Selingan

12 September 2014
Berbelanja di Tanah Suci Sudah menjadi kemestian bagi jamaah haji atau umrah yang berkunjung ke Tanah Suci membeli buah tangan untuk sanak keluarga di kampung halaman.

Namun, tentu saja berbelanja di negeri yang masih asing bagi jamaah, ada beberapa hal yang mesti diketahui.

Mata uang rupiah diakui oleh mereka. Jadi tak perlu bingung saat kehabisan uang riyal. Bayar saja menggunakan rupiah, karena hampir semua toko menerimanya. Bahkan, tidak hanya toko karena pengemis pun juga menerima.

Hampir semua pedagang memahami dan bisa menggunakan bahasa Indonesia. “Mari masuk… Coba dulu… Sepuluh riyal.. Dua puluh riyal.” Pokoknya bahasa dagang, dari mulai harga sampai kalimat rayuan.

Selain itu, mereka juga punya nama poluler bagi jamaah haji dari Indonesia. Misalkan yang paling banyak dipakai, sebutan Ridwan untuk lelaki, sedangkan untuk wanita biasanya adalah Siti Rahmah.

Jadi, jangan kaget kalau selama di Arab ada yang memanggil dengan nama baru.  Namun penggunaan panggilan ‘Siti Rahmah’ biasanya berkonotasi negatif. Sebaiknya jamaah haji ibu-ibu jangan mau dipanggil dengan panggilan ‘Siti Rahmah’.

Saat menukar uang banyak, kita dapati lembaran uang yang sudah lusuh. Tak perlu khawatir, karena selusuh apa pun lembaran uang kertas kita, tetap berlaku untuk belanja dan ditukar kembali.

Bila di Tanah Air, kondisi dolar harus sempurna, licin dan tanpa lipatan. Steril pokoknya, tak boleh ada cacat sedikit pun. Hal ini tentu membuat kita jadi begitu berhati-hati saat membawa dolar. Sementara di negeri Arab tak perlu repot membawa dolar untuk dihargai. Rupiah saja sudah bisa diandalkan untuk bertransaksi jual beli.

Kemudian, wajib menawar. Karena sebagian besar barang-barang yang dijual selalu bisa ditawar. Tapi kalau pedagangnya ngotot tidak bisa kurang, ya jangan dipaksa! Kita bisa mencari tempat lain, yang nyatanya setiap toko mempunyai harga yang beraneka ragam. Jika memang ternyata bisa kurang, kita pasti diminta untuk kembali ke tokonya.

Makanan Indonesia yang melimpah. Bila dulu melihat ada yang menjual bakso atau soto menjadi suatu hal yang langka, maka sekarang tidak lagi. Cobalah melangkah ke food court yang berada di dekat Masjid Nabawi. Banyak kedai makanan yang sebenarnya menjual makanan Arab seperti nasi mandi, kebab atau lainnya ternyata juga menjual menu Indonesia di dalamnya.

Bakso dan nasi campur adalah menu yang paling banyak dijual. Harga sekitar 5-12 riyal untuk baksonya. Jadi, sekarang tidak perlu khawatir bila kurang cocok dengan bumbu Arab, karena kini sudah tidak sulit lagi untuk menemukan semangkuk bakso, sate dan kuliner Nusantara lainnya.

Bagi yang suka wisata kuliner, jangan lewatkan kebab. Rasanya berbeda dengan kebab yang dijual di Jakarta. Isinya daging ayam atau kambing, ada juga potongan sayur dan kentang di dalamnya. Rata-rata harganya sekitar 4 riyal. Jika ingin yang lebih mengenyangkan coba saja beli nasi biryani dengan potongan daging bercampur di nasinya. Harga sekitar 12 riyal, sudah termasuk dengan air mineral.

Sebagaimana di negeri kita dan tempat-tempat lain, harga kaki lima pasti lebih murah dibanding di toko. Di Madinah, banyak pedagang kaki lima yang berjualan di dekat pelataran masjid. Walau memang berbeda kualitas, tapi perbedaan harga cukup jauh dibanding dengan toko.


REPUBLIKA.CO.ID
09 September 2014
Terancam Kebotakan? Hindari Ini...
Selama ini, rambut rontok selalu dikaitkan dengan faktor usia. Namun, baru-baru ini, sebuah survei menemukan fakta bahwa wanita berusia 20 tahunan yang aktif bekerja juga rentan mengalami rambut rontok.
 
