Selingan

01 March 2014
Tips Merawat Bunga di Rumah
  1. Cara menanam bungga di lahan terbuka dan dalam pot tidak jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah untuk penanaman dalam pot, dasar pot perlu dimasukkan pecahan batu bata atau genteng merah, atau ijuk sebagai pengikat air dan memberikan rongga udara bagi pernapasan akar.
  2. Dengan pemilihan media tanam yang baik, lalu gali lubang pada media tanam dan masukkan tanaman serta padatkan batang dengan tanah di sekelilingnya. Untuk media pot, usahakan agar tanah tidak sampai pada bibir pot, atau sisakan 2 cm.
  3. Lakukan penyiraman yang baik yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman lebih baik menggunakan semprotan sehingga tanaman dapat tersiram secara merata. Yang disiram adalah akar atau media tanam, dan jangan terkena daun dan bunga agar tidak mudah layu.
  4. Pastikan tanaman bunga mendapat cahaya matahari yang cukup, dan bagi bunga dalam pot dalam ruangan sebaiknya dikeluarkan selama 2-3 jam untuk menyerap sinar matahari dan kemudian masukkan kembali.
  5. Agar tidak mudah layu, tanaman bunga juga perlu diberi semprotan pestisida atau suntikan anti hama sehingga tidak diganggu hama atau lainnya.
  6. Lakukan pemangkasan menggunakan gunting pada daun tua dan batang kering agar tanaman dapat terus tumbuh subur.
  7. Jika anda ingin memetik bunga, maka gunakan gunting sehingga bunga tidak mudah layu.
26 February 2014
Tips Mencuci Motor Sendiri
  1. Siram dahulu motor anda dengan air melalui selang atau mesin steam bertekan tinggi. Hindari menyemprot secara langsung dan terus menerus bagian jok karena mengantisipasi bagian lapisan jok yang berlubang di sela2 jahitan akan masuk ke busa jok dan akan membuat panas dan busa cepat tipis, dan hindari juga menyemprot secara langsung dan terus menerus bagian mesin dan bagian kabel2 yang terlihat
  2. Siramlah secara merata, jangan lupakan bagian dalam spakbor semprot terlebih dahulu disitulah banyak kotoran mengerak yang nanti akan mengganggu anda mencuci roda
  3. Bersihkan bagian roda terlebih dahulu gunakan sikat kasar untuk menyikat bagian ban. dan jangan sikat bagian velg dengan sikat kasar karena akan meninggalkan bekas goresan2 halus gunakan sikat gigi untuk menjangkau velg model jari2 jari-jari,
  4. Sabunkan bagian motor dengan kaos / busa / spoon lenbut ke seluruh body menggunakan shampo motor.  jangan gunakan sabun colek / detergen.  karena mengandung soda api yang bisa merusak cat jika dipergunakan terus menerus.
  5. Kemudian bilas dengan air secara merata dan jangan sampai tertinggak bagian-bagian sela-sela motor, jangan sampai sisa sabun teringgal di sela2 bagian motor anda karena bisa menyebkan flek dan jamur..
  6. Segera keringkan dengan lap chamois yang menyerap air terakhir semir ban motor agar mengkilap dan tahan lama..selamat mencuci..
25 February 2014
Tips Merawat Rambut Agar Tetap Bersinar dan Indah Berikut tip yang perlu diperhatikan untuk menjaga kilau rambut Anda:
  1. Trim atau rapikan rambut 4-6 minggu sekali untuk membuang ujungnya yang kering dan pecah-pecah. Hal ini juga agar potongan rambut tetap terjaga.
  2. Gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai. Hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas, dan minimalkan penggunaannya. Misalnya keramaslah 2-3 hari sekali.
  3. Gunakan conditioner khusus untuk rambut dicat. Fokuskan pada bagian ujung rambut dan bilas hingga bersih.
  4. Gunakan sisir bergerigi jarang untuk meminimalkan kerusakan rambut.
  5. Gunakan hair dryer hanya saat rambut hampir kering. Semakin panas dan lama Anda menggunakan hair dryer, akan menambah risiko rusaknya kutikel rambut.
