Selingan

17 November 2017
Tasbih

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Sa'd bin Abi Waqash bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada para sahabat dalam suatu majelis, "Adakah di antara kalian yang mampu mengerjakan seribu kebaikan dalam sehari?" Tidak ada sahabat yang menjawab. Semua merasa tidak sanggup melakukan amalan sebanyak itu dalam sehari.

Seorang sahabat lalu memberanikan diri bertanya balik kepada Rasulullah SAW, "Bagaimana (bisa) seseorang di antara kami mengerjakan seribu kebaikan dalam sehari, wahai Rasulullah?" Rasulullah SAW lalu bersabda, "Jika seseorang bertasbih 100 kali dalam sehari, maka akan dicatat baginya seribu kebaikan atau dihapuskan darinya seribu kesalahan" (HR Muslim). Tasbih menurut definisi para ulama adalah memurnikan Allah dari segala sifat buruk dan kekurangan, dengan mengatakan subhanallah, Mahasuci Allah.

Tasbih termasuk amalan yang sangat mudah, tapi sarat pahala. Sebagai bagian dari zikir, tasbih bisa dilakukan kapan pun dan di manapun; tidak mesti di masjid dan tidak harus dalam keadaan suci. Tasbih bisa dilafalkan dalam perjalanan pergi atau pulang kerja, di kantor, rumah, pasar, tempat olahraga, dan lain sebagainya.

Tasbih adalah amalan para nabi dan orang-orang beriman. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diingatkan dengan ayat-ayat, Kami mereka menyungkur sujud dan bertasbih dengan memuji Rabb mereka, sedangkan mereka tidak menyombongkan diri (QS as- Sajadah [32]: 15).

Bahkan, seluruh alam semesta, yang di langit, bumi, dan di antara keduanya, sejatinya mereka semua bertasbih kepada Allah tanpa henti. Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Hanya kepunyaan Allahlah semua kerajaan dan pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu (QS at-Taghabun [64]: 1).

Selain sarat dengan kebaikan dan pahala, tasbih juga memiliki banyak keutamaan lainnya. Pertama, tasbih adalah ucapan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Sahabat Abu Dzar pernah meminta Rasulullah SAW agar diajarkan suatu perkataan yang paling dicintai oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda: "Perkataan yang paling dicintai oleh Allah adalah Subhaanallaah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya)" (HR Muslim).

Kedua, tasbih adalah amalan ringan yang berat nilai timbangannya di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda: "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai (oleh) Allah yang Maha Pengasih, yaitu kalimat Subhaanallah Wa Bihamdihi Subhaanallaahil Adzim" (HR Bukhari dan Muslim).

Ketiga, orang yang bertasbih ditanamkan baginya kurma di surga. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang mengucapkan Subhanallah Wabihamdihi, maka baginya disiapkan tanaman pohon kurma di surga" (HR Ibnu Hibban).

Keempat, tasbih menyelamatkan dari keburukan. Inilah yang dialami oleh Nabi Yunus AS seperti diceritakan dalam Alquran. Nabi Yunus yang ditelan ikan besar diselamatkan oleh Allah berkat tasbih yang beliau ucapkan. Maka sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang bertasbih, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kiamat (QS ash-Shaffat [37]: 143-144).(Oleh: Jauhar Ridloni Marzuq-Republika.co.id/jko)
16 November 2017
Di-bully Atasan atau Rekan Kerja? Waspada Risiko Diabetes
adinya efek bullying atau perundungan ditengarai hanya mempengaruhi mental atau psikis seseorang. Namun dalam sebuah riset terbaru disebutkan bullying dapat memicu diabetes tipe 2 pada korbannya.

Adalah sebuah studi yang dilakukan Copenhagen University terhadap 46.000 orang berusia 40-65 tahun yang mengalami bullying, utamanya di tempat kerja.

Peneliti menemukan bahwa 46 persen pekerja yang mendapatkan kekerasan verbal maupun fisik dari atasan atau rekan kerja berpeluang tinggi untuk mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Ini berlaku baik bagi pekerja pria maupun wanita, dengan besaran risiko yang sama yaitu 26 persen. Akan tetapi pekerja pria dilaporkan lebih rentan mengalaminya, dengan risiko sebesar 61 persen dan 36 persen pada rekan kerja wanita mereka.

