Selingan

22 June 2018
3 Aktivitas Pagi yang Ampuh Dongkrak Semangat Bekerja
Sebagian besar pegawai negeri maupun swasta sudah mulai bekerja minggu ini. Namun, bekerja usia libur panjang kadang itu butuh sesuatu yang mendongkrak semangat.

Bagi Anda yang butuh pemacu bekerja, coba deh lakukan tiga aktivitas berikut usai bangun tidur melansir laman CheatSheet.
 

1. Bangun tidur lebih awal

Bangun awal bisa berakibat buruk bagi karier. Bayangkan, ketika bangun, kita langsung tergesa-gesa berangkat ke kantor. Tak hanya itu, tak ada waktu untuk "menenangkan diri", sehingga tak bisa fokus ke pekerjaan dan tak satu pun pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Alangkah baiknya jika bangun tidur lebih awal. Dengan begitu, kita bisa memulai hari dengan lebih tenang.

2. Sarapan

Sarapan menjadi poin penting dalam memulai hari. Sebuah studi menunjukkan sarapan bisa meningkatkan konsentrasi dan mempertajam ingatan. Jangan berangkat kerja hanya dengan perut kosong.
 

3. Olahraga ringan

Dapatkan energi dengan olahraga pagi yang ringan. Misalnya, yoga dan jogging. Dengan olah raga ini, tubuh akan menjadi lebih rileks dan bisa berpikir jernih.

Sebuah riset menunjukkan olahraga ringan membantu untuk mempertajam fokus perhatian dan bisa membantu dalam menentukan keputusan.(liputan6.com/jko)

 

 

21 June 2018
6 Tanda Anda Harus Segera Cari Pekerjaan Baru
Meniti karier membutuhkan proses yang cukup panjang. Ada momen duka, ada pula sukanya. Apabila momen duka lebih besar daripada sukanya, apakah pekerjaan tersebut layak dipertahankan? Atau mungkin ini saatnya Anda untuk mencari pekerjaan yang lebih layak sehingga merasa nyaman dan senang selama bekerja.

Namun, keluar atau pindah dari perusahaan lama tentunya tidak semudah itu. Anda harus benar-benar memperhatikan penyebab atau alasan apa saja yang membuat yakin untuk pindah kerja.
 

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa bahwa keputusan Anda untuk mencari pekerjaan baru ini tepat dan tidak berujung pada penyesalan di kemudian hari:

1. Terjadi Gejolak Batin secara Berkelanjutan

Hari-hari di tempat kerja mungkin tidak selalu sesuai dengan ekspektasi. Gejolak batin seperti rasa bosan, sedih, dan emosi mungkin akan menghantui perjalanan karier Anda. Namun, gejolak ini tidak wajar jika terjadi secara terus-menerus karena akan menghambat produktivitas di tempat kerja.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan gejolak batin, misalnya traveling, atau melakukan hobi lainnya. Tapi kalau gejolak ini tidak kunjung hilang, bisa jadi ini menunjukkan jika Anda sudah tidak betah berada di kantor tersebut.

Untuk itu, mulailah untuk mencari pekerjaan baru yang membuat Anda lebih nyaman dan senang dalam meniti karier. Sebab, bagaiaman pun juga ketenangan dan kemantapan hati akan mendukung perkembangan karier yang lebih baik. (Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai)

2. Niat untuk Menyelesaikan Tugas Berkurang

Tugas kantor mempunyai tenggat waktu masing-masing dan harus dikumpulkan sebelum deadline tiba. Apabila motivasi untuk menyelesaikan tugas tersebut berkurang bahkan jauh dari motivasi yang kuat sebelumnya, ini pertanda kalau Anda sudah tidak betah berlama-lama di tempat kerja.

Daripada batin tersiksa dan terus-menerus ditegur oleh atasan karena kinerja menurun, lebih baik cari pekerjaan baru dan bangun semangat Anda mulai dari awal lagi. Karena rasa semangat dalam mengerjakan suatu pekerjaan sangat berperan dalam meniti karier.
 

