Satu Tahun Beroprasi, Produksi Pupuk Cair Oplosan di Kediri Akhirnya Terungkap

| More
23 February 2021
5510.jpg
Radio ANDIKA - Produksi pupuk cair oplosan di Kelurahan Manisrenggo Kota Kediri ternyata sudah satu tahun beroprasi, namun polisi baru berhasil mengungkap bisnis ilegal tersebut setelah warga sekitar curiga dengan keberadaan home industri itu. Sebanyak 11 orang diamankan terkait kasus tersebut.
 
AKBP EKO PRASETYO SH SIK MH Kapolres Kediri Kota saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA mengatakan, selama satu tahun rumah yang digunakan memproduksi pupuk cair ilegal ini tertutup hingga mengundang perhatian warga sekitar. Dua pemilik usaha menjalankan aksinya dengan 9 karyawannya tanpa diketahui oleh tetangga. Pelaku lebih memilih memasarkan produknya ke luar kota.
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pelaku membeli obat kimia untuk pupuk yang sudah expired. Selanjutnya, bahan yang sudah dibeli tersebut dioplos dan dikemas ulang, kemudian setiap kemasan diberi merek berbeda-beda lalu dijual ke konsumen. Pengoplosan ini tanpa mempertimbangkan unsur hara dan kandungan campuran pupuk.
 
AKBP EKO PRASETYO menambahkan, saat ini masih dilakukan serangkaian pemeriksaan terhadap saksi dan pelaku. Sampel pupuk cair yang diamankan akan dikirim ke laboratorium forensik untuk proses penyelidikan lebih lanjut. 
 
Sebelumnya, satuan reserse kriminal Polres Kediri Kota, Senin, 22 Februari 2021, mengungkap industri rumahan pengoplosan pupuk cair di wilayah Kelurahan Manisrenggo Kota Kediri. Sebanyak 11 orang berhasil diamankan di lokasi pengoplosan beserta empat kendaraan berisi pupuk siap edar.Sejumlah alat pengolahan pupuk cair juga disita sebagai barang bukti.(ikj/eko)