Selingan

27 July 2017
Langka! Gerhana Matahari Total 2017, Anda Bisa Melihat Korona Matahari Fenomena gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi di Amerika Serikat (AS) pada Agustus. Gerhana ini akan memberikan ilmuwan informasi berharga tentang aktivitas matahari dan pengaruhnya terhadap atmosfer bumi.

Ahli fisika surya melihatnya sebagai kesempatan unik untuk mengamati korona matahari langsung dan melibatkan masyarakat dalam proyek sains warga untuk memperbaiki pemahaman kita tentang bintang, medan magnet, dan cuaca di luar angkasa.

Korona merupakan bagian terluar dari atmosfer matahari yang biasanya tidak terlihat oleh mata telanjang, karena disembunyikan oleh cahaya terang dari permukaan bumi.

Meski begitu, selama gerhana matahari total, kemungkinan korona hanya akan terlihat sekilas. Penampakan korona ini terbilang sangat penting untuk memahami bagaimana cuaca luar angkasa termasuk angin matahari memengaruhi planet Bumi.

Korona meluas ke Bumi, menghasilkan angin matahari yang kuat dan berjalan cepat di seluruh tata surya, kemudian bertemu dengan Bumi dan medan magnet pelindungnya.

Beberapa partikel bermuatan angin surya dibelokkan, namun beberapa partikel itu berjalan mendekati Bumi. Di sana, mereka bisa mengganggu komunikasi dan navigasi satelit hingga merusak listrik. Mereka juga bertanggung jawab menciptakan aurora.

Dilansir IB Times, Kamis (27/7/2017), kemampuan ilmuwan memprediksi cuaca luar angkasa telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun hal tersebut masih menghadapi banyak tantangan.

Jika tak ada gerhana matahari, perangkat yang dikenal sebagai coronagraph dapat digunakan untuk menutupi sinar matahari dan mempelajari korona. Namun perangkat itu biasanya dibuat lebih besar dari cakram sinar matahari untuk melindungi teleskop dari kerusakan dan cenderung menghalangi korona dari pandangan ilmuwan.

Hal tersebut merupakan masalah menurut Carrie Black, dari US National Science Foundation. “Ilmuwan tertarik pada korona, yang karenanya banyak aktivitas matahari dan asal usul cuaca antariksa,” ujarnya dalam sebuah konferensi pers tentang gerhana total yang akan datang.

Dibanding coronagraph, bulan menghalangi sinar matahari dengan sempurna selama gerhana matahari total. Ukurannya 400 kali lebih kecil dari matahari dan 400 kali lebih dekat ke Bumi, sehingga bisa menutupi permukaan matahari dengan sempurna jika keduanya sejajar.
Gerhana total 2017 dengan demikian akan menjadi kesempatan unik untuk mempelajari korona secara langsung dan meningkatkan pengetahuan ilmiah tentang aktivitas matahari.

"Gerhana membantu kita mempelajari korona matahari. Kita hidup di korona matahari dan matahari menempatkan masyarakat yang bergantung pada teknologi dalam bahaya hampir setiap hari. Banyak sistem kita seperti komunikasi satelit bergantung pada aktivitas matahari, jadi penting bagi kita untuk memahami hubungan antara matahari dan Bumi, dan untuk meramalkan cuaca antariksa," papar Scott McIntosh, Director of the National Center for Atmospheric Research High Altitude Observatory.

Selama gerhana, para ilmuwan berharap untuk membuat banyak pengukuran sifat fisik korona dan untuk mengetahui lebih banyak alasan mengapa suhunya sangat panas. Suhu korona yang tinggi, dibandingkan dengan suhu permukaan matahari, telah lama menjadi sebuah misteri.

Gerhana juga akan menjadi kesempatan untuk mempelajari ionosfer, lapisan atmosfer Bumi. Bayangan gerhana total memang menciptakan perubahan ionosfer dan para ilmuwan ingin mengetahui lebih banyak tentang seberapa banyak dan seberapa lama ionosfer dipengaruhi oleh gerhana matahari.