3. Kondisi Keuangan Perusahaan Tidak Stabil

Harus diakui, tidak semua perusahaan selalu memiliki kondisi keuangan yang kuat dan stabil. Nah, jika ternyata perusahaan tempat Anda bekerja saat ini kondisi keuangannya selalu tidak stabil, maka Anda perlu mempersiapkan diri kalau saja suatu ketika terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Sebelum peristiwa ini terjadi, sudah saatnya untuk mencari pekerjaan baru sehingga Anda tidak menjadi pengangguran. Memang, perusahaan akan memberikan pesangon yang setimpal. Tapi pesangon ini tidaklah cukup untuk mencukupi seluruh biaya yang Anda butuhkan selama hidup.

4. Tidak Ada Perkembangan Karier

Tugas yang dikerjakan selama bertahun-tahun memiliki tingkat kesulitan masing-masing, sehingga Anda merasa tertantang untuk mengerjakannya. Apabila level kesulitan tugas selalu sama dan tidak ada perubahan, tugas tersebut tidak akan membuat Anda berkembang karena tidak ada tantangan baru didalamnya.

Padahal, tantangan saat bekerja diperlukan agar kreatifitas Anda bisa terasah seiring dengan berjalannya waktu. Bila hal ini tidak dirasakan, sudah saatnya mencari hal-hal baru atau bahkan pekerjaan baru yang lebih menantang. Jangan biarkan karier Anda stagnan.

5. Adanya Hubungan yang Tidak Harmonis

Tidak sedikit pekerja terjerat hubungan yang tidak harmonis dengan atasannya. Padahal, hubungan baik antara karyawan dan atasan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun apalah daya, meminta atasan baru tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa pertimbangan yang cukup matang dari pemilik perusahaan.

Mau tidak mau, Anda harus tetap bertahan di tempat kerja atau mencari pekerjaan baru di perusahaan yang memiliki hubungan harmonis antara atasan dan karyawannya. Tidak hanya dengan atasan, hubungan harmonis dengan rekan kerja juga sangat penting.
 

6. Jumlah Penghasilan Tak Sesuai Ekspektasi

Tingkat penghasilan yang diterima bergantung pada jabatan dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan. Lulusan fresh graduate biasa menerima gaji setara UMR (upah minimum regional) ditambah upah lembur, uang makan, uang transportasi, dan bonus lainnya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah penghasilan yang diterima akan naik secara signifikan sebagai bukti apresiasi kerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Namun, bila Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun dan belum juga mendapat kenaikan gaji, sudah saatnya untuk menilik perusahaan lain yang mampu menggajimu dengan jumlah yang sesuai.

Kalau gaji yang diterima tetap sama, Anda pun jadi lebih sulit memenuhi kebutuhan hidup yang terus naik dari tahun ke tahun. Bukannya semakin lama bekerja makin sejahtera, yang ada bisa jadi besar pasak daripada tiang, bukan?

Pertimbangkan Sebaik Mungkin untuk Karier Anda

Mengundurkan diri dari perusahaan lama dan mencari pekerjaan baru bukanlah keputusan mudah mengingat jumlah lapangan pekerjaan yang sangat terbatas. Perhatikan setiap aspek dari seluruh sudut pandang. Apabila kondisinya tidak memungkinkan untuk tetap berkarya di tempat kerja yang lama, cari pekerjaan baru yang dapat membuat Anda sejahtera dalam meniti karier semakin cemerlang demi masa depan yang lebih baik.(Nurseffi Dwi Wahyuni-liputan6.com/jko)

 


 

 

 

 

 

12 June 2018
Cantik Saat Lebaran, Lembapkan Dulu Wajah dengan Madu
Madu tidak hanya dapat dikonsumsi di makanan maupun minuman Anda, tetapi juga untuk kecantikan. Madu memiliki sifat antibakteri dan kaya akan kandungan antioksidan. Perawatan dengan madu pun bisa dilakukan menjelang Lebaran agar kulit wajah cantik dan lembap.

Sebagai perawatan jerawat, madu secara alami bersifat antibakteri, sebagai perawatan anti penuaan, madu kaya akan antioksidan, untuk meningkatkan kualitas kulit, madu dapat sangat melembapkan dan menenangkan, sedangkan untuk pori-pori, madu dapat menguncinya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk rutinitas kecantikan, penasaran?
 

