Berita- Info ANDIKA

22 April 2010
Satpol PP Kota Amankan Siswa Bolos

ANDIKA FM, Kediri - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri, kamis siang menjaring 6 siswa yang bolos belajar, dan memberi sanksi mereka, membersihkan halaman kantor Satpol dari sisa lapak pedagang.

 

Awalnya, petugas Satpol PP berkeliling, untuk memberikan peringatan pada para PKL yang berjualan tidak pada tempatnya. Tetapi  ketika melintas di jalan tembus Lebak Tumpang, petugas mendapati 6 siswa sedang cangkruan di kedai kopi di pingir jalan. Padahal seharusnya mereka berada di sekolah karena masih jam belajar. Setelah menginterogasi mereka, patugas kemudian membawa 6 siswa tersebut, ke kantor Satpol PP di Jalan Basuki Rahmad. Usai dilakukan pendataan, mereka kemudian dilepas, setelah sebelumnya diberi sanksi membersihkan halaman Kantor Satpol dari sisa lapak PKL hasil razia sebelumnya. Raka Sanjaya, salah satu siswa mengatakan, mereka ke area wisata Selomangleng karena memang sudah tidak ada pelajaran, sebab baru menyelesaikan ujian nasional.

 

Dari hasil pendataan petugas Satpol PP, ke enam siswa tersebut tercatat sebagai siswa SMK PGRI 2 Jombang. Mereka sengaja pergi ke area wisata Selomangleng, setelah berkunjung ke rumah teman yang ada di Kediri. (Hadi Kusuma )

22 April 2010
Polres Kediri Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

ANDIKA FM, Kediri - Puluhan massa, kamis siang berunjuk rasa ke Gedung DPRD dan Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri.  Dalam aksinya, massa sempat melempari gedung DPRD dengan air yang dibungkus plastik.

 

Aksi puluhan masa itu, hanya simulasi pengamanan Pemilukada yang digelar Polres Kediri, melibatkan Satuan Dalmas dan Satpol PP Pemkab Kediri. Dalam simulasi yang dipimpin langsung Kapolres Kediri AKBP Benyamin, digelar latihan cara menangani aksi massa yang berunjuk rasa ke KPU dan Panwaslu. Bahkan dalam aksi massa yang anarkis, Polres mampu menghalau dan membubarkan massa. Menurut AKBP Benyamin, pihaknya tidak segan-segan menerapkan tindakan tegas, bagi aksi massa yang mencoba menganggu kelancaran proses Pemilukada. Dengan pengamanan penuh dan langkah antisipasi sejak dini, Pemilukada Kabupaten Kediri diharapkan berjalan kondusif.

 

AKBP Benyamin menghimbau masyarakat, agar tidak terprovokasi dengan ajakan segelintir orang yang ingin mengganggu proses demokrasi Pemilukada 12 Mei mendatang. Untuk pengamanan Pemilukada, Polres Kediri menerjunkan sedikitrnya 500 personil.(Anto Kristian)

22 April 2010
Nur Munawaroh : April 2010 penderita HIV AIDS bertambah 7

ANDIKA FM, Kediri - Guna memantau dan mencegah penularan HIV AIDS melalui proses persalinan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri memeriksa ibu hamil, terutama mereka yang beresiko.

 

Pemeriksaan terhadap ibu hamil di Kabupaten Kediri, dilakukan Dinas Kesehatan melalui petugas masing masing puskesmas. Dari hasil penjaringan dan pemeriksaan, diketahui ada 2 pengidap HIV AIDS yang positif hamil. Keduanya, sebelumnya juga sudah diikutkan program pencegahan penularan HIV AIDS. Setelah  melahirkan dan mendapat penanganan khusus, anak yang dilahirkan akhirnya dinyatakan negative dan tidak tertular. Selain itu, masih ada 5 ibu hamil lagi,  yang juga diketahui mengidap HIV AIDS. Nur Munawaroh, Kepala Seksi pencegahan Penyakit Menular Langsung, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengatakan, penjaringan dan pemeriksaan terhadap ibu hamil dilakukan, sebagai bentuk kepedulian terhadap ibu hamil yang mengidap HIV AIDS, agar anak yang dilahirkan tidak tertular.

 

Masih kata Nur Munawaroh, pada Bulan April 2010 saja, penderita HIV AIDS di Kabupaten Kediri tercatat sebanyak 7 penderita. Sedangkan total penderita dari tahun 1996, hingga pertengahan 2010 mencapai 170 penderita, 39 diantaranya sudah meninggal dunia.(Anto Kristian)

22 April 2010

ANDIKA FM, Kediri - Kapolsek Semen AKP Abraham Sisik memastikan, adegan dalam video mesum berjudul Memori Sumber Podang tidak dilakukan di kawasan wisata Sumber Podang.

