Gugus Tugas Awasi Penerapan Protokol Kesehatan di Ponpes

| More
25 October 2020
1950.jpg
Radio ANDIKA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri memastikan akan mengawasi penerapan protokol kesehatan di pondok pesantren. Pengawasan dilakukan melalui satgas masing-masing pondok pesantren. 
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota kediri, dr. FAUZAN ADIMA saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan sejak awal santri mulai masuk kembali di pondok pesantren, gugus tugas sudah melakukan sosialisasi dan menyiapkan sejumlah regulasi. Gugus tugas memastikan santri yang boleh kembali ke pondok adalah santri yang dinyatakan sehat. Hal ini, dibuktikan dengan hasil rapid test atau swab test yang negatif. Jika belum dilengkapi dengan hasil rapid atau swab test, pihak pesantren harus menyediakan fasilitas tersebut.
 
Menurut dr. FAUZAN, pengecekan kesehatan santri secara berkala seharusnya dilakukan, untuk memastikan kesehatan para santri dan mengantisipasi adanya pasien tanpa gejala di lingkungan pesantren. Jika ditemukan santri yang sakit atau mengalami gejala Covid-19, satgas pesantren diwajibkan mengkomunikasikan dengan puskesmas atau klinik terdekat agar segera terdeteksi dan tracing sedini mungkin. 
 
Sementara untuk menjaga aktivitas di pondok pesantren, satgas pesantren juga diharapkan benar-benar memastikan semua santri menerapkan protokol kesehatan. Seperti menjaga kebersihan, penerapan jaga jarak, dan pengurangan kuota santri yang belajar atau berkumpul dalam satu ruangan. dr. FAUZAN berharap santri bisa menjadi agen perubahan dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan pondok pesantren. (nis/had)