Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Kabupaten Blitar Lampaui Jatim dan Nasional

| More
13 January 2021
blitar_okezone.jpg
Radio ANDIKA - Tingkat kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Blitar melampaui Jawa Timur, bahkan nasional. Saat ini Kabupaten Blitar mencatat tingkat kematian sebesar 7,1 persen, lebih tinggi dibanding Jatim yang mencapai 7,0 dan nasional yang hanya 2,9 persen.
 
Juru Bicara Satuan Tugas Pengananan Covid-19 Kabupaten Blitar KRISNA YEKTI melalui On Air di Radio ANDIKA mengatakan, saat ini tempat isolasi pada empat rumah sakit rujukan di Kabupaten Blitar seluruhnya sudah penuh. Dari total kapasitas sekitar 150 tempat tidur, kini hanya menyisakan sekitar 40 tempat tidur. Itupun, pasien yang antre masuk kini sudah mencapai di atas 50 orang. Sehingga terpaksa, sebagian pasien covid ditempatkan di ruang IGD umum. 
 
KRISNA mengakui, angka pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar terus melonjak. Secara akumulatif, angka kasus per 13 Januari 2021 mencapai 2455. Total angka kematian mencapai 180 pasien. Bahkan dari angka tersebut, tujuh orang pasien meninggal pada hari ini. KRISNA mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 terjadi akibat adanya klaster hajatan, ditambah dengan klaster keluarga. Selain itu banyak masyarakat yang masih tidak patuh pada protokol kesehatan. Termasuk, ada sebagian pasien yang tidak disiplin saat menjalani isolasi mandiri. Sehingga menular kepada keluarga lain. Menurut KRISNA  jika ada satu anggota keluarga yang terinfeksi. Bisa dipastikan separuh anggota keluarga lainnya ikut terinfeksi.
 
KRISNA berharap, dengan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan di Kabupaten Blitar efektif untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Selain itu, merespon lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar, KRISNA mengatakan, pihaknya menjalin kerjasama dengan Yonif 511/Blitar untuk menyediakan tambahan tempat isolasi bagi pasien yang belum tertampung rumah sakit.(sha/adr)