Puluhan Sopir Bus Jalani Tes Urine di Terminal Tulungagung

| More
08 April 2021
TERMINAL.jpg
Radio ANDIKA - Untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya, puluhan sopir bus menjalani tes urine di Terminal Gayatri Tulungagung, hari ini, Kamis 8 April 2021. Dari 30 sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), hasilnya semua dinyatakan negatif.

Kabid Keselamatan Jalan Dinas Perhubungan Tulungagung, WIDJANARKO On Air di Radio ANDIKA mengatakan kegiatan tes urine ini merupakan kerjasama antara Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), RS Bhayangkara, Satlantas dan Terminal tipe A Tulungagung. Tes urine dilaksanakan secara acak kepada 30 sopir bus mulai jam 11.00-13.30 WIB siang tadi. Hasilnya, semua sopir dinyatakan negatif. Artinya tidak ada yang menggunakan narkotika maupun obat berbahaya.

Sebagai antisipai lonjakan jumlah penumpang menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri, rencananya, menurut WIDJANARKO, Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung akan kembali menggelar tes urine secara rutin pada pertengahan atau akhir puasa ramadhan dan atau setelah lebaran. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan keamanan dan keselamatan bagi penumpang serta antisipasi terjadinya insiden lalu lintas. Apabila sopir dan awak bus dalam keadaan sehat, maka penumpang juga akan merasa nyaman.

WIDJANARKO mengatakan, apabila ditemukan sopir bus yang hasil tesnya positif, selanjutnya akan diserahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk dilakukan assessment. Jika ada unsur tindak pidana, maka akan diserahkan ke Satresnarkoba Polres Tulungagung. Selain itu, tes urine juga digelar sebagai respon setelah ditangkapnya empat orang sopir bus antar kota antar provinsi di Tulungagung beberapa waktu lalu karena pesta sabu-sabu.

Selain tes urine, tim gabungan Dinas Perhubungan juga memeriksa kelaikan kendaraan. Petugas melakukan inspeksi keselamatan (ramp check)  kendaraan yang dioperasionalkan untuk mengangkut penumpang. Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan para sopir bus dan crew di terminal.(stm/adr)