Berita- Info ANDIKA

07 December 2019
Kecelakaan Bus Rombongan Guru TK Tulungagung, 5 Korban Meninggal.
Radio ANDIKA - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan raya Kesamben, timur SPBU Kesamben Blitar, tepatnya di jembatan sungai Judel. IPDA DIDIK SUGIARTO Kanit Laka Polres Blitar, saat On Air di Dermaga Raya Radio ANDIKA menjelaskan kecelakaan Bus Fabian Anugrah Trans nopol AG 7555 UR,  berisi rombongan guru pengawas dan Kepala sekolah TK se Kecamatan  Tulungagung.

Kecelakaan terjadi jam 06.30 WIB. Awalnya bus berjalan dari arah Tulungagung sesampainya di Kesamben Blitar tepat di atas jembatan, bus berniat menghindari truk tronton yang sedang berhenti karena mogok di atas badan jalan. Bus menghindar ke kanan, saat bersamaan melaju sepeda motor yang dikendarai RIDWAN warga Dusun Sembung Desa Pagergunung Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar yang melaju dari arah berlawanan. Mengakibatkan Bus terjun ke Sungai.

 
Akibat kecelakaan ini lima orang meninggal dunia. Satu diantaranya, pengendara motor. Sedangkan  empat korban penumpang bus yakni  Naksabandi, warga Balerejo Kauman Kabupaten Tulungagung, Siti Fatimah warga Gondang Kabupaten Tulungagung, Kasihaten, Kepala sekolah TK Perwari, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung, dan Anita T, warga Tulungagung.(sha/dip)
 
07 December 2019
Diduga Bunuh Diri, Warga Badas Dalam Pencarian Tim Basarnas
Radio ANDIKA - SUBEJO warga Jalan KH Wachid Hasyim Desa Bringin Kecamatan Badas Kabupaten Kediri diduga bunuh diri dengan cara menceburkan ke Sungai Brantas Dusun Krajan Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Kejadian tersebut terjadi malam tadi sekitar jam 20.30 WIB.

IPTU BAMBANG SUPARIJANTO Kapolsek Papar yang dikonfirmasi gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan awalnya warga mengetahui ada sepeda motor, helm, dompet dan sandal milik korban yang diletakkan di atas jembatan tetapi pemiliknya tidak ada. Saat dilakukan pengecekan anggota Polsek Papar ditemukan identitas korban didalam dompet bernama SUBEJO warga Bringin, Badas, Kediri.

Karena disekitar lokasi tidak ditemukan, maka pihak polsek menghubungi keluarga SUBEJO. Keterangan dari SRIATUN istri korban, memang SUBEJO pamit keluar akan menuju Nganjuk. Saat meninggalkan rumah SUBEJO memakai kaos warna putih, jaket warga putih biru. Selain itu juga mengendarai sepeda motor Yamaha Mio Nopol AG 2552 DT. Ditambahkan SRIATUN beberapa hari ini, suaminya mengeluhkan sakit kencing manis dan saat ini masih dalam tahap pengobatan.

Sementara itu BRIAN GAUTAMA Koordinator Pos Basarnas Trenggalek saat ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan mulai pagi tadi sekitar jam 07.00 WIB satu Tim gabungan dari Basarnas Trenggalek, BPBD Kabupaten Kediri melakukan pencarian di lokasi kejadian. Pencarian dilakukan melalui jalur darat dan jalur sungai menggunakan perahu karet sejauh 3 KM. Jika sampai jam 17.00 WIB korban belum ditemukan maka pencarian akan dilanjutkan esok hari.(ssi/dip)
07 December 2019
Kecelakaan beruntun 4 mobil, terjadi di Jalan Raya  Bandarkedungmulyo
Radio ANDIKA - Kecelakaan beruntun melibatkan 4 mobil, terjadi di Jalan Raya Desa Gondangmanis Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang. Kecelakaan terjadi sekitar jam 6 tadi pagi.
 
Yang terlibat kecelakaan mobil Daihatsu Grand Max Nopol M 9003 D, dikemudikan M. MOTIULLAH, warga Desa Panaguan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, mobil Daihatsu Xenia Nopol AG 1778 QB, dikemudikan AKBAR warga Dusun Sebeng Desa dan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, Truck Mitsubishi Gandengan Nopol. : L 8629 UZ dan dikemudikan AGUS GUNAWAN, warga Desa Jepat Lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Jawa Tengah dan Toyota Kijang Nopol L 1276 SJ, dikemudikan REZA YOGA warga Desa Jambangan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.
 
