Setahun Corona di Indonesia Lahirkan 2,76 Juta Orang Miskin Baru

| More
02 March 2021
setahun_corona.jpg
Radio ANDIKA - Penyebarluasan virus Corona yang mengakibatkan terjadinya pandemi Covid-19 telah genap setahun di Indonesia. Meningkatnya beban ekonomi masyarakat sepanjang setahun belakangan mengakibatkan lahirnya 2,76 juta orang miskin baru.

Dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS), per September 2020 jumlah orang miskin di Indonesia mencapai 27,55 juta atau 10,19% dari total jumlah penduduk. Angka tersebut naik 2,76 juta dibandingkan bulan yang sama di tahun 2019.
Masih berdasarkan data BPS, sebaran orang miskin di Indonesia paling banyak ada di pulau Jawa, yaitu mencapai 14,75 juta orang. Sementara dari sisi prosentase, angka kemiskinan terringgi berada di Maluku dan Papua, yaitu mencapai 20,65% dari jumlah penduduk tercatat di pulau tersebut.

Pandemi Covid memang menghadirkan tekanan ekonomi yang sangat berat, seiring banyaknya perusahaan yang kolaps, pekerja kehilangan pekerjaannya, dan pelaku usaha gulung tikar. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah terus menggelontorkan bantuan bagi masyarakat, baik sebagai modal kerja, relaksasi pinjaman, hingga yang bersifat sosial.

Upaya lain untuk mengatasi tekanan ekonomi adalah dengan percepatan vaksinasi, yang diharapkan segera mampu menghadirkan kekebalan komunal atau herd immunity. Langkah ini diharapkan mampu menjadikan roda perekonomian bisa kembali berpurtar normal, sehingga berujung pada pulihnya perekonomian nasional.

Pemerintah juga terus mendorong masyarakat pada kebiasaan pola hidup sehat baru dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan, yang diharapkan mampu membendung terus meluasnya persebaran virus Corona.(shk/stm)