Berita- Info ANDIKA

27 May 2017
Jelang Chelsea Vs Arsenal Di Final Piala FA, Conte Puji Kinerja Wenger Kompetisi Piala FA 2016-2017 telah memasuki partai final yang mempertemukan dua klub sekota London, Chelsea melawan Arsenal. Laga sengit itu akan berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu (27/5/2017) malam WIB.

Pelatih Chelsea, Antonio Conte, memuji kinerja sang pelatih Arsenal, Arsene Wenger di pentas Piala FA. Ia menilai, Wenger memiliki pencapaian yang baik saat membawa The Gunners -julukan Arsenal- merengkuh trofi tersebut.

“Saya paham betul track record Arsenal di pentas Piala FA bersama Wenger. Mereka bertekad meraih gelar ketiga di ajang ini dalam empat musim terakhir. Tetapi, ini jadi kesempatan bagi kami untuk menjuarai Piala FA musim ini,” ungkap Conte, seperti dilansir laman resmi Chelsea, Sabtu (27/5/2017).

“Saya pikir Wenger merupakan sosok manajer hebat yang berpengalaman. Dia telah melakukan pekerjaannya dengan bagus meski hanya musim ini gagal membawa timnya lolos ke Liga Champions,” sambungnya.

Chelsea sukses meraih gelar juara Liga Inggris musim ini dengan 93 poin. Sementara Arsenal bertengger di urutan lima dengan mengoleksi 75 poin sehingga gagal meraih tiket menuju Liga Champions musim depan.(okezone-ink)

27 May 2017
Kursi DPD Terancam Kosong Selama Beberapa Bulan Direktur Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Syamsuddin Alimsyah menilai, usulan anggota DPD dipilih lewat panitia seleksi yang dibentuk DPRD sangat tidak masuk akal.

Pasalnya, pelaksanaan pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD dilaksanakan serentak dan bersamaan dengan pemilihan presiden.
Karena itu jika dipaksakan, rawan terjadi kekosongan anggota karena DPD periode sebelumnya telah berakhir, sementara pegantti berikutnya belum terpilih.

"Pertanyaannya, siapa yang akan membentuk pansel. Kalau dipaksakan melalui seleksi, bisa terjadi kekosongan. Pemilu itu kan dilakukan bersamaan," ujar Syamsuddin di Jakarta, Jumat (26/5).

Menurut Syamsuddin, jika pansel dibentuk DPRD, tentu tidak mungkin dilakukan oleh DPRD periode sebelumnya yang bakal segera mengakhiri masa jabatan.

Sementara jika dibentuk oleh DPRD hasil pemilu 2019-2024, maka baru bisa dilakukan setelah DPRD dilantik.
Artinya, bakal terjadi kekosongan kursi DPD selama beberapa bulan dan unsur keserentakan yang dimaksud dalam undang-undang tidak akan terpenuhi.

"Kalau disebut tim pansel dibentuk oleh gubernur, hasil pilkada 2015 lalu kan umumnya yang terpilih diusung oleh partai politik. Jadi sangat rawan pansel dibentuk oleh para politikus, banyak kepentingan nanti di dalamnya. Bisa tak seragam antara kepentingan kabupaten/kota dengan gubernur. Ini berpotensi konflik," ucapnya.
 
Syamsuddin menilai usulan-usulan terkait keberadaan DPD dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyelengggaraan Pemilu, mengerdilkan lembaga tersebut.

Padahal keberadaan DPD selama ini untuk menjaga integritas masing-masing daerah dalam bingkai kebinekaan Indonesia.
"Saya kira penting penyusun RUU Penyelenggaraan Pemilu melihat perbedaan antara DPR dan DPD," pungkas Syamsuddin.(jpnn-ink)

 
27 May 2017
Puncak Arus Mudik Dipresiksi Bakal Terjadi H-3 PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di Jalan Tol Jakarta Cikampek akan terjadi pada Jumat, 23 Juni atau H-3.

"Dengan jumlah lalin diperkirakan mencapai 120 ribuan kendaraan atau naik sekitar 53 persen dari kondisi normal," ujar Deputy General Manager Toll Collections Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek, Yoga Trianggoro.

Sementara untuk arus balik, puncaknya akan terjadi pada 2 Juli atau H+6, di mana volume kendaraan diperkirakan meningkat hingga 46 persen dari hari normal.

