Selingan

15 December 2017
Munculnya Sumur Zamzam
Sebagian besar umat Islam pasti mengenal air zamzam. Air ini akrab dengan umat Islam dan bisa dinikmati karena sering dibawa oleh jamaah haji.

Air zamzam dalam sejarahnya bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya, Ismail, yang ditinggal Nabi Ibrahim AS di sebuah padang tandus. Cerita Siti Hajar yang ditinggal Ibrahim ini diabadikan Allah SWT dalam Alquran surah Almaidah (14) ayat 37.

Karena bekalnya habis, Siti Hajar berusaha mencari makanan atau orang-orang yang kemungkinan berada di sekitarnya. Ia pun berlari ke Bukit Marwah, balik lagi ke Bukti Shafa, dan kembali lagi ke Bukit Marwah. Tercatat, tujuh kali dirinya bolak-balik bukit Shafa-Marwah. Apa yang dilakukan Siti Hajar itu kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.

Setelah lelah bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwah, Siti Hajar mendengar perintah untuk melihat putranya yang sedang menangis dan mengentak-entakkan kakinya ke tanah. Ternyata, entakan kaki Ismail AS berhasil mengeluarkan air yang berlimpah. Siti Hajar pun kemudian berkata, "zamzam (berkumpullah)," hingga akhirnya air berkumpul dan dinamakan zamzam.

Munculnya air dari bekas entakan Nabi Ismail ini kemudian memicu hadirnya serombongan burung-burung di sekitarnya. Melihat adanya burung ini, para kafilah yang juga sedang mencari air segera menuju tempat burung-burung beterbangan itu. Inilah sekelumit singkat awal mula munculnya sumur zamzam.

Digali kembali

Setelah sekian ribu tahun, konon sumur zamzam ini kemudian tertutup karena tidak ada yang merawatnya. Maka, kakek Nabi Muhammad AS, Abdul Muthalib, bernazar untuk menggalinya kembali apabila dirinya dikaruniai banyak anak dan akan mengurbankan salah satunya. Doanya dikabulkan Allah SWT dan ia mempunyai 10 orang anak.

Kemudian, Abdul Muthalib melaksanakan nazarnya. Namun, ia ragu siapa yang akan dijadikan kurban. Lalu, diundilah hingga kemudian muncul nama Abdullah, ayah Nabi Muhammad SAW. Keraguan makin memuncak karena ia sangat menyayangi putra bungsunya ini. Setelah berkali-kali nama Abdullah muncul, ada yang mengusulkan agar nama Abdullah diundi dengan onta. Dan, setelah berkali-kali diundi, selalu muncul nama Abdullah, jumlah onta yang akan dijadikan kurban ditambah hingga 100 ekor onta. Dan, pada undian berikutnya, akhirnya muncullah nama onta yang akan dikurbankan. Karena doanya dikabulkan dan Abdul Muthalib melaksanakan nazarnya, dia pun menggali sumur zamzam tersebut. Karena itu, sumur zamzam disebut pula dengan sumur gali (Dug Water Well).

Ada pula riwayat lain yang menyebutkan bahwa Abdul Muthalib menggali sumur zamzam itu karena adanya perintah yang didapatkan ketika beliau tertidur di Hijir Ismail. Maka, perintah itu beliau laksanakan.  Wa Allahu A'lam.(Rep: sya/berbagai sumber/Red: Agung Sasongko-Republika.co.id/jko)

13 December 2017
8 Tanda Bahwa Ia Adalah Sahabat Terbaik
Berada di lingkungan keluarga dan sahabat yang menyayangi tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan. Di antara banyak teman yang dimiliki, pastinya Anda mempunyai satu atau dua orang teman yang paling dekat atau yang sering dikenal dengan istilah sahabat sejati.

Seperti banyak pepatah yang mengungkapkan bahwa sahabat terbaik adalah mereka yang selalu ada di saat Anda sedang dalam kondisi apapun. Tapi yakinkah Anda bahwa Ia benar-benar sahabat yang baik? Dilansir dari Thelist, ternyata Anda bisa mengenali tanda-tanda berikut untuk memastikan mereka adalah sahabat sejati.
 

Mendukung

Teman yang baik adalah mereka yang selalu mendukung keputusan yang terbaik bagi Anda. Mereka akan fokus pada Anda saat benar-benar dibutuhkan.

Hubungan timbal balik

Apabila sahabat Anda terus menerus menginginkan sesuatu dari Anda sementara mereka tidak bersikap sama seperti yang Anda lakukan, maka mulai sekarang berfokuslah pada hal tersebut. Bisa jadi mereka hanya memanfaatkan Anda. Sebab sahabat yang baik tidak hanya datang untuk meminta bantuan tetapi juga hadir disaat Anda membutuhkan bantuan dan dukungan dari mereka.

