Selingan

27 April 2016
Mau Bakar Kalori Tapi Tak Sempat ke Gym? Ini 5 Cara untuk Mengakalinya Olahraga di gym disebut-sebut cukup efektif untuk membakar kalori karena banyaknya peralatan olahraga yang tersedia. Tak lupa ada pula pelatih pribadi yang bisa dijadikan tempat konsultasi.

Namun ada kalanya Anda memiliki segudang kegiatan rutin lainnya sehingga pergi ke gym pun hanya menjadi rencana belaka. Meskipun kondisinya demikian, bukan berarti lantas Anda tak bisa olahraga.

Berikut 5 trik untuk membakar kalori berlebih tanpa ke gym, seperti dikutip pada Selasa (26/4/2016):

1. Bercocok tanam
Manfaatkan lahan di sekitar rumah untuk bercocok tanam. Aktivitas menyenangkan ini dapat membantu membakar kalori lho. Cobalah untuk memotong rumput, menggali, menyusun kayu, menggunting rumput atau menyiram tanaman dapat membakar sebanyak 400 kalori per jam. Selain membakar kalori, aktivitas ini juga membantu menyehatkan paru-paru Anda.

2. Beres-beres rumah
Mungkin terasa sulit dan berat, namun aktivitas membersihkan rumah sebenarnya cukup menyenangkan dan bahkan menyehatkan tubuh. Membersihkan debu di jendela dan perabotan, serta mengepel lantai bisa membakar 250 kalori per jam. Jangan lupa sertakan musik favorit agar Anda lebih bersemangat ya.

3. Tetap aktif di kantor
Saat sedang sibuk di kantor, usahakan untuk tetap aktif bergerak. Salah satunya adalah dengan berdiri dan berjalan selama lima menit, setiap satu jam sekali. Cara lain adalah dengan lebih memilih untuk menggunakan tangga dibandingkan lift saat akan turun atau naik lantai.

4. Senam di rumah
Manfaatkan DVD khusus senam atau video di internet untuk mencari gerakan-gerakan senam aerobik untuk dilakukan di rumah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan perabotan di rumah misalnya dengan push-up di lantai atau sit-up. Menari dengan lagu favorit juga bisa Anda lakukan di rumah. Satu jam aktivitas menari dapat membakar 400 kalori.

5. Berjalan cepat
Jalan cepat adalah salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Berjalan cepat selama 30 menit dapat membakar hingga 175 kalori. Jika Anda ingin bepergian, memanfaatkan kendaraan umum dan berjalan akan sangat membantu program penurunan berat badan.


detik.com
26 April 2016
Lima Hal Yang Dibenci Pengguna Instagram

Media sosial yang namanya Instagram, emang tempat yang paling kece buat share informasi berupa gambar. Nggak cuma bisa lihat foto pemandangan yang keren dan juga OOTD alias Outfit of The Day yang kece badai, lho! Dengan Instagram, informasi tentang tips-tips juga bisa lebih mudah diakses dengan video singkat.

Sayangnya, banyak lho pengguna Instagram yang bukannya menginspirasi, tapi malah bikin jadi sebel. Duh, emangnya apa aja sih hal menyebalkan yang suka dilakukan sama pengguna Instagram?

Selfie everywhere
Baru difollow sama si Ani, tapi pas dibuka feed-nya ternyata isinya selfie dari atas sampe bawah. Udah gitu, angle selfie-nya juga nggak jauh beda. Selfie emang nunjukin pede-nya kamu sih, tapi kalau kebanyakan…

Foto dan caption yang nggak nyambung
Layaknya sepatu dan kaus kaki, kamu dan pacar, atau hujan dan mendung, foto dan caption harus saling melengkapi. Ya, setidaknya sejalan, lah! Kadang, banyak banget lho yang suka upload selfie, tapi captionnya quotes. Ummm… nggak nyambung banget, ya!

Disturbing pics
Lagi asik-asik lihat timeline, nggak tahunya ada foto yang nggak menyenangkan kayak potongan tubuh, hantu, atau hal-hal yang bikin fobia nongol. Mana tengah malem, lagi. Kesal nggak, sih?

Tags for likes
Ada lagi, nih. Demi dapat likes yang banyak, ada orang-orang yang sengaja nge-tag puluhan orang di foto yang kamu sendiri nggak tau foto siapa. Biasanya, mereka cuma asal aja gitu. Yang kayak gini anoyying banget, lho!

