Berita- Info ANDIKA

01 October 2022
Pelajar Tulungagung Diringkus Polisi, Lakukan Pengancaman Menggunakan Pisau Radio ANDIKA - Polisi mengamankan EW, pelajar laki-laki berusia 15 tahun asal Desa Pojok Kecamatan Campurdarat KabupatenTulungagung karena melakukan pengancaman menggunakan senjata tajam terhadap pamannya sendiri. Insiden terjadi pada 29 September 2022.

Kasi Humas Polres Tulungagung IPTU ANSHORI saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, saat itu EW pulang dari main bersama temannya. Dia pulang dalam kondisi mabuk minuman keras.

Di depan rumah, EW sempat mengobrol dengan kakek dan neneknya. Setelah itu dia masuk rumah dan tiba-tiba mengambil pisau besar (bedog) lalu menuju rumah pamannya yang lokasinya bersebelahan dengan rumah EW.

Sambil berteriak-teriak, EW mengancam paman dan keluarganya. Bahkan EW juga mengancam warga yang mendekat. Kebetulan saat itu rumah dalam keadaan kosong karena pamannya sedang tidak berada di rumah. Diduga, antara EW dan sang paman sebelumnya ada konflik keluarga.

Khawatir terjadi sesuatu, kakek EW lalu melaporkan kejadian itu ke Polsek Campurdarat. Petugas yang tiba di lokasi berhasil mengamankan EW beserta barang bukti pisau besar yang digunakan untuk melakukan pengancaman.

IPTU ANSHORI menambahkan, atas perbuatannya EW diancam dengan Pasal 2 Ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.(muf/adr)



01 October 2022
Akibat Melawan Arus, Becak Tabrak Motor di Jalan PK Bangsa Kediri, Satu Korban Luka Serius Radio ANDIKA - SUGITO, tukang becak asal Ngasem Kediri mengalami luka serius setelah becak yang dikemudikannya menabrak sepeda motor Honda Vario di Jalan PK Bangsa Kota Kediri, Sabtu 1 Oktober 2022 sekitar jam 06.45 WIB. Insiden terjadi karena becak SUGITO melawan arus lalu lintas.
 
IPDA PURWANTO PRASETIJO SH, Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri Kota menjelaskan, kecelakaan bermula saat Honda Vario 160 nopol AG 5110 AAH dikendarai oleh SEAN TANU HALIM warga Kelurahan Banjaran Kota Kediri melaju dari arah simpang tiga Water Torn ke Jalan Erlangga. Pada saat bersamaan dari arah berlawanan tiba-tiba muncul becak yang dikemudikan SUGITO. Becak itu muncul dari Jalan Adi Sucipto ke Jalan PK Bangsa. Padahal jalur itu hanya berlaku satu arah. 
 
IPDA PURWANTO mengatakan, akibat insiden itu SEAN, pengendara motor Vario mengalami luka ringan. Sedangkan SUGITO harus dilarikan ke RS Bhayangkara Kediri lantaran mengalami luka serius di bagian kepala.(muf/adr)
 
01 October 2022
 Ditemukan Tak Bernyawa di Tengah Sawah, Pria Blitar Meninggal Mendadak
Radio ANDIKA - Seorang pria paruh baya warga  Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, dikabarkan meninggal dunia secara mendadak, pada hari Jumat 30 September 2022 sekira jam 14.30 WIB.

IPTU UDIYONO SH, Kasi Humas Polres Blitar saat On Air di Radio ANDIKA menginformasikan korban bernama SUROSO meninggal akibat sakit masuk angin saat mengairi sawah. Dari hasil pemeriksaan sementara di Puskesmas Kanigoro, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh SUROSO.