  6. Gunakan hair dryer dan sisir saat menata rambut, hindari hot roller dan curling iron.
  7. Minimalkan penggunaan produk styling, seperti mousse, gel dan hair spray, karena dapat memudarkan kilau rambut.
  8. Hindarkan rambut dari zat kaporit. Misalnya sebelum berenang basahi dulu rambut. Setelah usai berenang, bilaslah sebersih mungkin. Hindari juga sinar matahari langsung.
  9. Jangan lakukan pelurusan atau pengeritingan setelah rambut dicat, karena proses kimia yang berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan fatal pada rambut.
  10. Gunakan produk-produk perawatan untuk mencegah rambut rontok, misalnya vitamin atau serum khusus untuk menguatkan akar rambut.
24 February 2014
Cara Mengatasi dan Menghilangkan Stres Berikut ini 7 tips atau cara efektif menghilangkan stress dengan mudah :
  1. Tips yang pertama yaitu jangan menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk. Salah satu penyebab stress terkait dengan  masalah pekerjaan yang menumpuk. Jika kita tidak menunda-nunda pekerjaan yang dapat kita kerjakan lebih dahulu tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk. Sehingga stress kemungkinan besar tidak menimpa kita.
  2. Tips yang kedua yaitu memiliki keberanian untuk berkata tidak terhadap sebuah pekerjaan baru yang dibebankan kepada anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan anda yang sekarang. Ini akan mengakibatkan pikiran anda menjadi tidak fokus dan menjadi terbelah dua yang bisa menyebabkan stress muncul.
  3. Tips berikutnya untuk menghilangkan stress yaitu dengan melakukan aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga dengan berjalan kaki atau berlari-lari santai. Aktivitas tersebut mampu membuat anda merasa lebih rileks, dapat juga menurunkan tekanan darah serta menghasilkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stress tersebut.
  4. Tips berikutnya yaitu selalu berusahan belajar menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang kita alami baik itu terkait dengan segala nikmat dan segala cobaan yang diberikan oleh Tuhan YME kepada diri kita.
  5. Selalu memiliki positive thinking atau selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menimpa kita serta berusaha memetik semua pelajarannya. Sehingga ke depannya kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.
  6. Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif untuk menghilangkan stress tersebut. Luangkan waktu sebentar di padatnya aktivitas anda dengan menghibur diri sendiri dengan berbagai hiburan yang anda sukai seperti bermain games, mendengarkan musik yang anda minati, menonton film yang anda sukai atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menghibur anda.
  7. Berusaha fokus terhadap sebuah pekerjaan yang ada di hadapan anda. Melakukan pekerjaan banyak dengan waktu bersamaan dapat juga menimbulkan stress. Oleh karena itulah, selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu kemudian berpaling untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Ini juga mampu menghilangkan stress pada diri anda.
17 February 2014
Selalu Gunakan Masker dan Pelindung mata Beberapa Penyait Pasca Erupsi Gunung Antara lain :
  1. ISPA.
  2. Pneumonia, bronkitis dan infeksi saluran napas bawah lainnya.
  3. Iritasi mata dalam bentuk radang, alergi.
  4. Iritasi kulit, infeksi dan alergi.
  5. Gangguan saluran cerna akan dapat terjadi kalau polutan udara akibat letusan mencemari air, tanaman dan bahan pangan lainnya.
  6. Perburukan dari penyakit kronik yang sudah lama dihadapi, baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun karena stres dan lalai makan obat karena sibuk.
15 February 2014
Cara mengurangi dampak buruk abu vulkanik gunung Kelud