Akhirnya, gerhana akan digunakan untuk menguji instrumen ilmiah baru dan untuk melakukan eksperimen crowd-sourcing.
Para ilmuwan ingin mendorong orang-orang untuk berpartisipasi dalam proyek sains warga dan untuk mengambil ribuan gambar gerhana yang kemudian akan dianalisis secara rinci di tahun-tahun mendatang. Dengan demikian, mereka melihat gerhana sebagai 'laboratorium alami' untuk memahami matahari, Bumi, dan seberapa jauh keterlibatan publik dapat membantu kemajuan pengetahuan ilmiah.(okezone-ink)
 
26 July 2017
Wow! Ilmuwan Temukan Spesies Ikan Raksasa Ilmuwan mengklaim menemukan Hoodwinker Sunfish (Mola tecta), spesies pertama dari sunfish (ikan mola) yang ditemukan setelah bersembunyi lebih dari 100 tahun. Peneliti konon belum menemukan ikan itu sejak tiga abad.

Dilansir Techtimes, Selasa (25/7/2017), menemukan ikan raksasa itu sulit karena hidup menyendiri. Ikan ini menyelam untuk makan di bagian laut yang dalam, di mana sulit ditemukan oleh manusia. Tidak disebutkan berapa ukuran panjang atau berat ikan tersebut.

Marianne Nyegaard dari Murdoch University, Australia dan rekan-rekannya akhirnya menemukan dan menggambarkan spesies tersebut. "Spesies ini tidak mengembangkan moncong yang menonjol, atau punggung bengkak atau ventroloid yang membengkak," kata peneliti.

Ia melanjutkan, proporsi tubuh tetap serupa dengan pertumbuhannya. Saat melakukan analisis DNA lebih dari 150 sampel kulit ikan mola, peneliti menemukan bahwa sampel tersebut mengisyaratkan ada empat spesies hewan laut yang berbeda.

Hanya ada tiga spesies ikan mola yang dijelaskan seperti Masturus lanceolatus, Mola mola, dan Mola ramsayi. Sekira 10 tahun lalu, periset Jepang menemukan bukti genetik berupa dari spesies ikan mola yang tidak diketahui, yang mendukung gagasan bahwa ada spesies yang tidak disebutkan namanya dan tidak dikenal.

Untuk mengetahui seperti apa spesies baru ini, Nyegaard menggunakan media sosial untuk mencari foto ikan mola dan membangun jaringan dari orang-orang Selandia Baru dan Australia yang mungkin memberi informasi terkait ikan tersebut.

Upaya peneliti tidak sia-sia. Pengamat dari Australia dan Selandia Baru mengirim gambar dari ikan mola yang ditemukan di laut.

Mereka juga mengirimkan sampel ikan mola yang dikumpulkan selama patroli, yang menjadi dasar penelitian awal. "Ikan ini memiliki struktur kecil di sirip belakang yang belum pernah saya lihat di bawah sinar matahari sebelumnya," ungkap Nyegaard.(okezone-ink)

20 July 2017
Bangkrut? Ini Tips untuk Bangkit dan Kembali Membangun Bisnis
Kata bangkrut menjadi momok mengerikan bagi pebisnis. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali memulai bisnis. Dalam bisnis, risiko bangkrut sama besarnya dengan risiko sukses.

Dan untuk menjadi sukses, kadang kegagalan harus dilalui dulu supaya kita bisa mengambil pelajaran. Buktinya ada banyak pebisnis kelas dunia yang pernah gagal sebelum sesukses sekarang. Tapi karena memiliki mental jempolan, mereka bisa bangkit dan memulai kembali bisnisnya seperti dikutip dari CekAja.com:
 

1. Mencari tahu penyebab kegagalan

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah bisnis bangkrut adalah mengevaluasi kesalahan. Apa yang membuat bisnis Anda jatuh? Apakah karena salah strategi pemasaran? Atau karena salah mengelola modal?