Menurut keterangan adik ipar korban yang bernama PONIJAN korban memiliki riwayat sakit sesak nafas dan sering masuk angin, sehingga keluarga tidak menuntut secara hukum pihak manapun atas kematian SUROSO. (muf/ikj)
30 September 2022
Ketua YLPA Kota Kediri : Kekerasan Seksual Anak Bisa Dari Faktor Anak, Orang Tua Atau Keluarga
Radio ANDIKA - Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) Kota Kediri ULUL HADIYIN mengaku prihatin dengan adanya tindak asusila yang dilakukan anak kelas 5 SD ke anak kelas 1 SD di Kabupaten Nganjuk. Menurutnya, kekerasan seksual yang dilakukan anak seusia tersebut bisa dikarenakan 3 faktor yaitu faktor anak, orang tua ataupun keluarga.

Ketika On Air di Radio ANDIKA, ULUL menjelaskan, faktor anak yaitu ketika anak terpapar tontonan yang mengarah pornografi dan ingin dipraktekkan. Faktor orang tua, lemahnya sisi pengawasan seperti tidak mengawasi pergaulan anak maupun tidak memantau apa yang ditonton anak. Biasanya ini terjadi pada orang tua yang sibuk maupun orang tua yang telah bercerai. Sedangkan dari faktor keluarga, tidak adanya pola asuh positif seperti anak tidak dibatasi dalam penggunaan HP.

ULUL menambahkan, anak-anak usia SD orientasinya adalah kesenangan bukan kebutuhan. Untuk itu, orang tua harus bisa melindungi anak dari kemajuan teknologi. Jika orang tua tidak melakukan pembatasan, maka anak akan mencari kesenangan lewat HP atau media lain yang terkoneksi internet.

ULUL menyarankan agar semua pihak bisa instropeksi, dan berupaya agar kasus kekerasan seksual tidak terulang lagi. Selain itu menerapkan pola asuh anak dan konsultasi parenting.

Sebelumnya perbuatan asusila terjadi di Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk pada Selasa 20 September 2022. Mirisnya, MB pelaku tindak asusila tersebut masih berusia 11 tahun (kelas 5 SD) sedangkan korban yang berinisial MA berusia 7 tahun (kelas 1 SD). (stm/eko)
30 September 2022
Rem Blong,Truk Tronton Terguling di Ruas Tol Caruban Nganjuk
Radio ANDIKA – Akibat rem blong, truk tronton bermuatan kayu terguling di interchange Nganjuk ruas tol Caruban–Nganjuk, Jum’at 30 September 2022 sekitar jam 15.30 WIB. 
 
AKP NANANG SUJIANTO, SH., Kanit PJR Jatim VI Nganjuk Ditlantas Polda Jatim saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya truk tronton muatan kayu nopol AA 1462 OG dikemudikan BUDIYONO warga Magelang melaju dari Magelang menuju Sidoarjo. Saat hendak menikung keluar jalur tol arah Nganjuk, tiba-tiba rem blong. Selanjutnya pengemudi membanting setir ke kiri hingga truk terguling.
 
Dalam insiden ini, tidak ada korban jiwa. Arus lalu lintas juga lancar kembali saat truk berhasil dievakuasi menggunakan mobil derek.(stm/eko)
30 September 2022
Berkat Diposting di FB Ag243, Koper Yang Tertukar Kembali Ke Pemiliknya
Radio ANDIKA – Berkat diposting di FB Ag243, koper yang sebelumnya tertukar saat naik bus, kini sudah kembali ke pemiliknya masing-masing.
 
Informasi sebelumnya, pada 23 September 2022, Mas FARHAN, warga Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung minta bantuan ke Gatekeeper Radio ANDIKA terkait kopernya yang tertukar. Koper miliknya tertukar saat naik bus PO Bagong dari Surabaya menuju Tulungagung. Berdasarkan keterangan dari kru PO Bagong, kopernya diletakkan di bagasi dan tertukar di daerah Ngronggo Kota Kediri saat ada penumpang perempuan turun. Mas FARHAN menambahkan bentuk kopernya sama persis dengan koper yang tertukar, tapi beda warna.
 
