Selingan

13 August 2018
Ingin punya banyak uang, lakukan penghematan terhadap 3 hal ini
Ada banyak cara untuk mendapatkan kesuksesan, salah satunya dengan berhemat. Seperti pria berusia 28 tahun yang berasal dari Minneapolis, Minnesota dengan nama samaran Sean, telah berhasil membukukan USD 250.000 atau Rp 3,62 miliar.

Dilansir CNBC, Sean menghemat lebih dari 60 persen dari gajinya untuk 3 hal penting, yakni perumahan, transportasi dan makanan. Bahkan, rata-rata orang Amerika menghabiskan 70 persen dari anggaran tahunan mereka untuk tiga biaya ini.

"Jika Anda dapat membatasi pengeluaran itu, di situlah penghematan besar waktu Anda akan datang," katanya.

Dia pun membagikan strategi dalam menghemat anggaran terhadap 3 hal tersebut. Pertama, menghemat biaya sewa. Anda bisa membagi sewa rumah dengan pasangan, keluarga, atau kerabat.

Selain itu, Anda juga perlu menghemat untuk membeli perabotan rumah. Pastikan Anda tidak mendapatkan lebih dari apa yang Anda butuhkan. Cara lain untuk menghemat perumahan, yang mungkin tidak layak untuk semua orang, adalah pindah ke kota yang lebih murah.

Kedua, transportasi. Anda bisa menghemat ongkos untuk transportasi dengan 'nebeng' dengan rekan atau tetangga. Selain itu, menggunakan transportasi umum juga salah satu caranya. Meskipun Anda tidak dapat menghemat waktu, kemungkinan Anda akan menghemat uang.

Jika Anda tinggal dekat dengan kantor, Anda bisa bersepeda. Selain menghemat uang, Anda juga bisa berolahraga.

Ketiga, makanan. Delivery order memang lebih mudah dilakukan oleh banyak orang. Tak perlu membuang waktu atau membuang tenaga. Sayangnya, cara ini justru akan mengeluarkan banyak uang Anda.

Sean mengatakan, jika Anda ingin menghemat makanan, habiskan lebih banyak waktu di dapur Anda. Anda bisa membeli bahan makanan di pasar dan mengolahnya sendiri di dapur. Cara ini sangat ampuh untuk menghemat anggaran dalam makanan.(Siti Nur Azzura-Merdeka.com/jko)

 
08 August 2018
7 Hal ini bisa menandakan Anda bakal naik jabatan Jika Anda telah lama menggeluti suatu pekerjaan, mungkin Anda akan bertanya-tanya apa saja tanda-tanda yang dilakukan atasan Anda untuk mempromosikan Anda. Mungkin ada euforia yang yang tidak dapat Anda tandai dengan jelas, atau mungkin Anda memiliki rasa percaya diri baru di tempat kerja.

Mungkin karena Anda akhirnya mendapatkan promosi di tempat kerja, tetapi sulit untuk memastikannya sampai benar-benar terjadi. Dikutip Business Insider, ada 7 hal yang menandakan Anda bakal mendapat promosi di tempat kerja.

Meski demikian, tanda-tanda ini bisa saja memberikan arti yang berbeda. Sehingga, jika Anda berpikir Anda melihat tanda-tanda tersebut, Anda harus tetap fokus untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda.

Pertama, Anda secara tiba-tiba diundang dalam pertemuan yang biasanya tidak Anda ikuti. Ini adalah pertanda bagus, terlebih lagi jika Anda diminta untuk memberikan saran. Dan jika Anda berada dalam pertemuan dengan manajemen senior, manajer dari departemen lain, atau klien utama, ini menandakan bahwa pimpinan Anda menaruh kepercayaan terhadap kemampuan Anda.

Kedua, Anda diminta untuk menangani proyek khusus dengan tanggung jawab tambahan. Ini menunjukkan bahwa Anda telah mendapatkan kepercayaan dari pimpinan Anda, dan ini adalah peluang besar untuk tumbuh dan menunjukkan keterampilan baru.

Ketiga, Anda ditawari peluang pelatihan, karena pimpinan Anda melihat kemampuan yang Anda miliki sehingga harus dikembangkan. Terlebih lagi jika Anda yang melatih rekan kerja Anda.

Keempat, Anda sering diminta untuk memberikan masukan saat rapat. Hal ini bisa berarti bahwa orang menghormati kebijaksanaan, penilaian, dan pengalaman Anda.

Kelima, Anda sering mendapat pujian dari atasan Anda. Jika Anda sering menerima email dengan kata "Good Job" dari atasan Anda, atau Anda sering dipuji di depan umum saat rapat, maka Anda berpeluang untuk dipromosikan.