Hashtag panjang-panjang
Tujuan dibikinnya hashtag di Instagram adalah biar gampang cari orang yang minatnya sama kayak kamu. Tapi, kalau satu selfie dikasih hastag sepanjang makalah Bahasa Indonesia, ngeliatnya bikin capek kayak abis jogging 10KM.

Dengan kurang-kurangi hal ini, siapa tahu kan kamu bisa dapat lebih banyak followers? Coba, yuk! (cys)


viva.co.id

 

25 April 2016
Ini Pertolongan Pertama Saat Pasien Diabetes Alami Hipoglikemia
Bagi pasien diabetes, tidak hanya sekadar gula darah yang terlalu tinggi saja yang mesti diperhatikan. Sebab, pasien diabetes juga mesti waspada terhadap hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah salah satu kondisi yang bisa terjadi pada orang dengan diabetes, di mana gula darah terlalu rendah. Penyebab terjadinya hipoglikemia adalah obat yang tidak tepat atau penggunaan insulin yang tidak teratur, demikian diungkapkan dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPD.

Pria yang akrab disapa dr TJ ini menuturkan kadar gula  darah untuk orang mengidap hipoglikemia bisa turun sampai dengan 70 mg/dl.

"Hipoglikemia biasanya terjadi pada pasien diabetes yang sudah menggunakan obat pil atau insulin. Gejala awal lemas, panas dingin, dan rasa lapar. Adapun gejala hipoglikemia yang berat, pengidap bisa berbicara ngaco sampai kehilangan kesadaran atau pingsan," jelas dr TJ ditemui di sebuah acara di Gran Sahid Jaya Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (24/4/2016).

Maka dari itu, dr TJ juga menyarankan agar orang dengan hipoglikemia tidak bekerja di bidang yang melibatkan keselamatan banyak orang.

"Misal pilot atau driver yang membawa orang banyak apabila penting untuk keselamatan orang banyak. Ternyata hipo saat terbang atau supir hipo saat nyetir bisa bahaya bagi banyak orang," ujar dr TJ.

Nah, pertolongan pertama pada pasien hipoglikemia dapat dengan mudah dilakukan dengan memberikan gula pasir pada yang bersangkutan.

"Jika orang tersebut masih sadar dapat mengonsumsi gula pasir dengan banyak 20 gram yang dilarutkan dalam 200 cc air, atau sirup yang benar-benar dari gula asli. Dapat juga menggunakan tablet glukosa atau glukosa jelly yang bisa didapatkan di apotek terdekat," jelas dr TJ.

Menurut dr TJ, gula darah biasanya langsung naik, lalu Anda dapat melakukan pengecekkan setiap 15 menit. Jika masih rendah bisa diulang mengonsumsi gula pasirnya.

"Bagi orang dengan diabetes yang mempunyai keluhan atau curiga mengidap hiplogikemia, boleh langsung cek gula darah atau mengonsumsi teh manis," tutupnya.


detik.com
22 April 2016
Tiga Nasihat Rasulullah SAW untuk Wanita
Di antara bukti kecintaan Nabi Muhammad SAW kepada kaum wanita adalah nasihat yang selalu disampaikan kepada umat Islam agar menjaga dan menghormatinya. Sebab wanita merupakan makhluk yang unik, tidak dapat diperlakukan dengan kasar dan tidak bisa pula dibiarkan (HR Bukhari).

Nabi SAW pernah menasihati dan memerintahkan kaum wanita agar bertakwa kepada Allah, menaati suami, dan banyak bersedekah. Nabi SAW bersabda, "Sungguh di antara kalian ada orang-orang yang masuk surga (beliau sambil merapatkan jari-jari tangannya) dan sebagian besar kalian akan menjadi bahan bakar api neraka (lalu beliau membuka jari-jarinya). Seorang wanita bertanya, ‘Mengapa, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Karena kalian banyak melaknat, mengingkari kebaikan suami, dan menunda-nunda kebaikan'." (HR Ibnu Hibban).

Dari hadis di atas, ada tiga nasihat Nabi SAW yang diperuntukkan khusus untuk kaum wanita sebagai bekal masuk surga. Jika diamalkan maka akan memudahkan kaum wanita meraih surga, yaitu bertakwa kepada Allah, taat kepada suami, dan banyak sedekah.