Karena itu Jasa Marga telah menyiapkan antisipasi kepadatan antrean transaksi di gerbang tol Cikarang Utama (Cikarut) selama arus mudik 2017.
Untuk arus mudik tahun ini, GT Cikarut akan meningkatkan kapasitas gardu operasi. Dari yang awalnya 13 gardu menjadi 20 gardu yang terdiri dari gardu reguler, gardu satelit dan gardu reversible.

Selain itu, GT Cikarut juga akan menyiapkan 87 orang tenaga bantuan untuk arus mudik sebagai petugas jemput kendaraan (JKR) di semua lajur.(jpnn-ink)

27 May 2017
Jokowi akan Selenggarakan Peringatan Hari Pancasila Lebih Meriah Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 telah menetapkan bahwa 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional di setiap tahun peringatannya. 

Satu tahun semenjak Keppres tersebut dikeluarkan, Pemerintah pada tahun 2017 ini akan memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila dengan lebih semarak dengan berbagai kegiatan yang terangkum dalam "Pekan Pancasila". Kegiatan tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 4 Juni 2017. Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 adalah ”Saya Indonesia, Saya Pancasila”. 

Melalui siaran pers Istana Negara, Jumat (26/5), dalam "Pekan Pancasila" ini, pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengkampanyekan program terebut. Kerja sama tersebut antara lain berupa penayangan iklan layanan masyarakat di stasiun-stasiun televisi dan bioskop, program talkshow dan musik di berbagai stasiun radio, penerbitan dan pendistribusian buku, serta program lainnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara.  Selain itu, penyelenggaraan upacara Bendera juga dilaksanakan di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah, maupun kantor perwakilan Indonesia di luar negeri. 

Adapun tujuan dari penyelenggaraan "Pekan Pancasila" tersebut, yakni untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain pendistribusian tema dan logo, tagar #PekanPancasila #SayaPancasila #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017, diharapkan dapat mulai digunakan di berbagai Jejaring Sosial sehingga dapat memaksimalkan program "Pekan Pancasila".(republika-ink)
27 May 2017
Jelang Balapan di Mugello, Lorenzo Bertekad Jadi Pembalap Terbaik Ducati Pembalap anyar Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, mengaku ingin menjadi pembalap terbaik timnya di MotoGP 2017. Ia mengatakan, dirinya telah mendapat perbaikan di tunggangan Desmosedici GP17 miliknya saat sesi uji coba di Bologna, Italia.

Lorenzo bertekad untuk meraih hasil lebih baik saat melintas di Sirkuti Mugello, Italia, Minggu 4 Juni 2017. Ia pun ingin mengerahkan kemampuan terbaiknya di seri kelima MotoGP 2017 tersebut.

 “Segala sesuatunya mungkin saja terjadi. Saya katakan ingin meraih hasil yang baik dan dapat memperbaiki performa motor di musim ini. Target saya adalah tetap menjadi pembalap Ducati terbaik di seri balapan selanjutnya,” ujar Lorenzo, seperti dilansir Crash, Sabtu (27/5/2017).

Saat melintas di Sirkuit Le Mans, Prancis, Lorenzo meraih hasil kurang maksimal. Pembalap berusia 30 tahun itu tidak berhasil meraih podium seperti yang diraih di Jerez, Spanyol.

Lorenzo berada di urutan keenam di Grand Prix (GP) Prancis tersebut. Ia kalah bersaing dari rekan setimnya, Andrea Dovizioso yang finis di posisi keempat. Pembalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menjadi yang tercepat di Le Mans.

Dengan hasil itu, Lorenzo berada di tempat kedelapan dengan mengoleksi 38 poin. Sementara Dovizioso menempat posisi keenam di klasemen sementara MotoGP musim ini dengan raihan 54 poin.(okezone-ink)
27 May 2017
Tiga Oknum TNI Tersangka Korupsi Pengadaan Helikopter AW 101 Polisi Militer (POM) TNI sudah memiliki alat bukti yang cukup untuk meningkatkan status kasus pembelian Helikopter AW 101 dari penyelidikan menjadi penyidikan. Hasil sementara telah menetapkan tiga orang oknum TNI AU sebagai tersangka yaitu Marsma TNI FA sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Letkol (ADM) WW sebagai pejabat Pemegang Kas (Pekas), Pelda SS Staf Pekas yang menyalurkan dana kepada pihak-pihak tertentu, dan masih sangat mungkin ada tersangka lain.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto, saat Konferensi Pers di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (26/5).