Ke enam, Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, hal ini penting untuk promosi. Itu berarti Anda tidak melampiaskan amarah, marah pada orang yang salah bicara atau kasar, keluar dari rapat, atau memberikan perawatan diam-diam.

Ketujuh, Anda perlahan-lahan mengambil tanggung jawab yang tidak Anda miliki sebelumnya. Ini adalah tanda terbesar. Jika tanggung jawab Anda berada di level yang lebih tinggi dari gelar Anda, Anda akan mendapatkan promosi.(Siti Nur Azzura-Merdeka.com/jko)

06 August 2018
7 Ide Bisnis Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga
Tidak sedikit kaum hawa yang memilih melepaskan pekerjaan atau kariernya karena memilih menjadi ibu rumah tangga di rumah. Keputusan itu seringkali lahir begitu si buah hati lahir. Menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya di rumah dan mendedikasikan waktu sepenuhnya mengurus rumah, anak dan melayani suami, bukan pekerjaan ringan.

Banyak ibu rumah tangga yang mengeluhkan rasa bosan, lelah berkepanjangan, dan merasa kurang berdaya secara finansial. Walaupun suami sudah menutup kebutuhan finansial, kadangkala masih ada perasaan ingin produktif finansial secara mandiri.

Syukurlah saat ini bekerja tidak harus datang ke kantor jam 9 hingga jam 5 sore. Era teknologi internet yang semakin canggih ini memungkinkan kita mendapatkan penghasilan tanpa beranjak dari rumah.
 

Kamu yang saat ini tengah bosan menjadi ibu rumah tangga biasa di rumah, bisa menimbang untuk menjalankan bisnis ibu rumah tangga atau menjadi mompreneur.

Jika tidak tahu ingin menjalankan bisnis ibu rumah tangga yang seperti apa, HaloMoney.co.id punya beberapa rekomendasi ide yang bisa kamu pilih. Siapa tahu ide-ide bisnis ibu rumah tangga di bawah ini cocok dengan keterampilanmu. Simak daftarnya di sini:

1. Makanan kemasan

Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang pertama sudah pasti tak jauh-jauh dari yang namanya memasak. Kenapa tidak membuka catering saja? Catering membutuhkan waktu memasak yang lebih lama sehingga pasti akan menyita waktumu. Cobalah untuk berbisnis makanan kemasan, seperti sambal kemasan, rendang kemasan, kue kering, keripik, atau aneka makanan beku.

2. Menjual barang untuk dekorasi rumah

Suka mendekorasi rumah? Bagaimana jika kamu menjual barang-barang untuk dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung ricecooker, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, cobalah untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang daganganmu, lalu foto dan promosikan di sosial mediamu.

3. Bisnis aksesoris

Kalau kamu suka membuat kerajinan tangan, seperti aksesoris, keahlian ini jangan kamu sia-siakan. Membuat aksesoris ini tidak hanya terbatas pada aksesoris orang dewasa saja, tapi juga bisa aksesoris anak-anak, seperti headband atau bandana untuk anak perempuan.

4. Bisnis tanaman hias

Sekarang tanaman hias tak lagi dipajang di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Jadikan ini sebagai peluang bisnis untuk ibu rumah tangga jika kamu memiliki keahlian merawat tanaman. Selain tanaman hias, kamu juga bisa menjual tanaman hias jenis herbal yang bisa digunakan untuk keperluan dapur.

5. Bisnis mainan dan perlengkapan anak

Buat kamu yang sudah memiliki buah hati, membuka bisnis mainan dan perlengkapan anak bisa kamu pertimbangkan berhubung teman-temanmu juga pastinya sudah banyak yang memiliki anak sepertimu. Untuk mainan, cobalah untuk menjual mainan edukatif yang sedang jadi tren saat ini.

6. Menjadi reseller pakaian

Bisnis reseller pakaian memang menjadi bisnis ibu rumah tangga yang paling banyak digemari karena tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup berbekal handphone dan internet saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Berhubung persaingan di bisnis ini sangat ketat, cobalah untuk menjual pakaian yang lebih spesifik. Misalkan pakaian khusus kantor, kebaya, gaun pesta, atau pakaian rumah.

7. Menjadi freelancer

Tak mau pusing-pusing berbisnis, kamu bisa menjadi freelancer dengan mengandalkan kemampuan atau keterampilan yang kamu miliki, misalkan menjadi penulis, penerjemah, desain, admin sosial media, dan lain sebagainya.