Menanggapi kekecewaan dan penolakan

Sahabat sejati adalah mereka yang mampu mengakui kesalahan dan menyadari bahwa tidak masuk akal untuk menyalahkan Anda seorang atas kekacauan yang terjadi. Mereka tidak akan membiarkan Anda larut dalam perasaan bersalah apalagi menghakimi.
 

Reaksi Terhadap Kabar Baik

Sahabat yang baik adalah mereka yang tidak melihat kehidupan persahabatannya sebagai sebuah kompetisi. Mereka akan benar-benar bahagia ketika segala hal berjalan sesuai dengan keinginan Anda.

Menghabiskan waktu bersama

Teman yang baik adalah mereka yang mampu memberikan energi, menginspirasi dan menghabiskan banyak waktu dengan Anda. Mereka akan membantu Anda terus berjalan bahkan di saat tidak memiliki energi untuk melakukannya sendiri sehingga Anda merasa sangat senang dan nyaman bersama mereka. Apabila Anda merasa letih dengan hubungan pertemanan Anda, bisa jadi ada sesuatu yang kurang baik di sana.
 

Paham dengan batasan

Dasar sebuah hubungan adalah rasa aman dan nyaman. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki seorang teman yang dapat menghormati batasan Anda baik fisik maupun emosional, maka mereka patut untuk dipertahankan.

Menangani konflik

Sahabat yang baik adalah mereka yang mampu mengatasi konflik dan jujur terhadap semua hal. Mereka akan menjadi orang pertama yang menentang jika hal tersebut tidak baik akibatnya bagi Anda.

Dipercaya

Tidak hanya sebagai pendengar, sahabat yang baik adalah mereka yang mampu menjaga semua informasi yang sensitif dan pribadi. Mereka dapat menjaga rahasia, dapat dipercaya dan jujur.(Latifah Gusri-liputan6.com/jko)

 

 

 

06 December 2017
3 Cara Supaya Amarah Tak Meledak di Tempat Kerja
Kondisi kantor atau tempat kerja memang tidak selalu menyenangkan. Tekanan pekerjaan, konflik dengan atasan atau teman sejawat, bisa memicu emosi, bahkan amarah.

"Teman kerja tidak selalu berlaku seperti yang Anda inginkan, dan situasi juga tidak melulu berlangsung seperti yang Anda mau," ujar Alexandra Levit, konsultan tempat kerja dan salah satu anggota Badan Penasehat Karier di DeVry University.
 

Namun dia juga menekankan, walau bagaimana pun, tetaplah penting untuk bisa selalu tenang dan menjaga reputasi Anda. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol emosi dan amarah di tempat kerja, seperti melansir Health, Rabu (5/12/2017):

1. Ambil waktu

Beberapa menit saja sudah bisa membantu menenangkan darah Anda yang mendidih. Coba bilang, "Saya harus ke kamar mandi dan akan bicara lagi dengan Anda setelah beberapa menit." Bahkan walaupun Anda sedang ada dalam rapat.

"Akan lebih baik untuk meninggalkan ruangan dan terlihat aneh, dibanding tetap berada di sana tapi kehilangan kontrol diri," ujar Levit.

Kehilangan kontrol adalah risiko yang tidak bisa Anda ambil, ujar Brad Bushman, PhD, seorang profesor komunikasi dan psikologi di The Ohio State University.

"Orang yang marah gampang dipancing, dan ketika mereka terpancing, mereka bisa mengatakan atau melakukan sesuatu yang akan disesali nantinya," ujar Bushman.

Setelah Anda meninggalkan lokasi kejadian, teleponlah teman untuk curhat, saran Levit. Atau Anda bisa juga menghitung--secara perlahan--di angka berapapun yang Anda butuhkan untuk bisa kembali menenangkan diri.

Lalu kembalilah ke ruangan tadi. Situasinya mungkin masih sama, tapi setidaknya emosi Anda sudah lebih stabil.

Mengamuk atau meledak marah di tempat kerja tidak pernah memiliki efek positif. "Bahkan walaupun Anda adalah pihak yang benar, tidak akan ada orang yang ingat hal itu. Semuanya hanya akan ingat Anda berteriak," lanjut Levit.
 

2. Kenali pemicu

 

Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project, merekomendasikan untuk melakukan refleksi diri. Tujuannya untuk mencari tahu, apa yang membakar amarah Anda.

"Apakah karena pekerjaan Anda tidak berarti? Atau karena Anda tidak bisa menyelesaikan semua tugas? Atau karena Anda punya konflik dengan rekan kerja?" ujarnya.

