Ditetapkan Inmendagri di Level 3, Kabupaten Tulungagung Gencarkan Vaksinasi Pada Lansia

| More
23 September 2021
dr_Kasil4.jpg
Radio ANDIKA - Berdasarkan evaluasi dari Kementrian Kesehatan, Kabupaten Tulungagung telah masuk dalam level 2 Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 43 tahun 2021, wilayah Kabupaten Tulungagung masih ada di  level 3. Hal ini karena adanya indikator tentang pencapaian vaksinasi dari Kementrian Dalam Negeri.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr. KASIL ROKHMAD M.MRS saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, naik turunnya level PPKM berdasarkan 3 indikator yaitu dari jumlah kasus positif, jumlah pasien yang dirawat dan angka kematian Covid-19. Jika mengikuti 3 indikator tersebut, Kabupaten Tulungagung sudah turun menjadi level 2. Namun, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), jumlah indikator ditambah dengan pencapaian vaksinasi. Saat ini jumlah vaksinasi dosis satu masih dibawah ketentuan standar yaitu 50%. Sementara itu, vaksinasi untuk lansia baru mencapai 40%. Hal ini menjadikan Kabupaten Tulungagung masih berada di level 3 PPKM.
 
Dalam menjalankan vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Tulungagung memiliki beberapa kendala pada lansia. Diantaranya, banyak lansia yang mengeluh sakit setelah vaksin sehingga membuat lansia lainnya tidak mau divaksin. Selain itu banyak lansia yang memiliki komorbid.
 
Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tulungagung akan mendata kembali para lansia dengan bantuan tiga pilar. Serta menghimbau dan mengedukasi kepada para lansia tentang pentingnya vaksinasi.(kin/stm)