Sekarang sudah tahu bukan caranya menjalankan bisnis ibu rumah tangga agar bisa sukses. Kalau kamu merasa modal bisnis ibu rumah tangga tidak mencukupi, kamu bisa mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) melalui situs HaloMoney.co.id karena ada banyak pilihan KTA yang bisa kamu pilih. Selamat berbisnis Moneysavers!(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)

 

 

 

 

26 July 2018
Meraih Predikat Mabrur

Meraih predikat mabrur merupakan dambaan bagi setiap calon jamaah haji (calhaj). Hal ini tidak terlepas dari keutamaan haji mabrur sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga. (HR Bukhari dan Muslim).

An-Nawawi rahimahullah menjelaskan, Yang dimaksud, `tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga', bahwasanya haji mabrur tidak cukup jika pelakunya dihapuskan sebagian kesalahannya. Bahkan, ia memang pantas untuk masuk surga. (Syarh Shahih Muslim). Banyak pendapat yang dilontarkan para ulama terkait dengan pengertian haji mabrur, satu pendapat dengan pendapat lainnya saling berkaitan dan berdekatan.

Dari berbagai pendapat itu disimpulakan oleh al-Qurthubi, Kesimpulannya, haji mabrur adalah haji yang dipenuhi seluruh ketentuanya dan dijalankan dengan sesempurna mungkin oleh pelakunya (mukallaf) sebagaimana yang dituntut darinya. (Jalaluddin as-Suyuthi, Syarhus Suyuthi li Sunan an-Nasa'i, juz, V, h. 112).

Meraih predikat haji mabrur tidak semudah kita mengucapkannya. Diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang cukup berat melibatkan materi, hati, pikiran, dan fisik prima yang membuat haji yang kita laksanakan menjadi mabrur. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh para calhaj agar bisa meraih predikat mabrur.Pertama, menjaga niat dan tujuan kita berhaji adalah semata-mata karena Allah SWT.

Niat ini harus dijaga dan dipelihara, baik saat akan berhaji, sedang berhaji, maupun setelah pulang berhaji. Sebab, tidak jarang sepulang haji, niat yang tadinya ikhlas semata karena Allah berubah menjadi riya. Niat ikhlas semata karena Allah SWT ini dijelaskan dalam Alquran surah al-Baqarah (2) ayat 196, Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Kedua, laksanakan ibadah haji selaras dengan manasik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Hal ini penting karena seikhlas apa pun kita berhaji kalau manasiknya menyelisihi manasik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW maka hajinya tidak sah dan jauh dari kemabruran. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya, Ambillah dariku manasik-manasik kalian. (HR Muslim).

Ketiga, sebelum berangkat haji, hendaknya kita mempelajari dan mendalami hikmah yang terdapat dalam setiap prosesi haji. Hal ini dilakukan karena banyak ritus haji penuh dengan simbol yang tidak dapat kita pahami kecuali dengan mengambil hikmah yang terdapat di dalamnya.

Makin banyak kita memahami hikmah dari prosesi haji, akan makin khusyuk dalam menjalankan berbagai amalan haji. Ketiga hal ini mampu menjadikan haji kita mabrur karena dengan niat yang ikhlas dan manasiknya sesuai dengan yang disyariatkan, akan menjadikan hajinya diterima dan dengan hikmah akan menjadikan hajinya mabrur yang terlihat dari perubahan sikap diri positif sepulangnya dari haji.

Saat ini, para calon jamaah haji dari berbagai negeri sudah mulai bergerak dan berangkat ke Tanah Suci guna melaksanakan ibadah haji. Semoga mereka dikaruniai keikhlasan, diberi kemudahan dan kelancaran, serta dibimbing untuk memperoleh haji mabrur.Allahumaj'alhum hajjan mabruron." Artinya, ya Allah, jadikan haji yang mereka lakukan menjadi haji yang mabrur. Amin. Wallahu'alam.(Moch Hisyam-Republika.co.id/jko)

25 July 2018
Mau Cepat Bangkit dari Kegagalan? Coba 5 Cara Jitu Ini
Kenyataan memang tak selamanya sejalan dengan keinginan. Tak jarang, kenyataan yang ada sering kali di luar ekspektasi, bahkan jauh dari yang kita harapkan. Seperti kegagalan, yang kedatangannya tak pernah diharapkan.

Walaupun kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti oleh banyak orang, kita haruslah mampu menghadapinya agar mampu move on atau bangkit dari kegagalan dan mencapai kesuksesan. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bangkit dari kegagalan, namun tidaklah mustahil, selama kita mau berusaha dan semangat.