“Dari hasil penyelidikan POM TNI bersama-sama dengan KPK dan PPATK terhadap dugaan penyimpangan dalam pengadaan Helikopter AW 101 TNI AU, ditemukan potensi kerugian negara diperkirakan sebesar Rp 220 Milliar dengan basis perhitungan nilai tukar rupiah sebesar Rp 13.000/1USD,” jelas Panglima TNI.

Panglima TNI juga menyampaikan penyelidikan POM TNI, KPK dan PPATK masih terus melakukan berbagai upaya integratif, khususnya terkait aliran dana dari hasil pengadaan Helikopter AW 101 milik TNI AU tersebut.

“Sebagai barang bukti POM TNI telah mengamankan (disita pemblokiran rekening) atas nama PT. Diratama Jaya Mandiri selaku penyedia barang senilai 139 milliar,” ujarnya.

“Saya selaku Panglima TNI berharap kepada pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini, khususnya personel TNI agar bersikap kooperatif, jujur dan bertanggung jawab sehingga permasalahan bisa diselesaikan secara cepat, tuntas dan proporsional,” ucap Jenderal Gatot.

Menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan hukuman yang akan dijatuhkan kepada tersangka kasus korupsi pengadaan Helikopter AW 101, Panglima TNI mengatakan bahwa proses hukum terhadap tersangka oknum TNI akan diserahkan kepada Pengadilan Militer berdasarkan Undang-Undang yang berlaku. Sedangkan tersangka sipil proses hukumnya diserahkan kepada pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Saya minta media massa turut serta mengawasi sampai dengan selesai proses persidangan, tidak ada yang ditutup-tutupi, sehingga semuanya jelas. TNI akan transparan, karena yang diselewengkan adalah uang rakyat, jadi harus dipertanggung jawabkan juga kepada rakyat. Yakinlah bahwa hukum adalah Panglima bagi TNI,” ungkap Panglima TNI.(jpnn-ink)

27 May 2017
Data Center Kemenhub Beroperasi 24 Jam Selama Seminggu Kementerian Perhubungan terus melakukan transformasi terkait pelayanan yang didukung penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Hengki Angkasawan mengatakan, data center Kementerian Perhubungan beroperasi dengan sistem layanan 24 jam selama seminggu.

Sehingga kata Hengki data center tersebut mampu mengantisipasi dan menjamin keberlangsungan operasional sistem aplikasi yang sifatnya vital bagi pelayanan Kementerian Perhubungan.

“Data Center ini telah memenuhi standar sesuai yang dipersyaratkan oleh Uptime Institute sebagai lembaga internasional yang dirujuk praktisi data center di seluruh dunia dan dilengkapi berbagai dukungan perangkat maupun sistem pengelolaan TIK baik dari segi kualitas maupun kapasitas,” ujar Hengki.

Data center yang memiliki luas 145 m2 tersebut dilengkapi ruang Network Operation Center (NOC) sebagai tempat monitoring.

"Pengelolaan Data Centre ini juga menerapkan prinsip-prinsip manajemen resiko untuk memenuhi standar keamanan informasi ISO 270001," tandas Hengki.(jpnn-ink)

26 May 2017
Mengantuk, Mobil Menabrak 4 Kendaraan Kecelakaan lalu lintas antara 5 kendaraan terjadi di Jembatan Paron sebelum Simpang Lima Gumul Kediri dari arah Katang.  
 
Iptu Nahrowi, Kasubsektor Ngasem Kediri yang dihubungi Gatekeeper Radio ANDIKA menjelaskan kecelakaan melibatkan 5 kendaraan yakni Mobil Honda Odyssey warna hitam nomor polisi B 1540 Y, mobil Nissan March warna silver nomor polisi AG 1852 DH, dan 3 sepeda motor.
 
Pengemudi mobil Nissan March atas nama Sahlan (55), warga Desa Mangiran, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, dengan penumpang Astutik (50), istrinya. Sedangkan pengemudi mobil Honda Odyssey atas nama Tri Widodo (31), warga Jalan K.H Hasyim Ashari Kota Kediri.
 