Peneliti menambahkan, angka ini diperoleh setelah dilakukan penyesuaian terhadap faktor lain yang mempengaruhi risiko diabetes partisipan seperti konsumsi alkohol, tingkat pendidikan dan ada tidaknya riwayat gangguan mental.

"Di-bully dianggap sebagai stressor sosial yang buruk, yang mampu mengaktifkan respons stres dalam tubuh lalu memicu berbagai proses biologis yang kemudian berkontribusi terhadap risiko diabetes," tandas peneliti, Dr Naja Rod seperti dilaporkan Science Daily.

Ketika hormon stres dihasilkan sebagai bentuk respons tubuh terhadap bullying, mereka akan memicu berbagai proses biologis yang kelak dapat memunculkan risiko diabetes.

Kedua, kondisi ini juga bisa mengubah hormon yang berperan mengatur selera makan. Akibatnya adalah si korban akan terpacu untuk melakukan 'comfort eating' yaitu mencari ketenangan dari konsumsi makanan.

"Lama-kelamaan ini akan berkontribusi terhadap penambahan berat badan, dan juga munculnya risiko diabetes tipe 2," tambah Rod.(Rahma Lillahi Sativa - detikHealth/jko)
10 November 2017
Pemegang Kunci Rahasia Ini Tahu Semua Fitnah Hingga Kiamat
Hudzaifah ra adalah seorang sahabat yang terkenal. Ia dijuluki sebagai pemegang kunci rahasia. Rasulullah SAW memberitahukan kepadanya daftar nama kaum munafik dan fitnah-fitnah yang akan terjadi.

Dikisahkan dari buku “Himpunan Fadhilah Amal” karya Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi Rah.a bahwa suatu ketika, Rasulullah SAW memberitahu Hudzaifah ra semua fitnah yang akan terjadi hingga hari Kiamat secara berurutan, hingga melibatkan 300 orang.

Rasulullah SAW telah memberitahu perincian fitnah tersebut tanpa ada yang tertinggal. Seperti nama pembuat fitnah tersebut, nama ibunya, ayahnya, dan kabilahnya, telah diberitahukan secara jelas.

Hudzaifah ra berkata, “Orang-orang  biasanya bertanya kepada beliau mengenai hal-hal yang baik, tetapi aku bertanya kepada beliau mengenai hal-hal yang buruk agar aku dapat menghindarinya.”

Pernah ia bertanya kepada Nabi SAW, ‘Ya Rasulullah, setelah segala kebaikan yang ada disebabkan keberkahanmu ini, apakah nanti akan terjadi keburukan?’ jawab beliau, ‘Ya, keburukan akan datang.”

Dia bertanya lagi, ‘Kebaikan akan kembali atau tidak?” Jawab beliau, “Hai Hudzaifah, bacalah Kalamullah dan renungkanlah makna-maknanya, dan ikutilah hukum-hukumnya.”

Karena rasa ingin tahu yang amat sangat, dia bertanya lagi, “Ya Rasulullah, apakah setelah keburukan akan terjadi kebaikan lagi?” Jawab Nabi SAW, “Ya, kebaikan akan kembali lagi, tetapi hati mereka tidak seperti sebelumnya.”

Dia masih bertanya lagi, “Ya Rasulullah, apakah setelah kebaikan itu akan kembali buruk lagi?” Sahut Nabi SAW, “Ya, akan datang orang-orang yang menyesatkan manusia dan menarik mereka ke Jahanam.”

Maka di akhir pertanyaanya, ia bertanya apa yang harus dilakukan seandainya hidup di zaman itu. Rasulullah menyuruhnya menyertai seorang amir (pemimpin) yang ada di zaman itu. Namun jika tidak ada seorang amir, Rasulullah menyuruhnya untuk meninggalkan kelompok-kelompok itu dan berdiam di sudut-sudut sunyi atau di bawah pohon. “Tinggallah di sana hingga engkau mati,” kata Rasulullah

Karena Rasulullah SAW telah memberitahu nama orang-orang munafik kepada Hudzaifah, maka Umar ra selalu bertanya kepadanya, “Adakah di antara pegawaiku yang munafik?” Jawab Hudzaifah ra, “Ya, ada satu orang.”

Namun Hudzaifah ra tidak menyebutkan namanya. Sehingga jika ada orang yang meninggal dunia, Umar ra akan bertanya kepada orang-orang apakah Hudzaifah ra ikut menshalatkan jenazah tersebut. Jika tidak, Umar enggan menshalatkannya.