Sepertiga wanita yang disurvei mengatakan, mereka mengalami kerontokan rambut. Dan, hampir tiga perempatnya mengatakan jika tekanan hidup dan stres dalam kerja, menjadi penyebab rontoknya rambut mereka.
 
Adam Reed, seorang pakar rambut menyatakan,"Penelitian ini menunjukkan jika stres adalah faktor terbesar yang menyebabkan kerontokan rambut. Cukup mengejutkan betapa kesadaran akan masalah ini masih sedikit," ungkapnya seperti dikutip dari Telegraph.
 
Reed menambahkan,"Begitu rambut Anda rontok, Anda harus mengubah gaya hidup dan hal-hal yang membuat Anda bisa stres. Selalu berpikir dan bersikap positif akan membantu ada mengurangi stres dan rambut rontok," kata Reed.
 
Menurut penelitian, masalah kerontokan rambut menjadi salah satu faktor penuaan setelah "tubuh yang kendur" dan keriput. Banyak wanita yang menggunakan beragam cara untuk mengatasi dan menghilangkan masalah kerontokan rambut mereka. Ada yang memakai wig dan ada juga yang menggunakan produk dari penata rambut terkenal untuk mengatasi kerontokan. 
 
Survei lainnya yang dilakukan oleh L'Oreal Proffessional terhadap 2.000 orang dewasa di Inggris, menemukan fakta jika para wanita sebenarnya tidak tahu apa yang memicu rontoknya rambut mereka.
 
Sepersepuluh orang di antaranya, tidak tahu apa penyebab kerontokan dan hanya setengah dari wanita yang menyadari perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan, bisa memicu kerontokan rambut. (asp)


Finalia Kodrati, Rezki Apriliya Iskandar
VIVAlife
08 September 2014
Agar Kembali Semangat Kerja, Segera Tangkis Rasa malas kembali kerja usai liburan, itu sudah umum dirasakan banyak sebagian besar karyawan. Bagi Anda yang hari ini sudah mengawali aktivitas profesional, tentu merasakan rasa malas kerja.

"Kondisi ini benar-benar normal kalau Anda merasa stres, depresi dan kewalahan ketika harus kembali bekerja," kata Ahli Psikologi Kerja, Mary Casey. Agar tidak berlarut-larut, bagaimanakah cara terbaik untuk menghadapi holiday hangover supaya segera semangat?

1. Hadapi kenyataan
Tak ada gunanya meratapi dan mengeluh mengenai banyaknya pekerjaan. Mau tak mau, Anda harus menghadapinya. Ingat, bukan Anda saja yang mengalami sindrom lemah letih lesu pascaliburan. Bos, klien, rekan kerja dan lainnya juga merasakannya. Jadi, supaya tidak terlalu berlarut-larut, jadwalkan prioritas kerja, mulai dari yang paling mudah hingga tersuli. Cara ini berguna untuk melalui hari pertama agar senantiasa produktif.

2. Mengakali “serangan” surel
Serbuan surel yang masuk, bisa menjadi kejutan tersendiri bagi karyawan yang baru saja masuk kerja usai liburan. Supaya tidak terserang sakit kepala dadakan, aturlah semua surel yang masuk berdasarkan kebutuhan. Para ahli merekomendasikan langkah praktis dengan memindahkan seluruh surel ke sebuah folder baru. Tujuannya, untuk menandakan mana surel yang mendesak dan yang tidak.

3. Buat perencanaan bekerja
Seorang karyawan yang baik, pasti  memiliki rencana kerja jangka pendek dan panjang. Dengan pengaturan yang demikian, Anda tinggal membaca kembali seluruh laporan dan perkembangan yang telah terlaksana. Langkah ini tepat untuk mengingatkan dan mengembalikan konsentrasi Anda pada tujuan kerja.

4. Makan sehat
Cepat atau lambat, Anda akan kembali tenggelam dalam rutinitas pekerjaan, supaya tubuh tetap kuat dan sehat, mulailah hari Anda dengan sarapan makanan bergizi baik.

"Makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat mengontrol tingkat energi kita, suasana hati akan merasakan kesehatan dan kesejahteraan," kata Caitlin Reid, Penulis buku Health and the City.

Reid mengatakan, banyak penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara makanan dan proses kimia dalam otak. Penelitian tersebut menjabarkan bahwa makanan sehat membuat perasaan seseorang jadi lebih nyaman dalam melakukan aktivitasnya.

