 10 (6+4)

Kalau soalnya seperti ini berarti sudah memasuki kriteria WOW
Cara menghitungnya, tinggal angka 2 didepan ditambah 1, lalu dikalikan angka depan yg kedua. Jadi 3×2= 6

Lalu untuk belakangnya, tinggal kalikan aja dan tulis hasilnya, 6×4= 24
jadi kalau angka 6 dan 24 digabung jadi 624, ini jawabannya.

Sekarang coba lagi, 87 x 83
Jadi tinggal 9×8= 72
dan yg belakang 7×3= 21
jadi jawabannya 7221, gampang banget kan, makanya perkalian jenis ini saya katakan WOW, karena angkanya cocok semua

B. Sekarang yang depan sama, tapi yang belakang kalau dijumlah tidak 10, contoh
18 x 17 = kalau kita lihat, angka depannya sama, tapi yang belakang kalau dijumlahkan bukan 10, nah loh…. kalau ada soal seperti ini, saya sebut JODOH, kenapa, karena depqnnya sama cuma belakangnya dijumlah tidak 10, jd kalau terima soal seperti ini, langkahnya
18×1=18, kenapa dikali 1, karena angka depan 18 dan 17 adalah 1(kedua angka yg depan dua2nya harus sama), lalu
7×1= 7, begitu juga yg ini kenapa dikalikan 1, sama seperti diatas.
setelah itu jumlahkan 18+7=25 (depan)

Lalu kedua 8×7= 56 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
25
56
———+
306

Saya kasih contoh soal JODOH lagi

79 x 76= ingat depan sama, belakang tidak 10 berarti JODOH

79×7= 553, lalu angka kedua yg belakang dikalikan angka 7 karena sama2 tujuh
6×7 = 42
—————+
595 (depan)

Lalu yang belakang 9×6= 54 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
595
54
——-+
6004 inilah jawabannya. Mudah kan
Metode WOW DAN JODOH ini, kalau misalnya dihitung dengan metode “Classic” yang saya jeflaskan pertama kali diatas, hasilnya juga akan SAMA tetapi mungkin memakan waktu lebih lama sedikit.

C. Perkalian KEMBAR
24×24, perkalian kuadrat.

24
24
—-x

Kalau menemukan perkalian seperti ini, amat cepat sekali kalau cara menghitungnya seperti ini
2×4= 8, lalu kalikan 2
8×2= 16 (atas)

Kalikan secara vertikal
2×2= 4 (perkalian antar depan angka) (depan)
4×4= 16 (perkalian antar belakang) (belakang)

Jadi

16
416
————+
576 ini jawabannya

Lagi ya, 68×68=

6×8= 48, lalu dikalikan 2
48×2= 96 (atas)

Lalu 6×6= 36 (depan)
Dan yang belakang 8×8 = 64 (belakang)
Jadi kalau digabungkan dan dijumlah

96
3664
——–+
4624

D. PERKALIAN 99
Perkalian jenis ini adalah perkalian untuk angka yang mendekati 100
Contoh 93×97
Kalau melihat perkalian seperti ini, bisa juga sih pakai metode classic, tapi sedikit lebih susah karena angkanya cenderung besar. Cara yang paling mudah, seperti gini

Angka 93 itu kurangnya berapa supaya menjadi 100, jawabannya kurang 7 kan. Jadi -7
Dan 97 juga begitu, kurang 3, jadi -3, jadi kalau saya tulis seperti ini

-7 x -3
93 x 97 betul kan, lalu cara menghitungnnya

93 – 3 = 90 (depan)
7 x 3 = 21 (belakang)
Jadi digabungkan 9021

Contoh lagi
89×95

-11 x -5
89 x 95
Jadi 89-5 = 84
dan 11×5 = 55
jadi digabungkan 8455, mudah bukan?

Nah, nanti untuk selanjutnya, saya akan jelaskan untuk perkalian yg 3 digit, contoh
345 x 345
123456 x 45
5675467 x 567
3 soal diatas dapat dihitung tanpa menggunakan buram/coret2, semuanya melalui pikiran dan langsung tulis hasilnya. Caranya pun sebenarnya juga hasil dari saya kembangkan sendiri meskipun mirip2 yang 2 digit.
Dan semua tujuan hitung2an diatas, selain untuk cara cepat, saya lebih cenderung untuk mengasah otak kita, kalau anda melakukan hitungan ini setiap hari (seperti les KUMON), saya yakin, begitu anda melihat hitung2an, anda akan senang dan tidak akan menggunakan calculator, alat ini boleh digunakan sekedar untuk check saja, maka otak anda akan dibekali ilmu yang luar biasa dan akan tajam seperti silet.

Tolong saya disupport ya untuk menuliskan yg selanjutnya, karena saya lihat dulu responnya yg ini dulu, kalau sukses saya akan lanjut.