IPTU SULAIMAN Kanit Laka Satlantas Polres Jombang mengatakan, kecelakaan berawal ketika mobil Daihatsu Grand Max, berjalan dari timur kebarat atau dari Jombang ke Nganjuk, berusaha mendahului Truck Mitsubishi Gandengan yang berjalan searah didepannya. Sehingga bertabrakan dengan kendaraan mobil Daihatsu Xenia yang berjalan dari arah berlawanan, kemudian kendaraan mobil Daihatsu Xenia oleng kekanan dan menabrak roda belakang bagian kanan Kendaraan Truck Mitsubishi Gandengan.
 
Saat itu juga, Toyota Kijang dari arah Kertosono menyerempet kendaraan mobil Daihatsu Xenia, maka terjadilah laka lantas beruntun. IPTU SULAIMAN menambahkan, yang mengakibatkan kecelakaan, karena pengemudi Daihatsu Grand Max, yang berjalan dari Jombang ke Kertosono ceroboh berusaha mendahului dari kanan Truck Mitsubishi Gandengan. Akibat kecelakaan mengakibatkan kemacetan di lokasi kejadian, petugas melakukan pengaturan arus lalu lintas dibantu Polsek Bandarkedungmulyo Polres Jombang dan warga sekitar TKP.(dip/sha)
07 December 2019
Kecelakaan Mobil Dan Motor Di Mojo, Seorang Meninggal
Radio ANDIKA-Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Kediri - Tulungagung tepatnya di Desa Pethok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri sekitar jam 11  malam.  Akibat kecelakaan seorang meninggal dunia. Kendaraan yang terlibat sepeda motor Honda Supra X 125 nopol  AG-2480-AB, dikendarai SAHRUL warga  Dusun Ngetrep Desa Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten  Kediri  membonceng  MOCHAMAD ROMI ACHFADH, warga Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak Jawa Tengah. Kecelakaan dengan mobil penumpang Izusu ELF nopol  AE-7330-UX, yang dikemudikan JEK MARSUDEK, Desa Sembowo Kecamatan Sudimoro Kabupaten  Pacitan, dengan dua penumpangnya.
 
IPDA CAHYO WIDODO Kanit Laka Polresta Kediri menngatakan, kecelakaan berawal ketika   SAHRUL mengendarai sepeda motor Honda Supra 125 berboncengan dengan ROMI melaju dari arah utara ke selatan atau dari Kediri ke Tulungagung, dengan kecepatan tinggi. Dari arah berlawanan berjalan mobil penumpang Izusu Elf berikut 2 orang penumpang.
 
Sesampai di lokasi kejadian,  motor yang dikendarai SAHRUL oleng hingga berjalan memakan marka jalan dan terjadi tabrakan. Akibatnya SAHRUL mengalamai luka serius dan meninggal di lokasi kejadian. Dengan bantuan petugas, semua korban di bawa ke RS. Bhayangkara Kediri guna mendapatkan perawataan medis. Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan, dibawa ke kantor Sat Lantas Polres Kediri Kota guna proses lebih lanjut.(dip/ssi)

07 December 2019
Pemkot Kediri, Sosialisasi Germas Pada Ribuan Masyarakat
Radio ANDIKA - Dinas Kesehatan Kota Kediri menggelar penyuluhan melalui media tradisional, yang bertempat di Stadion Brawijaya. Penyuluhan disaksikan langsung oleh Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR. Dalam acara ini Dinas Kesehatan Kota Kediri mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui penyuluhan kepada ribuan masyarakat yang hadir. Dimana terdapat tiga titik fokus pada Germas. Yakni, aktivitas fisik, makan sayur dan buah, serta cek kesehatan rutin.
 
Selain itu, dalam penyuluhan ini, Dinas Kesehatan Kota Kediri juga menghimbau agar masyarakat waspada terhadap demam berdarah (DBD) saat memasuki musim penghujan seperti saat ini. Untuk itu, masyarakat diminta untuk melakukan 3M-Plus. Yakni, Menutup, Menguras, dan Menyingkirkan atau mendaur ulang. Untuk plus-nya dapat dilakukan dengan menaburkan abate, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu tidur, menaruh ikan di penampungan air, dan menanam tanaman pengusir nyamuk. Dalam penyuluhan ini masyarakat juga dihibur oleh penampilan DJ Keroncong dan Guyon Waton.(atc/nis)
06 December 2019
Kecelakaan Toyota Rush Versus Motor, Satu Korban Meninggal Dunia
Radio ANDIKA - PAIMAN, warga Maron, Banyakan, Kediri meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan di Jalan Mayor Bismo Semampir, Kota Kediri tadi siang sekitar jam 11.00 WIB. Kendaraan yang terlibat  mobil Toyota Rush AG-1807-BE dikemudikan ELFIEN TRIANAWATI, warga Bandar Kidul, Mojoroto, Kota Kediri dengan sepeda motor Yamaha Jupiter AG-2563-GN yang dikendarai PAIMAN, warga Maron, Banyakan, Kediri.

