Waspadai Cuaca Ekstrem, Sebagian Wilayah Jawa Timur Diprediksi Terdampak

| More
21 November 2020
20521.jpg
Radio ANDIKA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia dalam satu minggu kedepan, yakni pada 21 - 26 November 2020. Diperkirakan, hampir semua wilayah di Jawa Timur akan terdampak cuaca ekstrem. 
 
Prakirawan cuaca BMKG Juanda Sidoarjo, ARI PULUNG saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan cuaca ekstrem adalah kondisi hujan lebat disertai petir, angin kencang sesaat, angin puting beliung atau hujan es. Menurut analisis dari BMKG pusat, kondisi tersebut disebabkan karena gelombang Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Kelvin. Aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia akan membentuk kluster atau kumpulan awan yang menjadikan potensi hujan.
 
ARI PULUNG mengingatkan yang perlu diwaspadai pada kondisi cuaca ekstrem adalah dampaknya, yakni potensi banjir, tanah longsor, genangan air, pohon tumbang, jalan licin dan bencana hidrometeorologi lainnya. Masyarakat bisa mengantisipasi dengan melihat update prakiraan cuaca 3 harian yang dirilis BMKG. (nis/stm)