Lalu, bagaimana cara bisa kembali bangkit? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara menghadapi kegagalan dan bisa cepat move on.

1. Pasang Senyuman di Wajah

Kegagalan yang dialami pastilah meninggalkan rasa kecewa yang membekas karena usaha kita terkesan sia-sia dan tak berarti. Walau demikian, jangan lupa bahwa kamu berhak bahagia. Jangan sampai gagal menghilangkan senyum di wajah.

Hadapi kegagalan dengan hati yang sabar dan penuh senyuman, dijamin Anda akan merasa lebih lega dan tidak berlarut dalam kesedihan lagi. Sehingga, Anda pun siap untuk melangkah lebih jauh lagi meraih kesuksesan. Jadi, tersenyumlah bukan hanya di hati saja, tapi benar-benar pasang senyuman itu di wajah Anda.

2. Ingatlah, Kegagalan Itu Proses Menuju Keberhasilan

Gagal memanglah sakit. Tapi Anda harus percaya bahwa kegagalan itulah yang akan menguatkan diri untuk kembali bangkit. Ingatlah bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan cara yang instan, semua pasti melalui proses panjang dan rintangan, termasuk kegagalan.

Di saat mengalami kegagalan, janganlah takut. Di posisi itulah Anda akan banyak belajar tentang diri Anda untuk ditempa sebelum menerima keberhasilan. Jadi, selalu ingat-ingat sekelumit nasihat lama itu, ya?

3. Tak Enggan untuk Belajar dari Pengalaman

Pelajaran tidak melulu dari pengalaman sendiri, tapi juga bisa diperoleh dari pengalaman orang lain. Tak ada salahnya Anda belajar dari pengalaman orang lain, dari kegagalan yang pernah mereka hadapi. Sehingga Anda tidak mengalami kegagalan yang sama.

Dan kalaupun Anda pernah mengalami kegagalan, itu bukanlah sesuatu yang buruk. Pengalaman gagal tersebut setidaknya memberi kesempatan baru bagi Anda untuk belajar lebih baik lagi.

Gagal berkali-kali sekalipun membuat Anda punya kesempatan lebih untuk belajar berkali-kali. Pengalaman adalah guru terbaik, bukan? Sama halnya dengan pengalaman kegagalan, bisa menjadi guru Anda untuk menghadapi tahap selanjutnya dalam hidup.

4. Ayo Optimis!

Nah, berikutnya adalah Anda wajib punya sikap optimis jika mau bangkit dari kegagalan. Anda harus mampu berpikir positif atas segala kegagalan yang pernah dialami dan mengubahnya menjadi semangat baru untuk meraih sukses.

Bersedih saat gagal boleh saja, tapi jangan pernah larut dan berlama-lama dalam kesedihan hingga merasa putus asa. Ambilah hikmah dari kegagalan yang Anda hadapi dan jadikan sebagai pengalaman berharga agar Anda tak mengulangi kesalahan yang sama di hari depan.

5. Minta Dukungan Positif dari Orang Terdekat

Di saat sedang jatuh atau mengalami kegagalan, seseorang pasti membutuhkan motivasi dan semangat dari orang lain. Anda bisa menceritakan pengalaman kegagalan itu kepada orang-orang terdekat, seperti sahabat, pasangan, maupun orangtua.

Dukungan positif dari orang lain biasanya ampuh memberi jalan keluar serta menambah semangat dalam diri untuk bangkit dan terus berjuang meraih sukses. Karena Anda akan mendapatkan energi positif itu dan membuat semangat kembali.

Semangat! Kegagalan Bukanlah Akhir Segalanya

Ingatlah bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kegagalan merupakan proses yang wajar untuk dilewati setiap orang yang mau menuju kesuksesan. Hadapi kegagalan dengan sukacita dan keinginan untuk terus belajar. Bangkitlah dari kegagalan, habiskan jatah gagal Anda hingga sukses ada di genggaman. Semangat!(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)
 

 

 

23 July 2018
Kelola Keuangan Pribadi Kamu dengan 4 Teknologi Ini
Tak dimungkiri, teknologi abad 21 telah berkembang sangat pesat dibandingkan abad sebelumnya.

Saat ini, mudah dijumpai orang yang biasa memakai laptop atau smartphone ke berbagai tempat.

Teknologi juga memudahkan kita memesan makanan atau belanja secara online. Di sisi lain, teknologi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan seseorang.

Jika sebelumnya seseorang terbiasa menyimpan uang di rumah atau bank, teknologi ternyata menawarkan hal berbeda. Penasaran dengan yang ditawarkan teknologi untuk keuangan seseorang? 

