Seni Air Brush Di Kaos, Kreatifitas Dalam Usaha

| More
28 October 2014
air_busaes.jpg
Radio ANDIKA  - Kediri  Jatim - Cat air brush ternyata tidak saja digunakan pada media besi atau kayu saja, namun di tangan pengrajin asal Kabupaten Kediri, cat air brush juga bisa digunakan pada media kain atau baju.  Abdul Kadir namanya warga Semanding Kecamatan Pare Kabupaten Kediri membuktikan beraneka ragam, keunikan hiasan tidak saja bisa kita temukan dalam media kertas, kain kanvas, maupun pada dinding tetapi juga pada kain seperti kain kaos.
 
Usaha dirintisnya sejak dua tahun lalu. Berawal, dari sablon kaos. Namun, karena banyak konsumen yang memesan kaos bermotif dari airbrush, ia mulai belajar dan mencari cat khusus airbrush untuk media kain atau kaos.
 
Akhirnya menggambar menggunakan air brush di media kain atau kaos, lebih menjanjikan dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar dibandingkan dengan sablon biasa. Perbedaan airbrush pada media kain dengan media besi atau kayu, terletak pada penggunaan bahan cat dan pengencernya.
 
“Untuk media kain atau kaos, menggunakan cat pewarna tekstil khusus. Sedangkan media non tekstil, menggunakan cat biasa dan pengencer dari thinner,”jelasnya.
 
Karena itu, cara untuk membuat gambar pada media kaos juga ada tekniknya sendiri. Sementara, untuk motif atau gambar, Abdul Kadir mengaku tergantung kepada keinginan konsumen, meskipun hanya memesan satu buah kaos.
 
“harus ada ketrampilan khusus dalam mengerjakan kaos air brush. Tidak bisa sembarangan,”tuturnya  .
 
Menurut Abdul Qodir, dia dapat mengerjakan 4 kaos sekaligus dalam sehari. Sedangkan dalam satu bulan, Abdul Kadir mengaku rata rata mendapat 120 pesanan dari para konsumen.
Untuk harga dipatok Rp 110 ribu hingga Rp 175 ribu, disesuaikan dengan tingkat kesulitan gambar dan besar kecilnya ukuran gambar. Dalam sebulan, ia mendapat ratusan pesanan kaos air brush.
 
Sementara itu, usaha yang ditekuninya telah menghasilkan keuntungan cukup besar. Hasan, salah satu pembeli mengatakan, dirinya senang kaos miliknya bergambar dengan menggunakan air brush. Selain gambarnya tajam, juga awet tidak gampang rusak.
 
Sodikin, salah satu penggemar air brush mengatakan dirinya sudah lama gemar dengan tulisan atau gambar dengan menggunakan air brush. Selain sepeda motor miliknya yang juga di-air brush, Sodikin juga menggamari air brush di helm, serta beberapa kaos.
 
Seni lukis, memang harus tetap dikembangkan untuk kemajuan usaha. Sehingga, para seniman lukis di Kota Kediri dapat semakin kreatif dalam berkarya. (anto kristian)