1. Masker wajah

Jika digunakan sebagai masker wajah, madu dapat membantu menyamarkan pori-pori, sekaligus memberikan kelembapan untuk kulit kering. Aplikasikan sedikit madu ke kulit yang telah dilembapkan sebelumnya dengan gerakan melingkar, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.
 

2. Perawatan bekas jerawat

Madu bisa diaplikasikan sepanjang malam ketika Anda tidur. Letakkan sedikit madu ke kapas dan aplikasikan di bagian-bagian bekas jerawat pada kulit wajah Anda.

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, campurkan madu dengan minyak teh hijau atau minyak lavender. Sudah pernah coba cara ini?

3. Pembersih

Madu juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Campurkan madu dengan minyak favorit Anda, cobalah minyak kelapa untuk membuat tekstur yang cukup lembut ketika diaplikasikan di kulit wajah.

Anda juga bisa menambahkan sedikit kayu manis, kunyit, dan pala untuk aroma yang lebih baik. Pijatkan di kulit wajah hingga makeup luntur, dan melembapkan secara bersamaan.
 

4. Eskfoliator

Eksfoliasi penting untuk dilakukan setiap satu atau dua kali dalam seminggu. Anda bisa membuat scrub untuk bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki.

5. Mandi

Jika Anda berurusan dengan kulit kering di musim dingin, cobalah mandi air hangat dengan campuran madu. Campirkan dua cangkir madu ke dalam bak mandi, berendam di dalamnya selama 15 menit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, tanpa iritasi.(Unoviana Kartika Setia-liputan6.com/jko)

 


 

 

 

 

07 June 2018
Perbanyak Ibadah, Ini Keutamaan Malam Lailatul Qadar
Saat malam Lailatul Qadar, sangat disunahkan untuk menjalankan salat malam. Oleh beberapa ulama, ahli agama, serta beberapa periwayat hadis, dijelaskan bahwa di malam ini, ketentuan ajal, juga rezeki, kembali dicatat dan ditetapkan. Siapa yang mendirikan salat malam dengan sungguh-sungguh di malam ini, Allah juga akan menjamin pengampunan untuknya. Allah bahkan akan menggugurkan dosa-dosa yang pernah dibuatnya selama ini. 

Di malam ini juga, siapa yang meminta akan dikabulkan permintaannya. Siapa yang berdoa dengan sungguh-sungguh, akan diijabah doa-doanya. Dalam bahasa Arab, Lailatul Qadar diartikan sebagai malam ketetapan.
 

Sebagian ulama juga percaya Alquran pertama kali diturunkan di malam Lailatul Qadar.

"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Alquran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan penuh dengan hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami." (QS. Ad-Dukhan, 3-5).
 

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam penuh keutamaan. Keutamaan-keutamaan yang ditawarkan malam ini antara lain adalah malaikat turun ke Bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan Lailatul Qadar. Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya.

"Allah melapangkan rezeki yang dikehendaki dan mempersempit (bagi yang dikehedaki-Nya)." (QS. Ar-Rad, 26) 

Segala amalan baik di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Sebagai malam yang lebih mulia dari 1000 bulan, malam ini tidak bisa disamakan dengan malam-malam lain. Imam Mujahid, qotadah dan ulama besar lain berpendapat bahwa malam ini adalah malam yang begitu mulia dan utama.

"Lailatul Qadar itu lebih utama dari seribu bulan" (QS. Al Qadar, 3). Malam Lailatul Qadar dijelaskan sebagai malam yang penuh dengan kesejahteraan.

"Malam itu (Lailatul Qadar) penuh kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadar, 5). 

Orang-orang yang senantiasa beribadah dengan tulus, mendirikan salat, baik salat wajib dan sunah, membaca Alquran, berzikir, dan melakukan kebaikan di malam ini akan mendapatkan ketenangan serta kesejahteraan. Orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam ini juga akan dijaga oleh para malaikat yang sedang turun ke Bumi.

"Di malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS. Ad-Dukhan, 4).
 