5. Olahraga
Olahraga tak cuma membuat tubuh jadi sehat. Namun, olahraga juga membuat Anda jadi lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas. The National Physical Activity Guidelines for Australians merekomendasikan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit beberapa kali dalam seminggu di pagi hari.

Penelitian lain menunjukkan terlalu banyak duduk dalam jangka waktu lama, dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan meningkatkan beragam penyakit. Oleh karenanya, olahraga ringan bisa membantu bakar kalori dan juga mencegah penyakit.

6. Tidur cukup
Saat liburan mungkin tak masalah kalau Anda tidur larut dan bangun siang. Namun, saat sudah rutin kembali ke kantor, Anda tentunya tak bisa lagi melakukan hal ini. Segera kembalikan waktu tidur Anda ke jadwal semula.

The Sleep Health Foundation menemukan fakta bahwa ternyata kurang tidur bisa berdampak besar pada suasana hati seseorang, konsentrasi, memori, dan kualitas hidup seseorang.

7. "Melarikan diri"
Karena pikiran masih “tertinggal” di tempat liburan, Anda  merasa belum mood untuk bekerja. Tak perlu memaksakan diri, bekerjalah semampunya, tapi dengan hasil maksimal. Hibur diri dengan cara melarikan diri sejenak saat jam istirahat, dengan memanjakan mata dan pikiran melihat-lihat situs liburan favorit, foto-foto selama liburan, mencari-cari tiket promo untuk liburan selanjutnya. Pasti menyenangkan.

8. Bercanda dengan rekan kerja
Satu hal yang paling menyenangkan saat kembali ke kantor adalah bisa bertemu dengan rekan kerja. Sempatkan diri untuk bertegur sapa dengan mereka, silahturahmi dan juga ngobrol seputar momen liburan mereka.

Bertegur sapa dengan rekan kerja bisa membuat perasaan Anda di kantor jadi lebih menyenangkan dan santai. Ini akan membuat semangat kerja pun perlahan-lahan muncul.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Syafrina Syaaf
KOMPAS.com
07 September 2014
Begini Cara Tepat Atasi Kondisi Mobil Mogok di Jalan Tol

Mogok menjadi momok tak terelakkan semua pengendara mobil. Apalagi, untuk pengemudi awam yang tidak mengerti soal teknis, kondisi ini menyebabkan panik berlebih. Semakin parah jika mobil bermasalah di jalan tol. Apa yang harus diperbuat?

Alex Robbins, advisor otomotif di Telegraph Cars memberikan beberapa poin masukan, dikumpulkan dari pengalaman banyak orang di Inggris. Berikut langkah demi langkah yang harus dilakukan saat tiba-tiba bermasalah di jalan bebas hambatan:

1. Pinggirkan dengan aman. Saat menyadari ada yang tak beres pada mobil, jangan gegabah dan langsung menginjak rem serta berhenti mendadak. Jika mesin mati, netralkan gigi, lalu manfaatkan momentum laju untuk meminggirkan mobil. Jangan lupa beri tanda (lampu sein). Coba pepetkan mobil di pagar pembatas, atau bahu jalan.

2. Pastikan keberadaan mobil terlihat jelas. Menyalakan lampu hazard adalah hal wajib untuk memberi tanda. Jika malam, tak cukup dengan hazard, nyalakan juga lampu rem. Pengemudi di yang akan melintas dari belakang akan segera paham untuk menjauh dari mobil Anda. Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman agak jauh dari posisi mobil berhenti.

3. Keberadaan Anda juga harus terlihat. Di beberapa negara Eropa, membawa rompi atau jaket yang bisa memantulkan cahaya adalah hal yang legal. Membuat Anda terlihat di malam hari saat mogok, dan tentunya akan menjaga keselamatan, terutama saat menunggu bantuan datang.
 

4. Evakuasi! Penting untuk segera menurunkan semua penumpang atau barang berharga. Jika sewaktu-waktu mobil tertabrak dari belakang, semua penumpang akan terhindar dari celaka. Pilih lokasi aman dan tetap terlihat. Saat menunggu bantuan, ada baiknya menjauhi mobil. Jika ada pembatas jalan, ada baiknya berlindung di baliknya. Jangan mencoba untuk balik lagi ke mobil meski sedan dingin atau hujan sekali pun.

5. Jangan buang waktu memperbaiki. Meski Anda tahu permasalahannya, jangan menghabiskan waktu di pinggir jalan tol yang berbahaya itu untuk memberbaiki. Anda tidak aman, bahkan hanya untuk sekadar ganti ban.