Jadikan kesalahan-kesalahan tersebut sebagai pelajaran untuk bangkit. Kalau ternyata kegagalan terjadi karena Anda tidak menguasai bidang tersebut, jangan ragu untuk mempekerjakan orang yang lebih bekompeten di lain kesempatan.

2. Memperbaiki sistem keuangan

Ada banyak bisnis gagal yang disebabkan karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Cash flow menjadi biang keladi yang tidak disadari. Riset Top Coach Indonesia menunjukkan bahwa rata-rata 8 dari 10 pebisnis cenderung hanya memperhatikan profit ketimbang cash flow.

Kemudian CB Insights, sebuah lembaga di Amerika mengungkap bahwa kehabisan uang menempati urutan ke-2 dari 20 alasan utama mengapa bisnis gagal. Sebelum memulai kembali bisnis Anda jangan ragu untuk lebih banyak belajar bahkan ikut kursus untuk mempelajari keuangan perusahaan.

3. Melakukan konsolidasi utang

Hal ini harus dilakukan jika modal bisnis berasal dari pinjaman bank maupun pihak lain. Konsolidasi merupakan proses. Misalnya utang Anda sebesar sebesar Rp 150 juta, tetapi Anda hanya memiliki Rp 120 juta. Dengan konsolidasi utang, Anda bisa melunasi utang tersebut sejumlah uang yang dimiliki.
 

Bisnis sederhana

4. Mulai lagi dari bisnis sederhana

Gagal bukan berarti berhenti. Apalagi bagi Anda yang memang mempunyai passion di bidang bisnis dan sama sekali tidak terpikir bekerja untuk orang lain. Jika Anda hanya memiliki sumber penghasilan dari bisnis, mulailah lagi dengan bisnis sederhana dengan modal kecil.

Misalnya dengan menjadi reseller bisnis online. Siapa tahu dari yang kecil ini bisa berkembang dari besar.

5. Mendaftar asuransi properti

Jangan mau terjebak ke lubang yang sama dua kali. Misalnya kalau bisnis Anda bangkrut karena tertimpa musibah seperti kebakaran sehingga menderita kerugian materi yang besar, berarti Anda harus memiliki asuransi properti untuk melindungi tempat usaha.

Anda juga bisa membeli perluasan pertanggungan yang menjamin risiko kerusuhan dan huru-hara, angin topan, badai, banjir, gempa bumi, atau pencurian. Perlindungan yang dilakukan tidak hanya sebatas untuk bangunan saja, namun juga asuransi terhadap harta benda, perlengkapan dan barang-barang yang ada di dalam properti yang diasuransikan.(Nurseffi Dwi Wahyuni-liputan6.com/jko)

 


 

 

 

19 July 2017
Subhanallah, Hujan Merupakan Air Murni Tak Terkontaminasi Dijelaskan Alquran dan Sains Proses penguapan air di alam dan kondensasi uap menjadi hujan pada dasarnya adalah proses pemurnian air, seperti halnya proses destilasi air di laboratorium. Uap adalah molekul-molekul air yang berubah menjadi gas.

Dalam buku ‘Tafsir Ilmi dengan tema Air dalam perspektif Alquran dan Sains’ menjelaskan, ketika menguap, molekul air terbang meninggalkan bahan-bahan terlarutnya. Meskipun di antara bahan terlarut tersebut terdapat gas (misalnya Co2, Nox, atau metan) atau zat yang juga dapat berubah fasa menjadi gas (misalnya khlor), penguapan akan memisahkan air dari pengotornya. Oleh karena itu, air hujan pada dasarnya adalah air murni.

"Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih," bunyi Surah Al-Furqan Ayat 48.

Sejatinya, Allah telah menciptakan air hujan dalam keadaan bersih untuk berbagai keperluan makhluk dan menyuburkan tanah yang tandus. Akan tetapi, ulah sebagian manusialah yang mengakibatkan air yang tadinya murni dan bersih menjadi terkontaminasi.

Ada kalanya perbuatan itu tidak disadari dampak negatifnya, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Terkadang, sangat disadari, meski kesadaran itu kalah oleh ketamakan.