Ketika Anda bisa mengantisipasi kemarahan, Anda juga bisa melatih cara mengendalikannya, ujar Levit. Sebagai contoh, Anda bisa membayangkan jika bos memarahi Anda di depan orang banyak. Di depan kaca, latihlah bagaimana Anda akan merespon hal itu.

Cari tahu juga apa pemicu yang bisa membuat Anda stres. "Stres bisa berujung pada kemarahan, yang bisa membuat Anda lepas kontrol," Levit menekankan.

Jadi, jika Anda tahu tenggat waktu yang ketat bisa memicu stres, cobalah untuk mengatur jadwal dengan lebih baik.
 

3. Cari positifnya

 

Ketika harapan Anda tidak tercapai, cobalah ubah kondisi itu supaya jadi tidak terlalu menyakitkan. Alih-alih berpikir seharusnya begini seharusnya begitu, ubah cara berpikir Anda.

Mulailah dengan menjabarkan bagaimana Anda ingin kejadian itu berlangsung, lalu sebutkan hal-hal yang Anda sukai dari pekerjaan Anda.

Misalnya: Aku akan suka jika teman-teman kerjanya melakukan ini dan ini. Tapi karena mereka tidak, aku harus mengingat aku punya pekerjaan yang bagus/gajinya bagus/aku suka apa yang aku lakukan/aku suka membuat perubahan. Jadi aku akan mencari cara agar bisa melalui hal ini.

Orang yang bisa mengubah situasi negatif jadi positif biasanya disukai dan dihargai di tempat kerja.(Nilam Suri-Liputan6.com/jko)

 

 


 

 

 

04 December 2017
5 Tips mendapatkan kerja di perusahaan ternama
Perusahaan-perusahaan ternama selalu mencari talentatalenta hebat secara terus menerus. Perusahaan tersebut sering mencari individu yang spesifik untuk bergabung dengan mereka.

Dengan ratusan dan bahkan kadang-kadang ribuan kandidat yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan perusahaan ternama, Anda sudah pasti berada di persaingan yang sengit.

Namun jika Anda mengikuti tips ini dan menanamkan tekad dan mau bekerja keras, tidak ada yang menghalangi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Berikut adalah 5 tips agar Anda diterima oleh perusahaan-perusahaan ternama tersebut seperti dikutip dari Jobstreet.com.
1. Luangkan waktu untuk untuk membuat CV yang mengesankan

Para perekrut dari perusahaan besar hanya melihat CV secara sekilas karena mereka menerima banyak setiap harinya. Hal ini bukan berati Anda tidak perlu membuat CV yang mengesankan.

Ingat, CV Anda adalah langkah awal Anda untuk menuju tahapan wawancara kerja. Sedikit usaha yang lebih keras dan kreativitas dalam membuat CV dapat membuat Anda berbeda dengan yang lain.
2. Buktikan Anda mampu bekerja keras serta mampu menyesuaikan diri dan selalu mau belajar

Tidak peduli apa keahlian Anda, perekrut ingin merasa yakin bahwa Anda telah mencapai tingkat keahlian tertentu di bidang yang Anda lakukan. Ingat bahwa perusahaan tidak mempekerjakan Anda untuk latihan.

Sebaliknya, mereka mempekerjakan Anda supaya Anda langsung terjun untuk mengerjakan pekerjaan Anda. Mempunyai potensi belajar yang baik adalah penting, namun dalam proses wawancara, buktikan kepada manager perekrut bahwa Anda mampu bekerja keras dan menyesuaikan diri dengan baik.
3. Tunjukkan kemampuan multitasking Anda

Perusahaan ternama mencari individu yang memiliki banyak kemampuan bukan hanya yang mempunyai satu keahlian saja. Anda mungkin saja mempunyai keahlian di bidang tertentu namun itu tidak akan membuat Anda mendapatkan pekerjaan yang paling Anda inginkan.

Anda harus dapat menunjukkan bahwa Anda mampu melamar posisi lain yang masih berhubungan dengan bidang Anda. Mempunyai kemampuan yang bervariasi akan menjadikan Anda aset berharga bagi perusahaan.
4. Tunjukkan rasa senang Anda terhadap perusahaan dan pekerjaan

Anda mungkin hanya menginginkan pekerjaan untuk memuaskan diri Anda sendiri, yang bukan hanya sekedar gaji saja. Begitu juga para perekrut menginginkan kandidat yang mencintai apa yang dilakukan perusahaan dan bukan hanya karena mereka membutuhkan pekerjaan.

