Informasi Bantuan Uang 1 Juta Bagi Pemilik Kartu Vaksin, dipastikan HOAX

| More
31 July 2021
HOAX_WA2.jpg
Radio ANDIKA - Beredar informasi melalui pesan grup WhatsApp, tentang pemberian uang sebesar 1 juta rupiah kepada masyarakat yang sudah memiliki Kartu Vaksinasi. Uang tersebut diberikan kepada warga untuk bantuan kompensasi selama masa PPKM, yang dimulai per tanggal 1 Agustus 2021. Dengan mengecek NIK E-KTP sudah terdaftar, melalui link yang tersedia di pesan tersebut. Pesan grup WhatsApp tersebut juga diterima puluhan pendengar Radio ANDIKA.
 
Dr. Fauzan Adima M. Kes. Kepala Dinkes Kota Kediri saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, informasi tersebut dipastikan adalah HOAX dan dihimbau kepada masyarakat untuk berhenti menyebar luaskan informasi tersebut. Dalam pesan tersebut juga melampirkan link, yang dicurigai akan membahayakan data pemilik dalam perangkat HP ataupun komputer. Masyarakat jangan mempercayai bantuan sosial dalam bentuk apapun, kecuali informasi dari website atau media sosial resmi pemerintah pusat.
 
Dr. Fauzan menambahkan, masyarakat juga jangan tergiur dengan jasa pembuatan kartu vaksin palsu dengan harga murah. Hal itu menyebabkan, pemilik kartu vaksin palsu tersebut akan mendapatkan masalah pemalsuan dokumen saat dilakukan pengecekan. Dikarenakan, pengecekan kartu vaksin dimulai dengan meminta nomor HP dan NIK apakah sudah terdaftar sebagai masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi atau belum.
 
Vaksinasi ini adalah upaya yang dilakukan pemerintah khususnya di wilayah Kota Kediri untuk memutus rantai persebaran Covid-19. Keutamaannya, untuk menambah kekebalan imun dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi resiko tertular virus Covid-19.(kin/dip)