Ketika Hudzaifah r.a hampir wafat, ia begitu risau dan sering menangis. Orang-orang di sekitarnya bertanya, “Mengapa engkau menangis?” Jawab Hudzaifah ra, “Aku menangis bukan karena takut meninggalkan dunia ini, bahkan aku mencintai kematian. Yang aku tanngisi adalah, aku meninggalkan dunia ini dengan murka Allah atau dengan ridha-Nya?”


Lalu ia berkata, “Inilah detik-detik terakhir kehidupanku. Ya Allah, Engkau tahu bahwa aku mencintai-Mu, untuk itu berilah keberkahan dalam pertemuan dengan-Mu ini.” (Abu Dawud).(Rep: Mgrol97/ Red: Agus Yulianto-Republika.co.id/jko)
09 November 2017
Seharian Duduk di Kantor? Begini Cara Menangkal Dampak Buruknya
Bekerja di dalam kantor seharian dapat membuat Anda menjadi stres dan berdampak buruk bagi tubuh. Bagaimana caranya agar tubuh Anda dapat fit meskipun bekerja di dalam kantor seharian dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut ini:

1. Bergerak satu jam sekali

Duduk selama 40 jam seminggu sama sekali tidak sehat. Terkadang duduk dalam jangka waktu lama tidak bisa dihindari, jadi pastikan Anda bangun setidaknya satu jam sekali untuk membuat darah Anda mengalir dengan lancar.

2. Bersihkan ruang kerja

Ketika kita sedang duduk di depan komputer, banyak kuman yang saat itu ada di mouse dan keyboard Anda. Pastikan untuk membersihkannnya setiap hari untuk mendisinfeksi ruang kerja Anda dan mengurangi risiko terkena penyakit. Juga, pastikan untuk memiliki meja yang terorganisir, jika memiliki dokumen yang tersebar di mana-mana akan membuat pikiran seseorang menjadi tak karuan.

3. Minum banyak air

Pastikan untuk minum banyak air putih di tempat kerja untuk membantu Anda dalam memberi energi pada otot Anda. Dehidrasi (dimana kondisi tubuh kekurangan cairan) dapat disebabkan karena kurang minum air putih dan mengakibatkan sakit kepala sehingga membuat Anda tidak fokus dalam bekerja. Minumlah minimal 8-10 gelas sehari agar tubuh tetap sehat.

4. Aktif bergerak di luar kerjaan

Pikirkan semua aktivitas fisik yang Anda lewatkan saat Anda duduk di meja seharian. Dengan berolahraga di gym saat Anda selesai bekerja atau memulai untuk bekerja. Anda tidak hanya akan bugar dan sehat, tapi mood Anda juga akan meningkat dengan baik.

5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Kuman ada di mana-mana termasuk di kantor ketika menyerang sistem kekebalan tubuh bisa membuat Anda terkena penyakit seperti flu. Jadi jaga agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap berjalan dengan baik dengan banyak minum vitamin C, serta banyak makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan(Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth/jko).
07 November 2017
Gaji Naik, Pengeluaran Ikut Bertambah? Lakukan 5 Siasat Ini
Wajar, sih, sebenarnya kalau kamu ingin membahagiakan diri serta menghadiahi dirimu sendiri atas kerja keras yang sudah kamu lakukan. Cuma, kalau enggak ada remnya, kebiasaan tersebut akan membuatmu susah sendiri nantinya.

Kenapa? Karena kalau keinginan semacam itu terus-terusan dituruti, selama uang kamu belum habis, kebiasaan itu juga enggak akan habis. Kamu pasti punya deh teman yang begitu. Gajinya di atas rata-rata, tapi enggak bisa nabung. Atau, bahkan itu kamu sendiri?
 

Nah, untuk menjaga gaji enggak cepat musnah, berikut ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Segera lunasi utang!

Kedengarannya memang agak aneh. Bukannya kalau dipakai buat bayar utang, gajinya jadi makin cepat habis? Iya betul sih. Tapi, semakin cepat kamu melunasi utangmu, semakin cepat juga kamu bisa mengamankan uangmu di masa mendatang. Makin cepat dilunasi, makin kecil juga jumlah bunga yang perlu kamu bayarkan.

Kalau kamu memiliki beberapa utang, prioritaskan membayar utang yang bunganya paling besar. Kalau kamu pernah meminjam uang dari saudara, sahabat, atau rekan kerja, jangan lupa juga untuk melunasinya.