Manusia tidak lagi peduli akan keberlangsungan hidup makhluk di alam yang menjadi milik bersama, termasuk milik generasi-generasi yang akan datang. Peringatan ini telah difirmankan oleh Allah untuk manusia.

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)," bunyi Surah Ar-Rum Ayat 41.(okezone)
 
18 July 2017
Perhatikan 6 Hal Berikut Sebelum Memulai Usaha
Apakah Anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha sendiri? Saat ini banyak karyawan yang keluar dari pekerjaannya dan memulai bisnis sendiri. Namun untuk membangun bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah.

Banyak tantangan yang bakal menghadang di depan, termasuk ketika Anda akan merilis bisnis baru Anda. Launching usaha ini bisa menjadi patokan kesuksesan bisnis Anda mendatang.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai usaha seperti dikutip dari Laruno:
 

1. Kenali produk dan pasar

Sebelum Anda memulai bisnis di bidang apa pun, penting untuk melakukan kajian terhadap pasar, pesaing Anda, dan bagaimana mereka meluncurkan bisnis mereka.

Apakah nilai jual produk Anda kompetitif? Kapan waktu terbaik mengenalkan bisnis baru Anda? Siapa pelanggan Anda? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menentukan arah bisnis Anda ke depan.

2. Business Plan

Sebelum memulai bisnis Anda, strategi dan perencanaan haru mulai disusun. Hanya ketika Anda memiliki rencana yang solid, Anda bisa menjalankan bisnis Anda. Karena, perencanaan meminimalkan kesalahan di masa datang.

Tetapi ingat, rencana terbaik juga dapat berubah tergantung pada kondisi. Jadilah fleksibel dan beradaptasi dengan perubahan.

3. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Salah satu hal yang paling penting dalam memulai usaha. Kita pasti tidak ingin usaha yang kita jalankan sepi pengunjung. Oleh karena itu carilah posisi yang sesuai atau tempat di mana para target dari usaha Anda berkumpul.

Contohnya, toko fotokopi yang diletakkan di samping kampus, karena bahan kuliah mahasiswa yang biasanya dibagikan hanya satu bahan kemudian difotokopikan untuk semuanya.(Nurseffi Dwi Wahyuni-liputan6.com/jko)

 


 

 

17 July 2017
Miliki 100 Mata, Alquran dan Sains Jelaskan Keajaiban Nyamuk Nyamuk merupakan hewan yang mampu terbang dan berbentuk kecil. Pada salah satu ayat Alquran serta Hadis, hewan tersebut disebutkan. Apa keistimewaan nyamuk hingga hewan ini disebutkan di dalam Alquran?

"Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?".

Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik," bunyi Surah Al-Baqarah Ayat 26.

Dari Sahl bin Sa’ad berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda, “Seandainya dunia ini sama nilainya dengan sayap nyamuk di sisi Allah. Niscaya Ia tidak akan memberikan minuman dari dunia itu kepada orang kafir, meskipun hanya seteguk air” (HR. Tirmidzi. Syeikh Albani menshahihkan Hadis ini).

Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan, Alquran dan Hadis menunjukkan betapa pentingnya seekor nyamuk sehingga dijadikan sebagai suatu perumpamaan. Sains modern mengungkap banyak hal tentang nyamuk yang hampir-hampir tidak bisa dipercaya oleh nalar manusia.

Nyamuk memiliki 100 mata pada kepalanya, 48 gigi di dalam mulutnya, dan tiga jantung. Satu jantung sebagai pusat, sedangkan dua jantung yang lain untuk mengatur kedua sayapnya.

Nyamuk mempunyai radar yang dapat mendeteksi berbagai hal. Dengan radar itulah nyamuk mendeteksi suatu objek dengan cara merasakan suhu yang dipancarkan oleh objek tersebut.

Tidak seperti manusia, nyamuk tidak dapat melihat bentuk dan warna. Ia dapat mendeteksi keberadaan manusia karena suhu manusia lebih tinggi daripada suhu benda-benda lain.

