Kemenkes Nyatakan 25 Daerah di Jatim Level I, Termasuk Kota Kediri

| More
25 September 2021
092c13e4-62c4-40bc-97e8-6796276229b7.jpg
Radio ANDIKA - Assesment  atau penilaian penanganan Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan terbaru menyatakan 25 daerah tingkat II di Jawa Timur telah turun ke level I Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jawa Timur juga dinyatakan tak lagi memiliki daerah berlevel III dan IV PPKM.

Kebahagiaan atas capaian itu diungkapkan gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa pada unggahan konten di akun Instagram pribadinya, @khofifah.ip Sabtu pagi tadi. Pada konten yang diunggah sekira pukul 6 pagi tadi itu Khofifah mengucap syukur atas hasil assesment terbaru Kementerian Kesehatan, yaitu 23 September 2021, yang menempatkan Jawa Timur sebagai provinsi tanpa daerah berlevel III dan IV PPKM.

Pada konten berupa poster itu dituliskan daerah-daerah yang sudah dinyatakan berlevel I dan II, termasuk di antaranya adalah Kota Kediri. Pada caption yang sama Khofifah mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur menyukuri capaian tersebut, yang disebutnya tak akan tercapai tanpa adanya keterlibatan seluruh elemen.  Tak lupa Ia juga mengajak agar kedisiplinan terhadap protokol kesehatan tetap dijaga.

Konten ini mendapatkan respon positif dan 924 ribu pengikut Khofifah di Instagram, yang di antaranya  nampak dari 4.441 orang yang memberikan emoticon suka. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah terus menambah kelonggaran di tengah PPKM yang pemberlakuannya terus dipertahankan.

Daerah-daerah dengan level PPKM I dan II  bahkan sudah diizinkan menggelar aktifitas sosial ekonomi kemasyarakat seperti sebelum pandemi berlangsung, namun dibarengi dengan penerapat protokol kesehatan secara ketat. Pemerintah daerah juga diberi kewenangan membuat aturan terkait pemberlakuan PPKM sesuai dengan kearifan lokal dan karakteristik daerah masing-masing. (shk/arg)