 

Kata AKP Abraham Sisik, begitu menerima informasi peredaran video mesum berjudul Memori Sumber Podang, pihaknya langsung melakukan penyisiran di area wisata Sumber Podang. Beberapa petugas Polsek Semen diterjunkan untuk mencari lokasi adegan mesum, seperti yang tergambar dalam video yang berdurasi itu. Tetapi meski beberapa hari melacak, petugas tidak menemukan lokasi yang sama persis. Menurut AKP Abraham Sisik, kemungkinan besar lokasi pengambilan video mesum, bukan di area wisata Sumber Podang, tetapi di daerah lain, bahkan bisa dari luar Jawa. AKP Abraham Sisik menegaskan, dari hasil penyisiran, tidak ada gambaran sama sekali lokasi pengambilan video mesum itu di area wisata Sumber Podang.

 

Kata Abraham Sisik, guna mengantisipasi terjadinya tindak asusila, pihaknya sudah menugaskan anggota untuk melakukan patroli rutin di area wisata Sumber Podang. Selain itu, sosialisasi dan himbauan di sekolah juga lebih diintensifkan. Hadi Kusuma

22 April 2010
Panpel : Laga Persik VS Persebaya Digelar Di Sleman

 ANDIKA FM, Kediri - Karena tidak mendapat ijin dari Polresta Kediri, laga Persik Kediri VS Persebaya dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) putaran kedua, dipastikan digelar di Sleman Yogayakarta.

 

Pantia Pertandingan (Panpel) Persik Kediri sudah memiliki dua alternatif stadion yang bakal dipakai, yaitu Stadion Manahan Solo dan Stadion Mandala Krida di Sleman Jogyakarta.  Setelah dilakukan rapat dengan Ketua Umum dan koordinasi dengan Panpel di 2 stadion alternatif tersebut,  ternyata yang bisa digunakan adalah Stadion Mandala Krida di Sleman. Alasan memilih bermain di kawasan barat, dikarenakan Persik memiliki historis tersendiri sehingga secara psikologis akan lebih membantu. Menurut Ketua Panpel Persik Kediri Bambang Sumaryono,  dalam laga di Sleman nantinya, sanksi dari PSSI pada Bonekmania tetap diterapkan, Bonekmania dilarang datang untuk memberikan dukungan.

 

Seperti informasi sebelumnya, Polresta Kediri secara tegas menolak laga Persik VS Persebaya pada 29 April digelar di Stadion Brawijaya Kediri. Kata Kapolresta AKBP Rastra Gunawan, kerusuhan antara persikmania dengan PSBI Mania beberapa waktu lalu, juga menjadi salah satu pertimbangannya. (Hadi Kusuma)

22 April 2010

ANDIKA FM, Tulungagung - Nanik Azizah, warga Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung, melapor ke polisi karena menjadi korban pencurian sepeda motor.

 

Aksi pencurian sepeda motor yang menimpa Nanik bermula, saat korban pulang kerja dan memarkir sepeda motornya Yamaha Mio Nopol  AG 6749 EL, di halaman rumah dinasnya dalam keadaan terkunci. Pada sore harinya, Nanik bermaksud memasukkan sepeda motornya ke dalam rumah, namun spontan terkejut karena sepeda motor kesayangannya sudah tidak ada. Nanik sempat mencarinya dan bertanya pada tetangga, namun tidak ada yang tahu. Merasa menjadi korban pencurian, Nanik melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ngunut.

 

Petugas, yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. Petugas juga menghimbau, agar warga memasang kunci ganda pada kendaraanya. Akibat menjadi korban pencurian, Nanik menderita kerugian sekitar 10 juta rupiah.(Anto Kristian)

22 April 2010

ANDIKA FM, Blitar - Petugas Satuan Reskoba Polres Blitar, berhasil mengamankan 5 pelaku pengedar narkoba, yang beroperasi dan mempunyai jaringan lintas daerah.

 

Kelima tersangka tersebut, masing masing Slamet Riadi warga Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Nurhuda dan Muhammad Toha keduanya warga Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, serta Rohman Galih dan Pison Suganda, keduanya warga Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penangkapan kelima tersangka bermula dari laporan masyarakat. Petugas, kemudian melakukan penyelidikan dan mendapati kelima tersangka sedang berada di jalan umum Desa Sidorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Setelah dilakukan penangkapan dari kelima tersangka, petugas berhasil menyita barang bukti seribu 455 butir pil jenis double L.

 

Bersama barang bukti, kelima tersangka kemudian dibawa ke markas Polres Blitar. Berdasar hasil pemeriksaan sementara, kelima tersangka nekat mengedarkan narkoba, karena tergiur keuntungan yang besar. Saat ini, kelima tersangka masih mendekam di tahanan polres Blitar, guna pengembangan penyidikan dan proses hukum lebih lanjut.(Anto Kristian)

21 April 2010
Yudi ayub :Beberapa Program Walikota Tidak Tuntas

ANDIKA FM, Kediri - Pansus DPRD Kota Kediri, memberi catatan dalam laporan pertanggungjawaban Walikota Kediri selama kepemimipinannya satu tahun, karena beberapa program tidak tuntas.