Pada Jumat sore 30 September 2022, Bu SUDAYATI, warga Pasuruan menghubungi Gatekeeper Radio ANDIKA pada Jum’at sore, 30 September 2022 menanyakan terkait koper yang ada dipostingan FB Ag243. Dia mengklaim koper itu miliknya. Koper itu tertukar saat perjalanan dari Pasuruan menuju Kediri dan turun di Jetis, Ngronggo, Kediri. Setelah dibuktikan dengan foto koper yang dia bawa, ternyata memang koper tersebut milik Mas FARHAN yang tertukar sebelumnya.
 
Sementara saat On Air di Radio ANDIKA, Mas FARHAN menceritakan sudah berupaya menghubungi pihak PO Bus dan diminta menunggu sekitar seminggu. Tapi hingga seminggu, tidak ada hasil. Pada Jum’at sore, 30 September 2022, Mas FARHAN dihubungi Gatekeeper Radio ANDIKA dan disambungkan dengan Bu SUDAYATI.
 
Serah terima dilakukan di tempat rekan kerja Bu SUDAYATI yang berada di Kelurahan Tosaren Kota Kediri sekitar jam 18.00 WIB. Saat ini masing-masing koper sudah kembali ke tangan pemiliknya.(stm/eko)
 
30 September 2022
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Polres Nganjuk Lakukan Rekayasa Arus Lalu Lintas
Radio ANDIKA - Rombongan Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan masuk ke wilayah Nganjuk melalui perbatasan Madiun – Wilangan, Sabtu, 1 Oktober 2022. Rombongan ini akan diarak dari Wilangan menuju Alun-Alun Nganjuk. Agar tidak terjadi kemacetan, Satlantas Polres Nganjuk akan melakukan rekayasa arus lalu lintas.
 
IPTU HERI BUNTORO KBO Lantas Polres Nganjuk On Air di Radio ANDIKA mengatakan, diperkirakan rombongan akan tiba di Wilangan Nganjuk sekitar jam 08.00 WIB. Selanjutnya rombongan akan diarak menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk. Rute kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya mulai dari Wilangan – simpang empat Guyangan – simpang empat Gandu – simpang empat Cangkringan – simpang empat Candi – jalan Anjuk Ladang dan finish di Alun-Alun Nganjuk.
 
Agar tidak terjadi kemacetan, Satlantas Polres Nganjuk melakukan rekayasa arus lalu lintas. Untuk semua kendaraan tidak diperbolehkan mengarah ke Jalan A. Yani. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di Loceret. Untuk kendaraan yang mengarah ke Nganjuk Kota maupun kendaraan dari arah Kediri dialihkan melalui SMP 1 Loceret. Petugas sudah disiagakan di semua titik pengalihan arus. IPTU HERI menambahkan ada 62 personil gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan arus lalu lintas.
 
IPTU HERI menjelaskan pada Sabtu, 1 Oktober 2022, Pemkab Nganjuk menerima Pataka Jer Basuki Mawa Beya. Sedangkan pada Minggu, 2 Oktober 2022, Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan dikirab ke arah Bojonegoro.
 
Diketahui, kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya merupakan rangkaian Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77. Kirab ini melewati daerah-daerah di Jawa timur dengan berkeliling ke-38 Kabupaten/ Kota. Bendera pataka dikirab sejak 16 September hingga 11 Oktober 2022 mendatang. Kirab akan berakhir di Surabaya dan akan dikibarkan dalam upacara peringatan HUT Jatim oleh Pemprov Jatim pada 12 Oktober 2022.(stm/eko)
30 September 2022
Tertabrak Truk, Pemotor Asal Plosoklaten Kediri Meninggal Dunia
Radio ANDIKA – Akibat tertabrak truk saat hendak naik ke badan jalan, CHOERIYAH, pengendara sepeda motor Honda Revo AG 3855 EAE asal Plosoklaten Kediri meninggal dunia. Korban mengalami luka serius pada punggungnya. Insiden terjadi pada Jum’at 30 September 2022 sekitar jam 07.00 WIB di jalan umum Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.
 