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Para ahli agama dan beberapa periwayat hadis seperti Imam Bukhari, Abu Malik, Abdullah Bin Umar, Mujahid, Imam Muslim dan sebagainya menyebutkan bahwa di malam Lailatul Qadar, penulisan takdir di lauhul mahfudz dalam setahun akan dirinci. Di malam ini, ketentuan ajal juga rezeki juga akan kembali dicatat dan ditetapkan. Siapa yang mendirikan salat malam dengan sungguh-sungguh di malam ini, Allah juga akan menjamin pengampunan untuknya. Allah bahkan akan menggugurkan dosa-dosa yang pernah dibuatnya selama ini.

Barang siapa melaksanakan salat malam di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari). 

Itulah keutamaan dari malam Lailatul Qadar. Dan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan kali ini, mari kita semua umat muslim berlomba-lomba dalam menghidupkan malam Lailatul Qadar. Perbanyak lagi amalan-amalan baik seperti membaca Alquran, mendirikan salat malam atau tahajud, berzikir dan bersedekah.

Marhaban ya Ramadan, selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Selamat menyambut Lebaran hanya beberapa hari lagi.(Rohmitriasih-liputan6.com/jko)

 

 

 

05 June 2018
Buka Puasa dengan Segelas Air Hangat, Ini Faedahnya
Meneguk air es saat buka puasa biasanya pilihan favorit banyak orang. Air yang dingin memang langsung memberikan reaksi segar. Namun, ahli kesehatan tidak menyarankan hal ini. Kenapa?

Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc beberapa saat lalu pernah menyampaikan bahwa saat puasa suhu tubuh akan menurun. Dikhawatirkan bila langsung minum es atau air bersuhu dingin saat buka puasa, tubuh akan kaget.
 

"Coba cek, sewaktu puasa, suhu tubuh kita menghangat. Sehingga akan lebih baik minum air hangat saat buka puasa," pesan Saptwati, ditulis Selasa (5/6/2018).

Suhu air yang dingin atau panas juga tak membuat nyaman tenggorokan. Sementara, suhu air yang hangat akan nyaman di tenggorokan yang selama belasan jam tidak minum.

"Selain itu, jika buka puasa langsung minum air dingin, membutuhkan waktu bagi lambung menyesuaikannya," katanya.
 

Batasi minuman manis

Saptawati juga menyarankan saat buka puasa untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis. Menurutnya, minuman atau makanan manis itu tinggi kalori, jika dikonsumsi berlebihan bisa menjadi lemak di tubuh.

"Kita kan dianjurkan untuk makan satu kurma. Tapi apa, kebiasaan orang kita makan satu mangkuk kolak dengan banyak gula," terangnya.(Fitri Syarifah-liputan6.com/jko)

 

 

30 May 2018
Tips Tetap Sehat Saat Berpuasa
Dengan berpuasa, tubuh akan beristirahat dan pencernaan pun akan semakinterawat dan sehat karna dapat memperbaiki proses regenerasi pencernaan. Maka berpuasa bukanlah hal yang merugikan.

Namun jika ingin mendapatkan manfaat dari puasa tersebut, kamu harus mengonsumsi makan sehat. Ketua Department Ilmu Gizi RSCM FKUI, dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK menjelaskan penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh ketika puasa.
 

Pada saat puasa, waktu makan terbagi menjadi tiga, yaitu ketika sahur, berbuka, dan setelah tarawih. Berikut ulasan cara benar mengonsumsi makanan saat bulan puasa.

Pada saat sahur

Saat sahur utamakan mengkonsumsi makanan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein. sayur, dan buah serta air putih 2-3 gelas. Hindari minuman yang manis karena dapat mempercepat rasa lapar muncul.

Pada saat berbuka

Saat berbuka puasa biasanya makan kita jadi tidak terkontrol karena lapar mata. Padahal berbuka puasa yang benar ialah diawali dengan makanan atau minuman yang manis untuk mengganti kadar glukosa darah yang sudah turun selama berpuasa seperti teh manis. kurma, dan kolak.

Lanjutkan dengan makan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah serta minum 3-4 gelas air putih. Setelah tarawih bisa diisi kembali dengan makanan kecil serta air putih 1-2 gelas.

Setelah Tarawih

Sebaiknya setelah tarawih jangan makan-makan berat. Jika lapar melanda kamu bisa makan buah atau minum 1-2 gelas.