Kamu enggak mau kan hubungan kamu dengan orang terdekatmu jadi renggang karena masalah utang?

2. Siapkan pos-pos keuangan

Kebiasaan yang satu ini juga enggak kalah pentingnya. Kalau gajimu naik, mulailah berpikir untuk menabung dana pensiun. Misalnya, lewat Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang sekarang tersedia di bank-bank maupun perusahaan asuransi jiwa.

Dana pendidikan anak itu jangan sampai enggak disiapkan. Biaya sekolah dan kuliah itu akan terus naik setiap tahunnya.
 

3. Pertahankan gaya hidup

Biasanya, gaji naik, gaya hidup juga ikut naik. Hal yang seperti ini harus benar-benar kamu hindari. Jangan karena gaji kamu naik terus enggak bisa lagi makan di warteg. Membeli barang yang kamu inginkan enggak masalah sesekali, tapi jangan sampai anggaran kamu jebol.

Pertahankan gaya hidup dan pengeluaran bulananmu sebelum naik gaji. Tak harus beli kendaraan baru kalau yang lama masih layak pakai. Enggak perlu setiap hari ke restoran kalau biasanya makan di warteg pun enggak masalah. Masih banyak cara untuk memanfaatkan uangmu.

4. Berinvestasi

Tentunya setiap orang ingin uangnya bisa bertambah banyak tanpa perlu bekerja tambahan. Hal itu bisa sebenarnya dilakukan. Yang pasti hal itu enggak mungkin terjadi kalau kamu menghabiskan uangnya untuk hal yang konsumtif.

Kalau kamu ingin uangmu tambah banyak tanpa bekerja, mulailah berinvestasi. Carilah investasi yang cocok denganmu.
 

5. Sediakan dana darurat

Yang ini sepertinya enggak begitu dipikirin oleh orang kebanyakan, apalagi kalau masih sendiri, belum ada tanggungan. Bukannya ingin menakut-nakuti, tapi kan kamu enggak tau kapan musibah menghampiri hidupmu.

Tiba-tiba kendaraan kamu rusak dan butuh biaya perbaikan, bagaimana? Lain waktu ponselmu yang rusak dan harus ganti baru, bagaimana? Kalau itu masih biasa saja menurut kamu, bagaimana kalau tiba-tiba kamu di-PHK dari pekerjaan?

Daripada kelabakan cari tempat berutang, ada baiknya kamu memulai menyiapkan dana darurat dari sekarang. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu beberapa tips yang kamu bisa terapkan ketika menerima kenaikan gaji.

Kamu punya tips lain yang kira-kira berguna juga? Bagikan di  kolom komentar, ya, siapa tahu berguna juga bagi yang lain.(Nurseffi Dwi Wahyuni-liputan6.com/jko)

 


 

 

 

 

27 October 2017
Menangis karena Allah
Menangis karena Allah juga menjadi sebab seseorang selamat di hari pembalasan. Saat kiamat tiba, tak ada urusan nasab, tak ada perkara saudara. Masing-masing memikirkan urusannya pada hari itu. Dunia dihancurkan, mahkamah Allah siap mengadili tindakan sebesar zarah.

Namun di hari yang amat berat itu, Allah memberikan naungan hanya kepada tujuh golongan saja. Salah satunya hamba Allah yang senantiasa menangis karena Allah.

Wahai para lelaki, menangislah. Menangislah seperti Umar bin Khattab RA. Ia seorang pejuang yang gagah. Segala sifat maskulin terkumpul padanya. Namun di balik kokohnya sosok Umar, ia adalah pribadi yang lembut.

Umar kerap menangis jika ada hal yang menurutnya salah. Ia menggendong sendiri makanan untuk seorang ibu sembari menangis. Takut jika urusan kaum Muslimin yang dibebankan padanya tak dilaksanakan dengan amanah. Perkatannya amat mahsyur, "hisablah dirimu sebelum dihisab oleh Allah SWT."

Wahai para perempuan menangislah. Menangislah seperti Rabiatul Adawiyah. Ia benar-benar hanya mengharapkan cinta dari Allah SWT bukan dari yang lain. Kecintaannya kepada Allah SWT amatlah tulus, tanpa pretensi. Menangislah dengan alasan yang tepat bukan karena keinginan di dunia tak dapat dierat.

Wahai manusia, menangislah. Orang-orang saleh menjadikan tangisan sebagai sebuah kebutuhan. Ibnu Umar lebih memilih menangis karena takut pada Allah dibandingkan berinfak seribu dinar.