6. Telepon. Paling benar adalah segera menelepon untuk meminta bantuan dan membawa mobil ke tempat yang lebih aman atau lapang. Pastikan selalu ada ponsel saat berkendara jarak jauh atau ponsel tidak low batt.

7. Berjalan dengan aman. Jika mobil sudah menyala atau akan diderek meninggalkan tempat, pastikan berjalan pelan dengan aman ke lajur lambat.
 

Penulis: Donny Apriliananda
Editor : Aris F. Harvenda
KompasOtomotif
06 September 2014
7 Alasan Tetap Bersikap Baik Pada Orang yang Telah Menyakiti Anda

Ketika seseorang menyakiti Anda, sulit menemukan alasan bisa ramah kembali dengan mereka. Kadang-kadang, orang yang sudah merasa tersakiti akan mencoba membalasnya dengan menyakiti juga, tapi itu adalah kesalahan besar.

Menjadi kasar atau pedendam akan membuat Anda terlihat lebih buruk. Tidak peduli betapa menyakitkan situasi Anda, penting untuk tetap bersikap baik pada orang lain. Berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda harus tetap baik pada orang yang sudah menyakiti Anda, dilansir dari Womanitely, Jumat (29/8).
 

1. Ini menunjukkan betapa baiknya Anda
Meski Anda tidak perlu membuktikan apapun kepada siapapun, ramah pada orang yang telah menyakiti Anda akan membuktikan seberapa cantik dan cerdas Anda. Banyak dari kita yang tak bisa menemukan kata-kata yang tepat untuk mengatakan hal-hal baik pada mereka yang sudah menyakiti kita. Cobalah untuk lebih ramah terhadap orang di sekitar Anda, bahkan jika mereka menyakiti Anda berkali-kali. Ini untuk mengilhami mereka bersikap yang sama.
 

2. Melembutkan sikap Anda terhadap mereka
Alasan lain untuk lebih ramah terhadap orang yang sudah menyakiti Anda adalah untuk melunakkan sikap Anda terhadap mereka. Tentu, Anda bisa saja membalas mereka tanpa ampun, tapi itu hanya memperburuk situasi.

Ramahlah terhadap mereka dan ini adalah cara cerdas menanggapi mereka. Dengan cara ini, Anda akan merasakan benci di hati berkurang sedikit demi sedikit.
 

3. Anda tidak akan merasa sengsara dan bersalah
Jika Anda baik pada orang-orang yang telah menyakiti Anda, Anda tidak akan merasa sedikitpun bersalah pada mereka. Jika kasar, maka itu membuat Anda down untuk dua hal. Pertama, Anda akan sengsara karena mungkin memang mereka telah menyakiti Anda, tapi Anda sayangnya membalas mereka. Kedua, cara terbaik untuk menanggapi kekejaman seseorang adalah tersenyun dan bersikap baik pada mereka yang telah menyakiti Anda.
 

4. Anda akan merasakan kebaikan diri sendiri
Saat Anda ramah terhadap seseorang yang telah menyakiti Anda, Anda akan merasa diri Anda lebih baik ketimbang orang itu. Kasar tidak akan membuat Anda merasa lebih baik. Selalu beri contoh baik pada orang lain dengan ramah maka orang lain akan menghargai Anda.


5. Anda akan membunuh kejahatan mereka dengan kebaikan
Ide terbaik untuk menaklukkan orang yang jahat pada Anda adalah membalas mereka dengan kebaikan. Mungkin saja kebaikan akan membuat mereka mengakui kesalahan mereka dan meminta maaf. Bahkan, jika mereka tetap tak mengakui kesalahan mereka, kebaikan Anda akan membuat mereka gila dan meninggalkan Anda. Hindari berkomunikasi dengan mereka, namun tetap bersikap baik jika terjadi interaksi.
 

6. Mengubah perilaku kasar mereka terhadap Anda
Menjadi ramah terhadap orang-orang yang telah menyakiti Anda bisa mengubah perilaku kasar mereka terhadap Anda. Kebaikan Anda mungkin tak serta merta membuat mereka menjadi baik. Sebab, sulit untuk mengubah perilaku seseorang, tetapi setidaknya Anda sudah mencobanya.
 

7. Orang lain akan memuji Anda
Ketika seseorang mnyakiti Anda di depan umum, maka bersikap baik pada mereka. Mereka pasti akan melihat ciri kepribadian ini dan akan menghormati Anda, bahkan lebih dari sebelumnya. Betul kata Kahlil Gibran bahwa,
 

"Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda dari kelemahan dan keputusasaan, melainkan manifestasi dari kekuatan dan resolusi kehidupan."