"Pola makan saat puasa perlu disesuikan dengan perubahan frekuensi makan saat puasa. Jumlah makan saat puasa disesuikan dengan kondisi seseorang, komposisi makanan harus memenuhi komposisi makanan seimbang, serta cairan harus tercukupi dengan memilih jenis dan suhu minuman,"ujar dr. Fiastutu, saat ditemui di Beranda Kitchen, Senin, (21/5).(Anisha Saktian Putri-liputan6.com/jko)

 

28 May 2018
Tips Atur THR Jelang Lebaran
Baru seminggu puasa, woro-woro THR sudah mulai terendus ya. Tentu THR yang didapat masing-masing orang beda ya. Biasanya THR ini bisa berupa uang, tentu masing-masing orang berbeda nominal yang diterima ada yang ½ bulan gaji, 1 bulan gaji, bahkan ada yang 2 bulan gaji.

Kamu sudah hitung ya bakalan dapat berapa tuh THR-nya?

Begini cara mengatur THR kamu biar nggak cepat habis.
 
Sebelumnya saya ingin share dulu ada 3 sifat manusia ketika terima uang, yaitu:

1. Sifat yang Orang Miskin: Dapat uang langsung dihabiskan, sisanya baru ditabungkan. Kalau yang namanya dihabiskan apa ada sisanya? Tentu tidak ya. Namanya saja dihabiskan

2. Sifat yang Orang Menengah: Dapat uang langsung dibelikan barang-barang yang kesannya produktif padahal konsumtif. Misalnya beli mobil, motor dan handphone yang baru.

3. Sifat yang Orang Kaya: Ketika dapat uang pertama disisihkan (minimal 10% boleh lebih). Disisihkan, sisanya cukup-tidak cukup itulah yang digunakan.

Disisihkan tidak pernah dipakai sampai kapanpun, hanya dipindahkan ke investasi yang aman dan menguntungkan. Sifat yang Orang Kaya adalah menyisihkan / aset alokasi.

Pertanyaannya berapa yang disisihkan? Begini, Ada dua yaitu Alokasi Sederhana dan Alokasi Lengkap.

Kalau Alokasi Sederhana:
  • Minimal 10% untuk hari tua, investasi yang aman dan menguntungkan
  • Minimal 20% untuk bayar utang/cadangan s/d 6 bulan gaya hidup/investasi yang tumbuh dan menguntungkan
  • Maksimalkan 70%, habiskan
Alokasi Lengkap:
  • Minimal 10%, untuk hari tua, investasi yang aman dan menguntungkan
  • Minimal 10%, untuk investasi leher keatas
  • Minimal 10%, untuk amal
  • Minimal 10%, bayar utang/cadangan s/d 6 bulan gaya hidup/investasi yang tumbuh dan menguntungan
  • Maksimal 10%, alokasi kesenangan
  • Maksimalkan 50%, habiskan
Semoga Bermanfaat.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
18 May 2018
Puasa Ramadhan dan Rasa Syukur
ORANG berpuasa karena ragam motivasi. Ada yang melakukannya karena sadar bahwa itu kewajiban. Ada pula yang memang karena sekadar terbawa lingkungan sekitar alias ikut-ikutan. Ada juga yang menyadari bahwa puasa itu adalah salah satu kebutuhan manusia dalam hidupnya.

Dari sekian banyak motivasi, tiada lagi yang lebih tinggi dan mulia dari sebuah kesadaran melakukannya karena rasa syukur. Yaitu menyadari secara penuh bahwa puasa itu adalah karunia yang luar biasa dari Allah SWT. Tidak sekadar kewajiban, tidak juga karena keperluan, apalagi karena didorong oleh keadaan.

Melakukan puasa karena merasa diwajibkan boleh jadi melahirkan perasaan terpaksa. Mau atau tidak mau harus dilakukan karena memang kewajiban. Tapi dalam hati boleh jadi timbul waswas dan rasa dipaksa melakukannya. Jika ini terjadi maka nilai puasa, baik secara pahala maupun sebagai kekuatan transformasi karakter, menjadi minim.

Akibatnya puasa menjadi amalan wajib tahunan yang hampa. Setelah Ramadhan semua kembali menjadi seperti biasa. Pahala kebaikan kembali modal karena sekadar melaksanakan kewajiban. Pesan moral puasa juga tidak efektif karena tidak menyentuh kesadaran terdalam.

