Tipu Ratusan Juta Untuk Janjikan Bisa Masuk PNS, Guru di Pare Diamankan Polisi

| More
21 November 2020
2066_guru.jpg
Radio ANDIKA –  WIDARTI seorang guru warga Pare Kediri, diamankan polisi setelah terbukti melakukan penipuan dengan cara menjanjikan korban bisa jadi PNS. Dari aksinya ini, WIDARTI berhasil meraup uang ratusan juta dari para korbannya.

Kapolsek Pare Polres Kediri IPTU I NYOMAN SUGITA, SE, M.Si, melalui On Air di Radio ANDIKA mengatakan kasus penipuan ini terungkap berkat laporan dua korbannya, CAHYAWATI dan SUNARTI, keduanya kakak beradik warga Banyakan Kediri. Kasus bermula pada 14 Februari 2014 lalu, CAHYAWATI dan SUNARTI dijanjikan oleh WIDARTI akan dimasukkan pegawai negeri sipil (PNS) masing-masing pada tahun 2016 dan tahun 2017.  Syaratnya, keduanya harus membayar uang tunai total sebesar Rp 250 juta. Meski sudah memenuhi uang yang diminta, namun sampai November 2020 CAHYAWATI dan SUNARTI belum menjadi PNS. Merasa ditipu, kedua korban akhirnya melaporkan ke polisi.

Unit Reskrim Polsek Pare yang menerima laporan tersebut kemudian melakukan serangkaian penyelidikan. Hasilnya, Rabu 18 November 2020 lalu, petugas mengamankan WIDARTI di rumahnya. Tersangka diamankan beserta barang bukti dua lembar bukti transfer, tanda terima uang serta buku tabungan milik WIDARTI. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya WIDARTI kini ditahan di Mapolsek Pare. WIDARTI dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP tentang tindak penipuan dan penggelapan dengan ancaman empat tahun penjara.(ssi/adr)