Ini merupakan rahasia perusahaan, namun salah satu latar belakang mereka memilih ialah ketika pelamar menunjukkan kesenangan dan semangat terhadap pekerjaan dan perusahaan.
5. Tunjukkan rasa percaya diri Anda

Untuk membuat perusahaan percaya dalam merekrut Anda, yang perlu Anda lakukan adalah menunjukkan rasa percaya diri Anda terlebih dulu. Jika Anda berkerja untuk beberapa perusahaan ternama, tinggalkan semua keraguan dan rasa tidak nyaman Anda.

Menunjukkan rasa percaya diri bukan hanya mengatasi rasa gugup pada saat melakukan proses wawancara. Rasa percaya diri harus terpancar dengan yakin dan tentu saja menggambarkan kemampuan dan pengalaman Anda.

Namun jangan segan untuk membahas kelemahan dan pencapaian yang telah Anda raih. Setelah Anda menunjukkan kepercayaan diri Anda, perekrut akan merasa lebih yakin untuk memperkerjakan Anda.(Reporter : Harwanto Bimo Pratomo-Merdeka.com/jko)



 
30 November 2017
Pesan Damai Maulid Nabi Muhammad
Peringatan kelahiran (maulid) Nabi Muhammad SAW kali ini diselimuti duka mendalam akibat tindak kekerasan dan terorisme yang menimpa umat Islam ketika sedang melaksanakan shalat Jumat di masjid di Rawda, Sinai Utara, Mesir.

Korban meninggal akibat ledakan bom teror itu mencapai lebih dari 300 orang dan lebih dari 250 orang terluka. Aksi teror di tempat suci, seperti masjid dan saat umat Islam sedang beribadah Jumat sungguh biadab dan bertentangan dengan nilai dasar Islam dan HAM.

Idealnya Maulid Nabi SAW diperingati dan dimaknai dengan spirit aktualisasi visi Islam //rahmatan li al-‘alamin// (agama cinta dan kasih sayang bagi semesta raya).

Spirit ini meniscayakan hidup damai, harmoni, dan penuh toleransi karena substansi ajaran yang dibawanya adalah ajaran salam (damai, harmoni), penuh toleransi, dan antikonfrontasi.

Karena itu, pesan damai dan harmoni dalam Maulid Nabi SAW sangat penting dikontekstualisasikan dengan nalar kebangsaan, kebinekaan, persatuan, dan keutuhan NKRI.

Ketika peringatan maulid dicetuskan dan digelorakan Shalahuddin al-Ayyubi, tujuan utamanya adalah harmonisasi dan integrasi umat, demi terwujudnya perdamaian dunia dan kejayaan peradaban Islam yang bervisi kemanusiaan.

Kelahiran Nabi SAW pada Rabiul Awal (musim semi) sejatinya sarat dengan simbol keindahan dan kedamaian. Karena musim semi di banyak negara, khususnya Timur Tengah, merupakan musim yang indah dan sangat dirindukan.

Bunga warna-warni tumbuh dan mekar sehingga membuat taman-taman menjadi indah, menarik, dan harmoni. Semua orang merasakan kedamaian dan kenyamanan.

Saat kelahiran Nabi SAW, yang dikenal dengan Tahun Gajah, tindak konfrontatif dan agresif terjadi, dilakukan oleh tentara gajah yang dipimpin Raja Abrahah. Namun, dengan nalar harmoni, kakek Nabi, Abdul Mutallib, menghadapinya dengan damai dan secara dialogis.

“Jika harta benda yang kalian inginkan, kami tidak memiliki apa-apa. Namun, jika kalian hendak menghancurkan Ka’bah, ketahuilah bahwa ia ada yang menjaganya (Allah),” kata Abdul Mutallib,

Dengan kesombongannya, tentara gajah itu bersikeras menyerang Ka’bah karena rasa iri hati atas ramainya umat yang mengunjunginya dan melakukan transaksi bisnis di sekitarnya, sementara “Ka’bah palsu” yang dibuatnya sepi pengunjung.

Sikap dan tindakan ageresif ini kemudian dihentikan oleh “tentara langit” (burung Ababil) yang melempari mereka dengan batu yang dapat menghancurkan tentara gajah seperti daun-daun yang dimakan ulat (QS al-Fil [105]: 1-5).

Jadi, peristiwa Maulid Nabi SAW pada Tahun Gajah sangat sarat pesan perdamaian kepada pasukan yang hendak menghancurkan rumah suci, Ka’bah. Nalar damai dan harmoni yang ditawarkan Abdul Mutallib itu sesungguhnya menyediakan ruang kebajikan dan kerendahhatian dengan tidak melampiaskan kedengkian dengan tindak kekerasan.