Berikut langkah pencegahan yang dapat dilakukan warga:
 

1. Berada sejauh mungkin dengan lokasi letusan

2. Kurangi aktivitas di luar ruang karena paparan abu vulkanik bisa menimbulkan keluhan pernapasan, terutama pada orang yang sudah menderita penyakit paru. Paparan abu vulkanik dapat memperparah kondisi kesehatannya.

3. Tutup jendela, pintu, perapian atau tungku kayu, dan minimalkan penggunaan pemanas udara atau AC. Hal ini akan mencegah masuknya abu dan gas ke dalam rumah.

4. Gunakan masker untuk mengurangi masuknya debu ke dalam saluran napas.

5. Basahi atau percikan air sebelum membersihkan lingkungan dari debu atau abu vulkanis, untuk menghindari berbagai partikulat yang terbang dan mengakibatkan iritasi.

6. Hindari mengemudi.

7. Pakailah kacamata di luar ruangan, atau saat membersihkan debu di dalam ruangan. Kacamata akan mencegah iritasi terjadi pada organ penglihatan.

8. Menjaga kulit tetap tertutup untuk menghindari iritasi akibat kontak dengan debu dan abu.

9. Carilah bantuan medis bila ada dampak kesehatan yang dirasakan.
 

Agus menyarankan agar masyarakat melakukan semua langkah tersebut. Hal ini dikarenakan gangguan pernapasan bergantung pada berbagai hal, yaitu konsentrasi partikel tersuspensi di udara, proporsi partikel yang terhirup, lama paparan, kondisi meteorologi, faktor individu, dan jarak dengan lokasi erupsi.

"Lokasi yang semakin dekat, konsentrasi partikel yang tinggi, apalagi bila debu dan abu masih panas, tentu berakibat lebih buruk pada kesehatan warga," kata Agus.

Terkait abu yang masih panas, Agus mengingatkan warga untuk lebih waspada. Abu vulkanik disertai hawa panas dapat menyebabkan panas piroklastik. Panas ini bisa mengakibatkan kematian akibat luka bakar di saluran pernapasan atau sesak napas.

Agus juga mengakibatkan warga untuk berhati-hati pada kandungan asam dalam abu vulkanik. Asam berdampak lebih berat karena sifatnya yang lebih merusak saluran pernapasan. Hal ini sama dengan abu vulkanik yang mengandung berbagai gas berbahaya seperti CO, H2S, SO2, atau yang mengandung komponen kristal seperti silika.

"Karena itu pakailah masker berukuran N95 sampai N100 untuk menghindari masuknya debu berukuran atau kurang dari 10 mikron. Bila merasakan yang tidak beres, segera ke fasilitas kesehatan. Umumnya efek akut dapat hilang dengan pengobatan seperti pemberian obat batuk, obat mengurangi sesak, pengencer dahak, atau obat radang. Antibiotik akan diberikan oleh dokter bila ada tanda infeksi
14 February 2014
Pentingnya Masker Untuk Menghindari Debu Vulkanik
Radio ANDIKA , Kediri - Jatim- Silikoisis akan mudah menyerang di daerah dengan tingkat debu silika yang tinggi, seperti yang terjadi pada saat ini. Kenali gejala awalnya pada saat mengalami kesulitan nafas, terbatuk akibat terhirupnya debu silika ini kedalam paru paru.  Debu silika yang terhirup bahkan dalam jumlah yang relatif kecil dan tidak kasat mata pun dapat berinkubasi selama 2 sampai dengan 4 tahun, dan pada akhirnya pun dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh yang lain, seperti di gagal jantung

Iritasi pada pernafasan yang timbul saat abu vulkanik tersebut secara tidak sengaja terhirup pada saat kita bernafas dapat menimbulkan gangguan pernafasan yang awalnya tampak ringan, namun berbahaya jangka panjangnya, terutama pada anak anak. Penggunaan masker sangat dianjurkan dan hindari beraktivitas di luar rumah /ruangan untuk sementara waktu dengan asumsi paparan terhadap resiko abu vulkanik di minimalisir.
11 February 2014
Tips Merawat Sepatu Di Musim Hujan
10 Tips Merawat Sepatu Anda

Sepatu merupakan salah satu elemen fashion yang penting bagi pria. Selain karena fungsinya yang vital sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga menjadi elemen fashion yang penting pada kesan pertama. Namun berapa banyak pria yang menyadari akan hal tersebut? Banyak dari mereka yang menganggap sebelah mata. Fungsinya yang sebagai alas kaki bukan berarti luput dari perhatian. Justru disitulah test sesungguhnya akan kepedulian Anda tentang kebersihan. Kulitas dari sepatu yang anda kenakan dapat menunjukan seberapa besar rasa penghargaan terhadap diri sendiri. Termasuk kualitas dari kebersihannya. Orang lain akan otomatis menghargai penampilan Anda, tidak terkecuali wanita.
Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, akan nyaman dikenakan. Menambah daya tarik dari penampilan dan tentunya rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan sepatu.
 
1.Bersihkan kotoran sebelum anda semir – Jangan pernah Anda menyemir sepatu kulit anda sebelum kotoran yang ada hilang. Karena ketika Anda gosok, Anda hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan. Untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut.
 
