Selingan

18 May 2018
Puasa Ramadhan dan Rasa Syukur
ORANG berpuasa karena ragam motivasi. Ada yang melakukannya karena sadar bahwa itu kewajiban. Ada pula yang memang karena sekadar terbawa lingkungan sekitar alias ikut-ikutan. Ada juga yang menyadari bahwa puasa itu adalah salah satu kebutuhan manusia dalam hidupnya.

Dari sekian banyak motivasi, tiada lagi yang lebih tinggi dan mulia dari sebuah kesadaran melakukannya karena rasa syukur. Yaitu menyadari secara penuh bahwa puasa itu adalah karunia yang luar biasa dari Allah SWT. Tidak sekadar kewajiban, tidak juga karena keperluan, apalagi karena didorong oleh keadaan.

Melakukan puasa karena merasa diwajibkan boleh jadi melahirkan perasaan terpaksa. Mau atau tidak mau harus dilakukan karena memang kewajiban. Tapi dalam hati boleh jadi timbul waswas dan rasa dipaksa melakukannya. Jika ini terjadi maka nilai puasa, baik secara pahala maupun sebagai kekuatan transformasi karakter, menjadi minim.

Akibatnya puasa menjadi amalan wajib tahunan yang hampa. Setelah Ramadhan semua kembali menjadi seperti biasa. Pahala kebaikan kembali modal karena sekadar melaksanakan kewajiban. Pesan moral puasa juga tidak efektif karena tidak menyentuh kesadaran terdalam.

Melakukan puasa karena kebutuhan juga berakhir dengan hasil yang kurang maksimal. Sebab melakukannya seolah memenuhi keinginan pribadi. Jika hal ini diungkapkan dalam bahasa negatif maka puasa seperti ini seolah sekadar memenuhi hawa nafsu.

Dan karenanya pilihan tertinggi adalah berpuasa karena memang menyadari jika puasa itu merupakan karunia besar dari Allah SWT. Sebuah kenikmatan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya selama sebulan itu.

Menyadari kenikmatan puasa menjadikan berpuasa tidak saja mudah dan ringan. Puasa akan dilakukan dengan penuh gembira dan nikmat. Detik demi detik akan berlalu dengan kelezatan menjalankannya.

Ternyata memang syukur itu adalah fondasi utama dalam melakukan uhudiyah kepada Allah SWT. Bahwa ibadah bukan sekadar kewajiban agama yang ditujukan untuk mengumpulkan pahala. Tapi memang sebuah ekspresi iman untuk mengakui semua karunia nikmat Allah dalam hidup.

Dan ini pula rahasianya jawaban Rasulullah ketika ditanya oleh isterinya yang terkagum dengan salat malam dan seluruh ibadahnya, lalu bertanya: “Kenapa engkau melakukan semua ini ya Rasulullah?”. Beliau menjawab: “Tidakkah saya seharusnya menjadi hamba yang mampu bersyukur (kepada Allah)?”.

Semoga kita semua mampu mencapai tingkatan kesyukuran dalam menjalankan Ibadan puasa ini. Ringan, senang, tenang, dan merasakan lazzah ubudiyah (kelezatan ibadah) kepada Allah SWT. Amin! (Tim Sindonews/jko)
16 May 2018
Tak Perlu Jadi Pengusaha, Ini 6 Keuntungan Jadi Karyawan Biasa
Menjadi karyawan biasa di sebuah perusahaan seringkali membuat seseorang merasa jenuh. Terlebih jika lingkungan kantor tidak menyenangkan, mulai dari konflik dengan rekan kerja hingga atasan yang terlalu banyak menuntut.

Namun dibandingkan menjajal bisnis sendiri, menjadi karyawan ternyata memiliki banyak keuntungan. Anda juga tak perlu pusing mengatur keuangan demi mencukupi target modal.
 

Bekerja sebagai karyawan juga memberikan manfaat lain yang mungkin tak Anda sadari. Berikut enam keuntungan menjadi karyawan biasa seperti dilansir dari magforwomen.com, Rabu (16/5/2018):

1. Mandiri secara finansial

Keuntungan paling utama dengan menjadi karyawan biasa adalah Anda bisa menjadi mandiri secara finansial. Anda menghasilkan uang dan bisa menghabiskannya sesuka hati.

Berbeda dengan pemilik bisnis yang setiap kali mendapatkan laba, harus berpikir soal gaji karyawan, modal, investasi dan berbagai hal lainnya.

2. Tunjangan kesehatan

Di banyak perusahaan, para karyawan diizinkan untuk memilih asuransi medis yang nanti ditanggung perusahaan. Bayangkan, jika Anda dikenai biaya besar karena keadaaan medis yang darurat namun tak perlu membayarnya.
 

3. Bisa menyalurkan bakat

Saat bekerja di bidang yang sangat disukai, Anda dapat dengan mudah menyalurkan bakat pribadi. Berkarir sebagai karyawan menjadi terasa lebih menyenangkan saat Anda dapat menggunakan bakat yang dimiliki.

4. Lebih produktif menggunakan waktu

Saat menjadi karyawan di suatu perusahaan, Anda cenderung memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Anda cenderung terdorong bekerja produktif demi mendapatkan gaji yang sepadan.
 

5. Menambah pengetahuan

Bekerja di sebuah perusahaan dengan menjadi karawa, Anda dapat mempelajari ribuan hal baru. Bahkan saat pindah kantor pun, Anda dapat mempelajari gagasan bisnis baru.

Selain itu, Anda juga bisa belajar dari budaya kerja yang berbeda. Konflik di tempat kerja yang kadang muncul juga bisa meningkatkan kemampuan Anda mengatasi masalah.