Nyamuk mempunyai organ yang dapat mengencerkan darah yang disedotnya dari tubuh manusia, sehingga darah itu mengalir dengan mudah melalui sungutnya yang halus. Nyamuk juga memiliki organ yang bisa membius.

Seandainya nyamuk membenamkan sungutnya ke kulit orang yang tidur dan orang itu bisa merasakan gigitan tersebut, tentu nyamuk langsung dibunuh sebelum sempat mengambil sedikit pun darah dari orang itu.

Kecepatan kepak sayap nyamuk mencapai 600 kepakan per detik. Oleh sebab itu, kepakan sayap nyamuk bisa menimbulkan suara dengungan.

Umumnya nyamuk dikenal sebagai serangga penghisap darah dan hidup dari darah yang diisapnya. Namun, informasi tersebut tidak benar. Sebab, hanya nyamuk betina yang mengisap darah. Ia mengisap darah bukan untuk dimakan, karena makanan nyamuk pada umumnya adalah sari-sari bunga.

Nyamuk betina mengisap darah karena sedang bertelur, dan telur itu membutuhkan protein untuk tumbuh. Dengan demikian, nyamuk menjaga kelangsungan generasinya dengan cara seperti ini.

Nyamuk dapat menularkan penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, demam berdarah dengue (DBD), dan kaki gajah.(okezone-ink)
13 July 2017
Pembentukan Susu di Antara Kotoran dan Darah dalam Penjelasan Alquran dan Sains Susu menjadi salah satu minuman alami yang dikonsumsi oleh manusia dari berbagai usia. Rasanya yang nikmat serta kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi tubuh manusia, membuat susu tak lepas dari kehidupan manusia. Namun tahukah Anda bagaimana pembentukan susu yang amat sering diminum tersebut?

Dijelaskan dalam buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah, pembentukan susu dalam perut sapi telah disebutkan dalam firman Allah.

“Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (yang berupa) susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya,” Surah An Nahl Ayat 66.

Dalam ayat lain diterangkan, “Allah-lah yang menjadikan hewan ternak untukmu; sebagian untuk kamu kendarai dan sebagian lagi untuk kamu makan. Dan bagi kamu (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain padanya (hewan ternak itu) dan agar kamu mencapai suatu keperluan (tujuan) yang tersimpan dalam hatimu (dengan mengendarainya). Dan dengan mengendarai binatang-binatang itu, dan di atas kapal mereka diangkut,” Surah Ghafir Ayat 79-80.

Ayat itu menunjukkan kemukjizatan Alquran terkait pembentukan susu di dalam perut sapi yakni “.... di antara kotoran dan darah.” Kotoran yang dimaksud adalah kandungan yang ada di dalam lambung rumen hewan pemamah biak.

Adapun darah adalah aliran darah yang mengalir deras melewati ambing susu, yang menyaring dan menghasilkan air susu murni, yang tidak bercampur dengan kotoran yang berasal dari rumen dan darah.

Ungkapan “di antara” dalam ayat itu merujuk pada tempat terjadinya aktivitas penyaringan dan pemurnian untuk memproduksi susu. Sesungguhnya kotoran hewan terletak dalam usus, sedangkan darah terdapat dalam semua organ tubuh hewan. Ini artinya, air susu berada di antara kotoran dan darah. Namun kotoran tidak bercampur dengan air susu, sedangkan darah tidak melampaui pembuluh darah sehingga tidak bercampur dengan susu.

Aktivitas penyaringan susu dimulai dari dalam rumen hewan pemamah biak. Mulanya bahan makanan yang masih berbentuk kasar diubah menjadi sari-sari makanan. Kemudian sari-sari makanan mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah menuju kelenjar susu di dalam ambing.(okezone-ink)Selanjutnya, proses penyaringan dan pemurnian susu itu berlangsung di antara materi-materi yang ada di dalam darah.

Proses ini kemudian menghasilkan air susu yang tidak bercampur dengan kotoran sisa pencernaan dan darah. Kemudian air susu itu mengalir dan berkumpul di dalam ambing dan menjadi susu murni yang siap untuk diminum.