Ka'ab al-Ahbar berkata, mengalirnya air mata hingga membasahi pipi karena takut kepada Allah lebih ia sukai dibanding berinfak emas sebesar tubuhnya.

Menangislah seperti sahabat setelah mendengar sabda Rasulullah SAW, "Surga dan neraka ditampakkan kepadaku, maka aku tidak melihat kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu benar-benar akan sedikit tertawa dan banyak menangis". (HR Muslim). (Red: Agung Sasongko-Republika.co.id/jko)
25 October 2017
Tips Sukses Usaha Kafe di Usia 23 Tahun ke Atas
Kini bisnis tidak hanya digeluti para kaum profesional di bidangnya. Pada zaman dulu, bisnis hanya digandrungi oleh orang-orang yang sudah cukup umur. Mereka banyak membuat berbagai macam bisnis, hingga bisnis itu berkembang hingga saat ini. Banyak para pebisnis sukses yang menikmati keuntungan bisnisnya pada usia mereka yang sudah terbilang cukup tua.

Seiringan dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang cukup pesat. Kini bisnis juga bisa dijalankan oleh para pebisnis muda. Kaum muda ini sudah menjamur di mana pun. Bahkan di seluruh bagian, kita bisa temui entrepreneur muda yang sudah sukses dengan jutaan keuntungan yang bisa didapat setiap harinya.

Jika diperhatikan, memang saat ini dunia bisnis sedang sangat naik daun. Apalagi bisnis kafe. Bisa dilihat dari seberapa banyak kafe yang tersebar di seluruh sisi jalan. Apalagi di daerah kota.
Bisnis kafe ini memang menjanjikan dan terbilang cukup potensial. Karena dilihat dari banyaknya permintaan pasar anak muda yang mencari tempat untuk makan, atau sekedar untuk makan, menikmati wifi dan bersantai dengan orang-orang terdekat. Keuntungan dari usaha ini pun sangat menggiurkan, bisa mencapai 100% dari modal awal. Menarik untuk dicoba ya sepertinya?

Strategi yang digunakan pada para pebisnis di sektor ini juga bisa dibilang tepat dan cerdas. Kreativitas yang timbul dari entrepreneur muda memang perlu diacungi jempol. Kira-kira langkah apa saja yang mereka lakukan untuk bisa membangun dan mendatangkan banyak pengunjung ke kafenya?

1. Analisa Pasar
Analisa ini memang diperlukan untuk semua jenis bisnis. Untuk bisnis di bidang makanan ini, analisa dibutuhkan untuk memantau sisi pemasaran yang pas. Dimana akan membuka kafenya? Permintaan customer lebih banyak untuk makanan atau minuman jenis apa? Bagaimana konsep kafe yang mereka suka? Bagaimana dengan kompetitor di sekelilingnya?

2. Sesuaikan dengan Modal
Ketika Anda sudah menganalisa pasar, dan Anda sudah tahu target pemasaran Anda yang seperti apa. Maka Anda harus perhatikan pula, apakah konsep yang sudah Anda analisa tersebut masuk ke dalam budgeting Anda? Jika modal Anda kurang, sebaiknya buatlah konsep yang lebih sederhana dari konsep yang sudah Anda rencanakan. Tapi, pastikan untuk tetap memakai konsep tersebut. Anda hanya perlu memodifikasi, dan meminimalisir pengeluaran Anda, supaya tidak lebih dari modal yang Anda punya saat ini.

3. Rancang Konsep
Sudah ketemu konsep yang sesuai dengan budget Anda? Sekarang waktunya Anda bangun konsep Anda. Buatlah toko seunik mungkin, karena di zaman milineal seperti sekarang ini, yang pertama kali dilihat dari sebuah kafe adalah bagaimana konsep tempat tersebut. Menarik atau tidak? Instagrammable atau tidak? Ini juga perlu Anda perhatikan, karena ini pastinya akan berhubungan langsung dengan pemasaran yang dilakukan pengunjung Anda. Ketika Anda punya tempat yang nyaman nan unik untuk bersantai, secara tidak langsung mereka akan mempromosikan tempat bisnis Anda. Dengan cara berfoto dan mengunggah foto mereka di akun media sosial mereka, dan memberi tag lokasi mereka saat itu. Dengan begitu, banyak orang yang pastinya akan tertarik juga untuk berkunjung ke tempat Anda. Karena Anda punya design kafe yang unik, juga berbeda dengan tempat lainnya.