6. Tumbuh dengan profesional

Setelah bekerja menjadi karyawan dalam waktu lama, Anda akan mencapai level profesional dalam berkarir. Dengan bekal tersebut, Anda dapat meraih pendapatan yang lebih besar dan tentu saja bebas berbelanja apapun.(Sika Amelie F Deil-liputan6.com/jko)

 

 

 

15 May 2018
Empat Karier yang Bisa Dimulai Sejak Kuliah
Jika berbicara mengenai karier impian, para milenial hidup di jaman yang penuh dengan kesempatan mengagumkan. Karier yang tidak pernah ada sebelumnya banyak bermunculan, sementara profesi yang sudah lama ada disegarkan oleh perubahan.

Consumer Marketing Manager Intel Asia Pacific and Japan Territory Rini Hasbi  menjelaskan, Jika Anda membaca iklan lowongan pekerjaan, Anda akan menemukan semakin banyak lowongan untuk programer artificial intelligence(AI), analis data, dan ahli search engine optimization (SEO).

Pekerjaan-pekerjaan ini merupakan evolusi dai pekerjaan-pekerjaan lebih tradisional, seperti programer komputer dan ahli statistik. "Sementara itu, infleuncer sosial media, vlogger, dan livestream gamer adalah pekerjaan-pekerjaan baru yang berawal dari passion ataupun hobi," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/5/2018).

Sebuah laporan dari World Economic Forum (WEF) mengutip riset yang mengestimasi bahwa 65 persen murid sekolah dasar saat ini akan berkecimpung di pekerjaan-perkerjaan yang belum eksis. Dengan adanya perangkat dan teknologi masa kini, anak kuliah milenial memilik segala kesempatan untuk mengubah passion dan ketertarikan mereka menjadi karier kontemporer.

Rini melanjutkan, terdapat empat anak muda yang telah membangun karier sukses dengan menggunakan teknologi yang tepat dalam mengejar passion mereka, berikut ulasannya:

1.Wirausaha
 

“Milenial jaman sekarang menikmati banyak kesempatan untuk memulai bisnis yang mereka passionate,” kata Heret Frasthio, pendiri Elders Company. Bisnis miliknya membuat motor modifikasi serta peralatan bermotor seperti yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ,seorang pengemar motor, saat touring.

President Joko Widodo sangat mendukung wirausahawan muda dan mengatakan bahwa Indonesia butuh memperbanyak jumlah wirausahawan dari angka 3 persen di antara populasi menjadi 14 persen.

Presiden menambahkan bahwa para wirausahawan juga harus pintar menggunakan teknologi karena Indonesia akan memasuki Revolusi Industri Keempat dimana ekonomi akan menjadi digital.

Heret setuju bahwa teknologi, termasuk yang dia gunakan dalam merancang motor modifikasi, sangat berperan dalam bisnisnya. Akan tetapi, memahami dasar-dasar bisnis, seperti branding dan target pasar, Career Trend sama pentingnya karena kepintaran berbisnis dan menggunakan teknologi, begitu digabungkan dengan passion, akan menghasilkan sukses.

Sebagai pencinta motor, Heret telah menjadi bagian dari budaya motor sejak lama dan ini memberikannya wawasan tentang pasar yang cocok dengan merek miliknya.

“Ketika saya mendirikan Elders Company, saya sudah menjadi bagian dari komunitas motor. Ini memungkinkan saya untuk benar-benar memahami apa yang diperlukan target pasar,” katanya.

“Selain itu, ketika saya menggunakan sosial media seperti blog dan Instagram, saya sudah tahu kepada siapa pesan saya harus ditujukan.
 

2. Konten Kreatif

Indonesia adalah bangsa yang kreatif dan banyak artis yang kini menggunakan teknologi bukan hanya sebagai alat untuk menciptakan, tapi juga sebagai sarana untuk menunjukkan hasil karya mereka. Satu keuntungan dari kerja kreatif dalam ekonomi digital masa depan adalah ketahanannya.

Sebuah studi dari World Economic Forum (WEF) menunjukkan bahwa teknologi, seperti artificial intelligence (AI), bisa mengantikan pekerjaan repetitif namun pekerjaan kreatif akan selalu membutuhkan sentuhan manusia.

Ilustrator Diela Maharanie adalah salah satu pekerja kreatif masa kini yang menggunakan teknologi, dari stylus hingga perangkat lunak, untuk mengubah sketsa yang digambar dengan tangan menjadi ilustrasi digital warna-warni yang dicetak di tas kosmetik, sampul majalah, dan bahkan sofa.

Proyek-proyek dia menunjukkan versatilitas karier seorang illustrator; karyanya bisa ditampilkan di berbagai medium mulai dari mural di galeri hingga pakaian.

Diela, yang menunjukkan karyanya di situs seni dan sosial media, juga telah berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti Instagram.

“Untuk menjadi illustrator yang sukses, kamu harus konsisten berkarya supaya kamu bisa membangun portfolio yang berciri khas,” kata Diela Maharanie.
 

3.Fotografi

Fotografi telah menjadi popular tapi untuk mengubah hobi menjadi karier sesugguhnya, mereka yang bercita-cita menjadi fotografer harus mempelajari teknik fotografi.

Platform online, seperti blog dan forum, adalah tempat yang cocok untuk belajar karena di sana, fotografer professional kerap berbagi ilmu dan membantu fotografer yang sedang belajar.