Saddle Soap
2. Semir secara rutin – Setelah bersih, semir sepatu kulit Anda dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum Anda semir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu.
Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian  Anda sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu Anda gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.
 
3. Segera keringkan jika terkena basah – Jangan biarkan terlalu lama sepatu Anda terkena air. Jika Anda kehujanan, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran. Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering.Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit Anda kering secara natural.
 
4. Keringkan kaki – Kaki yang basah akan membuat kaus kaki Anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika Anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepati juga akan menjadi bau.
 
5. Miliki beberapa pasang sepatu – Jika sepatu yang sama Anda gunakan secara terus menerus, sepatu akan cepat berkerut.  Istirahatkan sepatu Anda, sehingga awet dan tetap dalam performa terbaiknya .

6. Bersihkan kotoran lumpur ketika kering – Lumpur di sepatu atau sering kita sebut “belok” sangat sering kita alami. Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan Anda bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, Anda bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.

7. Hindari mencuci dengan mesin cuci – Sepatu akan cepat rusak dan berkerut. Beberapa lem di sepatu juga akan mudah lepas. Ada baiknya Anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen.
Sepatu sneakers  canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak.
 
8. Jauhkan dari sinar matahari langsung – Ketika Anda menjemur, hindari sinar matahari langsung. Karena sepatu akan mudah cepat rusak dan warna akan cepat pudar. Sepatu akan terlalu kering dan merusak bentuk aslinya.
 
9. Gunakan baking soda untuk penghilang bau – Anda bisa taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu Anda bersihkan taburannya di pagi hari.

10. Simpan dengan baik dan rapih – Apa yang Anda lakukan setelah selesai beraktifitas dan pulang ke rumah? Bagaimana anda memperlakukan sepatu Anda? Apakah asal lepas dan bergeletakan tak beraturan? Jika iya, mulailah untuk berubah. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu Anda. Sediakan rak atau apapun itu agar sepatu Anda tertata dengan rapih. Jika memang sepatu Anda jarang digunakan, Anda bisa meletakkannya di dalam box/kotak kardus agar sepatu Anda terhindar dari debu dan kotor.
 
Silahkan Anda terapkan secara konsisten 10 tips perawatan sepatu di atas. Jika Anda salah satu pria yang sibuk, minimal sempatkanlah untuk memperhatikan sepatu Anda sebelum beraktifitas. Baik itu Ketika Anda bekerja, kencan, ataupun hangout dengan sahabat Anda. Tidak ada waktu untuk melakukan hal diatas? Silahkan saja Anda minta bantuan seperti pembantu, atau jasa semir sepatu dll. Tidak ada yang lebih baik selain merawat barang milik pribadi dengan tangan sendiri.
 
08 February 2014
Tips Merawat Helm Agar Tidak Bau dan Tetap Awet
Helm adalah salah satu peralatan wajib bagi pengendara sepeda motor. Keberadaan helm sebenarnya dikatakan wajib karena bertujuan untuk melindungi kepala pengendara sepeda motor dari benturan benda keras. Namun untuk mengatur ketertiban dan kedisiplinan pengendara sepeda motor, saat ini telah diatur oleh undang-undang lalu lintas. Nah jika anda tetap melanggarnya dan memaksa untuk berkendara sepeda motor tanpa menggunakan helm tentunya anda akan merima sanksi dari polisi lalu lintas yang saat itu bertugas.

Untuk menghindari sanksi, anda wajib memakai helm sebagai pelindung kepada anda saat berkendara sepeda motor. Helm saat ini telah memiliki banyak varian, namun bagi pengendara sepeda motor diwajibkan memilih helm yang full/Standar SNI bukan helm tukang bangunan. Bagi anda pecinta touring atau berkendara sepeda motor jarak jauh tentunya anda pasti tidak lepas yang namanya helm. Namun terkadang menggunakan helm terkadang menimbulkan masalah baru yaitu merusak kesehatan rambut. Itu biasanya disebabkan oleh helm yang tidak terawat sehingga menimbulkan bau dan menjadi sarang bakteri serta kuman.
Untuk menghindari helm bau dan menjaganya tetap awet, tentunya anda harus rajin merawat helm tersebut dengan baik dan benar. Berikut adalah tips merawat helm agar tidak bau dan tetap awet:

1. Jaga Kebersihan Helm
Pastikan sebelum anda menggunakan dan sesudah menggunakan, helm harus dalam keadaan bersih jika belum maka tentunya anda harus membersihkannya dengan kain kering. Untuk pembersihan helm lakukan pengelapan pada bagian luar serta kaca helm. Jika kaca tersebut masih buram anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca dan mengelapnya dengan kain kering.