4. Menu yang Unik
Tempat sudah, sekarang beralih ke makanannya. Tempat yang unik memang akan menjadi pandangan pertama konsumen Anda. Namun, ketika tempat tersebut tidak mempunyai makanan yang enak dan khas, maka jangan heran jika pengunjung Anda tidak lagi mengunjungi tempat Anda. Tujuannya membuat bisnis adalah mendatangkan pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan lama. Cobalah membuat menu makanan sekreatif mungkin. Anda bisa modifikasi makanan apapun, agar tampilannya indah. Dan perhatikan juga kualitas rasanya. Jika Anda tidak ahli dalam hal ini, mungkin Anda perlu bekerjasama dengan orang atau teman Anda yang memang ahli dalam hal membuat makanan. Menu ini sama halnya dengan tempat. Menu makanan unik juga akan menjadi sarana pemasaran Anda.

5. Pelayanan Terbaik
Tempat sudah bagus, makanan juga enak. Tapi pelayanannya tidak ramah? Pelanggan Anda pun bisa kabur. Mulailah terapkan pelayanan prima. Setiap orang yang bekerja di kafe Anda, termasuk Anda sendiri sebagai pemilik bisnis harus menerapkan 3S (Senyum, Salam dan Sapa) kepada setiap pegunjung kafe Anda. Hal ini membuktikan bahwa keramahan menjadi point plus kafe Anda.

Tips Pemasaran

1. Promosi di Media Sosial
Media sosial sebagai alat komunikasi saat ini sudah sangat akrab dengan keseharian seseorang. Promosi melalui media sosial terbilang cukup efektif untuk memaksimalkan jangkauan sekaligus meminimalisir pengeluaran biaya pemasaran.

Ada baiknya lagi jika kafe Anda memiliki situs yang terus diperbaharui kontennya, sehingga pelanggan tahu apa saja yang kafe Anda tawarkan tanpa harus susah-susah menghubungi Anda.

2. Promosi Kafe ke Komunitas Tertentu
Mengapa harus fokus ke suatu komunitas? Ya, komunitas tertentu seperti klub motor, klub sepeda, komunitas blogger dan lain sebagainya tentu terdiri dari banyak anggota. Pertemuan rutin yang mereka lakukan pasti membutuhkan tempat berkumpul yang 'cozy'. Di sinilah peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial.

3. Promosi dari Mulut ke Mulut (word of mouth)
Promosi yang dilakukan secara konvensional ini memang terbilang kuno. Tapi percayalah, cara tersebut sangat ampuh untuk mengundang orang berkunjung ke kafe Anda. Jika kafe Anda mengusung tema tertentu dan menawarkan hidangan lain daripada yang lainnya, maka pengunjung yang pernah datang ke kafe Anda kemungkinan besar akan menginformasikannya kepada kerabat mereka. Hal-hal beda atau unik yang mereka ketahui dari kafe Anda akan mengundang rasa penasaran pastinya. Sehingga, mereka yang penasaran akan sengaja menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kafe Anda. Efektif bukan?(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
23 October 2017
Modal Kecil Untung Jutaan, Cobain 4 Bisnis Ini!
Dengan adanya teknologi yang semakin maju, membuat peluang bisnis pun semakin bertambah luas. Salah satunya adalah dengan berbisnis online. Bisnis online shop ini sudah banyak diminati oleh kaum tua hingga pelajar. Dengan menggeluti bisnis online sungguh-sungguh, maka bisnis ini akan meledak-ledak.

Jika saat ini Anda belum memiliki bisnis, tapi Anda ingin sekali mempunyai bisnis. Anda bisa memulainya dengan berbisnis online. Keuntungan yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Selain itu dengan menjalankan bisnis dengan basis online, maka peluang mendapatkan konsumen akan semakin terbuka lebar. Iklan atau produk Anda berkesempatan untuk dilihat oleh jutaan penduduk di dunia, terutama untuk wilayah yang Anda tinggali.

