Kompak, Bapak dan Anak di Blitar Jadi Pelaku Curanmor

| More
14 January 2021
blitar10.jpg
Radio ANDIKA – Pelaku pencurian spesialis sepeda motor di sawah ditangkap Unit Resmob Satreskrim Polres Blitar. Pelaku berinisial AN, 40 tahun, dan RM, 16 tahun, keduanya warga Dusun Sumberjo Desa Karangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Mirisnya, kedua pelaku curanmor itu berstatus bapak dan anak.
 
Kapolres Blitar AKBP LEONARD M. SINAMBELA, S.H., S.I.K., M.H., On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, penangkapan terhadap kedua pelaku berdasarkan laporan dari para korban. AN dan RM merupakan spesialis pencurian sepeda motor di area persawahan. Mereka menyasar korban yang sedang bekerja di sawah atau mencari rumput. Sejak November 2020 lalu, pelaku sudah mencuri sepeda motor di delapan lokasi berbeda di Blitar. Dalam aksinya, mereka berbagi tugas. AN berperan sebagai eksekutor atau mencuri motor, sedangkan RM, sang anak, membantu mengawasi situasi sekitar.
 
Kapolres Blitar mengatakan, setelah serangkaian penyelidikan yang dilakukan petugas, kedua pelaku berhasil diamankan polisi di wilayah Dusun Bendilmalang, Desa Mronjo, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar pada 4 Januari 2021. Barang bukti yang berhasil disita petugas,  10 unit sepeda motor. Rinciannya delapan motor hasil curian sedangkan dua lainnya milik pelaku. Selain itu petugas juga mengamankan dua buah kunci T yang digunakan pelaku dalam aksi kejahatan.
 
Hasil pengembangan kasusnya, polisi juga berhasil mengamankan pelaku penadahan dari barang hasil curian yang dilakukan AN dan RM. Penadah berinisial HTN, warga Desa Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Atas perbuatan tersebut AN dan RM dijerat Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara sembilan tahun. Sedangkan HTN dijerat Pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.
 
AKBP LEONARD mengimbau, masyarakat harus lebih berhati-hati dengan meningkatkan keamanan, seperti menambah kunci ganda pada kendaraan saat ditinggal untuk mencegah terjadinya pencurian.(sha/adr)