Fotografer Nicoline Patrica Malina setuju akan pentingnya bertemu orang-orang yang bersedia membagikan ilmu fotografi, seperti cara menggunakan photo editing software. “Mereka yang bercita-cita menjadi fotografer harus belajar dari para profesional. Ini akan sangat menolong karir mereka,” katanya.

Nicoline adalah salah satu contoh orang yang mengubah passion menjadi karier, lalu menjadi bisnis. Selain mengerjakan foto untuk majalah fashion seperti Harper’s Bazaar, Nicoline juga menjalankan NPM Photography, agensi foto miliknya.

Menurutnya, fotografer bisa mengembangkan karier dari menerima proyek hingga menjalankan usaha sendiri dengan menggunakan jejaring dan kesempatan yang ada.

“Pekerja kreatif mengerjakan berbagai projek secara mandiri dan iniakan mengajarkan mereka tentang wirausaha,” katanya.
 

4.Gaming

Gaming bukan lagi sebatas hobi di waktu luang. Kini, turnamen e-sport menawarkan hadiah prestisius bagi para pemenang, seperti Sasha ‘Scarlett’ Hostyn yang mendapatkan hadiah utama sebesar USD 50.000 di turnamen gaming Intel Extreme Masters 2018.

Indonesia juga memiliki gamer-gamer yang menjadi pemain profesional, selain mengejar karier lainnya,seperti pelatih gaming dan shoutcaster (komentator di gaming battle), di industri tersebut.

Donna Visca, seorang multi-player, online battle arena gamer yang fokus pada Dota 2, telah sukses mengubah passion menjadi karier sebagai livestreamer di sosial media dan shoutcaster di acara-acara e-sport.

Tantangan dia adalah meyakinkan orang tua atas pilihan karirnya. “Orangtua pada umumnya tidak melihat gaming sebagai karier sungguhan. Persepsi ini adalah tantangan yang dihadapi banyak gamertapi pandangan orang tua bisa berubah ketika anak mereka mulai memenangi turnamen-turnamen prestisius dan mampu menyokong kehidupan mereka dari passion mereka,” katanya.

Tidak seperti pandangan tradisional, beberapa studi menunjukkan bahwa gamingbermanfaat karena menstimulasi kemampuan pendengaran, visual, dan kinestetik.

Selain itu, multi-player online games mengajarkan orang untuk bekerja sama dalam satu tim, sebuah kemampuan yang penting di kehidupan nyata.

Jadi, wirausaha, konten kreatif, fotografi, dangamingadalah empat karier menarik yang para milenial bisa mulai sejak masa kuliah. Dan dengan adanya berbagai macam teknologi yang terus berkembang di sekitar kita, daftar karier jaman sekarang pastinya akan terus bertumbuh.(Arthur Gideon-liputan6.com/jko)

 

 

 


 

08 May 2018
Strategi Hidup Tanpa Utang Meski Gaji Pas-pasan
Memiliki gaji pas-pasan bukan berarti hidup ini juga pas-pasan. Segala sesuatunya memang seolah menjadi terbatas karena penghasilan sedikit.

Padahal masih banyak orang yang memiliki gaji pas-pasan tapi mampu membeli banyak barang. Hal itu tentu saja dengan cara menabung.

Menabung satu-satunya solusi untuk meminimalisir masalah di kemudian hari, anggap saja sebagai dana darurat. Jadi bagi yang memiliki penghasilan kecil jika mampu konsisten dalam menabung maka tak perlu takut lagi akan masa depan.

Selain itu bisa tak perlu lagi untuk berutang. Berikut ini adalah tips agar pekerja dengan penghasilan sedikit bisa memperoleh yang diinginkan tanpa harus berutang.

1. Mengatur Anggaran
Tiap bulan pasti ada anggaran yang keluar. Hal yang harus dilakukan adalah mengatur secara ketat anggaran pengeluaran bulanan dengan mempertimbangkan, menghitung dan menyusun keuangan. Hindari kebutuhan yang tidak penting dan utamakan kebutuhan yang paling penting sehingga uang dibelanjakan dengan cara yang baik.

2. Menempatkan Dana Darurat
Dana darurat adalah dana yang harus dipertimbangkan sejak awal, karena dana darurat bisa membantu keberlangsungan dana tabungan yang telah disisihkan. Dana ini juga bisa meminimalisir utang, apabila kelak ada keperluan yang mendesak maka tidak perlu berutang karena akan diambil dari dana darurat. Oleh karena itu sebaiknya masukan sejumlah dana darurat ke dalam anggaran keuangan.

3. Kegiatan Menabung setelah Gajian
Apabila gaji telah cair hal pertama yang harus dilakukan adalah menabung. Menabung harus diutamakan mengingat kebutuhan setiap waktu semakin meningkat namun penghasilan masih tetap sedikit. Jadi sebaiknya sisakan terlebih dahulu gaji yang akan ditabung, kemudian sisanya bisa digunakan untuk anggaran lain. Tabungan bisa membantu jika ada keadaan darurat sehingga tidak perlu berutang.

4. Tabungan dimasukkan ke dalam Rekening Khusus
Agar tabungan tidak tercampur dengan uang bulanan, sebaiknya masukkan tabungan ke dalam rekening khusus. Sehingga tabungan tidak ikut dipakai apabila hendak memakai uang bulanan untuk membeli sesuatu. Menempatkan tabungan pada rekening juga dapat mengontrol diri untuk tidak memakainya.