Untuk itu, Tekno Liputan6.com merangkum informasi mengenai pengaruh positif teknologi pada pengelolaan keuangan yang dikutip dari HaloMoney.

1. Fasilitas eMoney

eMoney merupakan saldo uang yang disimpan di suatu rekening bersama (escrow) dan dapat digunakan untuk transaksi pembelian barang atau jasa.

Transaksi dapat dilakukan secara online dan offline. Salah satu eMoney populer di luar negeri adalah PayPal, sedangkan di Indonesia ada yang disebut rekening ponsel, yang biasanya dapat digunakan untuk membayar penjual yang telah bekerja sama dengan bank penyedia fasilitas.

eMoney sangat membantu untuk memudahkan proses transaksi, terutama untuk seseorang yang kerap melakukan transaksi dalam skala internasional.

2. Aplikasi smartphone untuk mengelola budget

Budget merupakan salah satu teknik umum yang digunakan dalam manajemen keuangan pribadi.

Lewat cara ini, seseorang bisa memerkirakan jumlah uang yang harus ditabung. Hal ini berguna untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga sekaligus mencari celah penghematan.

Kehadiran aplikasi di smartphone, memungkinkan kamu membuat budget tanpa perlu memiliki keahlian manajemen keuangan atau rumus-rumus di Microsoft Excel.

3. Internet Banking

Fasilitas internet banking memungkinkan kamu memindahkan saldo uang di bank ke rekening lain, tanpa perlu repot pergi langsung ke ATM atau bank. 

Tak hanya itu, fasilitas ini dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi lebih cepat. Cek saldo tabungan, mutasi rekening, saldo cicilan kredit, atau pembayaran transaksi rutin, merupakan beberapa transaksi yang dapat dilakukan lewat internet banking

4. Tambah penghasilan sampingan dengan modal smartphone

Dulu, cara orang menghasilkan uang terkadang hanya terpaku pada dua pilihan, yakni bekerja ke orang lain atau membuka bisnis konvensional seperti restoran atau toko fisik.

Namun, berkat kemajuan teknologi ada banyak yang hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Contohnya, Mark Zuckerberg yang berhasil menjadi miliarder dengan memanfaatkan internet.(Jeko l.R-liputan6.com/jko)


 

 

19 July 2018
Setia kepada Kebenaran
Namanya Abdullah. Lengkapnya, Abdullah bin 'Utsman bin 'Amir bin 'Amr bin Ka'ab. Kita mengenalnya dengan nama kuniyah berikut gelarnya, Abu Bakar ash-Shiddiq.

Lelaki ini terus hidup dengan gelar yang amat agung. Abu Bakar adalah seseorang yang dekat dengan kebenaran, membenarkan yang benar, dan senantiasa membicarakan hal-hal yang benar.
 

Ia dekat dengan kebenaran karena ia karib sang Nabi. Ia selalu mendapati hal-hal yang benar karena terus mendampingi manusia mulia tersebut. Abu Bakar pula yang menemani Rasulullah dalam hijrah yang berat.

Menapak bumi berdua, bersembunyi, berjalan memutar menuju Madinah. Ia tak hanya kawan perjalanan, tapi sekaligus menjaga sang Nabi SAW lewat ikhtiarnya, meski ia tahu Allah SWT lebih kuat penjagaannya.

Ia membenarkan yang benar. Ia berdiri di barisan orang-orang beriman yang masih sedikit saat kaumnya mendustakannya. Ia membenarkan sahabat terdekatnya meski lebih banyak orang lain saat itu yang mengingkarinya.

Termasuk, saat orang-orang kafir Quraisy menertawakan Isra dan Mi'rajnya Nabi SAW. Mereka tentu amat tak percaya ada seorang manusia pada zaman itu yang sanggup menempuh perjalanan dari Makkah ke Baitul Maqdis dalam semalam.

"Teman kamu (Muhammad) mengaku-ngaku telah pergi ke Baitul Maqdis dalam semalam," olok-olok para penduduk Makkah. "Jika ia (Muhammad) berkata demikian," jawab Abu Bakar, "maka ia benar."

Keimanan memang jauh melebihi akal dan logika yang bisa dijangkau manusia. Orang-orang di masa itu menyangkal berita Isranya Nabi Muhammad SAW, tak masuk akal. Namun, lelaki yang selalu setia di sisi Nabi SAW ini lebih paham sejawatnya dibanding siapa pun. Ia memilih memakai logika iman. Sebab, di dadanya sudah bergemuruh keyakinan kuat tentang keimanan.  Maka, ia membenarkan hal-hal yang tak masuk logika kaumnya. Sebab itu, ia digelari ash-Shiddiq.