Para ilmuwan berhasil menemukan bahwa di dalam tubuh sapi terdapat kelenjar susu. Kelenjar susu terdiri dari lobus-lobus, dan tiap lobus terdiri dari lobulus-lobulus. Sementara itu, lobulus terdiri dari bilik-bilik kecil yang dikelilingi oleh sel-sel. Sel-sel tersebut mengelilingi filamen darah. Kelenjar susu itu kemudian mengeluarkan air susu yang ada di dalam bilik-bilik kecil di dalam lobulus dan mengalirkannya ke puting susu.(okezone-ink)
12 July 2017
17 Tips Bikin Kerja Jadi Lebih Menyenangkan
Setiap orang memiliki jumlah hari dan jam yang sama untuk mencapai tujuan mereka. Namun, mengapa tingkat produktif tiap orang berbeda? Hal ini disebabkan karena setiap orang memiliki cara masing- masing untuk melakukan suatu hal.

Tidak semua orang dapat mengatur waktu dan menjalani hari dengan lancar dan bahagia. Berikut ini beberapa tips produktif untuk membuat hari Anda lebih menyenangkan yang berhasil dikutip dari Madison, Rabu (12/7/2017):
 

1. Tidur dengan waktu yang cukup

Tidur merupakan sesuatu yang penting dan dibutuhkan oleh setiap orang. Karena, dengan tidur energi seseorang dapat kembali terisi dan dapat kembali menjalani hari dengan semangat.

Tidur dengan waktu cukup antara tujuh sampai sembilan jam dapat membuat Anda lebih bersemangat melewati hari. Sebuah studi RAND pada 2016 menemukan bahwa AS telah mengalami kerugian produktivitas sebesar US$ 411 miliar atau sebesar Rp 5,5 triliun (estimasi kurs 13.397 per dolar AS) akibat para pegawai kurang tidur.

2. Bangun lebih awal

Psikolog menemukan bahwa seorang anak yang bangun pagi lebih awal cenderung lebih produktif. Selain itu, bangun pagi lebih awal juga dapat membuat manusia lebih sehat dan bahagia.

Hal ini semakin diperkuat dengan cerita para orang sukses, seperti CEO Pepsi Indra Nooyi yang selalu bangun pagi lebih awal agar dapat melakukan persiapan terlebih dahulu.

3. Olahraga

Sebuah studi oleh Jim McKenna dari University of Bristol mengemukakan bahwa olahraga dapat meningkatkan kinerja dalam bekerja. Hal ini dikarenakan saat Anda berolahraga aliran darah ke otak akan semakin banyak dan menghasilkan energi yang lebih banyak.

Sempatkan waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga dipagi hari agar Anda memiliki energi lebih dalam menjalani hari.

4. Sarapan

Mungkin beberapa dari Anda sering berpikir untuk melewatkan sarapan agar bisa memulai bekerja lebih pagi. Tetapi ternyata itu salah. Sebuah studi menemukan bahwa sarapan dapat meningkatkan kinerja akademis anak- anak. Sarapan sangat dibutuhkan agar kita mendapat sumber energi lain untuk menjalani hari atau memulai pekerjaan.

Utamakan sarapan dengan makanan bergizi mendapat pasokan nutrisi yang baik di pagi hari.

5. Prioritas 

Sebelum memulai aktivitas, Anda boleh membuat matriks atau daftar mana kegiatan yang penting dan harus dilakukan dan mana kegiatan yang tidak terlalu penting. Ini dapat membuat Anda lebih mudah mengatur waktu dan kegiatan setiap hari.

Utamakan untuk melakukan kegiatan yang benar- benar penting dan harus dilakukan oleh Anda.
 

Pemecahan masalah

6. Pecah masalah besar menjadi tugas yang lebih kecil

Jangan terlalu pusing atau cepat menyerah saat Anda diberikan sebuah tugas yang besar. Sebuah pepatah lama pernah mengatakan bahwa cara paling mudah untuk memakan gajah adalah menggigitnya sekaligus.