5. Menyisihkan jangan menyisakan
Khusus untuk pengeluatran wajib dan kebutuhan pokok, jenis pengeluaran ini harus menjadi prioritas sebelum untuk pengeluaran lainnya. Jadi sebaiknya saat mendapatkan penghasilan harus menyisihkannya bukan menyisakan. Dengan demikian bila yang wajib sudah dan butuh terpenuhi, maka lainnya lebih mudah tertangani.(Eko Endarto - detikFinance/jko)
02 May 2018
Catat! Ini Dia Tips Ampuh Hadapi Kritikan Pedas di Kantor
Mendapatkan kritik dari kantor bukanlah hal baru ketika berbicara karier. Meskipun Anda menyiapkan semuanya dengan baik, tidak berarti Anda akan terlepas dari yang namanya sebuah kesalahan. Kesalahan juga bisa terjadi karena Anda terlupa untuk memenuhi sesuatu atau pun tidak memenuhi ekspektasi dari perusahaan.

Meskipun begitu, Anda tetaplah harus bisa menerima kritikan dan masukan yang ada. Hal ini mengingat Anda perlu belajar serta mengubah kebiasaan tersebut untuk menyesuaikan dengan kultur kantor. Dilansir dari Forbes, Rabu (2/5/2018) berikut tips ampuh bagi Anda hadapi kritikan pedas di kantor:

1. Dengarkan dan Tetap Terbuka

Meskipun tidak mengenakan untuk menerima kritikan, faktanya hal tersebut akan membantu Anda untuk menunjukan performa yang lebih baik di lain kesempatan. Cobalah untuk mendengarkan kritikan atasan dengan baik dan tetap terbuka akan segala masukan yang Anda. Ini akan membantu Anda melesat sebagai karyawan yang baik dan patut dibanggakan. 

2. Lihat Apa yang Anda Bisa Pelajari

Anda tentu mengetahui bahwa tidak ada satupun orang yang terlahir sempurna di dunia ini. Meskipun Anda sudah bekerja sebaik mungkin, kesalahan tetap akan mungkin terjadi selama Anda berkarier.

Daripada fokus pada kritikan pedas yang Anda terima, lihatlah apa yang Anda bisa pelajari dari momen tersebut. Upayakan untuk fokus pada sisi positif dari setiap yang Anda lalui di kantor.
 

3. Jangan Diambil Serius

Seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan terbiasa untuk menerima kritikan dan masukan dari kantor. Momen pertama memang tidaklah mudah, namun hal ini akan melatih Anda untuk tetap senantiasa belajar dan terus memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

Jangan terlalu dipikirkan saat Anda menerima kritikan dari atasan tersebut, anggaplah hal tersebut sebagai momen pembelajaran bagi Anda untuk mempertajam karier Anda dikemudian hari.

4. Ucapkan Terimakasih

Terakhir dan tentunya akan sangat penting untuk tidak dilupakan ialah ucapkan terimakasih saat Anda menerima masukan di kantor. Selain menunjukan apresiasi pada orang terkait, Anda menunjukan bahwa Anda adalah orang yang mau belajar.

Ingat, sikap yang baik dan keinginan untuk terus belajarlah yang membuat Anda untuk semangat dan sukses menjalani hari-hari Anda di kantor
 

Mana yang Lebih Baik, Mendapat Kritik atau Pujian? Ini Jawabannya

Menerima kritik atau dipuji oleh orang lain tentunya sudah menjadi hal yang sering dihadapi dalam kehidupan. Banyak orang menyangka menerima pujian akan lebih baik daripada menerima kritik.

Begitupun sebaliknya dengan menerima kritik dalam hidup lebih baik dibanding dipuji orang lain. Lalu manakah yang lebih baik, mendapat kritik atau dipuji? Inilah jawaban yang dirilis dari Lifehack.org.

Sebuah pujian bila diibaratkan makanan, merupakan sebuah makanan yang sehat dan penuh gizi. Namun ketika makanan sehat dikonsumsi secara berlebihan, tetap saja akan menimbulkan reaksi yang tidak baik sehingga dapat menimbulkan sakit pada tubuh.

Sehingga sebuah pujian berlebihan dan berulang, akan membiasakan diri untuk nyaman dalam sebuah posisi yang sama. Pada akhirnya tidak ada perkembangan yang dihasilkan dari kondisi nyaman tersebut.
 

Kritik berbahaya?

Sebaliknya, menerima kritik diibaratkan seperti makanan yang tidak sehat dan beracun, tentunya menerima makanan ini saja sudah banyak orang yang menolak. Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan ini juga berpotensi menghancurkan tubuh.

Namun ketika sekali mencoba makanan ini, orang sudah tidak ingin mencobanya lagi dan bergerak untuk berubah. Alias bertindak untuk hal yang lebih baik, dibanding hanya menerima pujian saja. Lalu apa yang terjadi?

Orang yang menerima kritikan yang baik dan membangun, akan membuat orang berpikir apa yang salah dalam kegiatan yang sudah ia lakukan. Sehingga bisa menemukan celah kesalahan dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
 

Kritik sehat

Berbeda dengan orang yang menerima pujian, sehingga mereka tidak perlu lagi menemukan kekurangan dalam pekerjaanya. Kritik yang sehat juga lebih mudah diaplikasikan dalam pekerjaan, sehingga kita mampu melihat kelemahan apa yang ada dalam tindakan kita seperti pekerjaan yang kurang rapih, atau pekerjaan yang kurang cepat.

Tentunya kritikan seperti ini membantu membereskan berbagai kelemahan dan selanjutnya dapat bekerja dengan maksikmal. Bila tidak ada kritikan dalam pekerjaan, jangan sungkan untuk meminta penilaian dari orang lain sehingga tahu apa kekurangannya. Bila ada kritikan dalam pekerjaan, terimalah dengan sabar dan dengarkan hingga selesai hingga paham bagian apa saja yang harus ditingkatkan.