Allah SWT pun menyebut lelaki yang bijaksana itu dengan sebutan ash-Shiddiq. "Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan yang membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (QS az-Zumar [39]: 33).

Para ulama mufassirin menjelaskan, orang yang dimaksud datang membawa kebenaran itu adalah Nabi Muhammad SAW. Sementara, orang yang membenarkannya adalah Abu Bakar ash-Shiddiq RA.

Orang yang setia kepada kebenaran adalah gambaran lelaki ideal hari ini. Zaman di mana kebenaran amat bergantung kepada siapa yang berbicara dan berapa yang diberikan. Hakim memutus apa yang ia sebut kebenaran berdasarkan lobi-lobi dan sekarung mata uang dolar. Jaksa mengajukan tuntutan yang ia sebut kebenaran berdasar bisik-bisik dan transferan rupiah yang nilainya miliaran.

Lelaki yang selalu membenarkan yang benar seperti Abu Bakar adalah seperti menara gading yang tak terjangkau. Sebab, standar kebenaran hari ini sudah amat bias. Masing-masing bisa mengaku benar dalam perkara yang sama. Patokannya entah, mungkin hawa nafsu, mungkin kepentingan abadi.

Padahal, lelaki seperti Abu Bakar ash-Shiddiq adalah lelaki biasa sebenarnya. Ia seperti manusia lain, tak maksum. Ia justru mulia karena sifat kemanusiaannya. Suatu kali bahkan ia merasa telah menjadi munafik. Ia merasa saat dekat dengan Nabi SAW imannya membuncah, tapi saat berkumpul dengan keluarga, ia merasa lupa akhirat.

Radar iman Abu Bakar amat sensitif. Hal yang lumrah, berkumpul dengan keluarga, ia anggap godaan iman. Ia gundah, lalu menemui Rasulullah mengadukan kegelisahannya. Rasa kegelisahan itu yang mungkin jua hilang hari ini.

Kita, manusia abad 21 ini tak lagi gelisah jika berbuat maksiat. Kita tak merasa munafik meski gemar memakai beragam topeng saat berhadapan dengan manusia. Radar iman kita seolah mati. Sensitivitasnya berkurang drastis seiring perbuatan maksiat yang seakan menjadi hobi.

Kita mungkin tertatih mengejar jalan hidup ash-Shiddiq. Tapi, bukan berarti kita tak bisa meneladaninya. Kita bahkan harus menjadikan Abu Bakar sebagai sosok yang bisa menjadi cambuk perbaikan dalam kehidupan kita.

Ia setia pada nilai kebenaran hingga akhir hayatnya. Meskipun, ia sudah diberikan kabar gembira berupa surga.Tak berkurang sedikit pun amal yang terus ditunaikan. Di saat orang-orang baru bangun, ia sudah memberi makan kaum papa.

Saat orang sibuk menuju masjid saat Subuh, ia menyempatkan menjenguk orang sakit dalam perjalanan ke masjid. Saat orang merasa menyedekahkan separuh hartanya adalah amal hebat, ia tanpa pikir panjang menyedekahkan seluruh hartanya. Karena, Abu Bakar paham, apa yang ia lakukan adalah hal-hal yang benar demi tegaknya kebenaran.(Sumber : Dialog Jumat Republika/jko)

 

18 July 2018
Jadi Karyawan Baru, Ini 5 Cara Jitu Bisa Populer di Tempat Kerja
Menjadi pendatang baru di suatu lingkungan tempat kerja tidaklah mudah. Anda harus bisa melakukan penyesuaian diri jika Anda ingin bertahan di tempat tersebut. Jangan pernah mengeluh bila kehadiran Anda sewaktu-waktu tidak begitu dianggap di tempat kerja yang baru.

Tentu hal ini wajar saja, karena memang mereka sebelumnya sudah terbiasa tanpa kehadiran Anda. Sehingga kehadiran Anda tidak begitu berdampak, kecuali Anda melakukan proyek yang sama dengan mereka.

Menjadi “anak baru” di tempat kerja tidak selamanya menjadi momok. Justru sewaktu Anda menyandang status tersebutlah waktu yang tepat untuk berusaha keras menunjukkan kemampuan Anda agar “dianggap” dan populer.

Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari cermati.com, berikut cara jitu untuk bisa populer di tempat kerja meski masih jadi “anak baru”.

1. Percaya Diri Tapi Tidak Sombong

Lagi dan lagi, percaya diri menjadi poin utama di dunia kerja. Jadilah pribadi yang percaya pada keahlian yang Anda miliki. Jangan minder dengan rekan kerja lainnya yang sudah memiliki pengalaman lebih banyak dari Anda. Justru Anda harus belajar banyak dari mereka.