IPDA CAHYO WIDODO Kanit Laka Polresta Kediri saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA menjelaskan awalnya Toyota Rush berjalan dari Kertosono menuju Kota Kediri. Dari arah berlawanan, di lajur kanan, berjalan sepeda motor Yamaha Jupiter. Sampai di Jalan Mayor Bismo Semampir, tepatnya depan warung makan, sepeda motor hendak belok ke arah barat. Karena tidak memperhatikan arus lalu lintas dari arah berlawanan, terjadi tabrakan antara kedua kendaraan.

Akibat kecelakaan ini, korban pengendara sepeda motor, PAIMAN, mengalami luka berat dan dibawa ke RS Bhayangkara Kota Kediri. Dalam perawatan, korban meninggal dunia di rumah sakit.(stm/rom)
06 December 2019
Tersambar Petir, Petani di Ngluyu Nganjuk Meninggal
Radio ANDIKA - SARAWI, seorang petani asal Dusun Alas Tuwek Desa Gampeng Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk meninggal akibat tersambar petir. Peristiwa terjadi sekitar jam jam 15.30 WIB sore tadi di tegal hutan di petak 03 RPH Lengkong Lor, BKPH Krondong, KPH Jombang masuk wilayah Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk.
 
IPTU RONI ANDREAS SUHARTO, SH, Kapolsek Ngluyu menjelaskan jenazah SARAWI pertama kali ditemukan oleh LUJIONO, tetangganya yang baru pulang selesai menggarap tegal di petak 03 RPH Lengkong Lor. Saat itu cuaca hujan lebat disertai petir. Saat melewati tegal milik SARAWI, dia melihat SARAWI sudah dalam posisi tertelungkup. Spontan, LUJIONO berteriak dan berlari mengejar JASMI, istri SARAWI yang sudah mendahului pulang. Mendengar kabar kondisi suaminya, JASMI bersama LUJIONO kembali melihat SARAWI. Saat dipanggil-panggil, SARAWI tidak menjawab. Tubuhnya pun sudah tidak bergerak.  Kejadian itu lalu dilaporkan ke perangkat desa dan diteruskan ke Polsek Ngluyu Nganjuk.
 
Petugas Polsek bersama Puskesmas Ngluyu yang memeriksa jenazah SARAWI, tidak menemukan tanda-tanda kekerasan. Diduga, korban meninggal karena tersambar petir saat menggarap tegal. Hal itu terlihat dari rambutnya yang terbakar. Selain itu pada tubuh SARAWI terdapat luka gosong di leher sampai pinggang dan sebagian kulitnya terkelupas. Pihak keluarga SARAWI tidak bersedia dilakukan autopsi pada jenazah dan menerima kondisi itu sebagai musibah. (adr/stm)
06 December 2019
Peringati  HDI, Kapolresta Kediri Ajak Kaum Disabilitas NOBAR sang Prawira
Radio ANDIKA - Polresta Kediri, Kapolresta Kediri AKBP MIKO INDRAYANA  mengajak Kaum Disabilitas Kota Kediri  menonton pemutaran film Sang Prawira  di CGV Kediri Mall Jum’at siang ini.

Dalam Sambutanya, Kapolresta Kediri Menyampaikan bahwa film Sang Prawira adalah ujian dari seseorang yang begitu besar pengabdian di Negara. Di saat ujian berat menerpanya, ia harus tetap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengabdi. Film Sang Prawira ini kerjasama studio produksi MRG Film dan Mabes Polri. Film ini menceritakan tentang kisah hubungan antara orang tua dan anaknya, perjuangan cita-cita, pengabdian untuk negara, persahabatan hingga soal asmara.