Selain itu jangan mudah memuaskan kritikan orang lain, dengan selalu melihat apakah kritikan tersebut sesuai dengan tujuan Anda dalam dunia kerja. Pada akhirnya kritikan dapat Anda kendalikan dan dijadikan sebuah batu loncatan berkembang ke level selanjutnya.(Bawono Yadika-Liputan6.com/jko)

 

 

 

 

30 April 2018
Anda Karyawan dengan Gaji Kecil? Yuk, Coba 7 Ide Usaha Sampingan Ini
Menjadi karyawan penuh waktu bukanlah halangan untuk mendapatkan penghasilan lebih. Hanya butuh ide kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah untuk mewujudkannya. Usaha sampingan bisa ditempuh karyawan untuk menghasilkan pendapatan lebih dan tentu saja tidak mengganggu pekerjaan utamanya.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini beberapa ide usaha sampingan buat karyawan dengan gaji kecil untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utamanya.

1. Online Shop

Usahaonline kini kian marak dan menjadi tren baru di tengah-tengah masyarakat. Zaman yang super canggih dan serba instan membuat orang lebih memilih untuk berbelanja di online shop karena lebih praktis. Peluang ini bisa menjadi inspirasi bagi karyawan untuk memulai usaha sampingan.

Banyak jenis barang yang bisa dijual melalui online shop, seperti pakaian, make up, peralatan rumah tangga, gadget, dan lainnya. Bagi karyawan yang tak ingin mengeluarkan modal banyak, bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper.
 

2. Laundry Kiloan

Laundry kiloan bisa menjadi ide usaha yang cemerlang bagi karyawan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, karyawan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Kunci sukses dari usaha laundry kiloan adalah pemilihan lokasi usaha.

Carilah lokasi yang memiliki pasar yang bagus, seperti daerah yang dekat kampus atau kos-kosan. Selain itu, utamakan kualitas dan pasang harga yang bersaing juga merupakan kunci sukses usaha laundry kiloan.

3. Kuliner Jalanan

Ide usaha sampingan lain yang bisa karyawan coba adalah usaha kuliner jalanan. Karyawan bisa memulainya dengan melakukan observasi selera masyarakat atau menyesuaikan ide jenis kuliner dengan yang sedang tren di masyarakat.

Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang tak ada habisnya kalau ditangani dengan tepat. Pengusaha harus cerdas berinovasi dan giat memasarkan usaha kulinernya agar dikenali dan dicari masyarakat.
 

4. Jual Pulsa dan Kuota Internet

Berjualan pulsa dan kuota internet adalah salah satu ide usaha yang bisa karyawan jalankan tanpa mengganggu jam kerja utama. Pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi orang-orang zaman sekarang.

Menawarkan pulsa dan kuota internet juga sangat mudah, yaitu dengan menawarkannya ke teman kantor, tetangga, ataupun keluarga. Keuntungan lain usaha pulsa dan kuota internet adalah tidak membutuhkan modal yang besar, yaitu hanya sebesar Rp 1-3 juta.

5. Jual Foto di Internet

Bagi karyawan yang hobi memotret dan memiliki kamera sendiri, ide usaha ini sangat cocok digeluti untuk menghasilkan uang. Selain menawarkan jasa fotografi, Anda juga bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda di berbagai situs penjualan foto. Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada yang menggunakan atau membeli foto Anda secara online.

6. Jasa Penerjemah

Jika Anda menguasai bahasa asing, Anda bisa memilih ide usaha ini. Hanya bermodal kemampuan berbahasa asing, Anda bisa menghasilkan uang tambahan. Anda bisa mencari job penerjemah melalui berbagai situs online.

Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya. Usaha ini bisa Anda kerjakan dari rumah tanpa mengganggu pekerjaan Anda.

7. Agen Asuransi

Peluang usaha sampingan lainnya yang tidak memerlukan modal besar adalah menjadi agen asurasi. Berbekal wawasan mengenai asuransi dan kemampuan menjual, Anda bisa langsung menjadi agen asuransi.

Usaha ini tepat untuk digeluti sebagai sampingan karena tidak mengikat, modalnya kecil, tapi juga memberikan penghasilan berkelanjutan

Memulai Usaha Sampingan, Jangan Takut Gagal

Jika sudah memulai berusaha, jangan takut pada kegagalan. Biasanya kegagalan dihindari setiap orang yang baru mulai berusaha. Namun, ternyata kegagalan juga bisa menjadi pengalaman berharga dan merupakan bagian dari jalan menuju kesuksesan. Selamat mencoba!(Fitriana Monica Sari-Liputan6.com/jko)

 

 

 

27 April 2018
Jangan Menjadi Qarun
Kasus seperti Qarun kerap terjadi meski Allah SWT telah menunjukkan berkali- kali azabnya terhadap orang-orang yang lupa kefakirannya.

Kisah tentang Qa run kerap memberi pelajaran kepada kaum Muslimin tentang orang yang lupa terhadap fitrahnya. Qarun dikisahkan sebagai sepupu Musa, anak dari Yashar adik kandung Imran ayah Musa.

Baik Musa maupun Qarun masih keturunan Yaqub karena keduanya merupa kan cucu dari Quhas putra Lewi. Lewi bersaudara dengan Yusuf anak dari Yaqub, hanya berbeda ibu.

Silsilah lengkapnya ada lah Qarun bin Yashar bin Qahit/Quhas bin Lewi bin Yaqub bin Ishaq bin Ibrahim. Beberapa riwayat menceritakan pada mulanya, Qarun orang yang miskin dengan banyak anak, tetapi saleh.