2. Penyimpanan Helm
Untuk menjaga kebersihan helm selain rajin membersihkan anda juga harus memilih lokasi penyimpanan helm yang tepat. Pilihlah lokasi penyimpanan helm yang tidak lembab dan tidak terkena secara langsung terik matahari. Selain menghindari timbulnya jamur dan bakteri, menghindari terik matahari juga akan menjaga kualitas cat helm anda tetap awet.

3. Penjemuran Helm
Cara ketiga ini anda lakukan jika helm anda baru anda gunakan untuk berkendara sepeda motor dalam keadaan hujan. Untuk menghindari bau karena jamur dan bakteri, tentunya anda harus melakukan penjemuran helm. Namun perlu diketahui untuk penjemuran helm anda tidak boleh menjemur seluruh helem, karena penjemuran hanya untuk busa yang menempel pada bagian dalam helm. Lepaskan busa helm tersebut kemudian cuci dan jemur sampai benar-benar kering. Sesudah itu pasangkan kembali pada helm kesayangan anda.

4. Berikan Pewangi
Saat ini juga telah tersedia pewangi helm yang dijual secar umum, untuk mencegah adanya jamur dan bakteri anda dapat membeli pewangi helm yang biasanya cara penggunaanya di semprot.
Keempat tips diatas dapat menjaga helm anda tetap awet dan tidak bau. Namun jika anda tidak ingin repot, saat ini juga telah tersedia jasa pencucian helm seperti laundry helm yang bertebaran di pinggir jalan. Biasanya untuk pencucian helm standar anda akan dikenakan tarif 15ribu/helm standar untuk jenis full face biasanya 15ribu. Tentunya pilihan ada ditangan anda, semalat mencoba dan semoga berhasil!
 
 
05 February 2014
Tips Membersihkan Wajah Yang Benar
Membersihkan wajah sepertinya kegiatan yang sangat mudah. Tapi kamu tahu nggak, kalau kamu salah melakukannya, bukannya bersih, wajahmu malah akan bermasalah.

Ini dia cara yang benar membersihkan wajahmu.
  1. Saat memilih pembersih wajah atau cleanser yang tepat, baca dengan teliti kemasannya untuk mendapatkan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu. Apakah jenis kulitmu kering, berminyak atau kombinasi? Kalau kombinasi, seluruh kulit wajahmu cenderung kering dan hanya daerah T (dahi dan hidung) saja yang berminyak. Teliti membaca kemasan berguna agar kulitmu terhindar dari alergi atau timbul jerawat bila memakai cleanser yang nggak tepat. Cleanser yang tepat adalah cleanser yang setelah dipakai nggak menimbulkan rasa kering dan perih pada wajah.
  2. Sebelum membersihkan wajah, “bersihkan” area wajah dari rambut dengan menguncirnya ke belakang atau memakai bandana.
  3. Basahi wajahmu dengan air hangat agar kulit wajah lembap dan pori-pori kulit terbuka. Kemudian basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit cleanser, gosok hingga mengeluarkan busa. Secara perlahan bersihkan wajahmu sampai ke bagian leher dengan busa tadi. Lakukan dengan gerakan memutar sambil dipijat perlahan untuk mengeluarkan sisa kotoran pada wajah, sekaligus untuk memperlancar peredaran darah. Make sure busa yang dihasilkan cukup banyak agar cleanser nggak langsung mengenai kulitmu.
  4. Bilas wajah dengan menggunakan kain halus yang telah dibasahi air dingin atau bersihkan wajah langsung dengan air dingin (tanpa kain). Air dingin berguna untuk menutup pori-porimu.
  5. Setelah bersih, basuh wajah dan leher dengan handuk halus dengan cara menepuknya perlahan. Ini agar kulitmu benar-benar kering dan nggak lecet.
  6. Terakhir, oleskan moisturizer atau pelembap agar kulit nggak kering.
Page 61 of 64     ‹ First  < 59 60 61 62 63 >  Last ›