Sebaliknya, jika seorang wanita melakukan tiga hal berikut ini maka akan menjadi orang yang celaka (sebagai penghuni neraka). Pertama, wanita yang suka melaknat. Sebagian wanita begitu mudah melaknat orang yang ia benci, termasuk yang sedang ada masalah dengannya.

Sangat tidak patut jika seseorang yang mengaku mukmin namun lisannya terlalu mudah untuk melaknat. Rasulullah SAW bersabda, “Bukanlah seorang mukmin itu seorang yang suka mencela, tidak pula seorang yang suka melaknat, bukan seorang yang keji dan kotor ucapannya.” (HR Bukhari).

Kedua, wanita yang suka mengingkari kebaikan suami. “Tidaklah seorang istri yang menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya (di akhirat kelak): bidadari yang menjadi pasangan suaminya (berkata): “Jangan engkau menyakitinya, kelak kamu dimurkai Allah, seorang suami bagimu hanyalah seorang tamu yang bisa segera berpisah dengan kamu menuju kami.” (HR Tirmidzi).

Ketiga, wanita yang suka menunda-nunda kebaikan. Salah satu hal yang menjadikan wanita suka menunda kebaikan itu adalah terlalu larut dalam perasaan dan emosi. Hal ini pernah terjadi pada masa Nabi SAW. (HR Bukhari dan Muslim).

Karena itu, ingat akan nasihat Nabi SAW untuk segera melaksanakan amal saleh sebelum datang tujuh hal yang menghancurkan, yakni; kefakiran yang melupakan, kekayaan yang menyesatkan, sakit yang merusakkan, ketuaan yang melemahkan, kematian yang mendadak, Dajjal yang merupakan seburuk-buruk hal ghaib yang akan datang, dan hari kiamat (HR Tirmidzi).

Semoga Allah SWT membimbing kita para wanita agar dapat menjalankan tiga nasihat Nabi SAW sebagai bekal masuk surga, dan meninggalkan tiga hal larangan agar dapat terhindar dari neraka. Aamin.


republika.co.id
21 April 2016
Kartini Tak Mau Bangsanya Jadi Kebarat-baratan karena Pendidikan
Sebagai perempuan yang dibesarkan dalam lingkup adat-tradisi yang kuat, Raden Ajeng Kartini mengagumi kemandirian perempuan-perempuan Belanda.

Kartini kagum dengan mereka yang bisa menempuh pendidikan tinggi hingga mendapatkan pekerjaan yang dicita-citakannya.

Bisa dibilang Kartini iri dengan sosok perempuan mandiri, bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa harus melakukan pernikahan dini dan hidup dalam pendampingan atau pengawasan suaminya.

Sebaliknya, Kartini tidak menyukai keadaan perempuan Jawa yang pada masa hidupnya sekitar tahun 1900-an, tidak mampu mengenyam pendidikan dan mendapatkan pekerjaan layaknya laki-laki.

Perempuan Jawa saat masih usia belia justru sudah dijodohkan dengan laki-laki yang tidak dikenalnya dan harus mengabdi sebagai istri dan ibu rumah tangga yang baik.

Untuk mengubah keadaan saat itu, Kartini pun bertekad untuk bisa bersekolah di Belanda. Dia ingin memulai dari dirinya sendiri dan menunjukkan kepada para perempuan Jawa mengenai pentingnya pendidikan.

Namun, bukan berarti Kartini menginginkan agar perempuan Jawa sepenuhnya mencontoh kehidupan dan budaya perempuan Belanda.

Dalam suratnya kepada Rosa Abendanon, 10 Juni 1902, seperti dikutip dari buku Surat-surat Kartini. Renungan tentang dan untuk Bangsanya (1979) yang diterjemahkan Sulastin Sutrisno, Kartini menulis:

"Kami sekali-kali tidak hendak menjadikan murid-murid kami sebagai orang-orang setengah Eropa atau orang-orang Jawa Kebarat-baratan. Dengan pendidikan bebas kami bertujuan terutama sekali akan menjadikan orang Jawa sebagai orang Jawa sejati, orang Jawa yang dijiwai dengan cinta dan semangat untuk tanah air dan bangsanya."