Ilmu diatas, saya kutip dari Youtube, lalu ada sebagian yang saya kembangkan sendiri. Jadi kalau ada yang masih bingung tolong jangan ragu
07 June 2014
7 Kebiasaan Aneh Untuk Memulai Hidup Lebih Sehat
Radio Andika- Kediri – Jatim. Kesehatan merupakan hal terpenting untuk menjalankan semua rutinitas hidup setiap manusia di berbagai jenjang usia. Semua orang pasti menginginkan agar hidupnya selalu sehat setiap waktu dari anak-anak, remaja, dewasa hingga yang berusia lanjut. Dengan memulai gaya hidup sehat setiap hari, maka tubuhpun akan mengalami peningkatan kualitas kesehatan secara drastis pula. Tips kesehatan, berikut ini kebiasaan aneh untuk memulai hidup lebih sehat sepanjang hari :
  1. Tidur Lebih Awal Di Malam Hari. Bagi sebagian besar dari kita tentu lebih memilih untuk tidak tidur lebih awal. Beberapa alasannya mungkin sedang menonton film atau mengobrol dengan teman/sahabat hingga melewatkan jam tidurnya. Faktanya, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup setelah beraktivitas padat seharian.
  2. Berolahraga Di Pagi Hari. Inilah salah satu kebiasaan tersulit bagi sebagian besar dari kita. Faktanya, banyak sekali manfaat kesehatan yang diperoleh oleh tubuh anda, jika mampu bangun dipagi hari dan berolahraga pagi.
  3. Hobi Berjalan Kaki. Ini juga sulit dilakukan di era sekarang. Hal ini dibutktikan, banyak diantara kita yang lebih memilih mengendarai kendaraan bermotor hanya untuk menjangkau sebuah tempat yang bisa kita jangkau hanya dengan berjalan kaki saja. Faktanya, aktivitas fisik (berjalan kaki) dapat membantu tubuh lebih sehat dan fit sepanjang hari.
  4. Minum Air Putih Cukup Setiap Hari. Banyak diantara kita yang membutuhkan air putih disaat sedang terasa haus saja. Minumlah air putih lima gelas setiap pagi atau delapan gelas setiap harinya (Disesuaikan dengan aktivitas fisik yang anda lakukan).
  5. Makan Buah Setiap Hari. Kebiasaan makan buah, tidak wajib untuk kalangan kaya saja. Ada berbagai jenis buah-buahan yang dapat kita beli sesuai dengan kantong anda. Fakatnya, aneka buah-buahan mengandung berbagai jenis vitamin dan sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
  6. Selalu Melirik Sayuran Hijau. Makanlah makanan yang dicintai dan bergizi untuk tubuh anda. Beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung vitamin dan menyehatkan tubuh anda.
  7. Melengkapi Gizi Dalam Piring Anda. Untuk mencegah agartidak bosan dengan menu yang selalu sama setiap hari, mulailah me-variaskan berbagai jenis makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dalam menu makanan harian anda.
       Demikianlah tips kesehatan yang membahas 7 kebiasaan aneh untuk memulai hidup lebih sehat. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.
 
03 June 2014
Tips Cara Merawat Sepeda
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Sebuah kendaraan yang akhir-akhir ini menjadi eksis karena isu pemanasan global yang semakin parah. Penggunaan sepeda semakin merebak dan menjadi tren diberbagai tempat. Namun tidak termasuk kota saya :(. Disana masih banyak sekali para pengguna sepeda motor, pengendara sepeda hanyalah kaum minoritas. Semoga aja nantinya banyak yang sadar untuk menaiki  sepesa ya. Termasuk admin(lagi nabung dari blog buat beli sepeda :)

Nah, bagi pengendara ataupun bagi siapapun yang memiliki sepeda, saya rasa tips kali ini penting dan sebaiknya dibaca oleh mereka, karena seperti kendaraan lainnya, sepeda juga membutuhkan perawatan agar tetap kuat sehingga tahan lama. Tanpa memperpanjang muqaddimah, langsung saja berikut tips merawat sepeda.
  1. Pertama, jika agan hendak mencuci sepeda agan, Janganlah mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi. Sebenernya nggapapa sih untuk beberapa bagian, tapi hindari BB dan Hubs, juga kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.hindari BB dan Hubs, juga kabel rem dan shifter yang ‘telanjang’.
     
  2. Jangan melumasi menggunakan WD-40 atau sejenis penetran lainnya. Kenapa? Karena penetran tersebut  meluruhkan dan mengencerkan gemuk/grease di sepeda, walhasil benda-benda bergerak tersebut bisa aus karena greasenya hilang.
     
  3. Lumasi secara berkala kabel-kabel rem dan shifter serta rantai. Rantai yang kering selain berisik, juga bisa mengikis gear.
     