Dia meminta kepada Musa AS untuk mendoakannya agar mempunyai sejumlah harta.

Doa Nabi Musa terkabul. Qarun dianugerahi harta yang dikembangkan hingga ber limpah. Pada gilirannya, dia dikenal sebagai orang terkaya pada zamannya.

Kekayaannya membuat iri orang-orang Bani Israil.Karena kekayaannya itu pula, Qarun senantiasa memamerkan dirinya kepada khalayak ramai.

Qarun menggunakan pakaian yang sangat mewah, jumlah harta benda yang dibawanya harus diangkut oleh 60 ekor unta, dengan didampingi sebanyak 600 orang pelayan yang terdiri atas 300 laki- laki dan 3.

000 orang perempuan.

Saat itu, Qarun juga dikawal seba nyak 4.000 orang dan diiringi oleh sebanyak 4.

000 binatang ternak yang sehat.

Para penyaksi Qarun mengingin kan kekayaan seperti yang dimilikinya.

Kesombongan Qarun itu tampak ketika ia mengatakan, harta yang diperolehnya karena ilmu yang dimilikinya (QS 28:78).

Karena kesombongannya itulah, Allah mengazabnya dengan ditenggelamkan ke dalam perut bumi.`'Maka, Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi.

Maka, tidak ada baginya suatu golongan pun yang meno longnya terhadap azab Allah.

Dan, tiadalah ia termasuk orang- orang (yang dapat) membela (dirinya).

(QS 28:81).

Qarun adalah potret dari seseorang yang lupa akan kefakirannya.

Seusai mengembangbiakkan kekayaan yang diperolehnya, dia melambung tinggi.

Dia merasa sudah beranjak menjadi kaya.

Padahal, Imam Ibnu Taimiyah men jelaskan, jika kefakiran adalah sifat esensi dan intrinsik yang memang menjadi bagian dari hakikat jadi diri selamanya.

Sebagai mana kemahakayaan selamanya adalah sifat esensi dan intrin- sik Tuhan.

Dalam QS Fathir:15, Allah SWT berfirman, Wahai manusia, ka mulah yang butuh kepada Allah, dan Allah Dia-lah yang Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziy menjelaskan, Allah SWT menerangkan dalam ayat ini bahwa kefakiran para hamba kepada-Nya adalah sesuatu yang bersifat esensi dan intrinsik bagi mereka.Kefakiran itu menjadi bagian inti dari mereka dan sama sekali ti dak bisa terlepas dari diri mereka.

Sifat intrinsik ini dimiliki Allah SWT dalam bentuk yang berbeda.Allah SWT mempunyai sifat intrinsik berupa Kemahakayaan dan kemahaterpujian.Itulah keniscayaan yang ditetap- kan untuk-Nya dan menjadi sifat intrinsik Dzat-Nya, bukan sesuatu yang ada karena faktor ekster- nal.(Sumber : Dialog Jumat Republika/jko)

 
26 April 2018
Pahami Makna Hijrah dan Jenisnya
Hijrah berasal dari Bahasa Arab yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat. Dalam konteks sejarah, hijrah adalah kegiatan perpin- dahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau dari Makkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan mene- gakkan risalah Allah, berupa akidah dan syariat Islam.

Ustazah Yennie Kurniawati dalam Pengajian April yang diadakan Hijabers Community bekerja sama dengan Dompet Dhuafa pada belum lama ini, lalu menjelaskan, kisah hijrah yang dicatat dalam sejarah Islam adalah perjalanan Isra Mi'raj.

 

Perintah berhijrah juga tertulis dalam perintah Allah SWT, Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu meng harap kan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(QS al-Baqarah: 218).

Menurut Ustazah Yennie, terdapat beberapa hikmah dari Isra Mi'raj yang merupakan perjalanan ke Baitul Maqdis, di mana menjadi tempat turunnya wahyu para Nabi.

Rasulullah diperjalankan da lam bentuk roh dan jasadnya dalam ke adaan sadar, dan bertemu dengan para nabi terdahulu.

Dalam perjalanan tersebut, nabi juga mendapatkan mandat dari Allah SWT untuk menyampaikan kewajiban shalat lima waktu kepada umat Islam.

Berhijrah, kata Ustazah Yenni , memang tidak selamanya bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru.Namun, memiliki banyak makna.

Berhijrah bisa bermakna bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhaan Allah SWT.Selain itu, hijrah juga diartikan sebagai salah satu prinsip hidup, di mana seseorang dapat dikata kan hijrah jika telah memenuhi dua sya rat, yaitu ada sesuatu yang dit- inggalkan dan ada sesuatu yang ditu- junya (tujuan).

"Kedua-duanya harus dipenuhi oleh seorang yang berhijrah.

Misalnya dengan meninggalkan segala hal yang buruk, seperti pikiran negatif dan maksiat, dan menuju keadaan yang lebih baik, positif untuk menegakkan ajaran Islam, ," kata Ustazah Yennie kepada jamaah kajian bertema A Hijrah Story from Nnight Journey di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Menurut dia, seorang yang telah bertekad berhijrah, dalam artian mengubah hidupnya menjadi lebih baik maka akan memperoleh derajat yang lebih tinggi di mata Allah.

Semisal yang dijan- jikan-Nya dalam Alquran, orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berji- had di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang- orang yang mendapat kemenangan. (QS at-Taubah: 20)

Secara garis besar hijrah dibedakan menjadi dua macam, yaitu hijrah makaniyah (berpindah dari satu tempat ke tempat lain) dan hijrah maknawiyah (mengubah diri, dari yang buruk menjadi lebih baik demi mengharap keridhaan Allah SWT).