Kartini yang saat itu berusia 23 tahun mengaku ingin mengkombinasikan budaya perempuan Eropa yang dianggapnya positif, dengan budaya perempuan Jawa yang positif pula. Dia yakin akan lahir perempuan Jawa yang luar biasa dari kombinasi itu.

"Dengan penyilangan tanaman atau binatang dari berbagai macam diperoleh jenis tanaman atau binatang unggul. Tidak demikiankah halnya dengan adat istiadat bangsa-bangsa?"

Salah satu yang ingin dipelajari Kartini apabila bersekolah di Belanda adalah mengenai kedokteran, khususnya mengenai tubuh manusia.

Kartini yang bercita-cita menjadi guru ingin mempelajari hal itu di Belanda nan jauh di sana, dan membawa ilmunya kembali ke Indonesia untuk disebarkan ke perempuan-perempuan Jawa.

"Suatu ketika akan terjadi dalam hidup manusia, lebih-lebih perempuan, harus berdiri di depan ranjang sakit orang-orang yang dicintai atau yang belum dikenal. Celaka benar kalau kita tidak dapat berbuat sesuatu."

Di akhir suratnya ke Rosa Abendanon, Kartini pun meminta persetujuan Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda JH Abendanon, suami Rosa, untuk dapat bersekolah di Belanda.

"Di Eropa kami akan belajar dengan bebas. Jelaslah keterangan saya mengenai 'mengapa' nya? Saya harap, nyonya memahami saya."

Namun cita-cita Kartini untuk bersekolah di Eropa akhirnya kandas karena tak diizinkan oleh ayahnya.

Kartini kemudian menikah dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri, pada tanggal 12 November 1903.

Namun cita-citanya untuk menjadi guru tercapai.  Suaminya mengerti keinginan Kartini dan dia diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.

Tak lama setelah berhasil mencapai cita-citanya, Kartini meninggal dunia pada 17 September 1904 di usia 25 Tahun.

Namun kegigihan dan perjuangan Kartini masih dapat dirasakan hingga saat ini. Berkat kegigihannya, didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya.

Pada tanggal 2 Mei 1964, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Soekarno sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.


kompas.com

20 April 2016
Manfaat Luar Biasa Madu untuk Rambut
Sudah bukan rahasia lagi jika madu menyimpan sejuta manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Madu sudah menjadi obat tradisional berbagai penyakit sejak jaman ribuan tahun yang lalu, madu juga sudah digunakan para permaisuri kerajaan ribuan tahun yang lalu sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit.
 
Ya memang tak perlu diragukan lagi akan manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Nah sahabat, jika kemarin kita telah membahas tentang manfaat madu untuk kesehatan dan manfaat masker madu untuk kecantikan kulit, kali ini kita akan membahas madu untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Hal ini dikarenakan madu juga memiliki banyak manfaat untuk rambut.
 
Mungkin banyak orang yang belum tahu akan khasiat madu untuk rambut. Nah semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda anda tentang madu serta dapat menjadikan madu sebagai solusi untuk merawat serta mengatasi masalah pada rambut anda. Berikut beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

1. Melembabkan rambut

Rambut yang lembab merupakan ciri rambut yang sehat, rambut yang lembab juga membuat rambut menjadi mudah diatur. Nah dengan menggunakan madu sebagai perawatan rambut dapat membuat rambut menjadi lembab dan cantik. Caranya yaitu dengan mengkombinasikan madu dengan minyak zaitun dan air perasan lemon. Campurkan ketiga bahan dengan perbandingan 1:1:1, aplikasikan pada rambut dan kulit kepala atau jadikan sebagai masker sambil anda pijat-pijat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan dibilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali untuk hasil yang maksimal.

2. Menyuburkan rambut

Rambut adalah mahkota yang harus selalu kita jaga kesuburannya. Untuk menjaga kesuburan rambut kita dapat merawat rambut dengan menggunakan madu. Madu akan menutrisi rambut sehingga rambut akan tumbuh lebat dan tebal. Caranya yaitu anda jadikan madu sebagai masker rambut dengan menambahkan minyak zaitun, campurkan madu dengan minyak zaitu dengan perbandingan 1:1 dan aplikasikan pada rambut, diamkan selama 30 menit lalu anda bilas dengan air hingga bersih.

3. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan momok yang paling menakutkan sekali bagi semua orang, terlebih bagi wanita. Hal ini dikarenaka rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan, dan hal jika hal itu terjadi akan merusak penampilan seseorang. Nah sebelum kebotakan terjadi, anda harus segera mengatasi masalah rambut rontok, caranya yaitu dengan menggunakan masker madu. Madu dapat mengatasi masalah rambut rontok. Siapkan satu sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun panaskan, dan 1 sendok makan bubuk kayu manis, Campurkan ketiga bahan tersebut lalu jadikan sebagai masker rambut, diamkan selama 15-20 menit baru anda bersihkan dengan sampo.

4. Mengatasi rambut patah dan bercabang

Masalah rambut patah dan bercabang juga tak kalah menjengkelkannya. Rambut patah dan bercabang membuat rambut kehilangan kecantikannya. Namun anda tak perlu khawatir, masalah rambut patah dan bercabang ini dapat anda diatasi dengan masker madu. Madu akan menutrisi rambut sehingga rambut menjadi kuat tau mudah patah dan tak bercabang. Caranya sangat mudah yaitu anda jadikan madu sebagai masker rambut. Diamkan selama 20 menit baru anda keramas dengan sampo.

5. Menjadikan rambut menjadi berkilau dan bercahaya

Wanita mana yang tak ingin memiliki rambut yang berkilau dan bercahaya, pasti semua wanita menginginkannya. Dengan rambut yang berkilau dan bercahaya akan membuat wanita nampak cantik mempesona. Nah madu dapat membuat rambut anda menjadi berkilau dan bercahaya. Caranya yaitu campurkan 1 sendok makan madu dengan air perasan 1uah jeruk nipis dan sedikit air. Jadikan sebagai masker rambut, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, baiknya anda hindari sinar matahari. Hal ini dikarenakan sinar UV matahari dapat merusak rambut dan membuat rambut kehilangan kilaunya.

6. Mengatasi ketombe

Ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang mengelupas serta kotoran yang ada dirambut, sehingga membuat rambut menjadi kotor serta terasa gatal. Madu dapat membersihkan rambut serta melembabkan kulit kepala. Dengan demikian, masalah ketombe dapat diatasi dengan menggunakan madu. Caranya yaitu anda jadikan madu sebagai masker rambut sambil dipijat-pijat agar meresap ke dalam kulit kepala, diamkan selama 20 menit, lalu keramas dengan sampo.

Demikianlah informasi tentang manfaat luar biasa madu untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Madu tidak hanya bermanfaat sebagai obat trradisional dan kecantikan kulit saja, namun madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


viva.co.id
 
 
 
 
 
19 April 2016
7 Cara Mengubah Hidup Konsumtif
Perkembangan zaman membuat manusia menjadi lebih modern. Tak bisa dipungkiri saat ini banyak orang yang memilih menjalani gaya hidup konsumtif dengan berbagai alasan. Padahal, gaya hidup konsumtif justru berdampak buruk bagi keuangan.

Berikut ini ada tujuh cara cepat untuk mengakhiri gaya hidup konsumtif:

1. Menabung dan membuat perencanaan keuangan
Anda bisa mulai berpikir untuk menyimpan sejumlah uang untuk ditabung.  Tekanlah pengeluaran yang tidak perlu dan buatlah perencanaan keuangan yang ketat. Perencanaan keuangan akan menahan nafsu belanja secara gila-gilaan. Apalagi kalau sebagian uang sudah lebih dulu disisihkan.

2. Buat target pengeluaran
Pastikan Anda memiliki target pengeluaran tertentu setiap hari. Misalnya satu hari Anda bisa menghabiskan Rp 150 ribu dengan asumsi untuk ongkos, bensin dan makan. Maka, jangan pernah keluar dari target tersebut. Lebih baik lagi jika dapat ditabung karena berlebih.

3. Kurangi window shoping
Jangan terlalu sering menghabiskan waktu window shoping di mall atau pusat perbelanjaan. Kebiasaan itu secara tidak langsung akan membuat Anda secara tidak sadar berbelanja. Banyak kasus di mana window shoping akan berakhir dengan pengeluaran yang sebenarnya tidak penting.

4. Utamakan kebutuhan
Untuk orang yang konsumtif, terkadang sangat sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Definisi kebutuhan itu adalah barang atau sesuatu yang sifatnya sangat prioritas demi berlanjutnya kehidupan Anda, seperti makanan, kebutuhan rumah tangga, listrik, dan air.