  4. Periksa tekanan ban. Nah ini sering dilupakan, ban luar biasanya ada keterangan mengenai tekanan minimum dan maksimum. Tekanan terlalu rendah membuat berat digowes dan ban cenderung lebih mudah kempes tertusuk benda ataupun kempes karena ban dalem terlipat.
     
  5. Periksa kelurusan rim/velg. Rim/velg yang peyang sehingga goyang bisa menghambat putaran roda, terutama yang tidak menggunakan discbrake karena velg/rim tadi menggerus kampas rem.
     
  6. Cek kekencangan baut as roda (quick release bagi yang menggunakan) . Fatal nih bila roda lepas tiba2 ketika jalan!! Coba goyang kiri-kanan roda, kencangkan bila longgar. Oiya roda oblak juga bisa akibat baut pengencang bearing (cup & cone/pelor) longgar.
     
  7. Cek apakah kinerja peranti pemindah gigi (shifter, RD, FD) bagus. Bahaya sih ngga, tapi kalo gigi loncat2 sangat mengganggu tuh.. setel aja, bisa dibawa ke bengkel2 terdekat atau setel sendiri juga bisa.
     
  8. Semua part bergerak di sepeda hampir ada masa pakainya. Jangan ragu untuk mengganti part2 tersebut bila sudah aus atau rusak. Safety first ya.
     
  9. Atur jarak main rem. Terlalu ‘dalam’ bisa2 ngga ngerem kalo ada motor motong jalan, terlalu ‘dangkal’ kampas rem riskan bergesek dengan velg atau rotor (discbrake) dan mudah ngunci bila panic braking. Kalo tuas rem anda memiliki fitur ‘reach adjuster’, atur tuas rem tersebut berada pada buku jari kedua jari pengereman anda. Hal ini mengoptimalkan kekuatan jari ketika mengerem.
     
  10. Karet handle grip sepeda wajib mencengkeram stang anda dengan kuat, jangan sampai ketika gowes karet grip tersebut mudah lepas. Kalo lagi ngerem mendadak karetnya copot bisa2 bibir dower tuh nyium aspal.
     
  11. Posisikan barang bawaan anda (ransel, tas, kresek, dll) dengan baik sehingga ngga mengganggu gerakan tubuh saat menggowes, kalo bisa letakkan di sepeda dan bukan di tubuh. Hal ini sangat berpengaruh terhadap reaksi pesepeda menghadapi medan. Selain juga bikin pegel kalo bawa barang di badan..
     
  12. Atur posisi tinggi sadel dan tinggi handle post (bagi seli) di posisi yang ‘benar’ bukan di posisi yang ‘nyaman’. Lagi2 ini berpengaruh terhadap reaksi pesepeda.
     
  13. Gunakan pakaian yang nyaman ketika bersepeda. Jangan pake scarf atau syal panjang, takutnya nyangkut di jari2 bisa gawat tuh.. Kalau menggunakan celana panjang, pakailah ‘pants clip’ agar celana ngga nyangkut dan kotor kena gigi depan/chainring.
     
  14. Rawatlah sambungan rangka di seli. Bila mungkin bongkar dan berilah gemuk/grease yang baik. Ngga perlu pake grease yang tahan panas sampe sekian ratus derajat, engsel seli ngga akan sepanas itu kok walaupun dijemur matahari sekalipun. Pakai aja grease yang mengandung silikon, atau teflon, atau white lithium grease. Bila ngga mau repot bisa juga semprot menggunakan pelumas cair macam silikon spray. Sebenernya minyak singer bagus juga sih, tapi mudah hitam.
     
  15. Hindari melumasi kabel rem dan shifter dengan oli bekas. Oli bekas mengandung banyak butiran/kotoran yang kecil yang malah bisa menghambat gesekan kabel (seret). Paling mudah murah dan bagus sebenernya gesekkan kabel2 tersebut ke lilin. Dijamin loncer deh, kabel murah+lilin ga kalah loncernya ama kabel bagus semacam XTR sekalipun.
     
  16. Atur ketinggian shifter dan tuas rem, sesuaikan dengan posisi duduk anda. Tuas rem yang terlalu mendongak atau merunduk memperlambat reaksi jari anda meraih tuas rem, mengurangi kekuatan jari mengerem dan juga bikin pegel pergelangan tangan.
     
  17. Periksa secara berkala kekencangan semua baut di sepeda, terutama seli yang sering dilipet-buka.
     
  18. Setelah mencuci sepeda angin-anginkan dan jemur sepedanya agar air yang tersisa mudah menguap, lakukan hal ini terutama di sepeda yang bahannya besi (kromoli, hi-ten, dll) agar menghindari karat. Oiya cek juga lubang pembuangan air yang lazimnya berada di bawah BB, jangan sampe lubang itu tersumbat kotoran.
     