Dalam The Prophet’s School: Lessons & Lights (2002), M Bassam Rushdi al-Zayn menyatakan, semua rasul mengemban misi pendidikan dengan membawa nilai-nilai kasih sayang, perdamaian, dan kebajikan.

Nabi SAW sendiri mendeklarasikan bahwa “Aku diutus oleh Allah sebagai pendidik” (HR Malik); dan “Aku diutus sebagai bukan pelaknat, melainkan penebar rahmat” (HR Muslim).

Kesuksesan Nabi SAW mengubah masyarakat jahiliyah yang dikenal keras kepala dan berkultur kekerasan menjadi masyarakat madani yang beradab, antara lain, karena visi dakwah dan pendidikannya damai, tidak berorientasi kekerasan.

Islam yang didakwahkan Nabi SAW adalah agama perdamaian. Akidah tauhid yang menjadi fondasi ajaran Islam juga mengajarkan keyakinan bahwa Allah itu Mahadamai (as-Salam).

Ketika bertemu dan interaksi sesama Muslim, identitas dan doa utama yang sangat dianjurkan adalah menebar as-salamu ‘alaikum (semoga kedamaian dan keselamatan dilimpahkan kepada kalian).

Nabi SAW sendiri digelari sebagai nabiyyu ar-rahmah wa Rasul as-Salam (Nabi sang pembawa ajaran kasih sayang, dan utusan Allah penyeru perdamaian). Pesan perdamaian yang dibawa Nabi sejatinya kunci pembuka surga Allah, kampung akhirat yang penuh damai.

Beliau bersabda, “Tebarkan perdamaian, berilah makan kepada fakir miskin, sambungkanlah tali silaturahim dan shalatlah (di waktu malam) di saat kebanyakan orang tidur, niscaya kalian dimasukkan ke dalam surga Tuhan kalian, Dar as-Salam (kampung kedamaian) (HR Muslim).

Ketika mengakhiri shalat, setiap Muslim pasti mengucapkan salam, dengan menoleh ke kanan dan ke kiri, sebagai komitmen sosial bahwa ibadah ritual harus ditindaklanjuti dengan budaya hidup damai dengan sesama.

Karena itu, indikator keberislaman seseorang itu diukur dengan sikap damai dan harmoninya terhadap orang lain. Orang Islam itu adalah orang yang membuat orang lain hidup damai dn selamat dari tutur kata dan perbuatan tangannya.” (HR Muslim).

Pesan damai Maulid Nabi SAW adalah pesan universal dan aktual yang penting diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pesan damai, harmoni, dan integrasi dari Maulid Nabi SAW tersebut sangat penting diaktualisasikan dalam kehidupan kebangsaan dan keumatan dewasa ini.

Kemerdekaan dan persatuan bangsa ini dapat diraih dengan perjuangan dan pengorbanan jiwa dan raga warga bangsa yang mayoritas Muslim dengan sangat mahal.

Karena itu, NKRI sebagai negeri perjanjian dan pembuktian aktualisasi pesan damai, harmoni, dan integrasi harus dijaga dan dipertahankan. Pembuktian pesan damai itu harus dimulai dengan penegakan hukum yang adil dan tegas terhadap siapapun yang bertindak intoleran, kekerasan, teror, dan mengancam ideologi negara dan NKRI.

Dengan demikian, momentum Maulid Nabi SAW hendaknya dimaknai dalam rangka peneguhan sikap dan aktualisasi nilai-nilai perdamaian, apresiasi terhadap kebinekaan, perbedaan pendapat dan keyakinan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tanpa ada pelanggaran HAM, penistaan agama lain, penjualan aset strategis negara kepada asing dan aseng, dan penjarahan kekayaan bangsa melalui korupsi berjamaah, seperti korupsi pengadaan KTP elektronik.

Akhirul kalam, pesan damai dalam Maulid Nabi SAW harus diwujudkan melalui sikap dan perilaku keberagamaan yang santun, rukun, toleran, saling menghormati, dan menerima perbedaan keyakinan.

Tanpa nalar damai, harmoni, integrasi, dan budaya dialog, bangsa ini akan mundur dan kembali ke era penjajahan, dan mengalami disintegrasi yang destruktif dan kontraproduktif.

Melalui pesan damai dalam Maulid Nabi SAW, kita perlu mengambil pelajaran penting dari berbagai konfrontasi dan perang berkepanjangan di Irak, Suriah, Yaman, dan sebagainya yang membuat negeri mereka porak-poranda dan hidup sengsara.