REPUBLIKA.CO.ID

05 September 2014
6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ponsel  Saat ini ponsel menjadi perangkat yang wajib dimiliki setiap orang. Namun masih ada pengguna yang hanya ingin menggunakan ponsel mereka tanpa mau merawatnya. Padahal, jika salah satu komponennya rusak, kinerja ponsel akan menurun.

Jika ingin memanfaatkan kegunaan ponsel secara maksimal, sebaiknya perlakukan perangkat itu dengan baik. Jika ponsel rusak, Anda juga yang akan kerepotan. Berikut langkah umum untuk menjaga ponsel Anda:

1. Tak pernah dimatikan.
Memang sepertinya jarang sekali seseorang mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal dengan mematikan ponsel secara teratur dapat menjaga ketahanan baterai. Sama seperti manusia, ponsel pun membutuhkan waktu istirahat agar ketahanan komponen di dalamnya terjaga.

2. Membiarkan Wi-Fi dan Bluetooth menyala.
Jika Wi-Fi dan Bluetooth dalam keadaan menyala, ponsel akan terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Hal ini akan menguras baterai lebih banyak. Jangan pernah lupa mematikan keduanya jika sudah tidak dipakai, terutama saat dalam perjalanan. Dengan begitu, baterai ponsel pun akan lebih awet.

3. Digunakan dalam suhu ekstrem.
Normalnya, ponsel digunakan dalam suhu ruangan, 16 hingga 30 derajat Celsius. Jangan pernah menggunakan ponsel dengan suhu ruangan di bawah 0 derajat atau di atas 35 derajat Celsius. Juga jangan biarkan ponsel terpapar sinar matahari secara langsung untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin.

4. Dibiarkan mengisi daya semalaman.
Ini merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan. Alasannya: agar baterai tetap penuh ketika akan dipakai keesokan harinya. Padahal, jika dibiarkan semalaman terisi daya, baterai ponsel malah akan bocor dan rusak.

5. Menggunakan pengisi daya tidak resmi.
Pengisi daya resmi memang mahal, tapi bukan Anda bisa aman-aman saja menggunakan merek lainnya. Menggunakan pengisi daya yang tidak resmi dapat dapat merusak ponsel. Meskipun ukuran port-nya sama, voltase yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda-beda. Jika terus digunakan akan memunculkan kerusakan dan mungkin saja baterai bisa terbakar.

6. Tidak dibersihkan.
Ponsel adalah sarang kuman. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Bersihkan ponsel secara rutin dengan kain yang lembut. Bila perlu, gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel Anda.

TEMPO.CO
RINDU P HESTYA | NEWS.COM.AU
04 September 2014
Ingin Buka Lapak Lewat Online Shopping? Coba Trik ATM

Tak ingin bekerja dengan orang lain dan menjadi entrepreneur? Jika ya, mulailah dari sekarang. Terlebih jika kita ingin menggeluti dunia e-commerce khususnya online shop.

Pasalnya dunia e-commerce sangat menjanjikan ke depannya. Internet tersedia dengan mudah dan kenyamanan berbelanja online dapat dilakukan di mana saja. Berikut ini beberapa tips dari entrepreneur yang dapat kita jadikan pertimbangan.

* Dimulai dengan hobi
Jika kita ingin menjajal peruntungan dengan menjadi entrepreneur, tetapi bingung menjalani usaha yang cocok, sebaiknya dimulai dari hobi atau kegemaran kita.

"Selalu dimulai dengan apa yang Anda suka dan apa yang Anda mahir. Kenapa? Karena banyak orang yang suka aja, tapi nggak mahir. Akhirnya minta orang lain untuk mengerjakan usahanya, dan yang terjadi Anda bergantung dengan orang lain. Kalau orang lainnya keluar bagaimana?" ujar Riana Bismarak, Founder BelowCepek.

* Riset dan konsep yang menarik
Online shop saat ini sudah banyak. Jika kita ingin berjualan melalui toko online, ada baiknya kita riset terlebih dahulu. Apa yang digemari oleh customer dan konsep apa yang harus kita usung.

Dalam dunia bisnis terkenal dengan istilah ATM atau Amati Tiru dan Modifikasi. Karena sudah banyak orang yang berbisnis, barangnya pun sama, jika tak ingin menjadi orang yang "sama", kita harus memodifikasi cara berjualan kita.