Dalam melakukan pekerjaan atau tugas yang besar, cobalah berpikir bahwa semua hasilnya harus menjadi yang terbaik agar dapat mendorong Anda untuk menganggap tugas tersebut mudah.

7. Tetapkan deadline 

Banyak orang mengatakan bahwa waktu adalah uang atau time is money. Ini dikarenakan setiap orang memiliki kebutuhan akan waktu yang berbeda- beda. Biasakan untuk memberi waktu deadline pada diri Anda agar bisa menyelesaikan segala sesuatunya tepat waktu. Ini juga melatih Anda untuk disiplin.

8. Memblokir waktu anda

Pendekatan terbaik Anda untuk menyelesaikan sesuatu adalah dengan membuang waktu untuk setiap tugas yang harus Anda capai.Berfokus pada jumlah waktu tertentu pada satu tugas akan meningkatkan produktivitas Anda lebih banyak daripada yang mungkin Anda pikirkan.

9. Katakan tidak

Tidak semua yang diminta atau Anda minta itu baik dan berguna untuk Anda. Manfaatkan waktu dan energi Anda untuk sesuatu yang lebih bermanfaat untuk diri Anda. Anda berhak untuk mengatakan tidak pada kegiatan atau pekerjaan yang tidak berguna untuk Anda.

10. Perhatikan waktu luang

Terkadang banyak pekerjaan yang tertunda akibat tidak memperhatikan waktu. Biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu baru Anda boleh bersantai menggunakan sisa waktu Anda untuk melakukan pekerjaan ringan yang Anda sukai. Jangan sampai lebih banyak waktu luang daripada waktu untuk bekerja.

11. Lakukan hal yang sulit terlebih dahulu

Biasakan untuk menyelesaikan hal atau pekerjaan sulit terlebih dahulu. Ini dapat membuat Anda akan merasa mendapat prestasi saat Anda sudah dapat menyelesaikan hal atau pekerjaan sulit terlebih dahulu.

Istirahat

12. Langkah mundur saat mengatasi masalah

Terkadang, dalam menyelesaikan sebuah tugas pasti akan ditemukan pula masalah. Jika terjadi sebuah masalah dalam pekerjaan Anda. Jangan hanya terpatok untuk menyelesaikan.

Beristirahatlah sebentar dan biarkan pekerjaan tersebut tidak selesai. Otak Anda akan benar-benar terus mencoba memecahkan masalah saat Anda melakukan hal lain.

13. Gunakan teknologi
Di zaman modern seperti saat ini kemajuan teknologi benar- benar sangat pesat. Setiap pekerjaan manusia lebih terbantu dengan adanya teknologi. Jangan ragu- ragu untuk menggunakan teknologi dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

14. Matikan tanda peringatan

Tanda peringatan biasa masuk pada laptop atau gadget Anda. Terkadang hal ini membuat perhatian Anda tersita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Matikan tanda peringatan yang tidak penting agar Anda tidak terganggu dalam melakukan pekerjaan.

15. Cek email pada waktu tertentu

Terkadang banyak orang mengabaikan email masuk karena suka merasa terganggu. Padahal, mengecek email juga penting. Agar tidak merasa terganggu, jadwalkan waktu untuk mengecek email.

16. Gunakan filter email otomatis

Gunakan filter otomatis pada email masuk ke folder Anda. Ini akan membantu Anda menjadi lebih terorganisir saat Anda memeriksa dan menanggapi email.

17. Banyak minum air putih

Sebuah studi dari University of East London menemukan bahwa otak lebih mampu memusatkan perhatian pada tugas ketika seseorang memiliki cukup air untuk diminum. Biasakan untuk minum air putih secara cukup agar Anda lebih fokus dan sehat.(Liputan6.com-Fransiska Wahyuning/jko)

 


 

 

 

12 July 2017
Pengaruh Rasa Takut pada Tubuh dalam Penjelasan Alquran dan Sains Setiap manusia dibekali dengan emosi yang secara alamiah dimilikinya. Salah satu jenis emosi itu yakni rasa takut, yang merupakan suatu mekanisme pertahanan hidup dasar, sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu seperti rasa sakit atau ancaman bahaya.