Melakukan puasa karena kebutuhan juga berakhir dengan hasil yang kurang maksimal. Sebab melakukannya seolah memenuhi keinginan pribadi. Jika hal ini diungkapkan dalam bahasa negatif maka puasa seperti ini seolah sekadar memenuhi hawa nafsu.

Dan karenanya pilihan tertinggi adalah berpuasa karena memang menyadari jika puasa itu merupakan karunia besar dari Allah SWT. Sebuah kenikmatan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya selama sebulan itu.

Menyadari kenikmatan puasa menjadikan berpuasa tidak saja mudah dan ringan. Puasa akan dilakukan dengan penuh gembira dan nikmat. Detik demi detik akan berlalu dengan kelezatan menjalankannya.

Ternyata memang syukur itu adalah fondasi utama dalam melakukan uhudiyah kepada Allah SWT. Bahwa ibadah bukan sekadar kewajiban agama yang ditujukan untuk mengumpulkan pahala. Tapi memang sebuah ekspresi iman untuk mengakui semua karunia nikmat Allah dalam hidup.

Dan ini pula rahasianya jawaban Rasulullah ketika ditanya oleh isterinya yang terkagum dengan salat malam dan seluruh ibadahnya, lalu bertanya: “Kenapa engkau melakukan semua ini ya Rasulullah?”. Beliau menjawab: “Tidakkah saya seharusnya menjadi hamba yang mampu bersyukur (kepada Allah)?”.

Semoga kita semua mampu mencapai tingkatan kesyukuran dalam menjalankan Ibadan puasa ini. Ringan, senang, tenang, dan merasakan lazzah ubudiyah (kelezatan ibadah) kepada Allah SWT. Amin! (Tim Sindonews/jko)
16 May 2018
Tak Perlu Jadi Pengusaha, Ini 6 Keuntungan Jadi Karyawan Biasa
Menjadi karyawan biasa di sebuah perusahaan seringkali membuat seseorang merasa jenuh. Terlebih jika lingkungan kantor tidak menyenangkan, mulai dari konflik dengan rekan kerja hingga atasan yang terlalu banyak menuntut.

Namun dibandingkan menjajal bisnis sendiri, menjadi karyawan ternyata memiliki banyak keuntungan. Anda juga tak perlu pusing mengatur keuangan demi mencukupi target modal.
 

Bekerja sebagai karyawan juga memberikan manfaat lain yang mungkin tak Anda sadari. Berikut enam keuntungan menjadi karyawan biasa seperti dilansir dari magforwomen.com, Rabu (16/5/2018):

1. Mandiri secara finansial

Keuntungan paling utama dengan menjadi karyawan biasa adalah Anda bisa menjadi mandiri secara finansial. Anda menghasilkan uang dan bisa menghabiskannya sesuka hati.

Berbeda dengan pemilik bisnis yang setiap kali mendapatkan laba, harus berpikir soal gaji karyawan, modal, investasi dan berbagai hal lainnya.

2. Tunjangan kesehatan

Di banyak perusahaan, para karyawan diizinkan untuk memilih asuransi medis yang nanti ditanggung perusahaan. Bayangkan, jika Anda dikenai biaya besar karena keadaaan medis yang darurat namun tak perlu membayarnya.
 

3. Bisa menyalurkan bakat

Saat bekerja di bidang yang sangat disukai, Anda dapat dengan mudah menyalurkan bakat pribadi. Berkarir sebagai karyawan menjadi terasa lebih menyenangkan saat Anda dapat menggunakan bakat yang dimiliki.

4. Lebih produktif menggunakan waktu

Saat menjadi karyawan di suatu perusahaan, Anda cenderung memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Anda cenderung terdorong bekerja produktif demi mendapatkan gaji yang sepadan.
 

5. Menambah pengetahuan

Bekerja di sebuah perusahaan dengan menjadi karawa, Anda dapat mempelajari ribuan hal baru. Bahkan saat pindah kantor pun, Anda dapat mempelajari gagasan bisnis baru.

