Menunggu Bedug Maghrib Sambil Memancing

| More
03 July 2014
pacet5.jpg
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Mancing adalah salah satu hobi yang menyenangkan, terlebih bulan puasa mancing bisa mengisi waktu menanti adzan magrib (ngabuburit). Salah satu lokasi yang tepat untuk memancing di Jombang, adalah  singgah di kolam Pancing Tirto Moyo. Kolam pemancingan yang dijadikan obyek wisata pemancingan. Apalagi lokasinya berada di tenggah hamparan sawah yang juga berdekatan dengan kolam pancing "Telaga Mutiara" disebelah baratnya. Ditempat ini pengunjung dimanjakan pemandangan hijau disetiap sisinya. Semilir angin sepoi-sepoi juga tutut menyejukkan suasana saat menunggu ikan-ikan menyambar umpan pancing anda.

Pemilik kolam pancing Tirto Moyo, Indi Surti mengatakan usaha yang didirikannya sejak tahun 2011 ini mencoba menawarkan konsep yang mengutamakan kenyawan pengunjung. "Selain kolam pancingan, kita juga menyediakan warung lesehan, kalau ada yang selesai memancing, pengunjung bisa masak ikannya yang dibantu oleh karyawan-karyawan disini. Menunya khusus bakar dan goreng dan bagi yang tidak membawa alat pancing disediakan beserta umpannya," jelas Indi.
Ikan yang dibudayakan dikolam pemancingan Tirto Moyo antara lain bawal, patin, mujair, tombro, nila dan gurami dengan sistim tarif kiloan, artinya setiap berapa ikan yang diperoleh dihitung berat dengan harga perkilo dari masing-masing jenis ikan.
 
Tarif perkilonya untuk mujair Rp 17 ribu, patin dan nila Rp. 18 ribu sedangkan untuk jenis nila, tombro dan bawal Rp. 26 ribu dan yang paling mahal adalah ikan gurami Rp. 40 ribu per kilo. Memang kita buat kiloan supaya yang mancing ndak rugi, kita juga ndak rugi. Kan enak kalau pengunjung bayar sesuai yang didapatkan," terangya. Agar usahanya berjalan lancar, wanita yang menyandang gelar sarjana psikologi ini juga menjalin kerjasama dengan pembudidaya ikan. Hanya saja Indi membeli bibit saja, lalu dibudidayakan sendiri di kolam khusus. Selama ini mitra Indi mulai dari wilayah jombang sampai jawa tengah.

"Alhamdulilah pengunjung kita juga banyak dari luar kota, seperti Surabaya, Lamongan dan sebagainya. Kadang-kadang kalau ada yang mengadakan lomba memancing, kami juga menyewakan kolamnya," ujarnya.
Bagi yang hobi mancing atau sekedar menghabiskan waktu liburan , wisata lokal kolam pancing Tirto Moyo yang tidak jauh dari jantung kota ini, bisa dijadikan satu refrensi liburan bersama keluarga.