Tak hanya berpengaruh pada perasaan seseorang, rasa takut juga rupanya memiliki pengaruh terhadap tubuh manusia. Dijelaskan dalam buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah, pengaruh rasa takut telah dibahas dalam Alquran melalui firman Allah.

 “(Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, takutlah semua perempuan yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala perempuan yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya,” Surah Al Hajj Ayat 2.

Dalam ayat ini terkandung isyarat bahwa rasa takut yang berlebihan dapat menyebabkan keguguran kandungan. Hal ini juga telah dibuktikan oleh ilmu kedokteran modern.

Ayat lain menyebutkan, “Apabila datang ketakutan (bahaya), kamu lihat mereka itu memandang kepadamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati,” Surah Al Ahzab Ayat 19.

Ayat tersebut mengisyaratkan akan timbulnya gangguan pada gerakan mata saat takut. Hal ini terjadi akibat bertambahnya sekresi adrenalin yang menimbulkan gangguan pada otot dan syaraf yang berfungsi untuk menggerakkan mata.

Surah Al Muzammil ayat 17 juga menerangkan, “Maka bagaimanakah kamu akan dapat memelihara dirimu jika kamu tetap kafir kepada hari yang menjadikan anak-anak beruban.” Ayat ini mengisyaratkan bahwa rasa takut yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan atau timbulnya uban.

Riset medis menyimpulkan bahwa rambut yang ada di kepala manusia berjumlah sekira 200.000 helai. Setiap helai memiliki satu pembuluh darah, saraf, otot, kelenjar, dan umbi. Para ilmuwan mengatakan, penyebab langsung timbulnya uban adalah kekurangan suplai darah yang memberi gizi rambut, yang timbul akibat emosi.

Pengaruh lain akibat rasa takut pada tubuh manusia yakni kulit yang merinding. Hal ini juga telah disebut dalam firman-Nya.

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Alquran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah,” Surah Az Zumar Ayat 23.(okezone-ink)

11 July 2017
Ini Dia Jawaban yang Sempurna Saat Wawancara Kerja
Dalam sebuah wawancara kerja, kesan pertama akan sangat menentukan nasib Anda dimata para pewawancara. Oleh sebab itu, mempersiapkan diri sebaik mungkin adalah kunci dari keberhasilan wawancara. Dilansir dari Independent, Selasa (11/7/2017), pertanyaan umum dan mendasar yang sering diajukan oleh pewawancara adalah “Ceritakan mengenai diri Anda”.

Sepintas pertanyaan ini memang terlihat sangat sederhana. Tapi tahukah Anda ternyata pertanyaan ini sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap ketertarikan para pewawancara terhadap kepribadian Anda. lalu seperti apa jawaban yang tepat dalam menghadapi pertanyaan ini?
 

Sebelum memasuki ruangan, Anda sudah harus tahu dan mempersiapkan jawaban ini di kepala. Hal ini bisa menjadi pertanyaan pertama yang diajukan dalam sebuah wawancara kerja. Mulailah dengan pengantar singkat menyebutkan nama, sekolah dan apa yang Anda pelajari di sana. Kemudian lanjutkan dengan beberapa hal yang menarik mengenai diri Anda.

Ingat, jangan pernah berlebihan dalam hal ini, cukup sebutkan beberapa prestasi yang paling Anda banggakan. Kemudian lanjutkan dengan pernyataan mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan tersebut dengan menjadi spesifik terhadap posisi yang dilamar. Pastikan kemampuan Anda sesuai dengan posisi yang ditawarkan sehingga pewawancara tahu bahwa Anda adalah kandidat yang layak untuk diterima di perusahaan tersebut.(Latifah Gusri-Liputan6.com/jko)

 

 

 

Page 1 of 55      1 2 3 >  Last ›