"Kalau di online shop kan service tidak terlihat di awal. Tapi yang harus kita lakukan adalah bagaimana caranya orang-orang bisa meng-klik situs kita. Kadang orang bikin nama online shop itu fancy. Jadi secara branding susah," lanjut Riana yang membuat nama toko online dengan BelowCepek, logonya mannequin perempuan, dan taglinenya pun "smart shopper". Sehingga masyarakat mengetahui bahwa BelowCepek adalah online shop.

Selain riset pasar dan konsep yang kuat, tak ada salahnya jika kita mengikuti seminar dan workshop seputar entrepreneur dan e-commerce. Karena informasi dalam kegiatan tersebut dapat membantu mengembangkan bisnis dan tak tergantung dengan orang lain. Jika ingin mengambil sertifikasi juga tak ada salahnya.

"Setahun sebelum saya membuat online shop, saya ikut seminar, workshop, dan sertifikasi tentang e-commerce," tutur Riana yang berhasil mendapatkan Top 50 UKM dari Marketeers.

* Manfaatkan Social Media
Memanfaatkan situs jejaring sosial adalah salah satu langkah yang dapat kita ambil dalam memerkenalkan usaha kita. Namun jangan langsung berjualan dan hanya memromosikan jualan saja. Kita harus memiliki topik atau tema menarik yang menyasar market.

"I think kalau di social media yang penting bukan jualannya, tapi engagement-nya dulu. Contohnya, gimana caranya fans-fansnya bisa tertarik mengecek timeline kita. Kita harus bisa mem-posting something yang menarik dan helpful. Kalau sudah bisa menyenangkan customer, kita bisa menarik orang untuk bertanya, baru bisa jualan," ujar Hadi Wena, Co-Founder Zalora Indonesia.

Menurut Hadi, hal di atas tidak bisa di balik. Buka lapak terlebih dahulu, lalu mengajak customer ngobrol. Hal ini terkesan transaksional. Selain itu, kita harus menjawab semua pertanyaan kecil, besar, masuk akal, dan tidak masuk akal sekalipun, karena semua orang adalah customer. Jangan lupa juga manfaatkan moment ketika akan mengajak customer interaksi.

Begitu pula dengan Riana. Ketika ia menggunakan social media, ia tak hanya berjualan atau menawarkan program diskon. Tetapi ia memberikan tips dalam berbusana, berbicara tentang kesehatan, sampai mengadakan kuis.

* Fokus terhadap satu social media
Jika kita ingin memaksimalkan social media, kita sah-sah saja menggunakan semua social media. Tetapi itu tergantung tim yang kita miliki. Jika ada beberapa orang yang di-plot untuk memegang social media tidak masalah. Tetapi kalau cuma satu orang saja yakinkah dia bisa melayani customer di semua social media tersebut. Baik melayani tanya jawab maupun order barang.

"Sebaiknya fokus dulu apa yang menjadi prioritas. Soalnya kalau semua jadinya nggak fokus. Kalau nggak fokus, ada pertanyaan di Facebook jawabnya dua hari kemudian, ya udah ketelatan lah itu, kan orang yang punya Facebook updated terus. Jika Facebook udah fokus, mau ke Twitter boleh," kata Hadi.

* Pasang produk menarik dan peraturan belanja yang jelas
Saat kita posting sesuatu yang mengajak customer berinteraksi, setelah itu kita dapat posting produk kita dan jangan lupa manfaatkan momen. Misalnya mendekati Imlek, tawarkan produk yang bernuansa merah atau yang terkait dengan Imlek.

"Sebutkan term and condition pembelian harus jelas. Sekarang masyarakat udah ngerti kok tentang online shopping, jadi jangan bohong atau curang. Kalau kita ada fasilitas pengembalian barang ketika barang yang dipesan tidak sesuai, sebaiknya tulis term-nya seperti apa, mengirimnya tak lebih dari berapa hari, tetapi kalau tidak ditulis, customer akan bertanya dan kita harus menjawab satu-satu," sambung Hadi.

* Mendapat dana dari investor
Meskipun bisnis kita terbilang baru atau start up, namun tak menutup kemungkinan usaha kita mendapatkan suntikan dana dari investor. Menurut Hadi, investor yang akan menanamkan modalnya ke usaha kita biasanya melihat konsep, bagaimana cara meraih untung, dan pertumbuhan laba yang dicapai.

"Kalau growth naik turun atau tahun pertama sudah mendatar itu susah dapat duit dari investor. Karena investor kita ada beberapa, jadi kita makin lebih kerja keras lagi. Investor suka kalau growth-nya konsisten," jelas Hadi.