Perdamaian itu memang tidak murah karena mengharuskan kita memiliki komitmen kuat menjaga hati yang damai dan minda harmoni. Tanpa hati yang damai, minda harmoni dan integrasi, bangsa ini akan mundur ke era penjajahan, dan boleh jadi mengalami disintegrasi yang destruktif dan kontraproduktif.(Oleh: Muhbib Abdul Wahab, Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ-Republika.co.id/jko)

 

 
28 November 2017
Bisnis Ini Paling Cuan Saat Natal dan Tahun Baru
Ada banyak momentum menarik yang bisa menjadi potensi bisnis yang menguntungkan. Asyiknya ide-ide ini bisa jadi ide bisnis dadakan yang sifatnya hanya sementara sesuai dengan momentum akhir tahun.

Salah satu ciri dari seseorang pengusaha muda, kamu harus bisa memanfaatkan setiap peluang. Natal adalah salah satu hari raya umat Kristiani yang kebetulan juga berdekatan dengan Tahun baru. Meskipun dianggap bisnis musiman, tetapi tidak ada salahnya jika kita ingin menambah pundi-pundi uang kamu di usaha sampingan ini.

Tidak lama lagi kita akan menjumpai pada akhir 2017 dalam beberapa bulan ke depan. Lalu, apa yang ada dalam pikiran kita? Merayakan akhir tahun dengan orang-orang tercinta atau bahkan menggunakan moment tersebut untuk menambah pundi-pundi keuangan kita?
Berikut ini beberapa pilihan usaha yang menguntungkan di akhir tahun nanti:

1. Bisnis Travel

Moment untuk pergantian tahun ini sering sekali digunakan sebagai waktu liburan. Kebanyakan orang memilih untuk tempat-tempat wisata di luar kota. Otomatis, perusahaan di bidang travelling, seperti agen penjualan tikel, sewa mobil, dan lain-lain dapat menuai banyak keuntungan yang besar pada akhir tahun.

2. Bisnis Penginapan

Seiring meningkatnya jumlah wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk travelling di akhir tahun di berbagai tempat wisata di berbagai daerah pasti anda akan berpikir keuntungan tersendiri bagi para fasilitator penginapan wisata seperti villa, bungalow, hotel, dll karena mereka yang akan meninggalkan rumah untuk liburan ke luar daerah sudah dapat dipastikan membutuhkan tempat penginapan yang nyaman.

3. Bisnis Parcel

Saat mengucapkan ucapan Natal dan Tahun Baru pada kerabat terdekat telah menjadi tradisi untuk saling mengirim hadiah parcel. Pelanggan yang memesan parcel umumnya berasal dari kalangan pengusaha kelas atas atau dari masyarakat menengah ke atas. Paket Parcel tentu saja dipesan oleh pelanggan kami dari jauh hari, terutama bagi mereka yang akan mengirimkannya ke luar kota.

4. Bisnis Percetakan

Menjelang tahun 2018 nanti, satu hal yang penting dan banyak di cari orang adalah kalender. Tidak hanya itu, ada banyak juga yang mengirimkan kartu ucapan dan sering dikirim dengan parcel akhir tahun. Akibatnya, bisnis percetakan ini pun banjir pesanan pada akhir tahun.

5. Bisnis Aksesoris Pergantian Akhir Tahun

Kembang api dan terompet sudah dapat dipastikan in identik dengan pergantian tahun. Ya, acara akhir tahun pasti akan lebih semarak lagi jika suara terompet yang nyaring dan nyala kembang api. Nah di sinilah prospek kita sangat besar untuk membuka usaha menjual Aksesoris di akhir tahun adalah pilihan yang paling tepat.

Semoga bermanfaat.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
27 November 2017
Ini Tips Sukses Bisnis Kos-Kosan
Properti tetap menjadi pilihan menarik dalam investasi, salah satunya adalah kos-kosan. Banyak pemain baru yang merasa sektor tersebut paling menguntungkan dibandingkan lainnya.

Cobalah Anda jalan-jalan ke daerah dekat kampus, tentunya Anda dapat melihat bagaimana geliat bisnis properti di sekitaran kampus.
Banyaknya pendatang baru yang terus meningkat setiap tahunnya, membuat bisnis kos-kosan kian berkembang belakangan ini.

Walaupun terlihat sangat menarik dan merupakan bisnis yang stabil. Namun bukan berarti Anda bisa memulai bisnis kos-kosan dengan cara asal-asalan ya, Anda tetap harus mengetahui seluk-beluk bagaimana bisnis ini dapat berkembang serta termasuk keuntungan dan risikonya.