Peran utamanya pemuda bernama Horas (Ipda Dimas Adit S) yang lahir di sebuah kampung di tepian Danau Toba. Dia bercita-cita menjadi polisi. Keinginannya ini sempat ditentang ayahnya lantaran ayahnya ingin Horas menjadi pengusaha sukses agar bisa mengubah status sosial keluarga Horas dari ekonomi bawah menjadi strata menengah ke atas.

Namun, berkat kegigihan dan dukungan dari ibunya, Horas berangkat ke Medan untuk mengikuti seleksi Akademi Kepolisian tanpa sepengetahuan bapaknya. Akhirnya dengan ketekunan berlatih serta belajar saat akan mengikuti seleksi Horas bisa lulus dan dapat mewujudkan mimpinya menjadi seorang Perwira Polisi. Bahkan dirinya menjadi lulusan terbaik.

Selain Nobar dengan Kaum Disabilitas kegiatan ini juga melibatkan pelajar tingkat SMU di Wilayah Hukum Polresta Kediri.(atc/stm)
06 December 2019
Kapolri Tunjuk Irjen Listyo Sigit Jadi Kabareskrim Polri
Radio ANDIKA - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akhirnya menunjuk Kadiv Propam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kabareskrim Polri. Hal ini tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/3229/XII/KEP./2019 tanggal 6 Desember 2019.
 
"Ya betul. Pengisian jabatan Kabareskrim oleh Irjen Pol Listyo Sigit. Mutasi jabatan adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri sebagai meritokrasi, regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," kata Karobinkar SSDM Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta, Jumat.
 
Kursi Kabareskrim akhirnya terisi setelah 35 hari dibiarkan kosong pasca Jenderal Idham resmi dilantik menjadi Kapolri pada 1 November lalu. Dalam surat telegram tersebut, juga terdapat mutasi sejumlah perwira tinggi dan menengah lainnya diantaranya Kabaharkam Polri Komjen Pol Firli Bahuri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri, mengingat tak lama lagi Firli akan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Yang mengisi posisi Kabaharkam Polri selanjutnya adalah Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto. Asops Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin ditunjuk sebagai Kapolda Sumut.
 
Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak dipercaya mengisi jabatan yang ditinggalkan Martuani, yakni sebagai Asops Kapolri. Kemudian jabatan Kapolda Papua Barat akan diisi oleh Brigjen Pol Tornagogo Sihombing yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri. Brigjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga yang sebelumnya menjabat Karobinopsnal Bareskrim Polri diamahkan jabatan Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.
 
Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri juga mendapatkan mutasi jabatan. Dofiri dipercaya mengemban jabatan baru sebagai Aslog Kapolri. Ia bertukar jabatan dengan Aslog lama, yakni Irjen Pol Asep Suhendar. Asep menggantikan posisi Dofiri menjadi Kapolda DIY.(ant-dip)

06 December 2019
Jokowi: Pemerintah Sudah Temukan Jurus Atasi Defisit BPJS Kesehatan
Radio ANDIKA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah telah menemukan jurus untuk mengatasi defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. "Menteri Kesehatan juga sudah menyampaikan di rapat terbatas kemarin tahun depan sudah ketemu jurusnya," kata Presiden usai melakukan inspeksi mendadak di RSUD Cilegon, Banten, Jumat.
 
Presiden menjelaskan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan memaparkan upaya tersebut. Ia mengatakan, keterlambatan BPJS Kesehatan membayar klaim jaminan kesehatan ke sejumlah rumah sakit terjadi karena defisit anggaran.
 
Saat melakukan inspeksi di RSUD Cilegon, Presiden berdiskusi dengan sejumlah pasien yang memanfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan. "Hampir 90 persen lebih menggunakan BPJS. Memang sama seperti rumah sakit lain, 70-80 persen itu PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang gratis, yang sisanya 20 persen itu pakai yang mandiri," ujar Presiden.
 
Presiden meminta pemerintah daerah memperbaiki fasilitas pelayanan untuk pasien di rumah sakit-rumah sakit daerah. "Masih banyak rumah sakit kita yang fasilitasnya masih belum diperbaiki. Tapi itu tugas pemerintah daerah, tugas pemerintah kota, pemerintah kabupaten ataupun pemerintah provinsi," kata Jokowi.
 
Presiden sebelumnya juga melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek pelayanan jaminan kesehatan BPJS Kesehatan di Kota Lampung dan Kabupaten Subang, Jawa Barat. Ia mengatakan bahwa BPJS Kesehatan harus memperbaiki tata kelola untuk mengurangi defisit anggaran.(ant-dip)

Page 1 of 753      1 2 3 >  Last ›