Sementara keinginan adalah sesuatu yang jika tak direalisasikan tidak akan berpengaruh banyak bagi hidup Anda, seperti handphone baru, baju baru, tas baru, kendaraan baru. Jadi Anda harus memenuhi kebutuhan terlebih dahulu ketimbang keinginan yang justru membuat hidup Anda lebih konsumtif.

5. Tinggalkan kartu kredit/debit di rumah
Jangan pernah membawa kartu kredit atau kartu debit saat berpergian karena Anda akan tergoda menggunakanya. Baiknya Anda membawa uang tunai sehingga akan berhati-hati menggunakannya. Kartu debit dan kartu kredit akan membuat Anda lebih konsumtif saat berbelanja, alias tidak pikir dua kali. Belum lagi kalau ada diskon dan promosi.

6. Cermat membeli barang
Jangan membeli barang karena ikut-ikutan atau ingin dibilang keren. Pastikan barang yang Anda beli memang diperlukan. Budaya membeli barang karena sedang tren bisa menjerumuskan Anda pada kehidupan konsumtif. Hanya Anda-lah yang tahu mana barang yang perlu dan tidak.

Sebelum membeli barang, cermatlah memilih. Pastikan barang itu baik secara mutu dan harga. Barang yang bermutu baik terkadang lebih mahal. Namun ada kalanya harga mahal tidak menjamin mutu yang baik. Jadi Anda harus hati-hati.

7. Alokasi dana untuk bantuan atau amal
Membantu orang lain termasuk cara jitu menghindari kehidupan konsumtif. Anda bisa menyumbang panti asuhan, panti jompo, pembangunan rumah ibadah, korban bencana dan lain-lain.

Pengeluaran untuk bantuan dan amal ini akan mengajarkan Anda, masih banyak orang yang hidup dalam kesusahan sehingga mengerem pola hidup konsumtif.


tempo.com
18 April 2016
Tomat Perangi Efek Radiasi Sinar Gamma
Sebuah penelitian menemukan pigmen merah pada tomat (likopen) terbukti ampuh menjaga tubuh dari efek berbahaya seperti radiasi. Peneliti dari Manchester University, Ruth Edge menyatakan likopen terbukti melindungi efek radiasi pekerja di bagian fasilitas Dalton Nuclear Institute.

Kemungkinan besar peran karotenoid dalam tomat juga membatasi paparan radiasi ini. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam FEBS Letters ini menyebutkan likopen adalah karotenoid paling efektif mengurangi radiasi sinar gamma. Intervensi tambahan dengan makanan berguna menyembuhkan orang-orang yang terkena radiasi.

Tomat yang dimasak dalam minyak membantu tubuh menyerap karotenoid. Oleh sebabnya, Edge menilai penting menambahkan tomat dalam daftar makanan Anda.

"Likopen melindungi sel-sel tubuh secara efisien terhadap radiasi gamma level rendah, tapi tidak pada saat konsentrasi oksigennya tinggi. Kami berharap riset ini dikembangkan lebih jauh untuk menemukan terapi kanker atau tumor akibat radiasi saat level oksigennya tinggi," kata Edge, dilansir dari Medical News Today, Senin (18/4).

Studi lebih lanjut juga diperlukan untuk menemukan karotenoid jenis lain pada buah dan sayuran. Tim juga berencana memelajari pengaruh tinggi rendahnya oksigen terhadap sumber radiasi, seperti proton dan partikel alfa dengan studi kasus di Dalton Cumbrian Facility.


republika.co.id
 

15 April 2016
Sepuluh Wasiat Allah
Dalam Islam terdapat sepuluh wasiat atau perintah Allah SWT yang termaktub dalam Alqur'an. Salah satu yang menarik dari wasiat-wasiat Allah SWT itu adalah tidak adanya wasiat yang menyangkut masalah makanan dan minuman.

Hal itu menunjukkan bahwa menghindari dari kebejatan moral terhadap Allah dan terhadap manusia jauh lebih penting daripada hanya sibuk berdiskusi berkepanjangan menyangkut masalah hukum halal dan haram. Selain itu, mengamalkan halal atau mengindari yang haram harus juga dilandasi oleh kepercayaan kepada Allah dan membuahkan penghormatan kepada hak-hak asasi manusia.