Ada beberapa faktor kunci yang harus Anda pertimbangkan saat akan memulai usaha kos-kosan, yaitu :

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Bila akan memulai bisnis di bidang properti, baik memulai bisnis kos-kosan maupun usaha properti lainnya, maka lokasi jadi hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Agar usaha ini dapat Anda kembangkan terus, dan banyak peminatnya.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan area kampus atau perkantoran/
industri. Sebisa mungkin kampus atau perkantoran itu dapat dicapai dari area kos-kosan hanya dengan berjalan kaki saja, sehingga dapat menghemat juga biaya transportasi mereka.

2. Sediakan Tempat yang Bersih, Aman dan Nyaman

Memulai bisnis kos-kosan maka Anda harus mampu memberikan jaminan
kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pada para anak kos. Misalnya memilikifasilitas pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai untuk tiap kamar. Anda perlu juga melakukan seleksi terhadap anak kos tersebut dan membuat aturan untuk tetap menjadi keamanan dan kenyamanan.

Anda perlu mengetahui identitas setiap anak kos yang Anda terima, misalnya dengan memberikan formulir khusus tentang data pribadi ataupun melakukan interview singkat saat penerimaan.

3. Dekat dengan Beberapa Akses

Walaupun lokasi kos-kosan yang Anda bangun sangat dekat dengan kampus ataupun area perkantoran, bukan berarti penyewa kosan Anda akan berdiam diri saja di kosan. Mereka juga tetap memerlukan akses yang mudah ke berbagai sarana hiburan, fasilitas umum, stasiun, terminal, ataupun bandara.

Oleh karenanya, pastikan akses baik sarana transportasi ataupun kendaraan pribadi saat akan memulai bisnis kos-kosan.

Semoga bermanfaat.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
24 November 2017
5 Hobi Ini Bisa Dibikin Jadi Bisnis Jutaan Rupiah
Dengan alasan rutinitas kerja yang padat, banyak orang meninggalkan hobinya begitu saja. Padahal, sebenarnya ada banyak hobi yang ternyata bisa menghasilkan tambahan income bagi para pelakunya.

Ya, meskipun uang yang didapatkan tidaklah sebesar bulananmu, tapi beberapa hobi di bawah ini ternyata bisa memberimu uang tambahan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Hobi apa saja yang bisa mendatangkan uang jutaan? Inilah 5 hobi yang menghasilkan.
1. Merajut
Apalagi sekarang ini produk homemade seperti kerajinan rajut diminati pasar lokal maupun internasional. Nilai jualnya pun lebih mahal di pasaran karena umumnya produk handmade bersifat limited edition. Tidak heran bila sekarang ini produk kerajinan rajut bisa laku di pasaran dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah.

2. Videographer
Dari pada Anda hanya narsis di media sosial, mending jadi Youtubers atau jadi seorang video maker. Contohnya jadi videographer acara pernikahan, membuat film pendek, atau bisa juga membuka layanan jasa video branding untuk online shop ataupun perusahaan-perusahaan besar ingin memperkuat branding melalui konten video.

3. Travelling
Hobi jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata ternyata tak hanya menghabiskan banyak uang, tapi juga bisa mendatangkan penghasilan. Contohnya seperti jadi travel blogger, atau bisa juga jadi tour guide bagi wisatawan asing yang datang ke kotamu. Lumayan sekali memandu Anda bisa dapat uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Melukis Fashion
Jangan mengabaikan hobi menggambar yang Anda punya, Anda bisa manfaatkan hobi tersebut untuk membuat produk-produk fashion dengan desain lukisan yang Anda buat. Contohnya seperti membuat sepatu lukis, kaos lukis, atau yang sekarang ini sedang hits adalah hijab dan mukena lukis.

5. Henna
Perkembangan hijab style yang belakangan ini semakin pesat, ternyata juga memberikan rejeki tersendiri bagi para pelaku henna artist. Jika Anda hobi menghias henna di tangan, kenapa tidak mencoba menyalurkan keahlianmu dengan membuka jasa henna. Tarif henna artist di pasaran cukup lumayan, sekali merias Anda bisa mendapatkan uang mulai dari Rp 300-500 ribu. Bisa Anda bayangkan jika dalam sebulan Anda dapat 10 tawaran rias henna?

Semoga bermanfaat.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
23 November 2017
Ingin Karier Tetap Mulus? Begini Trik Menolak Perintah Atasan
Seringkali tuntutan pekerjaan dan ambisi meniti karier membuat banyak orang tidak memiliki waktu yang cukup untuk keluarga dan bahkan diri sendiri. Terlebih jika Anda memiliki atasan yang cukup perfeksionis sehingga menginginkan Anda untuk tetap lembur pada hari libur atau setiap malam.