Saat berkomunikasi, tataplah mata mereka dan utarakan pendapat Anda dengan penuh percaya diri. Dengan begitu, Anda bisa lebih meyakinkan mereka bahwa informasi yang Anda sampaikan adalah akurat.

Akan tetapi, jangan sampai terlalu percaya diri sehingga secara tidak sadar Anda merendahkan mereka yang justru terkesan sombong, menganggap bahwa Anda lebih berpengalaman. Ingatlah bahwa yang lebih dahulu berada di suatu tempat itu layak untuk dihargai.

2. Bekerja Sama dengan Rekan Kerja

Bekerja sama dengan rekan kerja Anda lainnya. Tunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang bisa dipercaya lewat karakter disiplin yang Anda miliki. Dengan begitu, mereka juga akan percaya untuk memberikan tugas kepada Anda. Mungkin, tugas awal Anda akan lebih mudah dari yang lainnya, karena ada faktor kepercayaan yang harus segera Anda miliki.

Hindari pertikaian karena apapun alasannya, Andalah yang akan disalahkan karena jika Anda tidak ada di lingkungan tersebut maka pertikaian tidak akan terjadi. Apalagi Anda adalah orang baru di lingkungan tersebut tentu kepercayaan terhadap Anda belum begitu besar.

3. Mengerti Prosedur Kerja

Usahakanlah untuk bekerja sesuai dengan prosedurnya. Pencapaian yang baik tanpa prosedur yang benar belum tentu mendatangkan kebaikan pada perusahaan tempat Anda baru bekerja. Sebab kalaupun mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, tapi dengan cara yang salah, tentu hal itu bisa menjadi petaka bagi Anda.

Tentu, atasan Anda akan merasa kecewa dengan kinerja Anda yang baru saja bekerja namun sudah membuat ulah. Oleh sebab itu, tanyakanlah kepada rekan kerja Anda perihal prosedur kerja yang harus ditaati. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kesalahan bekerja sekaligus membangun hubungan dengan rekan kerja lainnya sehingga bisa lebih mempererat hubungan kerja antara Anda dan mereka.

4. Punya Komitmen Kuat

Jadilah pekerja yang berkomitmen agar atasan Anda bisa percaya bahwa Anda memercayakan perusahaan tersebut untuk kemajuan karier Anda. Kesan inilah yang bisa membuat atasan Anda semakin percaya terhadap Anda.

Sehingga dia akan percaya bahwa Anda akan melakukan pekerjaan dengan baik dan hati senang. Melalui cara kerja Anda, tunjukkan bahwa Anda memang menginginkan pekerjaan tersebut dan merasa sangat beruntung bisa diterima di perusahaan sehebat itu.

5. Bekerja Secara Maksimal Melebihi Ekspektasi Atasan

Bukan bermaksud untuk pamer kepada rekan kerja lainnya, namun Anda harus bekerja secara maksimal. Anda harus menunjukkan kelebihan atau kemampuan dibandingkan karyawan lainnya. Hal ini bisa ditunjukkan dengan berhasilnya Anda mengerjakan sesuatu dengan sangat baik, bahkan melebihi keinginan atasan Anda akan hasilnya.

Anda juga bisa menerapkannya dengan cara menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepada Anda sebelum deadline yang diberikan. Dengan demikian, atasan akan selalu puas dengan hasil kerja Anda.

Menjadi Anak Baru Butuh Perjuangan

Saat menjadi seorang yang baru di suatu lingkungan, tentu Anda harus bisa mengambil hati orang-orang yang Anda di lingkungan tersebut dan berperilaku dengan baik. Bukan saatnya bagi Anda untuk bersantai-santai karena harus bisa membuktikan bahwa Anda juga berkompeten dalam pekerjaan tersebut. Jangan takut bertanya dan belajarlah dari rekan kerja Anda yang sudah berpengalaman di bidang terkait.(Fitriana Monica Sari-liputan6.com/jko)

 

 

16 July 2018
5 Tips agar Anda bertahan di pekerjaan pertama
Anda fresh graduate, pasti sedikit sulit menemukan pekerjaan. Anda harus melewati proses seleksi yang super panjang dan melelahkan. Namun hal itu akan hilang setelah Anda bisa mendapat pekerjaan.

Meski demikian, mendapat pekerjaan pertama bukan berarti masalah selesai. Berbagai hambatan dan tekanan akan Anda alami.