Awalnya mobil Honda Odyssey dan ketiga sepeda motor melaju dari arah Katang menuju Simpang Lima Gumul Kediri. Posisi mobil Honda Odyssey paling depan. Sedangkan mobil Nissan March melaju dari arah berlawanan. Sesampainya di lokasi kejadian, diduga pengemudi mobil Nissan March mengantuk dan kurang konsentrasi. Akhirnya serong ke kanan dan menabrak mobil Honda Odyssey. Ketiga sepeda motor yang berada di belakang mobil Honda Odyssey sempat terjatuh karena menabrak mobil Honda bagian belakang. Namun karena luka ringan, langsung meninggalkan lokasi.
 
Iptu Nahrowi menambahkan akibat kecelakaan ini, Sahlan mengalami luka di bagian tangan dan kepala. Sedangkan Astutik mengalami patah tulang kaki kanan. Keduanya dirawat di Rumah Sakit Siti Khotidjah Gurah Kediri.(dis)
 
26 May 2017
Akhir Mei, Menlu Luksemburg Sambangi Indonesia Sejumlah pejabat negara bergantian mengunjungi Indonesia dalam rentang dua bulan terakhir. Setelah mendapat kunjungan dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf, dalam hitungan hari Menteri Luar Negeri (Menlu) Luksemburg Jean Asselborn akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia.

Pria berusia 68 tahun itu akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno LP Marsudi pada 30 Mei mendatang. Kunjungan tersebut menandakan hubungan bilateral yang intensif antara Indonesia dengan Luksemburg.

 “Indonesia dan Luksemburg memiliki hubungan yang cukup intensif dalam bidang keuangan dan investasi. Fokus dari kunjungan tersebut adalah meningkatkan investasi Luksemburg di Indonesia,” terang juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam press briefing di Gedung Palapa, Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2017).

Luksemburg diketahui menempati urutan keempat di antara negara Eropa lain terkait investasi di Indonesia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi tersebut pada 2016 bernilai 181,9 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp2,4 triliun dari 117 proyek.

“Angka tersebut merupakan peningkatan dari 2015 yaitu sebanyak 37 proyek dengan nilai 66,65 dolar AS. Luksemburg sangat antusias mengembangkan hubungan bilateral dengan Indonesia,” timpal Direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri RI, Dino R Kusnadi.

Dalam kunjungan tersebut, Menlu Jean Asselborn akan ditemani oleh tiga pejabat dari Kementerian Luar Negeri Luksemburg dan Duta Besar Robert Lauer yang berkedudukan di Bangkok, Thailand. Selain kerjasama investasi dan keuangan, kedua menlu juga akan membahas kerjasama di bidang lainnya.

“Sebagai salah satu pusat keuangan dunia, kita ingin meningkatkan kerjasama perbankan dan investasi. Selain itu, akan dibahas juga kerjasama transportasi udara dan bidang telekomunikasi. Untuk terorisme, kita lihat bisa bahas secara seksama, tetapi harus lihat secara konkret seperti apa kerjasamanya,” tambah Dino.(okezone-ink)
 

26 May 2017
Fatwa MUI: Teror Haram Hukumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras pelaku bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Tindakan tersebut dinilai sangat biadab dan jauh dari nilai-nilai agama. 

"Siapa pun pelakunya mereka adalah manusia yang sudah kehilangan nilai kemanusiaannya. Sungguh ini adalah tragedi kemanusiaan yang sangat keji dan memilukan," ujar Wakil Ketua Umum MUI dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (25/5).

Peristiwa ini, kata dia, membuktikan gerakan terorisme di Indonesia masih sangat kuat dan perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, khususnya aparat keamanan, tokoh agama dan masyarakat. Pasalnya terorisme adalah musuh negara.

MUI sudah menetapkan dalam fatwa Nomor 3 Tahun 2014 bahwa terorisme adalah tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan peradaban yang menimbulkan ancaman serius terhadap kedaulatan negara, bahaya terhadap keamanan, perdamaian dunia serta merugikan kesejahteraan masyarakat. Perbuatan terorisme adalah haram hukumnya.

"Untuk hal tersebut, MUI meminta kepada aparat keamanan untuk menangkap para aktor dan pelakunya dan mengusut tuntas sampai ke akar-akarnya," kata dia. 

MUI menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada segenap keluarga korban bom Kampung Melayu. Zainut berharap almarhum para korban khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menerima musibah ini.

"Dimohon kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada aparat keamanan untuk mengambil langkah yang diperlukan,"  ujarnya.(republika-ink)
 

Page 1 of 732      1 2 3 >  Last ›