* Tim solid
"If you have a good team, it means you have a good asset, then kalau tim kuat, konsep kuat, perusahaan akan maju," terang Hadi.

Mengatur tim dalam pekerjaan tidak lah mudah. Karena harus menyatukan visi dan misi sama, agar perusahaan maju. Baik tim kecil maupun besar harus menjalin komunikasi yang baik. Terlebih jika menyangkut hasil akhir.

"Misalnya penjualan jelek, tim marketing bilang "barangnya jelek-jelek sih" atau "lo nggak bisa jualan", menyalahin customer "lo ngirimnya lama, bikin customer nggak happy", ini kan berarti menyalahkan orang lain. Kondisi itu nggak bisa jalan. Apalagi di bulan-bulan pertama, everyone strugles," papar Hadi.

* Tokoh favorit
Jika kita memiliki role model atau tokoh favorit, ambil kisah suksenya. Karena kisah sukses mereka dapat menginspirasi kita dalam menjalankan usaha. Tokoh favorit ini dapat memacu kita dalam berkarya.

"Saya terinspirasi Victoria Secret. Dia di Amerika kan sukses sekali. Amerika kan kayak Indonesia, negaranya besar dan luas, kota besarnya NY, DC, tapi kota kecil-kecilnya banyak sekali. Victoria Secret aja sukses di Amerika, harusnya Indonesia bisa seperti ini. Saya memang nggak jualan lingerie, tapi konsepnya bagus," pungkas Riana.


Agustina N.R  - TRIBUNNEWS.COM

03 September 2014
Menggunakan Keyboard Komputer Pada Tab atau Smartphone Android Keyboard USB yang biasa dipakai untuk komputer (PC) dapat juga digunakan pada perangkat Android baik itu komputer tablet(tab) atau smartphone.

Memang dengan menambahkan keyboard komputer di perangkat Android menjadi tidak praktis, ribet, dan tidak bagus dilihatnya, tetapi untuk kepentingan atau saat tertentu, misalnya anda harus menulis dengan banyak karakter, membuat laporan, posting blog dan lain-lain, anda dapat merubah smartphone atau tab menjadi seperti komputer atau laptop yang diletakkan di atas meja dan anda duduk di depannya menulis menggunakan keyboard komputer.

Agar dapat menggunakan keyboard USB pada smartphone atau komputer tablet syaratnya adalah perangkatnya harus support USB OTG (On-The-Go), umumnya smartphone saat ini sudah support USB OTG, untuk pastinya anda dapat melihat spesifikasi lengkap dari device Android yang anda miliki.

Anda juga dapat menginstal aplikasi USB OTG Checker pada perangkat Android anda untuk mengetahui apakah support USB OTG atau tidak, masuk ke Play Store cari aplikasinya menggunakan kata kunci usb otg checker.

Kalau perangkat Android yang anda miliki sudah support USB OTG maka agar keyboard dapat terhubung ke smartphone atau tab, maka harus ada kabel OTGnya, biasanya mini OTG, atau micro OTG.

Sekarang pasang/sambungkan kabel USB OTG ke tab atau smartphone, dan sambungkan pula konektor keyboard ke konektor kabel USB OTG.
01 September 2014
6 (enam) Gaya Hidup Sehat yang Salah Kita semua mencoba membiasakan makan dan olah raga yang baik guna menjaga kesehatan tubuh, apakah itu diet rendah lemak atau ke gym. Faktanya adalah ada beberapa gaya hidup yang mungkin Anda anggap benar padahal sebetulnya salah dan tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Bagaimana kita bisa tahu? Menurut ahli kesehatan yang menerapkan metode sehat 12 pekan 'A Season of Change,' ada setidaknya enam kebiasaan yang kita pikir baik, padahal salah. Berikut adalah rinciannya dan tips untuk meluruskan kesalahan tersebut, dilansir dari Spot Mode, Senin (1/9).

1. Diet rendah lemak

Makanan bebas lemak atau rendah lemak tidak selalu baik untuk Anda. Produk-produk ini sarat dengan gula tersembunyi dan bahan kimia yang jika dicerna cepat justru menyebabkan penyakit gula. Anda akan lapar lagi sebelum tahu tentang itu.

Daripada memilih untuk makanan makanan rendah lemak, lebih baik menjaga nutrisi Anda, sebab makanan penuh nutrisi berarti membuat Anda lebih sedikit mengemil dan mengenyangkan lebih lama.