Namun sebenarnya, apabila hal ini terlalu sering dilakukan oleh atasan, tentu Anda akan merasa tidak nyaman dan terganggu, Anda berhak untuk menolak dan mengatakan “tidak” pada atasan dengan cara yang tentunya tetap harus sopan, dan tidak membahayakan jenjang karier Anda.
 

Dikutip dari FemaleMag, Kamis (23/11/17), salah satu pendiri perusahaan pembina karier di Hongkong, Loving Your work, Angela Spaxman menyebutkan bahwa Anda memiliki hak untuk menolak dan pantas untuk mendapatkan cuti Anda. Namun yang perlu Anda ingat adalah tentu saja penolakan tersebut akan menimbulkan konsekuensi yang harus diterima. Untuk meminimalisir risiko buruk yang akan terjadi berikut tips yang bisa dilakukan agar karir Anda tetap berjalan mulus.

Bagun hubungan dengan rasa saling hormat dan percaya

Tetapkan batasan yang jelas mengenai kapan Anda harus bekerja dan kapan harus beristirahat.Buktikan kepada atasan bahwa Anda sangat peduli dengan tujuannya dan juga keinginan pribadi.
 

Bersikaplah fleksibel

Tanpa harus mengorbankan hal yang penting bagi diri Anda, pandai-pandailah mengatur waktu. Komunikasikan dengan atasan sejak dini mengenai hak yang Anda inginkan dan apabila dia meminta Anda untuk melakukan sesuatu di luar jam kerja bisa ditolak dengan sopan. Berikan alasan yang sangat jelas. Berusahalah untuk bekerja secara profesional sehingga pekerjaan Anda selesai tepat waktu tanpa harus lembur setiap saat.(Latifah Gusri-liputan6.com/jko)

 

 

22 November 2017
4 Hal Ini Jika Berlangsung Lama Akan Berbuah Manis
Bicara soal waktu dibenak kita terlintas cepat atau lama, setuju?

Melakukan hal-hal yang setiap harinya bisa menghabiskan waktu. Atau rasanya apapun hal yang kita kerjakan menjadi tidak terasa, tahu-tahu sudah berlangsung lama dan cepat terlewati. Ada yang menikmati dan ada yang menyesali terlalu lama dan menjadi tidak baik.
 

Eits, belum tentu sesuatu hal yang bertahan lama itu bisa menjadi tidak baik, buktinya ada 4 hal ini yang tetap menjadi baik dan sehat meski sudah dalam waktu yang lama dan panjang.

Hmm... memang hal-hal apa saja sih yang mampu bertahan lama dan tetap memiliki kualitas yang baik dan sehat?

1. Persahabatan

Ada sebagian yang beranggapan jika punya sahabat terlama yang tahu luar dalam bisa berbahaya bisa saja menikung atau jadi nggak bisa punya banyak teman lainnya, karena hanya dia, dia, dan dia lagi sebagai sahabat yang udah lama kita kenal.

Nyatanya sahabatan dengan waktu yang lama itu malah membuat kita menjadi lebih seperti keluarga sendiri, bukan? Nah, semua tergantung bagaimana Anda menjaga persahabatan itu sendiri dengan sahabat Anda.

Komunikasi dan keterbukaan dengan sahabat itu penting jangan sampai persahabatan yang sudah lama dibangun dan dijalani bersama berakhir dengan permusuhan.

2. Pekerjaan

Pernah dengar keluarlah dari zona nyaman, nggak baik stay di perusahaan atau dipekerjaan yang cuma itu-itu aja dan disitu-situ aja, padahal jika dengan kita bisa bertahan lama di perusahaan tempat kita bekerja bukankah bisa menghasilkan kenaikan fee dan juga jabatan.

3. Percintaan

Nah, jika dalam hal percintaan biasanya ada yang suka menakut-nakuti yang lama atau langgeng bisa saja belum tentu berujung ke pelaminan. Padahal perlu diketahui untuk menentukan pasangan hidup kita benar-benar harus mengenal dan tahu orang tersebut dengan baik dan tentu membutuhan waktu yang lama agar semakin yakin bahwa dialah orang yang tepat untuk mendampingi kita menjalani rumah tangga dan masa depan nantinya.

4. Bahan Makanan

Bahan makanan? kok? Ya... bukan hal yang biasa bahkan semua orang setuju kalau bahan makanan yang terlalu lama disimpan apalagi di dalam kulkas bisa membuat bahan makanan tersebut tidak bisa bertahan lama, apalagi saat menyimpan buah dan sayuran jika semakin lama disimpan akan membuat cepat layu dan tak segar.(hidya anindyati-liputan6.com/jko)

 


 

 

Page 3 of 60      < 1 2 3 4 5 >  Last ›