Libur Panjang, Ribuan Santri Lirboyo Pulang Kampung

| More
08 April 2021
santri_lirboyo_pulang_kampung.jpg
Radio ANDIKA-Sekitar 16 ribu santri Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri meninggalkan asrama tempat mereka belajar untuk menikmati libur panjang. Pemulangan para santri itu dilakukan secara bertahap mulai Kamis hari ini hingga Sabtu, 10 April lusa.
 
ABDUL MUID juru bicara Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, pemulangan santri seperti ini dilakukan setiap tahun. Yaitu setiap libur panjang antara bulan Sya’ban hingga Syawal. Mereka diberikan libur setelah setahun menempuh pendidikan di dalam pondok.
 
Meski pendidikan formal memang libur, tetapi menurut ABDUL MUID, kegiatan pengajian di pondok masih tetap berlangsung. Sehingga santri yang tidak ingin pulang boleh mengikuti kegiatan di pondok.

Tercatat sebanyak 16 ribu santri yang mendaftar pulang ke daerah asal, dari total keseluruhan 30 ribu lebih. Para santri itu pulang dengan menggunakan armada bus yang difasilitasi oleh Ponpes Lirboyo. Sedangkan sisanya, ada yang dijemput secara mandiri oleh pihak keluarga.
 
ABDUL MUID menambahkan, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pemulangan santri kali ini karena masih di masa pandemi, fasilitas angkutan disediakan oleh pihak pondok. Jadi para santri tidak diperbolehkan menggunakan angkutan umum. Hal ini untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19.(mld/adr)