Dengan membuka bisnis online pun Anda tidak perlu susah-susah untuk memikirkan biaya beban penyewaan toko yang mahal. Anda bisa menjalani bisnis ini sambil mengurus anak, mengurus rumah, sambil kuliah, sekolah, ataupun dengan sambil bekerja di dunia nyata.
Jadi jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini, berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda jual secara online:

1. Produk Fashion
Memang tak bisa dipungkiri lagi, sudah banyak orang yang mencoba untuk berjualan produk busana maupun aksesoris secara online. Bahkan bisnis di bidang ini tidak ada matinya. Sudah banyak juga konsumen yang tertarik bahkan lebih senang berbelanja online daripada harus pergi ke mal untuk mencari barang yang mereka sukai. Iya saja kalau barang tersebut bisa ia temukan di mal, jika tidak? Mereka akan lebih senang melihat koleksi-koleksi online, tanpa harus membuang tenaga mereka untuk pergi ke sebuah toko.

Produk fashion ini terdiri dari apa saja sih? Anda mungkin bisa menjual beragam jenis baju yang beraneka ragam. Misal buatan sendiri, atau Anda bisa impor barang. Sesuaikan dengan tren fashion saat ini. Misal jika Anda tertarik untuk menjual busana muslim, coba untuk mencari tren busana muslim yang sedang nyentrik sekarang ini.

2. Gadget
Tidak hanya baju, sekarang orang-orang pun sudah mempercayai perihal berbelanja gadget secara online. Produk gadget ini bisa Anda jual berupa handphone yang mungkin sekarang sedang hangat diperbincangkan, kamera, komputer, laptop. Bahkan aksesoris gadget pun bisa Anda jual secara online. Misal, casephone, charger, tongsis, squishy case, dan lain sebagainya. Satu hal penting, Anda harus punya satu nilai tambah yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain.

3. Karya
Jangan salah! Jika Anda ahli dalam membuat berbagai karya seni, Anda bisa menjualnya secara online. Saat ini sudah banyak sekali orang yang menjual berbagai karyanya. Seperti membuat kreatifitas bingkai unik yang dibuat sendiri. Membuat eksploading box yang bisa digunakan untuk hadiah ulang tahun. Handwriting, yang saat ini sedang hangat diperbincangkan untuk hadiah ulang tahun. Design by komputer juga bisa Anda jual. Misalnya jika Anda bisa membuat karikatur, Wpap, Vektor, dan lain sebagainya. Jadi manfaatkan skill yang Anda punya untuk bisnis Anda ya!

4. Makanan dan Minuman
Khawatir jika makanan Anda tidak laku di pasaran? Jangan takut! Solusi berjualan online membuat Anda lebih mudah dalam menjual apa pun. Makanan atau minuman juga bisa dijual secara online. Tinggal Anda modifikasikan, kemasan yang seperti apa yang dapat minat pembeli? Biasanya mereka suka membeli cemilan, makanan cepat saji, ataupun beragam kue ulang tahun hingga minuman yang aneh yang tidak bisa mereka temukan di pinggir jalan. Dan jangan lupa untuk hal ini, sediakan ekspedisi khusus yang memang available dengan jenis makanan atau minuman yang Anda jual.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
17 October 2017
6 Kesalahan yang Sering Bikin Bisnis Gagal di Tengah Jalan
Pasti Anda pernah membaca daftar orang terkaya di dunia. Pernahkah Anda menyadari fakta bahwa tidak ada satupun nama orang terkaya di dunia yang berstatus sebagai karyawan sebuah perusahaan?

Hampir bisa dipastikan orang-orang yang berhasil membangun kekayaan hingga ke tingkat luar biasa adalah seorang wirausaha atau entrepreneur. Tidak sedikit yang merintis usaha dari nol, jatuh bangun, hingga akhirnya menjadi pengusaha sukses dengan kekayaan luar biasa.
 

Ini bisa menjadi pesan penting bagi Anda yang ingin jadi orang kaya dan sukses: bangunlah bisnis sendiri dan jadilah wirausahawan yang hebat. Membangun bisnis sendiri memang tidak semudah membalik telapak tangan.

Nah, bila kini Anda tengah berupaya merintis bisnis sendiri, yakinlah usaha Anda memiliki prospek bagus. Selain itu, agar peluang kesuksesan usaha semakin besar, pastikan Anda menghindari enam kesalahan umum ini, berdasarkan riset HaloMoney.co.id:

1. Ingin kaya dengan cepat

Membangun bisnis sendiri agar jadi orang kaya, sah-sah saja. Namun, selalu ingat, tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam semalam saja. Kisah sukses para pengusaha yang hebat adalah hasil dari proses panjang yang tidak mudah, mulai belasan sampai puluhan tahun.

