Pemerintah Mewanti-wanti Cuti Bersama Tak Jadi Cluster Baru Covid-19

| More
25 October 2020
2012_samsul.jpg
Radio ANDIKA - Kepala Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, DONI MONARDO, mengingatkan masyarakat agar tetap taat protokol kesehatan saat mengisi waktu cuti bersama, 28 hingga 30 Oktober mendatang.

Melalui ON AIR Jurnalis Radio ANDIKA di Jakarta SAMSUL HADI mengatakan hal tersebut disampaikan oleh DONI MONARDO di dialog yang disiarkan secara virtual di kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB, Minggu pagi. Dia mengatakan, presiden JOKO WIDODO sudah mewanti-wanti momen cuti bersama tidak menjadi cluster baru penyebarluasan virus Corona.
 
Dikatakan pula oleh DONI MONARDO, kekhawatiran presiden JOKO WIDODO momen cuti bersama akan menjadi cluster baru Covid-19 cukup beralasan, jika melihat catatan ledakan kasus pascacuti bersama sebelumnya. Yaitu di minggu ketiga Agustus lalu, di mana kasus Covid-19 pada minggu pertama hingga ketiga September kemudian bertambah dengan prosentase mencapai 58 hingga 108 persen.
 
Untuk mengantisipasi munculnya cluster baru tersebut, Doni Monardo meminta masyarakat benar-benar taat protokol kesehatan. Tidak hanya rajin cuci tangan dan menjaga jarak, namun juga meminta senantiasa menghindari kerumunan massa. Selain itu masyarakat juga diminta lebih bijak dalam mengisi waktu di cuti bersama yang dijalaninya, yaitu tidak memaksakan liburan di lokasi dengan tingkat keramaian yang tinggi, menjaga agar tidak tertular Covid-19.(shk/ssi)