Selain itu, Anda juga bisa belajar dari budaya kerja yang berbeda. Konflik di tempat kerja yang kadang muncul juga bisa meningkatkan kemampuan Anda mengatasi masalah.

6. Tumbuh dengan profesional

Setelah bekerja menjadi karyawan dalam waktu lama, Anda akan mencapai level profesional dalam berkarir. Dengan bekal tersebut, Anda dapat meraih pendapatan yang lebih besar dan tentu saja bebas berbelanja apapun.(Sika Amelie F Deil-liputan6.com/jko)

 

 

 

15 May 2018
Empat Karier yang Bisa Dimulai Sejak Kuliah
Jika berbicara mengenai karier impian, para milenial hidup di jaman yang penuh dengan kesempatan mengagumkan. Karier yang tidak pernah ada sebelumnya banyak bermunculan, sementara profesi yang sudah lama ada disegarkan oleh perubahan.

Consumer Marketing Manager Intel Asia Pacific and Japan Territory Rini Hasbi  menjelaskan, Jika Anda membaca iklan lowongan pekerjaan, Anda akan menemukan semakin banyak lowongan untuk programer artificial intelligence(AI), analis data, dan ahli search engine optimization (SEO).

Pekerjaan-pekerjaan ini merupakan evolusi dai pekerjaan-pekerjaan lebih tradisional, seperti programer komputer dan ahli statistik. "Sementara itu, infleuncer sosial media, vlogger, dan livestream gamer adalah pekerjaan-pekerjaan baru yang berawal dari passion ataupun hobi," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/5/2018).

Sebuah laporan dari World Economic Forum (WEF) mengutip riset yang mengestimasi bahwa 65 persen murid sekolah dasar saat ini akan berkecimpung di pekerjaan-perkerjaan yang belum eksis. Dengan adanya perangkat dan teknologi masa kini, anak kuliah milenial memilik segala kesempatan untuk mengubah passion dan ketertarikan mereka menjadi karier kontemporer.

Rini melanjutkan, terdapat empat anak muda yang telah membangun karier sukses dengan menggunakan teknologi yang tepat dalam mengejar passion mereka, berikut ulasannya:

1.Wirausaha
 

“Milenial jaman sekarang menikmati banyak kesempatan untuk memulai bisnis yang mereka passionate,” kata Heret Frasthio, pendiri Elders Company. Bisnis miliknya membuat motor modifikasi serta peralatan bermotor seperti yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ,seorang pengemar motor, saat touring.

President Joko Widodo sangat mendukung wirausahawan muda dan mengatakan bahwa Indonesia butuh memperbanyak jumlah wirausahawan dari angka 3 persen di antara populasi menjadi 14 persen.

Presiden menambahkan bahwa para wirausahawan juga harus pintar menggunakan teknologi karena Indonesia akan memasuki Revolusi Industri Keempat dimana ekonomi akan menjadi digital.

Heret setuju bahwa teknologi, termasuk yang dia gunakan dalam merancang motor modifikasi, sangat berperan dalam bisnisnya. Akan tetapi, memahami dasar-dasar bisnis, seperti branding dan target pasar, Career Trend sama pentingnya karena kepintaran berbisnis dan menggunakan teknologi, begitu digabungkan dengan passion, akan menghasilkan sukses.

Sebagai pencinta motor, Heret telah menjadi bagian dari budaya motor sejak lama dan ini memberikannya wawasan tentang pasar yang cocok dengan merek miliknya.

“Ketika saya mendirikan Elders Company, saya sudah menjadi bagian dari komunitas motor. Ini memungkinkan saya untuk benar-benar memahami apa yang diperlukan target pasar,” katanya.

“Selain itu, ketika saya menggunakan sosial media seperti blog dan Instagram, saya sudah tahu kepada siapa pesan saya harus ditujukan.
 

2. Konten Kreatif

Indonesia adalah bangsa yang kreatif dan banyak artis yang kini menggunakan teknologi bukan hanya sebagai alat untuk menciptakan, tapi juga sebagai sarana untuk menunjukkan hasil karya mereka. Satu keuntungan dari kerja kreatif dalam ekonomi digital masa depan adalah ketahanannya.