Contoh hijrah makaniyah adalah peristiwa hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah, dan hijrahnya Nabi Ibrahim dan Nabi Musa.

Berkatalah Ibrahim, `sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku, sesungguhnya Dialah yang Mahaperkasa lagi Mahabijak sana.

' (QS al-Ankabut: 26).

 

Maka keluarkanlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdoa, `ya Tuhan ku, selamatkanlah aku dari orang- orang yang zalim itu.' (QS al-Qashash:21).

 

Hijrah maknawiyah, dibedakan men jadi empat, yaitu hijrah i'tiqadiyah (hijrah keyakinan) di mana seorang Muslim men coba meningkatkan ke iman annya agar terhindar dari kemusyrikan.

Kedua, hijrah fikriyah (hijrah pemikiran) di mana seseorang memutuskan kembali mengkaji pemikiran Islam yang berdasar pada sabda Ra sulullah dan firman Allah demi meng hindari pemikiran yang sesat.

Ketiga, hijrah syu'uriyyah adalah ber ubahnya seseorang yang dapat dilihat dari penampilannya, seperti gaya ber busana, dan kebiasaannya dalam kehidup an sehari-hari.

Hijrah ini biasa dila kukan untuk menghindari budaya yang jauh dari nilai Islam, seperti cara berpakaian, hiasan wajah, rumah, dan lainnya.Terakhir adalah hijrah sulukiyyah (hijrah tingkah laku atau kepribadian).

 

Hijrah ini digambarkan dengan tekad untuk mengubah kebiasaan dan ting kah laku buruk menjadi lebih baik. "Seperti orang yang sebelumnya selalu berbuat buruk, seperti mencuri, membunuh, atau lainnya, bertekad berubah kepribadiannya menjadi pribadi yang berakhlak mulia," kata Ustazah Yenni.(Rep: Dea Alvi Soraya-Republika.co.id/jko)

25 April 2018
7 Tips Ini Bantu Kamu Merasa Lebih Bahagia di Kantor
Survei Job Happiness yang dilakukan oleh JobStreet.com baru-baru ini menunjukkan, sekitar 45 persen orang sebenarnya tidak senang bekerja. Memang ada banyak faktor yang berkontribusi pada rasa ketidakbahagiaan saat kita berada di tempat kerja seperti pekerjaan yang menumpuk, gaji yang tak kunjung naik hingga bos yang menyebalkan.

Namun ada banyak tindakan yang dapat diambil untuk membantu memperbaiki situasi tersebut dan membuat diri Anda merasa jadi lebih baik. Melansir JobStreet.com, tujuh tips di bawah ini akan memandu Anda agar bisa merasa lebih bahagia di tempat kerja, berikut ulasannya:
 

1. Buat kantor seperti rumah sendiri

Karena Anda akan menghabiskan begitu banyak waktu di tempat kerja, tingkatkan produktivitas dan kebahagiaan Anda dengan membuat ruang Anda benar-benar seperti milik dan rumah Anda sendiri.

Hias area ruangan dengan tanaman dan warna yang sesuai dengan kepribadian Anda. Dengan cara ini, Anda akan memiliki ruang kerja yang memungkinkan Anda merasa nyaman dan rileks. 

2. Jalin pertemanan dengan rekan kerja

Anda tidak perlu berjalan sendirian. Beberapa orang kadang suka mengatakan, "Saya di sini untuk bekerja, bukan untuk berteman." Apa yang dilakukan adalah menempatkan penghalang antara diri Anda dan orang lain, sehingga akan mencegah Anda menciptakan hubungan dan persahabatan yang tulus.

Di mana-mana teman termasuk hal yang penting, begitu Anda membuka diri dan mau membentuk ikatan dengan orang-orang yang Anda lihat setiap hari, pekerjaan pasti akan lebih menyenangkan dan memuaskan dibandingkan dengan bekerja sendiri atau menyimpan masalah Anda untuk diri sendiri. Selain itu, memiliki teman di tempat kerja dapat menciptakan sistem pendukung, persahabatan, dan rasa kesetiaan. 

3. Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah

Belajarlah memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan di tempat Anda bekerja. Memang terkadang sulit untuk tidak terpengaruh di tempat kerja ketika Anda menghadapi masalah pribadi.

Karenanya cobalah buat diri Anda sibuk dan bersikap profesional di tempat kerja, sehingga pekerjaan Anda tidak akan terbengkalai yang menyebabkan Anda menjadi lebih stres dan tidak nyaman dalam lingkaran pekerjaan.

Dengan mengalihkan pikiran dari masalah pribadi yang ada kemungkinan bisa memberi Anda perspektif yang berbeda ketika Anda kembali ke hal tersebut setelah pekerjaan Anda selesai.
 

4. Tersenyumlah dan jangan lupa berterima kasih

Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan Anda di tempat kerja, karena hal ini memberitahu otak untuk menjadi lebih bahagia. Senyuman juga bisa menular. Tersenyumlah dan dunia juga akan tersenyum bersamamu.

Selain itu ungkapkan juga rasa terima kasih kepada rekan kerja, cara ini akan membuat mereka merasa dihargai, sehingga Anda juga berkontribusi pada energi positif saat berada di tempat kerja. 

5. Tarik napas

Terkadang orang memang mudah emosi saat berada di tempat kerja. Itulah mengapa Anda perlu mengambil waktu satu menit untuk bernapas sebelum pindah ke tugas berikutnya.