  19. Dalam beberapa kasus, sepeda yang disimpan lama lebih cepat rusak daripada sepeda yang sering dipake. (Brom2 dipake yah om..!!)
     
  20. Kalo mau simpan sepeda lama, usahakan melayang. Loh, melayang gimana?? Maksudnya roda jangan kena lantai secara langsung, frame jangan kena tembok, karet-karet (ban, grip) bungkus supaya ngga digigitin tikus.
 
23 May 2014
Tips Cuci Seragam Sekolah Anak Anda
Mayoritas seragam sekolah anak Anda pasti kemeja putih kan Ladies? Nah, seragam ini biasanya cepat sekali pudar atau kusam karena intensitas pemakaiannya yang sering. Berikut ini ada beberapa tips oke buat bikin seragam anak Anda tetap putih cemerlang lho Ladies. Simak di sini ya...
  1. Coba gunakan deterjen cair. Deterjen cair ini dua kali lebih efektif untuk menghilangkan noda di seragam anak Anda. Deterjen ini juga lebih mudah hilang busanya dibanding deterjen bubuk. Deterjen bubuk ini biasanya akan meninggalkan noda pada seragam kalau tidak dibilas dengan benar-benar bersih. Bukannya membersihkan ini akan membuat baju lebih cepat kusam.
  2. Baju putih lebih baik dicuci sendiri dan dijemur daripada menggunakan mesin cuci dan pengering. Salah metode pencucian juga bisa bikin baju cepet kusam dan rusak lho Ladies. Jangan lupa pisahkan pakaian putih ini dengan pakaian berwarna. Mencampur seragam putih dengan baju warna lain akan membuat baju cepat kusam dan kuning.
  3. Gunakan pemutih atau produk penghilang noda pada bagian dengan noda membandel seperti kerah dan juga lengan. Anda juga bisa pakai pasta gigi untuk menghilangkan noda membandel di kerah atau lengan seragam anak Anda. Selain itu air lemon ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada baju seragam buah hati.

Seragam putih memang butuh usaha atau perawatan lebih dibanding baju berwarna lainnya. Tapi kalau seragam anak Anda bersih dan putih pasti akan menambah percaya dirinya saat di sekolah.

Selamat mencoba...

20 May 2014
Tips Pola Makan Yang Sehat
Kesehatan berpangkal pada kebiasaan makan. Tak percaya? Praktikkan tips berikut, niscaya anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Minumlah air putih 6-8 gelas setiap hari. Teguklah satu atau dua gelas air sebelum makan. Ini akan membantu anda membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Kita sebagai warga negara Indonesia terbiasa makan tiga kali sehari, dengan nasi sebagai “menu wajib,Pola makan tiga kali sehari dengan nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat.Mengapa? Karena suplai karbohidratnya jadi berlebihan. Jika ditilik efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.Pantas banya penderita diabetes di Indonesia :)

Pola makan yang lebih sehat : Lima kali sehari.

• Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.
• 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar
• Makan siang, silahkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Tapi selalu ingat : Berhenti sebelum kenyang!
• Sore hari, ba’da ashar, makan – makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah – buahan bisa jadi pilihan.
• malam, makan lengkap. Usahakan makan malam 3 jam dari waktu tidur anda, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.
Yep, itu pola yang direkomendasikan kawan saya. kalau diperhatikan, sebenarnya ada polanya : Makan setiap 3 jam sekali, karena perut memang merasa lapar setiap 3 jam sekali, namun kadarnya terkait dengan waktu.

Catatan tambahan :
Jika anda hendak memakan buah, makanlah buah sebelum anda memakan makanan lengkap. Orang Indonesia terbiasa memakan buah – buahan setelah makan nasi, dan ternyata pola ini kurang baik. Makan buah dulou baru makan berat. Ketika saya menanyakan hal ini ke ahli kimia makanan, ternyata memang ada alasan ilmiahnya : Buah sebaiknya di makan lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan.
19 May 2014
TIPS MENABUNG CERDAS 1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi.
2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi.
Karena jika Anda terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening Anda tidak banyak.
3. TENTUKAN TANGGAL
Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.
4. BAYARLAH UTANG ANDA
Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.
5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.
6. MOTIVASI DIRI ANDA UNTUK MENCAPAI HASIL YANG BESAR
Tentukan apa yang Anda inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.
Sekian Artikel seputar Tips Menabung Dan Menyimpan Uang Agar Cepat Terkumpul, yang dapat kami sampaikan untuk anda semua, semoga artikel ini bermanfaat dan uang anda terkumpul banyak. baca juga Hal Yang Perlu Di Hindari Dalam Pembentukan Pribadi Anak. Terima kasih sudah berkunjung ke mediaremaja
Page 61 of 66     ‹ First  < 59 60 61 62 63 >  Last ›