 

Secara umum laporan pertanggungjawaban LPJ Walikota Samsul Ashar bisa diterima. Realisasi program kerja mayoritas sudah sesuai dengan target yang disusun pada awal tahun. Hanya saja, Panitia Khusus (Pansus) memberi catatan, karena beberapa proyek dan program kerja tidak selesai sesuai target. Diantaranya, pembangunan Gelanggang Olah Raga GOR Jayabaya yang seharusnya sudah operasional pada awal tahun 2010, tetapi hingga akhir April peresmiannya saja, belum dilakukan. Kemudian pembangunan Paviliun Wijaya Kusuma RSUD Gambiran yang baru diresmikan awal April padahal seharusnya Januari 2010 juga sudah operasional. Selain itu, juga pengadaan buku bagi siswa yang belum terwujud. Anggota Pansus LPJ Walikota Kediri Yudi Ayubchan mengatakan, meski ada program yang belum tuntas, secara umum arah dan strategi kebijakan walikota sudah sesuai realisasi.

 

Yudi Ayubchan menambahkan, bukan hanya pembangunan fisik yang tidak sesuai target, tetapi efisiensi penggunaan anggaran juga menjadi catatan dewan. Beberapa catatan nantinya akan direkomendasikan untuk perbaikan kinerja pada tahun selanjutnya. (Hadi Kusuma)

21 April 2010
Warga Brigjen Katamso Tuntut Diberlakukan Jalur Dua Arah

ANDIKA FM, Kediri - Meski sudah diberlakukan sekitar satu tahun, Warga Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Kota Kediri dan para pedagang, meminta Jalan Brigjen Katamso kembali diberlakukan untuk dua arah.

 

Warga Kelurahan Kampungdalem, dan mayoritas  pedagang di Jalan Brigjen Katamso, selama ini ternyata mengeluhkan pemberlakuan jalur satu arah. Karena berdampak negatif terhadap perekonomian dan psikologis mereka. Dampak negatif dari sisi perekonomian, para pedagang di sekitar Jalan Brigjen Katamso banyak yang beralih mencari alternative tempat lain, sehingga kehilangan pelanggan. Selain itu, dari sisi psikologis, warga mengaku kerepotan karena harus memutar jauh saat pergi ke masjid Agung. Selain itu, juga banyak warga yang nekat melawan arus, sehingga rawan terjadi kecelakaan. Tukiran, ketua RT 4 RW 3 Kelurahan Kampungdalem mengatakan, mewakili warga, dirinya berharap, agar walikota Kediri Dokter Samsul Ashar menerapkan kembali jalur dua arah di Jalan Brigjen Katamso.

 

Dengan dikembalikannya Jalan Brigjen Katamso menjadi dua arah, angka kecelakaan dan kriminalitas bisa terkurangi. Selain itu, penerapan jalur satu arah, hanya menguntungkan Dhoho Plaza, dan mematikan toko toko yang berada di sekitar Jalan Brigjen Katamso.(Anto Kristian)

21 April 2010
Musyadad : Tunaikan Haji Harus Tunggu Delapan Tahun

ANDIKA FM, Kediri - Warga Kota Kediri yang ingin menunaikan ibadah haji harus menunggu selama 8 tahun, karena selisih perbandingan kuota yang tersedia dengan jumlah pendaftar sangat besar.

 

Tingginya animo warga Kota Kediri untuk menunaikan ibadah haji tidak sebanding dengan kuota yang tersedia. Sehingga warga yang mendaftarkan diri untuk berhaji pada tahun 2010 ini harus menunggu selama delapan tahun. Setiap kali pemberangkatan haji, Kota Kediri hanya mendapat kuota sekitar 350 orang, padahal daftar tunggu warga yang ingin berhaji sudah mencapai 7 kali lipatnya. Jika mendaftar tahun ini, maka akan berangkat tahun 2018. Musyadad, Kasi Haji dan Umroh Departemen Agama Kota Kediri mengatakan, bagi warga yang ingin berangkat haji lebih cepat bisa mendaftar di kota maupun kabupaten lain, yang kuotanya masih tersedia banyak. Tetapi kata Musyadad, alternative itu sulit dilakukan, mengingat berkaitan dengan status kependudukan dan tempat tinggal yang kini sudah tercatat secara on line.

 

Tingginya animo masyarakat untuk berhaji diperkirakan karena peningkatan taraf ekonomi dan pelayanan pemberangkatan haji yang cepat dan mudah. Selain itu, juga dikarenakan peningkatan kesadaran warga muslim, untuk menjalankan kewajiban menunaikan rukum Islam yang ke lima. (Hadi Kusuma)

Page 747 of 753     ‹ First  < 745 746 747 748 749 >  Last ›