Bergeraklah dari waktu ke waktu untuk meregangkan tubuh Anda setelah berjam-jam membungkuk dan duduk. Jika memungkinkan, luangkan waktu dan pergi berlibur untuk bersantai dan mengisi ulang energi Anda.
 

6. Terorganisasi

Hindari stres tambahan yang datang dengan kekacauan dan memikirkan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Memiliki ruang kerja yang terorganisasi akan membantu Anda lebih siap dan bekerja lebih efisien.

7. Hadiahi diri Anda sendiri

Entah itu pergi makan malam dengan teman, atau memanjakan diri ke salon maupun spa, temukanlah waktu untuk menghadiahi diri sendiri setelah Anda menyelesaikan proyek atau menjalani hari yang sibuk. 

Anda tidak perlu merasa sengsara di tempat kerja sepanjang waktu jika Anda menemukan cara untuk membuat diri Anda merasa lebih baik. ?Selamat mencoba!(Dhita Koesno-Liputan6.com/jko)

 

 

 

24 April 2018
Jenuh dan Lelah dengan Pekerjaan Kantor? Buruan Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini
Merasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan kantor setiap harinya memang sangat wajar terjadi pada semua orang. Namun, Anda sebaiknya juga harus bisa mengerti bagaimana cara mengatasi semua rasa bosan tersebut. Jangan ragu mencari solusi untuk mengatasi rasa jenuh dan lelah di kantor.

Dalam satu minggu, Anda menghabiskan lima hari untuk bekerja seharian dengan berbagai macam kegiatan kantor lainnya. Belum lagi, ada banyak halangan di luar pekerjaan, seperti masalah dengan teman sejawat atau ada teman-teman yang usil.
 

Untuk menghindari rasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan kantor, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya seperti yang dikutip dari Cermati.com.

1. Ubah Suasana Meja Kerja

Cobalah untuk mengubah suasana meja kerja atau ruangan Anda. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan dan cukup efektif untuk diterapkan ketika rasa jenuh melanda.

Anda bisa menambahkan action figure, mini collection, atau bingkai foto orang tersayang. Jangan ragu untuk meletakkan cemilan kue kering sekalipun sekadar kacang-kacangan. Cara ini terbukti cukup efektif dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh dan lelah dengan berbagai pekerjaan kantor yang tidak ada habisnya.
 

2. Ubah Cara Bergaul di Kantor

Bergaulah dengan cara yang baik di kantor Anda. Sebab, bisa jadi ketidaknyamanan Anda disebabkan kerena masalah bersosialisasi di kantor. Jangan malu untuk bergabung dan hangout dengan teman kantor Anda.

Hindari melakukan hal yang terkesan berlebihan, misalnya pamer atau mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Usahakan selalu jujur. Sebab bagaimana pun jujur akan jauh lebih baik dan membuat Anda nyaman dalam menjalani hari-hari di kantor.

3. Diskusi tentang Banyak Hal

Teman kantor tidak hanya bisa diajak berdiskusi urusan pekerjaan. Anda juga bisa mengajak mereka untuk berdiskusi tentang pekerjaan kantor. Jangan ragu untuk berdiskusi tentang hal apa pun, misalnya membicarakan tentang hobi Anda.

Siapa tahu Anda dan teman-teman kantor Anda memiliki hobi yang sama. Hal ini juga bisa membuat Anda jauh lebih dekat dengan mereka, bahkan membuat Anda bisa jauh lebih nyaman untuk berada di kantor.
 

4. Makan Siang di Luar Kantor

Salah satu cara mengatasi rasa bosan dengan pekerjaan di kantor adalah dengan mengisi waktu luang semisal istirahat makan siang di luar kantor. Anda bisa keluar kantor untuk makan siang, bahkan bisa pergi makan bersama dengan teman-teman kantor.

Jangan ragu untuk melakukan kegiatan di luar kantor selama hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan. Makan siang di luar kantor akan membuat Anda lebih rileks. Jika pergi bersama teman, Anda juga bisa dekat dengan teman tersebut dan dapat bertukar pikiran dengan mereka. Cobalah hal-hal yang baru dan sekiranya bisa memberikan Anda suasana baru untuk menghilangkan rasa jenuh.

5. Mencari Pekerjaan Baru

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa jenuh dengan pekerjaan di kantor adalah mencari pekerjaan yang baru. Cara ini bisa saja Anda lakukan, tapi harus dengan penuh pertimbangan dan keyakinan yang benar-benar mantap.

Jangan pernah mengambil sebuah keputusan dengan tergesa-gesa. Sebab hal tersebut akan sangat membahayakan, bahkan membuat Anda merasa menyesal di kemudian hari. Pastikan jika Anda memang nantinya memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Haruskah Bekerja Sesuai Passion atau Bidang yang Disukai?

Jawabanya adalah tidak selalu. Sebab tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka sukai. Jangan pernah merasa tidak beruntung jika Anda kurang nyaman dengan pekerjaan sekarang. Sebab, bisa jadi hal tersebut adalah yang terbaik untuk Anda.

Jangan pernah menganggap jika setiap orang pasti akan bekerja sesuai dengan bidang yang disukai. Bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda dapatkan. Jalani apa yang ada di hadapan Anda.

Anda bisa saja berpindah kantor atau alih profesi. Namun, cobalah untuk memikirkannya berkali-kali agar nantinya tidak mengalami penyesalan yang tidak ada ujungnya dan malah membuat Anda merasa stres.(Fitriana Monica Sari-Liputan6.com/jko)

 

 

 

 

Page 1 of 62      1 2 3 >  Last ›