Banyak karyawan yang tidak betah bekerja dan hanya bertahan selama satu minggu atau bulan. Sebab, dibutuhkan kemampuan adaptasi yang baik saat harus berganti status dari anak kuliahan ke pekerja kantoran. Jika tidak, bekerja di tempat baru pastilah menjadi sulit.

1. Hindari begadang
Sebagian besar karyawan menjadikan ini sebagai masalah terbesar saat baru pertama kali kerja. Mungkin karena saking semangatnya, sampai-sampai dengan sukarela membawa pekerjaan ke rumah. Akhirnya, mereka pun bekerja sampai larut untuk mengejar semuanya di esok hari.

Padahal, Anda membutuhkan tidur cukup di saat-saat seperti ini. Esok saat bangun, tubuh akan kembali bugar dan tidak gampang sakit karena kurang tidur. Dengan tidak begadang, Anda juga bisa bangun pagi tanpa khawatir telat ke kantor. Ingat, jangan sampai bangun kesiangan dan terlambat masuk ke kantor karena masih karyawan percobaan.

2. Cari teman baru
Meskipun mendapatkan gaji yang besar, jika lingkungan kerja tidak asyik, pasti Anda pun tidak betah, kan? Untuk itu, segeralah mencari teman baru, entah teman seangkatan, mentor, atau malah karena saking lihainya bos sendiri.

Setidaknya, carilah satu teman kerja yang bisa kamu ajak seru-seruan di kantor.

3. Tahu kelebihan diri
Anda pasti sudah tahu keunggulan diri sendiri sehingga bisa diterima kerja. Pupuk lah keunggulan Anda ini demi mendapatkan jenjang karier yang bagus.

Buat target ke depan, lalu carilah kubu di dalam perusahaan. Orang tersebut bisa mereka yang Anda incar posisinya atau siapa pun yang memang cocok buat berteman.

4. Pisahkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi
Pisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tampakkan pada diri setiap kali masuk kerja harus secara efisien dan tepat waktu. Usahakan Anda tidak perlu lembur karena saat jam kerja bermalas-malasan.
5. Buat rencana liburan
Weekend adalah momen tepat buat bangun siang dan bermalas-malasan di indekos. Itu biasa dialami oleh mahasiswa. Namun, Anda kan sudah bekerja. Saatnya mengganti kebiasaan ini.

Daripada bangun siang dan bermalas-malasan, Anda bisa menyusun agenda liburan dengan wisata adventure. Wisata adventure bisa menghilangkan stres dan tekanan selama bekerja.(Fitriana Monica Sari/Sumber :liputan6.com-Merdeka.com/jko)

 

 

 

 

 

 

 



 

13 July 2018
Tips Jaga Kesehatan untuk Jamaah Haji
Jamaah haji diminta menjaga kesehatannya saat berada di Arab Saudi. Sejumlah tips diberikan agar jamaah tidak memaksakan diri sehingga melewatkan ibadah terpenting yakni saat ritual hingga puncak haji.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka mengatakan sebaiknya jamaah menghindari aktivitas di luar pondokan yang tidak penting. Cuaca di Arab Saudi diperkirakan antara 40 hingga 50 derajat Celcius.

Sehingga aktivitas di luar dapat menguras banyak energi. Jamaah sebaiknya tahu kapasitas dirinya. Jika menetapkan target umrah atau ibadah, maka sesuaikan dengan kemampuan dan kesiapannya.

"Selain itu, minum air sesering mungkin, tidak perlu menunggu haus, selalu memakai alat pelindung diri jangan lupa," kata Eka pada Republika.co.id, Kamis (12/7).

Jamaah juga pastikan harus makan makanan bergizi dan perbanyak konsumsi buah-buahan. Kemudian, istirahat adalah bagian penting karena dapat mengembalikan energi dalam tubuh.

Upayakan agar jamaah memperoleh istirahat yang berkualitas dan nyaman. Agar kegiatan di siang hari dapat berjalan dengan maksimal. 

"Cuaca nanti panas sekitar 40-50 derajat Celcius, jamaah biasanya banyak yang mimisan, pusing dan batuk-batuk karena udara kering," katanya.

Eka menyarankan jamaah untuk tidak melepaskan perlindungan diri seperti masker, payung dan penutup kulit. Masker pun sebaiknya sering-sering dibasahi untuk melindungi dari udara kering dan debu.

Jamaah juga dapat sering-sering menyemprotkan water spray yang sudah diberikan oleh pemerintah. Segala perangkat perlindungan diharapkan dapat berguna dengan maksimal.(Lida Puspaningtyas-Republika.co.id/jko)

Page 3 of 66      < 1 2 3 4 5 >  Last ›