Seperti yang dikutip dari //Kumpulan 101 Kultum tentang Islam// karya salah satu Ahli Tafsir Indonesia, M Quraish Shihab, Jum'at (15/4), berikut kesepuluh wasiat Allah yang ditemukan dalam QS Al-An'am [6] : 151-154.

Pertama, janganlah mempersekutukan dengan Allah.
Kedua, berbaktilah kepada ibu-bapak
Ketiga, janganlah membunuh anak-anak kamu karena kemiskinan.Keempat, jangan mendekati perbuatan-perbuatan keji yang tampak dan tersembunyi.Kelima, jangan membunuh, kecuali dengan dasar yang dibenarkan Allah.
Keenam, jangan dekati anak yatim, kecuali dengan cara yang terbaik.
Ketujuh, sempurnakan takaran dan timbangan dengan adil Kedelapan, berlaku adillah bila berucap kendati merugikan kerabat.
Kesembilan, penuhilah janji-janji.
Kesepuluh, Ikuti jalan Allah yang lebar dan lurus, bukan jalan-jalan lain, karena itu mencerai-beraikan.

Sungguh menakjubkan wasiat-wasiat Allah yang termaktub dalam Alquran tersebut. Namun, sungguh mengherankan kesepuluh wasiat ini ternyata belum populer di kalangan Umat Islam. Kemudian, yang lebih mengherankan lagi adalah sedikitnya Umat Islam saat ini yang memberikan perhatiannya terhadap wasiat terakhir dalam kesepuluh wasiat itu, yaitu menghindari dari aneka perpecahan.


republika.co.id
14 April 2016
5 Golongan yang Mendapat Cinta Allah
Allah menginformasikan dalam Alquran tentang golongan orang yang dicintai-Nya. Mereka dicintai Allah karena iman, takwa, dan ketaatan dalam menjalankan perintah agama serta sikap dan perilaku yang baik kepada sesama manusia dan makhluk lain.

Pertama, orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya. Bagi Muslim, yang paling dicintai adalah Allah dan Rasul-Nya (al mahabbatul ula). Kecintaan kepada keduanya merupakan tolok ukur mencintai yang lain, seperti istri, suami, anak, keluarga, harta, pangkat, dan jabatan.

Cinta kepada Allah memotivasi untuk menjalankan semua perintah-Nya dengan ridha. Allah berfirman, ''Katakanlah, 'Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu'. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.'' (QS 3: 31).

Kedua, orang-orang yang berbuat adil (muqsithin). Adil berarti melakukan suatu perbuatan dengan tidak menzalimi orang lain dan diri sendiri. Adil juga berarti melaksanakan kewajiban sesuai ketentuan dan menerima hak sebagai imbalan. Keadilan harus ditegakkan dalam semua aspek kehidupan manusia, baik sosial, politik, ekonomi, maupun hukum.

Allah berfirman, ''Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (untuk meminta putusan), maka putuskanlah (perkara itu) di antara mereka, atau berpalinglah dari mereka, jika kamu berpaling dari mereka maka mereka tidak akan memberi mudharat kepadamu sedikit pun. Dan jika kamu memutuskan perkara mereka, maka putuskanlah di antara mereka dengan adil, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.'' (QS 5: 42).

Ketiga, berlaku sabar (shabirin). Sabar yang sempurna terwujud manakala seseorang tunduk sepenuhnya tanpa syarat kepada kehendak Allah. Allah berfirman, ''Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.'' (QS 3: 146).

Keempat, orang-orang yang bertawakal (mutawakilin). Tawakal adalah menyerahkan apa yang telah dilakukan kepada Allah. Sikap ini muncul karena keyakinan bahwa apa saja yang diperbuat manusia, hasilnya tidak bisa dipastikan. Allah berfirman, ''Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.'' (QS 3: 159).

Kelima, orang-orang yang menyucikan diri (mutathohhirin). Setiap Muslim dilatih selalu suci secara fisik dengan bersuci dari hadas besar dan kecil ketika akan shalat. Kebiasaan ini diharapkan memberikan pengaruh positif untuk bersih diri dan lingkungan. Allah berfirman, ''Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.'' (QS 2: 222).

Sikap dan perilaku golongan yang dicintai Allah ini harus dicontoh dalam kehidupan. Sebab, sikap dan perilaku itu membawa kemaslahatan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.


republika.co.id

Page 24 of 24     ‹ First  < 22 23 24