Siapkan kesabaran dan ketekunan membangun serta membesarkan bisnis. Tidak ada kekayaan yang instan. Baca juga: Kredit Tanpa Agunan Tanpa Syarat Kartu Kredit

2. Tidak awas dengan persaingan

Persaingan selalu ada. Walau Anda menilai bisnis yang Anda bangun memberikan diferensiasi dan keunikan yang tiada bandingan, jangan lengah pada potensi pesaing. Para pesaing potensial bisnis Anda sangat penting untuk dilihat dan dipelajari kelebihan serta kekurangannya.

Jadi, berpegang pada keunikan bisnis sendiri tidak harus membuat Anda acuh dengan para pesaing di luar sana.
 

3. Memasang target yang tidak realistis

Memiliki target sangatlah penting agar bisnis Anda bisa lebih cepat berkembang dan memiliki arah tujuan spesifik. Namun, hindari membuat target yang tidak realistis. Sebuah target haruslah terukur, akuntabel, realistis dan memiliki target waktu yang spesifik.

Misalnya, Anda menargetkan target penjualan setiap bulan tumbuh 15 persen dengan evaluasi tiap triwulan. Angka 15 persen masih masuk akal untuk usaha yang baru berkembang.

4. Tujuan bisnis terlalu dangkal

Miliki tujuan yang lebih dalam dari sekadar mendapatkan uang dari bisnis. Banyak hal lebih besar dibandingkan uang. Banyak usaha yang sukses besar karena dimulai dengan visi yang luhur, misalnya untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi orang yang membutuhkan, dan lain sebagainya.
 

5. Menjual terlalu murah

Harga barang atau jasa yang lebih murah akan mendatangkan penjualan lebih banyak? Tidak selalu, lho. Para pembeli di era media sosial seperti saat ini semakin selektif menilai kualitas barang atau jasa yang mereka beli. Mereka tidak keberatan membayar lebih mahal asalkan kualitas barang juga kualitas layanan yang didapatkan sepadan.

Jadi, strategi harga murah tidak selalu tepat, bergantung pada target pasar, jenis barang atau jasa yang dijual juga strategi  marketing bisnis Anda. Baca juga: 20 Gedung Pernikahan Outdoor Murah di Jakarta dan Sekitarnya.

6. Mudah frustrasi

Memiliki bisnis sendiri berarti Anda harus siap menghadapi kondisi ketidakpastian. Berbeda dengan saat menjadi karyawan yang bekerja di dalam sebuah sistem yang sudah jadi. Menjadi pebisnis berarti Andalah yang harus menciptakan sistem itu, merawat dan mengembangkannya agar roda bisnis terus berjalan.

Di tengah jalan pasti banyak tantangan. Namun, seorang calon pebisnis sukses pantang frustrasi menghadapi tantangan di depannya. Kualitas umum yang dimiliki seorang entrepreneur sukses adalah mereka selalu mampu melihat tantangan sebagai peluang untuk melahirkan nilai tambah.(Nurseffi Dwi Wahyuni-liputan6.com/jko)

 


 

 

 

 

10 October 2017
7 Faktor Pemicu di Kantor yang Mengancam Kesehatan Jiwa

Hari ini, 10 Oktober 2017, dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa. Masalah kesehatan jiwa di tempat kerja merupakan tema global yang menjadi perhatian tahun ini.

Dalam rilisnya, Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Jiwa Dr Eka Viora, SpKJ menyebutkan banyak faktor risiko kesehatan jiwa yang dapat terjadi di lingkungan tempat kerja. Berikut ini tujuh di antaranya.

1. Interaksi antarjenis pekerjaan
2. Lingkungan organisasi dan manajemen
3. Tugas yang tidak sesuai dengan kompetensi seseorang
4. Jenjang karier pegawai yang tidak jelas atau beban kerja yang tinggi
5. Jam kerja yang tidak fleksibel
6. Kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja yang tidak memadai
7. Praktek komunikasi dan manajemen yang buruk serta partisipasi terbatas dalam pengambilan keputusan.

Risiko ini dapat meningkat saat adanya tim yang tidak solid serta kurangnya dukungan sosial di lingkungan kerja tersebut.

 

Penindasan, intimidasi, pelecehan, atau perisakan, baik fisik maupun psikologis, sering dilaporkan sebagai penyebab stres terkait dengan pekerjaan dan menimbulkan risiko terhadap kesehatan jiwa pekerja.(Reporter:Tempo.co-Editor:Susandijani/jko)


 
Page 1 of 57      1 2 3 >  Last ›