IPDA HERU PRASETYO Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya sepeda motor Honda Revo yang dikendarai CHOERIYAH berjalan dari Plosoklaten arah Wates. Sampai di lokasi kejadian, CHOERIYAH hendak naik ke badan jalan. Baru sampai di atas badan jalan, korban kemudian ditabrak truk nopol AG 9436 EA yang dikemudikan MU’IN, warga Badas Kediri dari arah belakang.
 
Dalam insiden ini, CHOERIYAH mengalami luka serius dan meninggal dunia. Korban dievakuasi ke RS Bhayangkara Kota Kediri.(stm/eko)
30 September 2022
Mendahului Bus Dari Arah Kiri, Pemotor Asal Sidoarjo Meninggal
Radio ANDIKA – Gara-gara mendahului bus dari sebelah kiri, pemotor meninggal dunia setelah terjatuh usai berserempetan dengan motor lain dan terlindas bus. Insiden terjadi pada Jum’at 30 September 2022 sekitar jam 07.00 WIB di Jalan Letjen Sutoyo Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.
 
IPTU ONY Kanit Gakkum Satlantas Polresta Sidoarjo kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan insiden melibatkan 3 kendaraan masing-masing sepeda motor Honda nopol W-3917-NDJ dikendarai SUPRAMONO, 52 tahun warga Waru Kabupaten Sidoarjo, bus Jaya Utama nopol L-7192-UB dikemudikan SUDARJI, 52 tahun, warga Rembang Jawa Tengah dan sepeda motor yang tidak diketahui nopol dan identitasnya karena melarikan diri.
 
IPTU ONY menjelaskan insiden bermula saat sepeda motor yang dikendarai SUPRAMONO berjalan dari Krian ke Medaeng. Sesampainya di TKP, SUPRAMONO berusaha mendahului bus Jaya Utama yang melaju searah dari sebelah kiri. Diduga kurang berhati-hati, sepeda motor korban bersenggolan dengan sepeda motor yang tidak diketahui nopol dan identitasnya sehingga korban terpental ke kanan tepat dibawah roda bus sebelah kiri. Korban terlindas roda kiri belakang bus hingga terluka parah.
 
Akibatnya, SUPRAMONO meninggal dunia di lokasi kejadian. Kasus ini ditangani Unit Gakkum Satlantas Polresta Sidoarjo.(stm/eko)
30 September 2022
 Susun Strategi Persiapan Evaluasi Smart City, Diskominfo Kota Kediri Gelar Rakor Bersama OPD
Radio ANDIKA - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar rapat koordinasi bersama OPD pengampu 6 pilar atau dimensi Smart City di Ruang Rapat Dinas Kesehatan. Rapat koordinasi tersebut merupakan bentuk keseriusan Pemkot Kediri dalam mewujudkan komitmen gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City).

Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri APIP PERMANA yang menjadi pemimpin rapat koordinasi tersebut mengatakan, acara ini dilakukan guna memetakan rencana sekaligus memantapkan langkah dan strategi dalam persiapan mengikuti evaluasi Smart City tahun 2022 yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo awal Oktober mendatang.

Berdasarkan surat dari Kemenkominfo, evaluasi Smart City tahun 2022 akan dilakukan pada 5 Oktober. Walaupun ini kegiatan tahunan, tapi semua pihak tetap harus mempersiapkan diri. Ditambah lagi Smart City juga masuk dalam RPJMD dan ada target dari Pemerintah Kota Kediri yang harus dicapai, yakni sebesar 3,4.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas pula terkait program unggulan Quickwin dalam enam dimensi Smart City yang akan menjadi prioritas. Program unggulan tersebut di antaranya Smart Goverment dengan inovasi aplikasi E-SPTPD, Smart Environment dengan inovasi Bank sampah, Smart Branding dengan inovasi Prodamas Plus, Smart Economy yang mengusung Kurnia, Smart Living dengan pelayanan Homecare, dan Smart Society tentang inovasi English massive.

APIP menekankan, keberhasilan Smart City bukan hanya ditentukan oleh satu pihak namun merupakan tanggungjawab bersama yang harus dijalankan dengan baik. (atc/nur)
Page 1 of 1811      1 2 3 >  Last ›