2. Puasa kopi

Kalori cair adalah hal yang sangat nyata. Jangan lupa untuk menghitung bahwa kopi, susu dan teh manis masuk dalam asupan makanan sehat sehari-hari. Namun hindari mengonsumsinya terlalu sering. Batasi konsumsi kopi Anda, namun bukan bearti menghilangkannya.

3. Kerja terus tanpa henti

Kerja keras itu baik, namun bekerja terlalu keras itu salah. Anda harus menghormati hari libur dan istirahat Anda. Salah seorang ahli kebugaran, Anna Bramley mengatakan bahwa Anda harus membiasakan berolah raga. Variasikan olah raga Anda, bukan hanya di gym,  tapi juga bisa melakukan hiking, mendaki gunung, atau maraton sehingga lebih efektif menjaga tubuh Anda.

4. Jangan cuma niat sehat, tapi aplikasikan

Niat besar terkadang tidak disertai dengan aplikasinya dalam kehidupan nyata. Memang, niat sehat itu baik dan semua orang pasti memilikinya. Singkirkan godaan-godaan makanan yang kelihatannya enak, padahal sesungguhnya tidak sehat. Mabuk-mabukan dan konsumsi alkohol juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

5. Jangan terlalu mengandalkan gym

Beberapa orang suka berolah raga, bahkan sangat menyukainya. Itu memang mengagumkan, namun Anda harus tahu bahwa ke gym setiap hari, termasuk Sabtu dan Ahad itu juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Mantan atlet, Lukas Sniweski mengatakan, bahkan atlet Olimpiade sekalipun pasti ada menjadwalkan libur dalam sepekan. Itu memungkinkan tubuhnya untuk memulihkan diri. Sniweski menyarankan Anda untuk mengambil hari istirahat bergantung pada tingkat kebugaran Anda.

6. Makanan sehat tidak selalu sehat

Kontrol porsi Anda. Ya, makanan yang mungkin sangat sehat, jika dikonsumsi terlalu banyak juga akan mendatangkan akibat buruk. Foku spada nilai gizi dan porsi untuk menjaga kesehatan Anda. Makan makanan sehat terlalu banyak tidak akan pernah memberikan manfaat yang diinginkan. (Mutia Ramadhani)

REPUBLIKA.CO.ID,

31 August 2014
Memunculkan Ide Kreatif

Ide memang bisa muncul dari mana saja. Namun, ada kalanya Anda merasa buntu. Padahal, pekerjaan menuntut munculnya ide-ide cemerlang dan orisinal. Apa yang harus dilakukan?

Jangan paksakan otak untuk terus berpikir. Lebih baik tarik napas dan bersantai sejenak. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah yang dilansir laman Huffington Post ini untuk mendapatkan ide kreatif.

Berdiam diri

Di dalam rapat, coba tahan diri. Jangan katakan apapun sampai punya sesuatu yang harus dikatakan. Pantau kondisi, perhatikan bagaimana orang-orang bereaksi terhadap ide-ide lain yang diajukan.

Dengan memetakan keadaan, saat melontarkan ide, Anda sudah paham betul iklim dalam ruangan.

Mendengarkan

Mendengar ide orang lain bisa berguna untuk Anda. Yang terpenting, simak kalimat terakhir yang dikatakan. Sebab, di situlah simpulan dan penekanannya. Dari situ mungkin Anda punya jawabannya.

Jangan ragukan ide

Yakinlah bahwa ide yang Anda lontarkan sangat berharga. Baik besar maupun kecil, tetap layak mendapat perhatian peserta rapat. Seringkali hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah ide baik.

Menyenangkan diri

James L. Brooks, pecipta kartun The Simpsons percaya, kreativitas adalah tentang menyenangkan diri sendiri, bukan orang lain. Jadi, jangan sekali-kali melontarkan ide yang ingin didengar peserta rapat.

Itu hanya akan membatasi ide. Kembangkan pikiran Anda secara liar, sampai menemukan yang berbeda.

Semua ide bagus

Ada baiknya menganggap semua ide yang ada bagus. Sebab, semua ide memiliki kesempatan yang sama. Bisa jadi ide yang Anda anggap buruk ternyata brilian di mata orang lain. Kuncinya: lontarkan saja.(ms)

Rizky Sekar Afrisia, Riska Herliafifah
VIVAlife

Page 61 of 68     ‹ First  < 59 60 61 62 63 >  Last ›