Sebuah studi dari World Economic Forum (WEF) menunjukkan bahwa teknologi, seperti artificial intelligence (AI), bisa mengantikan pekerjaan repetitif namun pekerjaan kreatif akan selalu membutuhkan sentuhan manusia.

Ilustrator Diela Maharanie adalah salah satu pekerja kreatif masa kini yang menggunakan teknologi, dari stylus hingga perangkat lunak, untuk mengubah sketsa yang digambar dengan tangan menjadi ilustrasi digital warna-warni yang dicetak di tas kosmetik, sampul majalah, dan bahkan sofa.

Proyek-proyek dia menunjukkan versatilitas karier seorang illustrator; karyanya bisa ditampilkan di berbagai medium mulai dari mural di galeri hingga pakaian.

Diela, yang menunjukkan karyanya di situs seni dan sosial media, juga telah berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti Instagram.

“Untuk menjadi illustrator yang sukses, kamu harus konsisten berkarya supaya kamu bisa membangun portfolio yang berciri khas,” kata Diela Maharanie.
 

3.Fotografi

Fotografi telah menjadi popular tapi untuk mengubah hobi menjadi karier sesugguhnya, mereka yang bercita-cita menjadi fotografer harus mempelajari teknik fotografi.

Platform online, seperti blog dan forum, adalah tempat yang cocok untuk belajar karena di sana, fotografer professional kerap berbagi ilmu dan membantu fotografer yang sedang belajar.

Fotografer Nicoline Patrica Malina setuju akan pentingnya bertemu orang-orang yang bersedia membagikan ilmu fotografi, seperti cara menggunakan photo editing software. “Mereka yang bercita-cita menjadi fotografer harus belajar dari para profesional. Ini akan sangat menolong karir mereka,” katanya.

Nicoline adalah salah satu contoh orang yang mengubah passion menjadi karier, lalu menjadi bisnis. Selain mengerjakan foto untuk majalah fashion seperti Harper’s Bazaar, Nicoline juga menjalankan NPM Photography, agensi foto miliknya.

Menurutnya, fotografer bisa mengembangkan karier dari menerima proyek hingga menjalankan usaha sendiri dengan menggunakan jejaring dan kesempatan yang ada.

“Pekerja kreatif mengerjakan berbagai projek secara mandiri dan iniakan mengajarkan mereka tentang wirausaha,” katanya.
 

4.Gaming

Gaming bukan lagi sebatas hobi di waktu luang. Kini, turnamen e-sport menawarkan hadiah prestisius bagi para pemenang, seperti Sasha ‘Scarlett’ Hostyn yang mendapatkan hadiah utama sebesar USD 50.000 di turnamen gaming Intel Extreme Masters 2018.

Indonesia juga memiliki gamer-gamer yang menjadi pemain profesional, selain mengejar karier lainnya,seperti pelatih gaming dan shoutcaster (komentator di gaming battle), di industri tersebut.

Donna Visca, seorang multi-player, online battle arena gamer yang fokus pada Dota 2, telah sukses mengubah passion menjadi karier sebagai livestreamer di sosial media dan shoutcaster di acara-acara e-sport.

Tantangan dia adalah meyakinkan orang tua atas pilihan karirnya. “Orangtua pada umumnya tidak melihat gaming sebagai karier sungguhan. Persepsi ini adalah tantangan yang dihadapi banyak gamertapi pandangan orang tua bisa berubah ketika anak mereka mulai memenangi turnamen-turnamen prestisius dan mampu menyokong kehidupan mereka dari passion mereka,” katanya.

Tidak seperti pandangan tradisional, beberapa studi menunjukkan bahwa gamingbermanfaat karena menstimulasi kemampuan pendengaran, visual, dan kinestetik.

Selain itu, multi-player online games mengajarkan orang untuk bekerja sama dalam satu tim, sebuah kemampuan yang penting di kehidupan nyata.

Jadi, wirausaha, konten kreatif, fotografi, dangamingadalah empat karier menarik yang para milenial bisa mulai sejak masa kuliah. Dan dengan adanya berbagai macam teknologi yang terus berkembang di sekitar kita, daftar karier jaman sekarang pastinya akan terus bertumbuh.(Arthur Gideon-liputan6.com/jko)

 

 

 


 

Page 3 of 64      < 1 2 3 4 5 >  Last ›